Cara Mengatasi Mati Gaya Ketika Solo Traveling

Thursday, November 18, 2021


Solo travel is the best way to know yourself, your strength and your weakness - adventurose

Yang udah kangen traveling mana suaranyaaa?? Setelah dua tahunan kita terpaksa berdiam di rumah aja karena pandemi, rasanya kaki ini sudah gatel banget minta diajak jalan. Entah menikmati suasana pegunungan, nyantai di pantai, staycation bareng keluarga, atau sekadar kulineran mencoba resto baru di kabupaten sebelah. 

Ngomong-ngomong soal traveling, btw mentemen lebih suka traveling rame-rame atau traveling sendirian? Kalo saya pribadi sih, jujur lebih suka solo traveling. Kenapa? Karena dengan solo traveling, saya bisa lebih bebas menikmati setiap detail perjalanan. Bebas memutuskan dan menentukan segala sesuatunya sendiri.

Alone but not lonely, itu yang selalu saya rasakan setiap melakukan perjalanan seorang diri. Ya, saya tidak pernah merasa sendiri meskipun kenyataannya saya memang sedang sendirian. Solo traveling justru membuka kesempatan bagi saya untuk bertemu dan mengenal orang baru. Iya. Soalnya, kalo saya traveling bareng teman, besar kemungkinannya sepanjang perjalanan saya cuma bakal asyik ngobrol ama teman saya itu. Nah kalo traveling sendirian, kadang mau gak mau ya cari teman ngobrol supaya gak bosan. 

Solo traveling juga mengajarkan saya untuk lebih mandiri, lebih bijak memutuskan sesuatu, dan lebih peka terhadap sekeliling. Dan karena sendirian, tentunya saya harus lebih cermat mempersiapkan segala sesuatunya. Mulai dari fisik, mental, budget, sampai barang bawaan supaya perjalanan terasa nyaman dan menyenangkan. 


Ya apapun itu, pasti ada enak dan gak enaknya. Gitu juga dengan solo traveling. Buat saya, salah satu hal yang paling gak ngenakin kalo solo traveling itu adalah gak ada teman buat share cost. Entah buat sewa kendaraan atau penginapan. Soalnya dua hal ini yang lumayan menguras budget. 

Hal lain yang bisa dibilang sebagai minusnya solo traveling adalah rawan mati gaya. Ya gak bisa dipungkiri sih ya, dalam perjalanan jauh berjam-jam, sendirian pula. Yang namanya bosan dan mati gaya itu pasti ada. Nah kalo tiba-tiba dilanda bosan bahkan sampai mati gaya, coba tips dari saya ini deh.. 

Begini Caranya Supaya Gak Mati Gaya Ketika Solo Traveling


1| Motret atau Merekam Momen

Biasanya saya memotret atau merekam momen dalam perjalanan untuk keperluan konten. Entah itu bahan postingan di blog, youtube, atau instagram. 

Kalau kita hoki, biasanya banyak momen-momen menarik yang bisa diabadikan dalam sebuah perjalanan. Dan pastinya, momen-momen seperti ini tuh tidak akan terulang dan bukan dengan sengaja diciptakan. Jadi beruntung banget kalau bisa menangkap dan mengabadikannya. 

Kadang, saking asyiknya berburu momen, saya bisa sampai lupa waktu. Kalo sudah begini, yang namanya mati gaya dijamin gak bakalan singgah. 

2| Dengerin Musik

Dulu, jaman SMA sampe kuliah, kalo traveling saya biasa bawa CD player portable dan setumpuk kepingan CD berisi lagu-lagu favorit. Jaman sekarang udah gak perlu repot lagi. Tinggal pasang earphone, putar playlist berisi lagu-lagu favorit di smartphone, dan nikmati pemandangan di luar jendela. Saya sih betah berjam-jam dalam posisi seperti ini. Kadang gak terasa, tau-tau sudah sampai tujuan, hehehe.. 

Waktu ngetrip ke Maluku, saya memilih extend. Ketika dalam perjalanan pulang, saya duduk sendiri menatap laut dari atas kapal. Sambil dengerin lagu-lagu Maluku yang sengaja saya simpan di playlist. Seketika folder memori di otak saya otomatis memutar semua detail perjalanan saya selama di Maluku. Dan saya pun gak sempat ngerasa bosan apalagi mati gaya, karena detik itu juga saya merasa rindu. Emang gak jadi mati gaya, tapi baper, hahaha..

3| Cari Teman Ngobrol

Ketemu teman seperjalanan yang asyik diajak bahas apapun itu suatu anugerah. Kalo lagi solo traveling, dan kebetulan kursi di sebelah kita tak berpenghuni, atau mungkin yang duduk di sebelah kita kurang asyik diajak ngobrol, gimana donk? Gampang.. Tinggal buka HP, trus ngobrol deh ama sohib atau keluarga. Atau buka whatsapp grup, pasti ada aja yang lagi ghibah bahas sesuatu yang seru. Jaman sekarang, ngobrol asyik pun gak harus sambil tatap muka, kan?

