Mancing dan Maksi di Mega Prima Fishing Sedati

Wednesday, February 15, 2023

mega prima fishing

Ajakan suami buat mancing sekaligus makan siang di salah satu tempat mancing favorit di daerah Kalanganyar, Sedati, langsung disambut penuh semangat ama semua anggota keluarga. Saking semangatnya, sampe-sampe masih jam 6 pagi semua udah siap. Hahaha.. kalo sepagi ini, kayaknya kolam pancingnya juga belum buka kaleee!

Momen kumpul keluarga yang belum tentu setahun sekali kayak gini tuh emang perlu dimanfaatkan sebaik-baiknya. Dan mancing, yang biasanya langsung dilanjut dengan makan-makan, kayaknya udah jadi agenda rutin setiap Om Muchtar datang ke Surabaya. Kayak waktu tahun 2015 lalu, kami rame-rame mancing dan maksi di Delta Fishing Sidoarjo. Trus tahun 2019, kami rame-rame mancing di Mega Prima Fishing dan maksi di Gubug Makan Latar Ombo. Dan sekarang, kami mancing sekaligus maksi di Mega Prima Fishing. 

Mancing tahun 2019 di tempat yang sama

Sekitar jam 8 lewat kami sampai di Mega Prima Fishing. Masih sepi. Maklum, karena emang tempat ini bukanya jam 8 pagi. Kami aja yang terlalu bersemangat pengen segera mancing.

Masih sepi..

Sambil nunggu suami dan Om Muchtar sewa joran dan beli umpan, aku, mama, Tante Hap, dan para krucil langsung masuk ke lokasi pemancingan. Di dalam udah ada 1 keluarga yang lagi asyik mancing. Sepertinya mereka juga sudah dapet ikan. Hehehe, ternyata ada yang lebih semangat daripada kami 😄.

Sewa joran dan beli umpan

Kami memilih tempat yang menurut kami cukup nyaman. Tapi area mancing di Mega Prima Fishing ini emang nyaman sih. Itu makanya, suami paling seneng mancing di sini dibanding pemancingan lain yang ada di Desa Kalanganyar ini. Fasilitas di Mega Prima Fishing ini juga lengkap. Selain kolam pancing, di sini juga ada restonya. Jadi, abis mancing, ikannya bisa minta langsung dimasakin. Di sini juga ada mushola, dan toilet yang bersih.


Kampung Iwak & Wisata Pemancingan Kalanganyar

Buat mentemen yang belum tau, Kalanganyar ini adalah sebuah desa yang ada di wilayah Kecamatan Sedati, Kabupaten Sidoarjo. Lokasinya dekeeet banget dari Bandara Juanda. Kalanganyar ini, ⅔ dari wilayahnya itu terdiri dari tambak. Ya, tambak inilah yang menjadi sumber kehidupan masyarakat di sini.

Sebagai tempat wisata pancing terbesar di Sidoarjo, gak heran kalo di Kalanganyar ada banyak banget yang namanya kolam pancing. Jumlahnya mungkin ratusan. Jenis ikannya sih mayoritas bandeng. Tapi ada juga kok jenis ikan lain, kayak mujair, kakap, dll. 


Banyak di antara kolam pancing itu yang menyediakan warung makan. Jadi, ikan hasil tangkapan kita, bisa langsung diolah dan dimakan di tempat. Bisa request cabut duri juga looh.. Acara cabut duri ikan bandeng ini bisa jadi tontonan menarik buat orang kota, hehehe.. Mama, Tante, ama Om aku aja excited waktu pertama kali ngeliat atraksi ibu-ibu di Kalanganyar cabutin duri ikan bandeng. Cepet dan telaten banget!

Kolam Pancing Mega Prima Fishing

Dari sekian banyak kolam pancing yang ada di Kalanganyar, suami paling suka mancing di sini. Tempatnya emang paling nyaman. Kalo bawa keluarga, paling cocok ya ke sini. Apalagi kalo bawa anak-anak.


