Rahasia Meraih Financial Freedom di Usia Muda

Monday, February 06, 2023


Financial freedom diartikan sebagai kondisi seseorang mempunyai simpanan uang yang cukup untuk memenuhi kebutuhan dan gaya hidup yang diinginkan sampai jangka waktu yang relatif lama. Financial freedom biasanya akan diukur dari beberapa hal, seperti memiliki investasi, terbebas dari hutang, mempunyai dana darurat dan tabungan, dan sebagainya. 

Untuk mencapai financial freedom tentu tidak bisa didapatkan secara instan. Jika ingin meraihnya di usia muda, maka dibutuhkan komitmen serta kedisiplinan yang tinggi dalam merencanakan keuangan. Salah satu langkah awal untuk memulainya adalah dengan buka rekening online untuk memudahkan perencanaan keuangan Anda.

Anda bisa buka rekening online secara mudah tanpa perlu pergi ke kantor bank. Pembukaan rekening online cukup dilakukan lewat mobile banking. Memiliki rekening online memberikan banyak manfaat bagi perencanaan keuangan. Anda bisa mengecek riwayat transaksi. Anda bisa menabung untuk menekan pengeluaran yang bersifat konsumtif dan membuat boros keuangan Anda. Sembari buka rekening online dan merencanakan keuangan untuk mencapai kemerdekaan finansial, Anda perlu tahu level-level financial freedom

Buka Rekening Online untuk Menabung

Memiliki rekening online merupakan hal yang penting dan menjadi kebutuhan di masa sekarang. Dengan adanya rekening online, segala kebutuhan transaksi Anda di era digital bisa terpenuhi. Ada banyak layanan yang bisa Anda manfaatkan untuk membantu perencanaan demi meraih financial freedom

Dari berbagai macam tempat untuk menabung, bank adalah pilihan paling tepat untuk menyimpan uang yang paling aman. Menabung di bank tidak hanya menjamin keamanan, tetapi Anda juga akan memperoleh berbagai macam benefit. Rekening online akan memungkinkan Anda mengelola keuangan secara lebih praktis dan terkontrol karena bisa diakses secara online

Jadi manfaatkanlah rekening bank untuk menyimpan uang Anda dalam berbagai keperluan yang ingin dicapai, seperti menabung untuk menikah, membeli rumah, persiapan biaya kuliah, dana darurat, dana liburan, dan lainnya. Untuk mencapai kebebasan finansial di usia muda memang tidaklah mudah, namun bukanlah hal yang mustahil. Anda harus pintar merencanakan keuangan. 

Apa Itu Financial Freedom?


Seperti penjelasan sebelumnya, definisi financial freedom adalah kondisi ketika Anda mampu secara finansial. Tidak hanya mampu memenuhi kebutuhan, tetapi juga bisa mewujudkan keinginan tanpa khawatir kekurangan uang. Dalam bahasa Indonesia istilah ini populer disebut kemerdekaan finansial.

Usaha mencapai financial freedom harus dimulai dengan memiliki perilaku keuangan yang baik. Hal yang menentukan kondisi keuangan Anda bukan hanya seberapa banyak pendapatan yang diperoleh. Namun kuncinya adalah bagaimana Anda memperlakukan keuangan, seperti menghindari perilaku konsumtif, tidak berhutang, rajin menabung, sadar investasi, dan lainnya. 

Kebiasaan-kebiasaan baik tersebut menjadi modal untuk mencapai financial freedom. Ketika sudah mencapai level tersebut, Anda bisa menjalani gaya hidup yang diinginkan baik untuk diri sendiri dan juga keluarga.

Level Financial Freedom

Siapa saja memiliki kesempatan untuk meraih kebebasan finansial. Terutama bagi mereka yang memiliki komitmen dan kerja keras dalam mengelola dan merencanakan keuangan. Dalam buku Financial Freedom yang ditulis Grant Sabatier, seorang pengusaha asal Amerika, setidaknya ada 7 level atau tahapan yang harus Anda lewati. 

