2nd Anniversary Blogger Kepri

Sunday, July 02, 2017


Tanggal 2 Juli ini, komunitas Blogger Kepri genap berumur 2 tahun. Kalo diibaratkan bocah, umur 2 tahun itu pas lagi lucu-lucunya ya.. Lagi mulai belajar untuk mengenal dan meniru hal-hal baru yang terjadi di sekelilingnya. Rasanya, apapun yang dilakukan anak umur 2 tahun, di mata kita semua pasti terlihat nggemesin. Nah kalo Blogger Kepri sendiri gimana? Apa juga lagi dalam masa lucu-lucunya? Kayaknya sih, iya.

Berawal dari Kesamaan Minat

Flashback dikit ya.. Di bulan Maret 2015, saya diajakin teh Lina dateng ke sebuah acara sharing session bertema Menulis & Fotografi. Yang jadi narsum adalah Danan Wahyu Sumirat. Saya antusias banget buat dateng dan ketemu langsung ama Danan, blogger femes yang tulisan-tulisannya sering saya baca.

Dari pertemuan itu kami bertiga jadi sering ngobrol dan sempat kepikiran untuk mengumpulkan blogger-blogger yang ada di Batam. Kebetulan kami bertiga gabung di komunitas Anak Pulau. Dari hasil obrolan-obrolan di grup Anak Pulau itu, saya jadi tau kalo ternyata cukup banyak anggota Anak Pulau yang ngeblog. Bahkan beberapa di antaranya pernah jadi rujukan saya kalo mau jalan-jalan di Batam atau wilayah Kepri lainnya. Sebut saja blognya Chairudin Lukman dan alm. Iqbal Rois Kaimudin. Tapi ya gitu deh.. ide untuk mengumpulkan blogger-blogger di Batam itu cuma sebatas 'sempat kepikiran' doank, realisasinya entah kapan. Huahaha kebiasaan..

 1st anniversary di Shabila Ayam Bekakak

Sampe akhirnya di awal bulan Juli, alm Iqbal menghubungi saya lewat messenger. Dia minta alamat email saya karena katanya akan ada salah satu brand smartphone yang nyari blogger untuk bantu promote acara mereka di Batam. Iqbal pun menghubungi satu per satu blogger di Batam yang dia kenal. Dulu di Batam sempat ada komunitas Batam Blogger Community (BBC) dan MPers Batam (komunitas blogger dari platform multiply). Tapi keduanya udah mati suri. Jadi Iqbal cukup kesulitan juga menghubungi blogger-blogger yang ada di Batam.

Dari sini kami jadi makin mantap untuk bikin komunitas blogger. Awalnya cuma bikin grup di Facebook, kemudian lanjut bikin grup di WA. Awalnya dinamain Blogger Batam, kemudian berubah jadi Blogger Kepri. Karena ternyata anggotanya bukan cuma dari Batam, tapi juga ada yang dari Tanjungpinang, Bintan, dan Karimun.

Awal-awal terbentuk dulu, anggota Blogger Kepri kebanyakan adalah travel blogger. Maklum sih, cikal-bakalnya kan dari komunitas Anak Pulau, yang semuanya emang suka traveling dan mengeksplore tempat-tempat baru. Kami sering ngomporin temen-temen yang suka traveling untuk bikin blog, supaya cerita-cerita perjalanan mereka bisa terdokumentasi dengan baik. Ngomporin untuk kebaikan gak ada salahnya kan?

Komunitas Blogger, Perlu gak sih?

Kalo ada yang nanyain itu ke saya, jawaban saya adalah perlu. Untuk apa? Untuk menjaga mood dan semangat ngeblog tetap berada dalam posisi ON. Apalagi kalo teman-teman dalam komunitas itu termasuk aktif dan rajin. Mau gak mau kita pasti bakal ketularan. Minimal ketularan niat deh..

 Belajar SEO bareng di D'Merlion Hotel

Saya suka salah satu statement Danan waktu kita bikin komunitas Blogger Kepri. Berkomunitas itu artinya kita belajar bareng. Kalo mau sukses, ya sukses bareng. Dan semua itu pasti ada prosesnya. Danan ini, meskipun bisa dibilang sudah femes dalam dunia per-bloggeran, tapi dia selalu antusias untuk belajar, dan gak pernah nolak kalo diminta sharing. Kalo boleh diilustrasikan, level antusiasnya Danan untuk belajar hal-hal baru itu sama dengan antusiasnya dia (baca: nyinyir) kalo ngeliat orang-orang yang maunya serba instan. Wkwkwk.. sori kalo ilustrasi gue berlebihan, Nan.

Berkomunitas itu juga artinya membangun networking. Dengan ikut komunitas blogger, kita bisa cepat tau tentang info-info lomba blog, info-info job review, sampe info tentang gosip kekinian di jagad perbloggeran. Ya intinya, kalo emang niat serius mau ngeblog, ya jangan menutup diri. Pinter-pinter aja membangun networking.

Suka Duka Selama Gabung di Blogger Kepri

 Piknik bedol desa ke Pulau Abang. Dok. Jogie Suaduon

Dua tahun gabung di komunitas Blogger Kepri, saya jadi ngerasa seperti punya keluarga baru. Sebagai admin, kami bertiga (saya, teh Lina juga Danan) udah ngerasain macem-macem. Banyak sukanya, ada juga dukanya. Mulai dari piknik bareng, dapet email tawaran kerjasama, undangan ngeliput event, sampai surat cinta terbuka di Facebook.

