Belitung, Pada Suatu Hari yang Berselimut Mendung

Monday, July 17, 2017



Memory is the basis of every journey - Stephen King

Rindu. Mungkin ini alasan paling tepat yang membuat saya langsung meng-iya-kan ajakan dari mbak Rien untuk ngetrip bareng lagi ke Belitung. Setelah tahun lalu saya berkunjung ke Belitung, dan membawa pulang banyak cerita untuk dituliskan. Saya berharap, perjalanan ke Negeri Laskar Pelangi kali ini pun akan menyimpan banyak cerita menarik.

Hari Pertama, dan Saya Kesiangan!

Ketukan di pintu membangunkan saya. Rasanya masih malas beranjak dari kasur anyar nan empuk di d'MakMoer Guesthouse. Reflek saya melirik jam di pergelangan tangan, dan langsung melompat bangun demi melihat angka 08.30 am yang tertera di sana. Saya memang baru tidur selepas subuh, menyelesaikan satu buah tulisan. Akibatnya saya kesiangan. Dengan mata masih sepet, saya buka pintu dan mendapati seulas senyum manis bu Lulu di sana. 

"Yang jemput sudah datang dari tadi.."
"Iya bu, saya kesiangan. Gak dengar suara alarm" jawab saya sambil meringis malu-malu.
"Sarapannya mau diantar ke kamar atau gimana?"
"Gak usah bu.. Nanti biar kami sarapan di bawah aja.."

 d'MakMoer Guesthouse

Baca juga tulisan saya Menginap di d'MakMoer Guesthouse

***

Setelah mandi dan packing yang semuanya serba buru-buru, saya dan Lala pun turun untuk sarapan. Begitu membuka HP, baru terlihat puluhan pesan tak terjawab dan ratusan pesan di WA. Wkwkwk.. bener-bener pules ya tidurnya. Sampe suara Skid Row yang meraung-raung di HP pun saya cuekin. TERLALU! 

Darmawan, lelaki ramah yang wajahnya seperti selalu tersenyum itu mengirim pesan setelah beberapa panggilannya tak terjawab. Darmawan ini yang kemarin sore menjemput saya di bandara HAS Hanandjoeddin kemudian mengantar saya ke penginapan. Dia juga yang rupanya pagi tadi menjemput saya di d'MakMoer. Tapi karena saya masih molor, jadinya dia bablas ke bandara menjemput teman-teman blogger saya yang lain. Nanti dari bandara, baru mereka jemput saya lagi di Kedai Makmoer. Mbak Rien dan mas Arif sudah mendarat di Belitung dan tengah asik menikmati sarapan di Hotel Hanggar 21

 Karena Kesiangan saya pun melewatkan sesi foto bareng di Hanggar 21. Dok Katerina

Langit pagi itu mendung. Saya dan Lala menikmati sarapan dengan santai di Kedai Makmoer. Dua porsi nasi goreng beserta segelas kopi untuk saya, dan segelas teh manis untuk Lala terhidang di atas meja. Kami makan sambil menikmati PantaiTanjung Pendam yang sedang surut. 

Pantai Tanjung Pendam sedang surut

Setelah menunggu cukup lama, akhirnya teman-teman lain pun datang menjemput. Lengkap sudah rombongan kami. Ada mbak Rien & mas Arif. Manda & Panda. Tomi & Barbie. Dewi & Aji. Juga Tami. Semua berpasangan. Kecuali saya dan Tami. Sepertinya mereka semua emang niat hanimun di Belitung, hehehe... Dengan dua buah mobil dari Mulia Rental Group yang akan melayani urusan transportasi kami selama di Belitung, rombongan kami pun beriringan menuju Tanjung Ru, pelabuhan tempat kami akan menyeberang naik kapal ke Pulau Leebong. 

Baca juga tulisan saya Bertemu Ibu Muslimah di Gantong

Saya dan Lala semobil dengan Barbie, Manda, Panda, dan Tomi. Yang menjadi sopir di mobil kami adalah pak Atok. Yang sepanjang jalan cuma senyum-senyum aja denger obrolan kami yang berisik. Udah ngobrolnya berisik, pake bahasa Jawa pulak. Pantes aja kalo pak Atok cuma senyum-senyum aja sepanjang jalan. Maafkan kami ya, pak..