4| Main Game

Main game untuk membunuh waktu juga gak kalah serunya. Apalagi sekarang ada solitaire.org, website berisi ratusan game online yang bisa kita mainkan kapan dan dimana pun, tanpa harus repot download dan install. Ini solusi banget buat yang pengen main game tapi terkendala ama masalah storage HP. 

Game favorit saya kalau dalam perjalanan itu adalah game yang ringan, tapi bikin mata melek. Boleh game yang bikin mikir, tapi bukan mikir yang berat-berat. Ya kayak game kartu, game puzzle, atau model-model hidden object game gitu deh. Kayak gini nih contoh game-nya:

  • China Temple 

Game yang satu ini merupakan game hidden object. Ya sesuai namanya, dalam game ini kita diminta untuk menemukan benda-benda tersembunyi dalam gambar. Ada 10 level yang bisa kita selesaikan dalam batasan waktu tertentu. Dan dalam setiap level ada 3 permainan yaitu mencari benda tersembunyi, mencari angka tersembunyi, dan mencari perbedaan dari dua buah gambar. Kalo kita salah, waktu kita akan dikurangi 5 detik. 

Bisa nemuin benda-bendanya gak?

Kita juga bisa submit score di akhir permainan. Lumayan buat seru-seruan. Apalagi kalo main bareng temen, kita jadi tau siapa yang paling jago menemukan benda-benda tersembunyi. 


Lumayan bisa pamer high scores 😄

Game ini selain bagus untuk melatih konsentrasi, juga bagus untuk bikin mata jereng melek. Jadi gak bakal ngantuk, apalagi mati gaya sepanjang perjalanan. 
  • Letter Logic

Suka ngisi Teka Teki Silang alias TTS? Kalo dulu mau ngisi TTS kudu nunggu koran edisi hari Minggu atau beli buku TTS yang sampulnya bergambar artis. Sekarang gak perlu repot lagi. Tinggal mainin aja game yang satu ini. 


Serunya lagi, Letter Logic ini pake bahasa Inggris. Jadi sambil main TTS, kita bisa sambil nambah kosakata bahasa Inggris. 
  • Word Search

Sesuai namanya, game ini mengajak kita untuk mencari kata-kata tersembunyi dari susunan huruf acak pada papan puzzle. Cukup menarik untuk melatih kejelian mata.



Susunan puzzle pada game ini berubah setiap hari. Jadi gak bakalan ngerasa bosan karena harus ketemu soal yang sama setiap harinya. 
  • Pyramid


Game yang satu ini merupakan versi lain dari game solitaire yang sudah melegenda itu. Cara mainnya gampang. Untuk membuka semua kartu yang disusun seperti bentuk piramida itu, kita perlu menjumlahkan dua buah kartu sehingga jumlahnya 13. Mulai dari susunan paling bawah, sampai pelan-pelan piramida kartunya terbuka. Kalau mentok gak ada lagi kartu yang bisa dijumlahkan, berarti kita kalah. 



Main game ini bikin nagih. Sekali kalah sampai tengah-tengah piramida, pasti penasaran pengen coba terus sampai menang. 

Btw, kalau mau dijabarin satu per satu game yang sering saya mainkan untuk membunuh rasa bosan selama di perjalanan, kayaknya bakal jadi satu artikel sendiri deh. Beruntung semua jenis game favorit saya itu ada di solitaire.org. Jadi saya gak perlu install banyak game di smartphone

5| Tidur

Kalau ke-empat cara tadi masih belum mampu untuk membunuh bosan dan mengatasi mati gaya di perjalanan, cara terakhir dan paling ampuh yaitu: tidur! Ketika naik kereta api atau bus, saya biasanya lebih memilih menghabiskan separuh perjalanan dengan tidur. Tinggal pake kacamata hitam, pasang buff sampai menutupi mulut dan hidung (biar gak ketahuan kalo misal saya tidurnya sambil mangap 😂), trus tidur deh yang nyenyak. Gerakan kereta api atau laju bus buat saya tuh rasanya seperti ayunan yang menina-bobokan 😂

Siap untuk tidur...

Tidur merupakan salah satu cara paling ampuh yang biasa saya lakukan untuk menghalau rasa bosan di perjalanan. Terutama kalau perjalanan jauh naik kereta api, bus, atau kapal laut. Selain itu, tidur juga bisa jadi cara efektif untuk mengumpulkan energi. Jadi sesampai di tempat tujuan, badan dan pikiran kita sudah fresh. Dan kita pun siap melanjutkan perjalanan. 

So, jangan khawatir lagi bakal mati gaya kalo traveling sendirian ya.

You Might Also Like

34 komentar

  1. Wah seru nih main China Temple. Saya gak nemu ini waktu main di web Solitaire. Kurang jeli ya saya. Eh tapi memang banyak banget ya game di dalamnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba, banyak banget. China Temple ini masuk kategori hidden object game.