Supaya target Anda lebih terarah, Anda perlu tahu tujuh level financial freedom berikut ini:

1. Clarity

Tahapan pertama ini merupakan langkah awal untuk mengejar financial freedom. Dalam tahap ini, Anda perlu memeriksa kondisi keuangan terlebih dulu mulai dari pemasukan, pengeluaran hingga menghitung berapa banyak hutang yang harus Anda bayar. Setelah itu, baru bisa menentukan tujuan apa yang ingin Anda capai.

2. Self – sufficiency

Pada level kedua ini, Anda harus memiliki penghasilan yang cukup untuk bisa mandiri secara finansial. Terutama dalam memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari, tanpa meminta atau meminjam uang ke orang lain termasuk orang tua.

3. Breathing Room

Seseorang yang berada di level ketiga ini adalah mereka yang masih punya sisa uang setelah digunakan untuk kebutuhan hidup sehari-hari. Sisa uang tersebut bisa digunakan untuk mencapai tujuan finansial, misalnya menabung dana darurat atau melakukan investasi untuk dana pensiun.

4. Stability

Di level ini, seseorang sudah tidak memiliki hutang sama sekali dan mempunyai dana darurat yang nilainya setara dengan biaya hidup selama 6 bulan. Dana darurat bisa menjadi sumber biaya apabila terjadi keadaan tak terduga, contohnya mengalami pemutusan hubungan kerja atau saat menghadapi resesi.

5. Flexibility

Setelah memiliki dana darurat, di level kelima in Anda sudah memiliki tabungan yang cukup untuk biaya hidup selama 2 tahun ke depan. Jadi Anda mempunyai sisa uang untuk dialokasikan baik ke rekening, investasi, dan lainnya yang bisa digunakan secara fleksibel sesuai kebutuhan.

6. Financial Independence

Tahapan keenam ini menandakan bahwa Anda telah mencapai kemandirian finansial dalam hidup dari pendapatan yang dihasilkan. Selain dari gaji kerja, Anda juga mendapat penghasilan dari berbagai jenis investasi yang sudah dilakukan. Level ini akan semakin cepat Anda capai dengan melakukan investasi dalam presentasi yang lebih tinggi.

7. Abundant Wealth

Level financial freedom yang terakhir adalah puncak kebebasan finansial. Pada level ini Anda sudah tidak memiliki rasa khawatir dalam memenuhi segala kebutuhan jangka panjang. Level ini menunjukkan kondisi finansial atau kekayaan sudah melimpah.

Bagaimana, sudah tahu saat ini Anda berada di level mana? Untuk mencapai level puncak financial freedom, Anda perlu melakukan effort yang lebih keras lagi dan disiplin dalam mengelola keuangan. Lalu bagaimana strategi Anda?

Rekening PermataME untuk Mempermudah Mencapai Financial Freedom

Di masa sekarang, banyak pekerja dan pengusaha yang masih berusia muda sudah memiliki penghasilan besar. Sayangnya, uang mereka mudah habis karena terjebak pada gaya hidup boros. Jika Anda masih tetap seperti itu, maka kemerdekaan finansial akan lebih lama tertunda. 

Mulai sekarang, ubahlah kebiasaan tersebut dengan menerapkan perilaku keuangan yang baik. Anda bisa memanfaatkan rekening online untuk memudahkan perencanaan keuangan. Salah satu rekomendasi rekening online terbaik untuk Anda adalah PermataME dari PermataBank. 

Buka rekening online PermataME bisa dilakukan melalui mobile banking PermataMobile X yang bisa diunduh di Play Store dan App Store. PermataME menyediakan banyak kelebihan yang akan Anda rasakan, di antaranya bebas biaya admin tanpa syarat apa pun, mendapat bonus saldo di awal, bebas biaya tarik tunai tanpa syarat di ATM dan Indomaret, banyak cashback dan diskon merchant, gratis transfer ke bank lain tanpa syarat.

Bagaimana langkah dan syarat buka rekening online ini? Informasi lebih lengkap mengenai cara membuka tabungan PermataME dan persyaratannya bisa Anda baca di laman berikut https://www.permatabank.com/id/tabungan-retail/permatame.

You Might Also Like

0 komentar