Mereka Jumatan, Kami Pesta Gorengan

Berhubung hari itu hari Jumat, dan sudah masuk waktunya untuk sholat Jumat, kami pun berhenti di salah satu masjid dalam perjalanan menuju Tanjung Ru. Pas banget berentinya di masjid yang di seberangnya ada warung kecil yang menjual aneka gorengan. Benar-benar tempat yang cocok untuk menunggu para lelaki yang menunaikan sholat Jumat.

Kami pun duduk asik sambil bolak-balik mencomot aneka gorengan yang masih mengepul panas. Baru digoreng euy. Saking asiknya tau-tau masing-masing udah nyomot lebih dari 7 gorengan aja.. Laper atau doyaaan?! Etapi gorengannya emang enak kok. Cocok banget jadi teman menunggu di siang yang gerimis itu. 

 Menunggu sambil ngemil gorengan

Saking enaknya, sampe-sampe yang mengaku sedang menjalankan FC (food combining) pun khilaf. Nyomot gorengan gak kira-kira. Pas totalan, ternyata dia udah nyomot 9 gorengan. Huahaha... Jadilah guyonan tentang FC mewarnai perjalanan kami selama di Belitung. Food combining yang artinya sudah dirusak dengan meng-combine semua makanan yang ada di depan mata untuk dipindahkan ke dalam mulut. Huahaha.. kabur sebelum dituntut para pakar FC sedunia

Yang jadi favorit siang itu adalah pisang goreng pasirnya. Pisangnya manis, digoreng crispy, tapi rasanya tetep lembut. Pokoknya enak! Lumpia isi bihunnya juga enak, mendoan dan bakwannya juga. Apalagi makannya sambil dicocol ke saus encer mirip cuko pempek. Nikmat banget! Trus kue jajak bingke khas Belitung-nya juga enak. Duh jadi ketahuan saya nyomotin kue apa aja, hahaha.. 

 Pisang goreng yang jadi favorit

 Jajak bingke khas Belitung. Dok. Darmawan

Lala makan kue ondel-ondel. Lol..

Pesta gorengan di siang yang gerimis itu, jadi awal yang manis perjalanan dan perkenalan kami. Sebuah awal yang manis, yang membuat saya yakin, perjalanan kami di Belitung pasti bakal seru dan menyenangkan. 

Baca juga tulisan saya Jelajah Kuliner di Belitung

***

Perjalanan menuju Tanjung Ru lancar jaya tanpa hambatan. Kondisi jalan yang cukup lengang di Belitung terasa jauh berbeda dengan suasana di kota-kota besar. Gak ada suara klakson yang berisik, gak ada lampu merah, gak ada mobil yang ngebut ugal-ugalan. Semua terasa tenang dan menyenangkan. Oiya menurut pak Atok, lampu merah di Belitung jumlahnya gak sampe 10 looh. Coba bandingkan dengan kota-kota lain yang lampu merah ada di tiap simpang jalan. 

Baca juga tulisan saya Island Hopping di Belitung

Belitung selalu punya cara untuk membuat saya jatuh cinta. Bahkan dalam pelukan hujan dan selimut mendungnya. Tunggu cerita seru saya di Pulau Leebong yaa.. Pulau kecil yang pesonanya langsung bikin saya meng-iya-kan ajakan ke Belitung kali ini..

 Sampai di Pelabuhan Tanjung Ru, siap untuk menuju Pulau Leebong. Dok. Katerina

You Might Also Like

42 komentar

  1. Foto siluet Lala itu CAKEEEEEEEEEP banget mbak Dee :)

    Dari satu tulisan ini aja ternyata udah banyak banget destinasi Belitong yang sudah mbak Dee tulis ya. Sungguh kece bana-bana :D

    Ditunggu cerita keseruan di pulau Leebongnya.

    omnduut.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang link-link itu? Itu tulisan tahun lalu, Yan.. Tapi emang sih.. Belitung selalu punya cerita seru untuk dituliskan :)

      Delete
  2. Haloooo...apa kabar yang asyik ketiduran sampe dicariin bos Mulia Rental ga bangun2 wkwkw

    Emang enak banget suasana Kedai Makmoer itu ya. Sampe nyenyak tidurnya :p

    Ada satu yg aku tandai saat pesta gorengan. Itu lho yang makannya sampe 7 biji. Kukira dia ngambil buat suaminya. Ga taunya dia sendiri wkwkw *lirik wanita pensil alis haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha iya loh beneran... Aku tidurnya pules banget. Mbak Rien nelpon pun sampe gak kedengeran..

      Wkwkwkwk.. Wanita yang merusak arti food combining itu yaaa? Huahahaha...

