Bukit Wairinding, dari Lokasi Syuting Sampai Foto Pre Wedding

Saturday, March 11, 2023

Bukit Wairinding

Jujur, hal pertama yang aku tau tentang Sumba itu adalah Bukit Wairinding. Hamparan bebukitan yang membentang indah itu nempel banget di mata dan otakku. Dan itu jadi kayak suatu wishlist, pokoknya kalo kesampaian ke Sumba, aku harus ke Bukit Wairinding. Titik!

Alhamdulillah, akhirnya wishlist itu berhasil aku centang pada hari ketiga aku di Sumba. Seneng? Bangeeet! Kebetulan waktu aku ke sana pas musim hujan. Jadi pemandangan di Sumba itu sedang hijau-hijaunya. Termasuk Bukit Wairinding ini. Sejauh mata memandang, yang ada cuma hamparan bukit hijau yang bentuknya tuh kayak bergelombang-gelombang gitu.. Asli cakep banget!

Bukit Wairinding

Kami sampai di Bukit Wairinding sudah sore. Tapi sinar matahari masih cukup terik. Dari Air Terjun Lapopu, Kak Arto mengemudikan mobil dengan santai. Tidak terburu-buru. Karena harapannya, kami memang tiba di Bukit Wairinding jelang matahari terbenam. Di perjalanan kami sempat singgah beberapa kali untuk bagi-bagi kado ke anak-anak yang kami temui di sepanjang jalan dari Sumba Barat ke Sumba Timur. Cerita tentang suka duka kami bagi-bagi kado di Sumba bisa dibaca di sini

Kak Arto memarkir mobilnya di depan warung dekat 'pintu masuk' ke Bukit Wairinding. Kami yang kelaparan, langsung hepi ketemu warung. Tapi ternyata, di warung itu cuma jual mi instan dan minuman. Jadilah sore itu kami makan mi instan sambil nunggu matahari agak sedikit turun ke ufuk barat. Biar agak ademan dikit… 

Pintu masuk ke Bukit Wairinding

indomie seleraku 😄

sambil nunggu, ngopi dulu...

Ima bagi-bagi kado di depan warung di Bukit Wairinding

Lokasi Foto Pre Wedding dan Syuting Favorit

Masih inget gak, ama foto pre weddingnya Maudy Ayunda dan Jesse Choi yang beredar di media? Itu lokasinya kan di Bukit Wairinding. 

Pemandangan di Bukit Wairinding ini emang amazing banget siih.. Aku yang sudah lama memasukkan tempat ini ke dalam wishlist aja sampe takjub beneran pas ngeliat hamparan bukitnya membentang di depan mata. Asli cakep banget! Pantes aja kalo tempat ini sering dijadiin lokasi buat foto pre-wedding. 

Waktu kami ke sana kebetulan juga ada yang lagi foto pre-wedding. 

Serasa Bukit Wairinding milik berdua 😁


Bukit Wairinding ini juga pernah jadi lokasi syuting beberapa film loh. Sebut saja film Pendekar Tongkat Emas yang dibintangi oleh Nicholas Saputra dan Reza Rahardian. Trus film Marlina si Pembunuh dalam Empat Babak yang dibintangi Marsha Timothi. Juga film Susah Sinyal yang dibintangi oleh Adinia Wirasti. Ada yang inget film-film itu? Film-film itu lokasi syutingnya di Sumba. Dan di film-film itu, landscape Bukit Wairinding juga tampil memukau. 

Kalo ini adegan di film apa? 😄😄

Best Time Berkunjung ke Bukit Wairinding

Aku seneng banget akhirnya kesampaian ke Bukit Wairinding, di musim hujan, ketika hamparan bukit sedang hijau-hijaunya. Dan sampai di sana tepat sebelum matahari tenggelam di ufuk barat. Buat aku, ini tuh best time banget!


Tapi, aku kasih tau yaa.. berkunjung ke Sumba itu, mau musim apapun datengnya, tetap bakal disuguhi pemandangan yang cakep. Kalo dateng musim hujan, ya bakal dapet pemandangan serba hijau kayak aku gini. Tapi kalo dateng pas musim kemarau, bakal dapet pemandangan yang gak kalah keren loh. Hamparan bukitnya jadi berwarna kecoklatan, kesannya jadi lebih eksotis kan? 

Kata Kak Arto, pemandangan matahari terbit di Bukit Wairinding juga gak kalah cakep loh. Tapi katanya, kalo buat traveler kayak kami, bagusnya sih pemandangan sunset aja. Hahahaha.. rupanya Kak Arto masih belum bisa melupakan momen gagal sunrise di Bukit Lendongara dua hari lalu. 

Tapi mungkin Kak Arto benar. Karena beliau selalu melihat kami berlima hepi banget kalo ketemu sunset. Seperti sore itu. Kami berlima asyik lompat-lompatan dan nari-nari hepi di Bukit Wairinding. Anggap saja, kami sedang merayakan kebahagiaan. Mumpung di atas bukit itu tinggal kami berlima. Eh berenam ding, ama Kak Arto, yang gak berenti ketawa ngeliat kelakuan kami. 


Oiya, untuk berkunjung ke Bukit Wairinding ini gak ada tiket masuk. Kita cuma diminta mengisi buku tamu dan donasi seikhlasnya buat warga setempat. 

Btw, ada yang tertarik bikin foto pre-wedding di Bukit Wairinding juga? Atau mungkin mau syuting film? 😉

You Might Also Like

0 komentar