5 Side Hustle Seru untuk Menambah Penghasilan

Thursday, February 23, 2023


Punya pekerjaan yang sesuai dengan passion dan latar belakang pendidikan merupakan impian semua orang. Namun pada kenyataannya, banyak orang melakukan pekerjaan di luar passion mereka yang sebenarnya. 

Akibatnya bekerja menjadi beban berat yang memicu stres. Jika Anda juga mengalaminya, cobalah melakukan side hustle untuk menyeimbangkan minat dan pekerjaan Anda. kabar baiknya, side hustle yang Anda lakukan bisa juga menghasilkan uang untuk menambah pundi-pundi saldo online banking Anda.

Sebenarnya side hustle berbeda dengan side job. Jika side job adalah pekerjaan sampingan yang bertujuan untuk mendapatkan penghasilan tambahan, maka side hustle adalah pekerjaan berdasarkan passion. Anda tidak berharap mendapatkan penghasilan dengan melakukan side hustle, tapi jika mendapatkannya, penghasilan tersebut menjadi bonus. Menarik, kan? Mengerjakan sesuatu sesuai minat atau hobi, plus peluang mendapat uang.

Side Hustle untuk Menambah Penghasilan

Bisa dikatakan, side hustle adalah kegiatan menyenangkan untuk melepas stres pekerjaan. Ditambah dengan bonus penghasilan yang bisa didapat, tentu menjadi lebih bermanfaat dan membantu kesehatan keuangan Anda. Saldo rekening online banking pun bertambah banyak dan dapat Anda gunakan untuk mewujudkan impian lainnya atau untuk membantu keuangan keluarga. Nah, apakah Anda tertarik melakukan side hustle? Berikut ini side hustle seru yang mungkin sesuai dengan minat Anda.

1. Vlogger

Anda senang berdandan atau mendandani orang lain dengan kosmetik lengkap? Cobalah menjajaki side hustle sebagai beauty vlogger. Anda bisa melakukannya dengan cara membuat konten berupa video yang berisi tips dan trik cara berdandan versi Anda. Anda juga bisa melakukan review produk kosmetik atau skincare yang Anda gunakan. Di awal pekerjaan beauty vlogger, Anda harus menyediakan semua peralatannya sendiri. Namun seiring berjalannya waktu, bukan tidak mungkin brand kosmetik atau skincare melirik Anda untuk pekerjaan influencer atau ambassador produk mereka. Bukan hanya uang yang Anda dapatkan, biasanya brand juga memberikan sample produknya untuk Anda.

Menjadi vlogger tidak hanya terbatas di bidang kecantikan saja. Vlogger terbuka untuk banyak peminatan, antara lain travel, fashion enthusiast, home decor, kuliner, dan masih banyak lainnya lagi. Anda juga bisa membuat konten menarik yang mungkin belum pernah ada.

2. Blogger

Anda suka menulis? Mulailah menulis dan mengunggah tulisan Anda melalui platform blog dan menjadi blogger. Banyak blogger terkenal dengan karya tulis yang dialihwahanakan ke dalam bentuk media lain seperti film atau buku cetak. Tidak sedikit pula blogger yang mendapat penghasilan dari membuat tulisan untuk pendukung kampanye brand produk atau perusahaan. Sama seperti vlogger, pekerjaan blogger terbuka lebar untuk beragam peminatan jenis tulisan, antara lain parenting, keuangan, teknologi, lifestyle, travel, dan masih banyak tema lainnya.

Simpan penghasilan di rekening online banking agar keuntungan yang Anda dapatkan bertambah banyak. Jika di awal belum menghasilkan uang, setidaknya Anda melakukan pekerjaan ini sebagai penyaluran hobi menulis sekaligus terapi melepas stres pekerjaan.

3. Admin Jastip

Anda penggemar belanja atau berburu barang-barang branded? Cobalah membuka jasa titipan atau jastip yang cukup menjanjikan penghasilan tambahan. Sebelum Anda pergi belanja, umumkan melalui media sosial atau aplikasi chat bahwa Anda membuka jasa titipan di toko yang akan Anda tuju. Anda tidak perlu menaikkan harga barang yang dititip teman, melainkan meminta teman memberi upah lelah untuk belanjaan mereka. Jastip sudah sangat umum di media sosial dan tidak hanya untuk pembelian barang branded saja. Pada event penjualan buku internasional, admin jastip mendapat keuntungan yang besar. Begitu pula pembelian makanan khas atau oleh-oleh dari daerah atau luar negeri. Anda puas berbelanja sekaligus mendapatkan keuntungan.

4. Food photographer

Dulu, hobi fotografi merupakan hobi mahal karena harus memiliki kamera dan aksesorisnya yang berharga mahal. Fotografi kini semakin terjangkau dengan bantuan kamera smartphone yang semakin canggih. Anda bisa menjajal kemampuan teknik fotografi dengan menjadi food photographer dan mengunggahnya di media sosial. 


Dengan hasil foto yang semakin bagus dari segi komposisi, warna, dan pencahayaan, serta teknik yang Anda gunakan, bukan tidak mungkin Anda mendapatkan job sebagai food photographer dan menerima penghasilan yang lumayan. Hobi tersalurkan, penghasilan pun semakin bertambah. Online banking adalah wadah tepat mengelola penghasilan dari side hustle yang Anda lakukan.

5. Kelola media sosial

Bagi Anda yang menyukai segala hal tentang media sosial, terbuka kesempatan dan peluang menjadi admin media sosial. Anda bisa menawarkan layanan penuhi dari mulai membuat konten hingga menjawab chat atau komentar atau pekerjaan parsial, misalnya hanya membuat gambar atau video saja. Umumnya yang berkecimpung di bidang ini adalah pelajar dan mahasiswa untuk mendapatkan uang jajan tambahan. Tapi jika Anda tertarik, kesempatannya masih sangat terbuka lebar. Mulailah membuat konten sebagus mungkin agar orang tertarik dengan media sosial Anda, baru setelahnya Anda bisa tawarkan jasa kelola media sosial yang Anda kerjakan.

Simpan Penghasilan Side Hustle Dengan Online Banking 

Ketika side hustle yang Anda lakukan sudah mendatangkan penghasilan, simpanlah di rekening online banking yang Anda miliki. Dengan begitu, Anda memiliki rekening terpisah dari penghasilan utama. Tujuannya agar suatu saat nanti Anda bisa melihat besaran penghasilan yang didapat dari pekerjaan side hustle atau menggunakannya untuk mewujudkan impian yang Anda inginkan sejak lama. 

Online banking adalah cara praktis menabung masa kini. Anda hanya perlu mengunduh aplikasinya dan mengisi data diri untuk mendapatkan layanan perbankan. Salah satu aplikasi yang bisa Anda gunakan adalah Aplikasi digibank by DBS, manfaat dan keunggulan aplikasi ini beragam, di antaranya:

  • Kemudahan melakukan transaksi karena lengkap, mudah dan aman
  • Kemudahan berinvestasi dan asuransi
  • Tersedia produk kartu kredit dan pinjaman

Ringankan beban pekerjaan di kantor dengan melakukan side hustle saat akhir pekan di rumah. Pilih side hustle yang benar-benar sesuai dengan minat supaya Anda melakukannya dengan senang. Ketika sudah mendatangkan penghasilan, gunakan rekening online banking di Aplikasi digibank by DBS untuk mengelola keuangan Anda. Dapatkan informasi selengkapnya di sini.

You Might Also Like

0 komentar