Errr kira-kira bagian dapet surat cinta terbuka itu masuk suka atau duka ya? Kalo kata saya sih, itu lelucon paling kocak selama saya gabung di Blogger Kepri. Huahahahaha... Sumpah! Itu lucu banget!

Bahkan ada yang sampe kirim pesan ancaman ke messenger suami saya. Saya cuma bisa ngikik baca surat ancamannya. Mau tau kenapa? Karena surat ancaman itu dikirim oleh orang yang sebelumnya ngirimin saya surat cinta terbuka di Facebook. Huahahaha...

Yaa.. namanya juga komunitas. Terdiri dari orang-orang yang berbeda latar belakang. Yang namanya gesekan dan masalah pasti ada. Yang saling sindirlah, nyinyir sana sinilah, baperlah, dan macem-macem lagi.. Sampe gemes rasanya.

Tapi yang jelas, selama 2 tahun ini saya ngerasa lebih banyak sukanya sih daripada dukanya. Saya jadi bisa kenal banyak orang hebat di komunitas Blogger Kepri ini. Orang hebat, yang gak pernah pelit berbagi ilmu dan rejeki. Saya juga jadi bisa belajar banyak hal. Nambah teman baru, ilmu baru, juga pengalaman baru. Pokoknya lebih banyak hepinya.

Rasanya selalu ikut seneng kalo melihat pencapaian teman-teman lain. Ada yang mulai kirim tulisan ke media, kirim video ke NET TV, menang lomba, diundang famtrip, dsb. Dan di usianya yang baru 2 tahun ini, Blogger Kepri sudah 'melahirkan' sebuah buku keroyokan tentang tempat wisata yang ada di Kepri. Alhamdulillah.. Semoga terus punya semangat untuk berkarya.

Happy 2nd Anniversary Blogger Kepri

Least but not least, Happy 2nd anniversary buat Blogger Kepri. Semoga tetap menjadi rumah yang nyaman bagi kami. Keep write, share and happy. Please ya, kita banyakin berkarya bareng  aja, jangan nyinyir yang dibanyakin. Inget, komunitas yang asik itu belajar bareng, bukan nyinyir bareng ;) Semoga kita bisa terus berkarya bareng-bareng. Btw, buku kedua kita apa kabarnya ya genks? Hehehe.. Semoga bukan sekadar wacana ya :)

 Keluarga bahagia, sehat dan sejahtera

You Might Also Like

20 komentar

  1. Wawww selamat ultah deh, salam dari blogger Jember Sueger yaaa, o ya, salken ya mbak, #DuniaFaisol

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal juga mas. Makasih udah mampir di sini :)

      Delete
  2. aku cinta group Blogger Kepri.... orang2nya asik...gak pelit sama ilmu...bersaing untuk jadi pintar semuanya...kemudian kepintaran itu dibagi lagi kepada yang lain..itulah yang saya temukan di BK... Semoga tetap bertahan anggota dan adminnya.. kalo perlu bertambah anggota lagi yang sama2 punya misi yang sama yakni " Menulis dan Berbagi "

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin.. Semoga ya kak. Senang juga bisa kenal dan saling berbagi ama temen2 Blogger Kepri

      Delete
  3. Selamat ulang tahun blogger Kepri. Makin jaya bersama blogger2 hebatnya

    ReplyDelete
  4. Selamat ultah ke-2 Blogger Kepri. Salam kenal buat semua yg belum kenal. Suka deh dengan komunitas kalian. Kompak selalu. Teruslah begitu ya. Keep blogging, keep shining...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin.. Semoga bisa terus kompak. Makasih ya mbak...

      Delete
  5. Selamat Ultah kedua Blogger Kepri, lumayan banyak juga ya mbak anggotanya dan terlihat kompak. Btw di Batam gak ada komunitas lain tah selain Blogger Kepri? Kalau di Malang banyak dan mecah2 sesuai visi misi masing2 meskipun sesama blogger :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maksudnya komunitas blogger, Von? Dulu sih ada beberapa, tp udah pada mati suri. Sekarang yang aktif ya Blogger Kepri ini.

      Delete
  6. Met milad blogger Kepri.. suka banget liat kegiatan2nya..
    Salam kenal dari Malang..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih, mbak Zie :)
      Blogger Malang juga rame ya.. Sering banyak kegiatan juga..

      Delete
  7. Wah seru ya! Met ultah blogger kepri, moga makin eksis dan bermanfaat

    ReplyDelete
  8. Suka banget sama yang namanya komunitas. Apalagi komunitas yang angkat muatan lokal. Karena yang lokal biasanya lebih awet mengangkat isu-isu di daerahnya.
    Lebih sustainable.
    Kalaupun ada baper dan gejolak di komunitas, itu bagian dari proses menuju kebaikan.

    Blogger Kepri jadi tuan rumah di daerahnya sendiri. mantab.
    Selamat Ulang Tahun Blogger Kepri.
    Sukses Selalu. aamiin :)

    ReplyDelete
  9. happy besde blogger kepri, moga makin kompak selalu

    ReplyDelete
  10. Happy Anniversary yg ke 2 buat Blogger Kepri.. Semoga semakin kece..

    ReplyDelete