Area mancingnya teduh dan luas. Selain karena emang banyak pohon, bagian atasnya juga diberi atap. Tempat parkir kendaraan juga luas.

Di Mega Prima Fishing ini juga ada restonya. Tempatnya juga nyaman. Ada pilihan tempat makan dengan meja dan kursi-kursi, ada juga ruang untuk lesehan.

Area lesehan

Area dengan meja + kursi

Kalo biasanya, abis mancing ikan di Mega Prima Fishing ini, hasil tangkapan kami bawa ke Gubug Makan Latar Ombo. Salah satu warung makan yang juga ada di Desa Kalanganyar ini. Ntar deh, aku ulas terpisah cerita makan-makan kami di Latar Ombo. Karena hari itu kami pengen coba makan langsung di Mega Prima Fishing.

Makan Bandeng Hasil Mancing

Hari itu kami dapat 7 ekor ikan bandeng dengan total berat sekitar 3 kiloan aja. Lala dapet 3 ekor, suami dapet 3 ekor, dan Om Muchtar dapet 1 ekor. Tangkapan kami kemaren tuh gak sebanyak hasil tangkapan kami sebelum-belumnya. Biasanya sekali mancing bisa dapet sampe belasan kilo.

Lala mancing bandeng

Emo dan Uwik pengen ikut eksis ama bandeng 😄

Dari 7 ekor bandeng yang kami dapet hari itu, 4 ekor dibawa ke resto untuk diolah jadi ikan bakar dan ikan goreng. Sisanya dibawa pulang buat dimasak di rumah. Biaya masak ikan hasil pancing + cabut duri adalah Rp 15.000. Terserah mau dibakar, digoreng, dimasak pesmol, asam manis, biaya masaknya ya Rp 15.000 itu.

Daftar harga ikan hasil mancing


Sebagai menu tambahan makan siang di resto, kami pesan tumis kangkung, dan telur dadar buat Razka. Bocah tepian Sungai Mahakam, yang ternyata gak doyan makan ikan 😅.

Pilihan menu di Mega Prima Fishing ini cukup beragam. Jadi, buat yang gak makan ikan, gak usah kuatir. Karena di sini juga menyediakan menu selain ikan. Harga makanannya standard resto. Jadi agak sedikit overrated. Tapi kalo dibandingkan ama rasa dan suasana yang didapat, aku rasa sih wajar aja.

Daftar menu + harga makanan di Mega Prima Fishing

Sambil nunggu pesanan siap, kami masih terus mancing. Terutama Om Muchtar, yang masih penasaran karena gak dapet-dapet ikan 😄. Sampai akhirnya, di detik-detik terakhir baru ada seekor ikan yang nyangkut di kailnya.

Pesanan datang, waktunya kami makan. Entah karena emang lapar, atau karena enak, semua makan dengan lahap. Apalagi sebelumnya sudah request untuk cabut duri. Jadi kami makan tanpa gangguan duri bandeng yang kadang suka gengges 😁.

Mari makaaan...

Siang itu, ikan bakar jadi menu favorit di atas meja. Bumbu bakarannya enak. Paduan rasa manis dan gurihnya pas di lidah. Apalagi ikannya masih fresh baru diangkat dari kolam, jadi rasanya beda. Kayak ada manis-manisnya, hehehe.. Dicocol pake sambel, rasanya jadi makin nikmat. Ikan gorengnya juga enak. Cuma nggorengnya agak terlalu garing. Dan karena digoreng polosan begitu aja, rasanya jadi monoton. Perlu dicocol sambel baru mantap.


Buat mentemen yang lagi liburan di Sidoarjo, tapi bingung mau kemana? Coba aja wisata mancing sambil kulineran di Kalanganyar. Seru!

Mega Prima Fishing
Jl. Gisik Kidul, Kalanganyar.
Kec. Sedati, Kab. Sidoarjo
Buka setiap hari 08.00 am - 05.00 pm

You Might Also Like

0 komentar