      Delete
  2. Travelling sendirian sambil main games seru bisa bebas bete deh, apalagi kalo pilihan games nya banyak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget, kak.. Jadi gak kerasa, tau-tau udah nyampe 😄

      Delete
  3. Terima kasih tips2nya mba.. Saya sendiri sebenarnya lebih memilih jalan dg teman tapi bukan kelompok besar..hanya kadang2 mau tak mau harus jalan sendiri sih. Nah tips2 di atas sangat bisa dipraktekkan nih.. sekali lagi, terima kasih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Paling enak mungkin berdua ya, ama temen yang kita udah tau emang asyik diajak jalan..

      Delete
  4. Belum pernah merasakan traveling sendirian, tapi jalan2 sendirian sih sering hehehe, main game memang solusi asyik di kala bosen sendirian ya mba, saya pun suka main game di solitaire org ini :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jalan-jalan sendirian juga seru, mbak.. Kadang emang kita perlu ya, jalan-jalan sendirian 😊

      Delete
  5. Saya belum berani sendirian kalau sampai berhari-hari terlebih ke tempat baru. Kalau masih satu provinsi masih ok lah.Dulu zaman gadis sempat juga solo traveling dulu kalau bete di jalan palingan baca2 atau tidur hehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo baca buku di bus atau kereta, saya suka pusing mbak.. Jadi kalo bawa buku, dibacanya waktu di penginapan, atau kapanpun waktu nyantai..

      Delete
  6. Aku waktu muda sempat sih walau ga jauh2 Mba..kalau zaman dulu kalau bete sendirian palingan baca majalah deh hehe .

    ReplyDelete
  7. China Temple itu mainan saya juga di Solitaire.org. Asyik menemukan benda-benda yang tersembunyi meski selalu kesulitan menemukan angka-angka yang tersembunyi, selalu buntu hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha iya, bagian nyari yang angka-angka itu lumayan bikin jereng mata ya.. 😂😂😂

      Delete
  8. seumur-umur aku belum pernah solo travelling. takuuuttt.. haha..
    tapi untung sekarang banyak game seru kayak solitaire dll, jadi bisa banget atasi mati gaya pas lagi solo travelling ya mbaa..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cobain deh solo traveling.. Awas kalo ketagihan 😁

      Delete
  9. haha...tipsnya boleh di coba nih. tapi dari sekian tips yg mudah dilakukan adalah tidur. wkwkww....selesai sudah urusan.

    ReplyDelete
  10. Kalau aku jalan sendiri lebih memilih menikmati pemandangan. Sesekali mengamati orang di sekitar saya. Perjalanan siang hampir gak pernah dipake tidur, kecuali malam hari. Aktifitas main game oke juga tuh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba.. Menikmati pemandangan emang paling enak. Cuma kalo naik kapal laut, dimana pemandangannya cuma laut, lama-lama ngantuk juga 😄😄

      Delete
  11. seru yaa mba killing timenya nih, banyak pilihan gamenya yaa di solitaire ini aku suka deh, mau cobain ah langsung meluncur ke tkpnya buat main game hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba.. Cobain deh main game di solitaire. Pilihan gamenya banyak bangeet

      Delete
  12. Ah aku dah lama banget gak solo traveling sejak nikah haha
    Zaman gadis dulu sering pdhl
    Tp emang enaknya bisa dapat banyak perspektif sih kalau solo traveling, kalau bosan sekrng aman tinggal mainin gadget, main game aja ya mbak
    Mungkin nanti kalau anak2 dah gedean mau coba jalan2 sendiri lagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya.. Sekarang pun aku susah kalo mau solo traveling lagi.

      Delete
  13. Dengerin musik tuh emang pilihan banget aku mba. Jadi menyenangkan juga. Apalagi kalau musiknya sesuai ama kondisi ku saat ini. Hehehhe

    ReplyDelete
  14. Aku biasanya bawa buku. Trus baca deh pas lagi santai. Biar ga garing amat sendirian. Hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sama. Aku juga selalu bawa buku buat dibaca kalo nyantai.

      Delete
  15. Jalan2 sendiri menyenangkan mbak. Nah dulu aku paling senang dengerin musik atau cari teman di perjalanan hihihi

    ReplyDelete
  16. Serba-serbi Solo travelling yang menyenangkan.
    Aku jadi mengingat kata-kata yang bagus, "Alone but not lonely"
    Semakin banyak hal yang bisa dinikmati dan disyukuri juga yaa..ketika solo travelling.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bener mbak.. Makanya saya ketagihan solo traveling 😄

      Delete
  17. Aku banget ini kalau pas traveling sendirian, bawaannya pasti main game saat di kereta atau di pesawat. Atau waktu nunggu boarding. Ini alternatif yang oke untuk membunuh waktu menunggu.

    ReplyDelete