      Delete
    2. Tenggelamkan aja itu siapa yang ambil 7 gorengan, eh suaminya malah dikasih 2 biji, hahahaha.

      Delete
    3. Hahahaha serius mau ditenggelamkan?!

      Delete
  3. Aduh, jadi mupeng.
    kapan gitu bisa main ke sana ya....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga suatu hari kesampaian ya, An.. Belitung indah dan nyaman banget. Kulinernya juga bikin betah!

      Delete
  4. Baru baca ini aja udah mupeng sama gorengannya..wkwkwk
    Duuh, kapan ya bisa ikutan ke Belitong?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak tau apa karena pengaruh cuaca ya.. Yang jelas makan gorengan waktu di Belitung itu rasanya nikmaaat banget hehehe

      Delete
  5. Aaaaakkk gorengan ituu.. Kenapa sangat kombinasi sekali pilihannya yaaa, hehehehe..jadi ada alasan untuk memakan secara combining ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha cemilannya ama suasananya emg cocok banget yaaa.. Saling combine 😂😂😂😂

      Delete
  6. Salam kenal Mbak Dian Radiata. Suka dengan ulasannya tentang Negeri Laskar Pelangi ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal juga mas Ahmad.. Makasih ya udah singgah 😊

      Delete
  7. Duh... sudah terbayang keseruan bolang bareng!
    Semoga. One day... yes one day...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kak Rooos... Kapan kita jalan bareng lagiii? Miss you kakaaaak... 😘😘

      Delete
  8. Penasaran sama kiner belitung. Banyak banget ragamnya ternyata ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kulinernya rata-rata seafood, teh.. Cuma cara olahnya yang beda. Yang recommended gangan ama ketam isi. Itu juarak!

      Delete
  9. yang menarik gua cuma makanan itu aja...
    pernah ke belitung pas mendung gini lalu mati gaya.. mana hampir terjebak badai

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang kemaren ini hujan terus selama kami disana.. Sempat terjebak banjir juga. Sampe deg-degan soalnya kudu ke bandara. Untung pesawatnya delay hehehe.. Tapi tetep seru siih

      Delete
  10. Aku kayaknya tau deh yang FC,hahaha.....pisgornya menggoda banget. Ondel2???hahaha....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha siapa? Siapa? Kira-kira bener gak tebakannya?

      Delete
  11. Kayaknya seru ya mbak Dee, pelesir ama teman dan keluarga juga. Lala pasti senang tuh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seru banget, Yung.. Sampe gagal move on hahaha

      Delete
  12. Berarti aku harus balik lagi kesana mau nyobain pisang gorengnya nanti di bungkus bawa ke kedai kopi enak kayaknya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha iya Leh.. Emang kudu balik lagi. Tapi kemaren nyobain pisang goreng di beberapa tempat rasanya semua enak. Emang typical pusang Belitung yang rasanya manis dan enak

      Delete
  13. Liat pisang gorengnya bikin ngiler bangettttt!

    ReplyDelete
  14. One destination in my dream... kasurnya empuk bangets ya?

    ReplyDelete
  15. Serunyaaa. Itu gorengannya terlihat amat sangat maknyus mbak Dee :D
    Aih jadi pengen lah kesana

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pisang gorengnya juarak! Kalo ke Belitung kudu nyoba, Sil..

      Delete
  16. Mbak Deee, ini harusnya judulnya "Cerita tentang Gagalnya Food Combining dalam Belitung Trip" hahahaha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkwkwkwk... Sesaaat! Nanti diomelin ama pakar FC ngerusak arti 😄😄😄

      Delete
  17. Pengalamannya seru banget mba.. Hahaha saya ngakak di bagian yang bangun kesiangan. i feel you mba Dian.

    Ah Belitung, kapan saya menginjak tanahmu? hiks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha pengalaman sesama orang yang suka bangun kesiangan ya, Chay 😂😂😂

      Delete
  18. Itu kue bingkenya sama gak yah dengan bingke batam?? menarik banget fotonyaaa ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Teksturnya beda.. Yang di Belitung lebih mirip kue lumpur sih kalo kataku..

      Delete
  19. dari batam ada penerbangan langsung nggak ke belitung? kayaknya mau ke sana ah akhir pekan bulan ini. mumpung ada yang mau endorse tiket. ada yang mau endorse hotel? wkakakakkaka

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak ada yang langsung kak.. Transit di Bangka, tapi gak pake turun pesawat. Transitnya cuma sekitar 15-20 menitan kok

      Delete