Soto Bok Ijo Tamanan, Salah Satu Kuliner Legend di Kediri

Saturday, February 18, 2023

soto ayam bok ijo tamanan

Bisa mencicipi kuliner legend di suatu daerah merupakan kesenangan tersendiri buat aku dan suami. Menikmati makanan sesuap demi sesuap, sambil asyik mendengarkan cerita-cerita tentang masa lalu bisa bikin selera makan jadi meningkat. Iya, seseru itu!

Bagi aku, sebuah warung makan bisa bertahan sampai puluhan tahun itu pasti luar biasa. Apalagi kalo sampai melewati beberapa pergantian generasi, tapi cita rasa dan kualitasnya gak berubah. Itu pasti gak mudah kan? Makanya aku dan suami selalu excited kalo nemu tempat makan legend yang cita rasa dan kualitasnya gak berubah meski pemiliknya sudah beda generasi.

Kuliner Legend Sudah Ada Sejak Tahun 1969

Ngomong-ngomong soal kuliner legend, akhir pekan lalu, kami ditraktir ama Tante Rini untuk mencicipi salah satu kuliner legend yang ada di Kediri. Namanya Soto Bok Ijo. Lokasinya ada di Terminal Tamanan Kediri. Di sini bukan cuma ada 1 warung soto. Tapi ada sekitar 10 warung dengan menu jualan sama semua, yaitu soto ayam dan ayam bakar.

Yak dipilih.. dipilih..

Jadi, ini tuh emang Sentra Kuliner Soto Ayam dan Bakaran. Menariknya, sentra kuliner ini sudah ada sejak tahun 1969. Sudah lebih dari setengah abad, gengs!


Sentra kuliner Soto Ayam Bok Ijo Tamanan

Buat yang pertama kali ke sini, mungkin bakal bingung mau pilih makan di warung yang mana? Gak usah bingung. Semua sama aja. Kemarin sih, kami singgah ke Warung Pak No. Ini atas rekomendasi ibu mertua. Yang beberapa kali makan di sini, dan selalu makan di Warung Pak No. Hehehe.. Sepertinya, setiap warung di sini, punya penggemar masing-masing.

Warung Soto Pak No

Warung-warungnya sederhana aja. Ukurannya juga gak terlalu luas. Dengan gerobak soto di bagian depan setiap warung. Dan di bagian dalam warung ada 3 buah meja panjang yang dilengkapi bangku-bangku panjang di setiap sisinya. Di depan warung ada tungku untuk bakaran. Jadi jangan heran, kalo sesekali ada bonus asap dan aroma bakaran yang ikutan nimbrung.

bakar ayam di depan warung, aromanya hmmm...

Kenapa Namanya Soto Bok Ijo?

Mungkin ada yang bertanya-tanya, namanya kok aneh banget sih? Soto Bok Ijo? Jadi, ini tuh dinamain Soto Bok Ijo, karena dulunya para pedagang soto ini mangkalnya di sekitaran bok ijo (jembatan ijo) dekat terminal.

Meski sekarang lokasi jualannya udah pindah ke samping Terminal Tamanan, nama Bok Ijo tetap dipakai. Mungkin karena nama Bok Ijo sudah terlanjur melekat dan melegenda kali ya..

Soto khas Kediri ini juga dikenal dengan nama Soto Tamanan. Ini karena awalnya soto ini emang berasal dari daerah Tamanan, Kediri. Biasanya, kalo ada yang jualan Soto Kediri di daerah lain, ditulisnya Soto Tamanan, bukan Soto Bok Ijo. Jadi sepertinya, nama Soto Bok Ijo cuma berlaku di sentra kuliner ini aja.

Apa Istimewanya Soto Bok Ijo?

Hampir setiap daerah di Indonesia punya kuliner khas berupa soto. Yang meskipun namanya sama-sama soto, tapi soto di setiap daerah pasti beda-beda. Kayak soto kambing khas Malang, atau soto kerbau khas Kudus. Begitu juga dengan Soto Bok Ijo atau soto khas Kediri ini.

Yang bikin beda dari soto khas Kediri ini adalah kuahnya yang pakai santan. Jadi kuahnya agak sedikit kental dan warnanya nggak bening (agak keruh). Rasanya gurih dan legit, karena pakai santan. Lauknya pakai ayam kampung. Sebagai pelengkap soto, disediakan toge dan kubis dalam mangkuk terpisah di atas meja. Jadi bisa ngambil sendiri sesuai selera.


Bedanya lagi, Soto Tamanan ini gak pake sambel. Sebagai gantinya, penjual soto menyediakan cabe yang sudah dikukus. Biasanya, waktu kita pesan ditanya, "mau pedas atau sedang?" Nanti penjulanya bakal menggerus cabe di mangkok kita sesuai kadar pedas yang kita mau. Kalo kurang pedas, silakan tambah cabe sendiri. Cabenya juga udah disediakan di atas meja kok.


Kalo mau tambahan lauk, kita bisa minta ati ampela, kepala ayam, uritan, sayap, atau kulit. Lauk tambahan itu bisa langsung dicampur bareng soto atau dibakar pake bumbu kecap. Lauk bakaran ini juga yang bikin Soto Tamanan beda dari soto-soto lainnya.


Harga Soto Bok Ijo

Semangkok soto di Sentra Kuliner Soto Bok Ijo Tamanan harganya Rp 8.000. Ini kalo gak pake tambahan lauk. Kalo pake tambahan lauk, harganya beda sesuai ama lauknya. Dada Rp 25.000/potong. Paha Rp 20.000/potong. Kulit Rp 24.000/porsi. Ati dan sayap Rp 24.000/4 potong. Uritan dan kepala Rp 15.000/potong.

Seporsi soto ekstra kulit

Kalo mentemen singgah di Terminal Tamanan Kediri, cobain Soto Bok Ijo deh. Sentra kuliner Soto Bok Ijo buka setiap hari selama 24 jam kok. Jadi buat yang kelaparan tengah malam, cocok nih makan soto anget-anget..


Sentra Kuliner Soto Bok Ijo
Terminal Tamanan Kediri
Jl. Semeru, Kel. Tamanan
Kec. Mojoroto, Kota Kediri

You Might Also Like

0 komentar