Jelajah Kuliner di Belitung

Friday, July 15, 2016


Jalan-jalan ke Belitung, gak lengkap rasanya kalau gak ngomongin kulinernya. Sekarang saya mau coba merangkum tempat kulineran yang enak-enak di pulau yang dikenal dengan nama Negeri Laskar Pelangi itu. Kebetulan waktu ke Belitung awal bulan Mei lalu, Visca Tour membawa saya dan teman-teman makan di tempat yang menyediakan kuliner khas Belitung. Dan alhamdulillah, makanannya selalu enak! 

Buat kamu yang mau jalan-jalan ke Belitung, mungkin daftar ini bisa berguna. Oiya, tempat makan ini saya urutkan berdasarkan waktu kunjungan ya.. Kalau masalah rasa, itu selera. Apalagi buat orang yang cuma tau rasa makanan itu enak dan enak banget kayak saya. Tapi percaya deh, kuliner Belitung itu emang enak-enak kok.. :) 

Oiya, satu lagi. Siapin tissue sebelum baca postingan ini ya. Buat apa tissue? Buat lap iler. Hehehe.... Kalau tissue saja belum cukup, silakan lambaikan tangan ke kamera.

1. Ruma Makan Timpo Duluk

Pertama nyampe Belitung, saya dan Lala langsung diajak makan disini ama driver utusan Visca Tour yang menjemput kami di bandara. Pertama masuk rumah makannya, saya langsung suka. Rumah makan ini unik. Sesuai namanya, Ruma Makan Timpo Duluk, suasana rumah makan ini memang terasa banget kesan jadulnya. Mulai dari bentuk bangunannya, peralatan makan, sampai ke hiasan-hiasan yang dipajang di dinding. Semua jadul! 

 Ruma Makan Timpo Duluk

Saya pesan nasi + ayam bakar atas request si Lala. Untuk minumnya saya pesan es kopi dan Lala minta teh anget. Ayam bakarnya disajikan dengan nasi yang dibungkus daun simpor, lalapan segar, dan sambal. Nasi yang dibungkus daun simpor ini meninggalkan aroma yang khas banget. Ini juga merupakan sesuatu yang baru buat saya. Selama ini saya taunya cuma daun pisang atau daun jati yang biasa digunakan untuk membungkus makanan. Dan di Belitung, rupanya daun simpor ini yang populer digunakan sebagai pembungkus makanan. 

 Piring makannya pake piring kaleng jadul..

Ayam bakarnya enak. Dagingnya empuk banget. Bumbunya sepertinya hanya kecap, tapi rasanya beda dengan ayam bakar kecap yang biasa saya makan. Lala lahap banget makannya. 

 Ayam bakar ala Timpo Duluk

Ternyata, makan malam di Ruma Makan Timpo Duluk ini juga masuk dalam agenda Visca Tour. Jadi di tour hari pertama, kami diajak makan malam di sini dengan tradisi Makan Bedulang. Apa itu Makan Bedulang? Saya sudah pernah menuliskannya di sini. Kalau kesini rame-rame, cobain tradisi Makan Bedulang ya.. 

 Makan Bedulang

Ruma Makan Timpo Duluk
Jalan Lettu Mad Daud, Tanjungpandan, Belitung
Telp: (0719) 9223242
Open Hour: 11 am - 10 pm

2. Warung Makan Bang Pasya 

Hari pertama di Belitung, saya dan Lala menginap di Hotel Harlika Jaya di daerah Pantai Tanjung Pendam. Malamnya kami jalan-jalan menyusuri pantai sambil cari makan. Saya langsung menuju ke Warung Makan Bang Pasya, salah satu warung yang terlihat paling ramai pengunjungnya. 

 Ini foto waktu hari terakhir

Pilihan menu di sini cukup banyak. Mulai dari seafood, sop iga, bebek goreng, nasgor, migor, bakso, dan masih banyak lagi. Tapi lagi-lagi si Lala minta ayam bakar. Untuk tambahannya saya pesan otak-otak bakar. Dan minumnya saya memesan es jeruk kunci. 

Ayam bakarnya enak. Bumbunya cuma kecap. Rasanya sama aja kayak ayam bakar kecap pada umumnya. Cuma yang ini menurut saya terlalu kering. Padahal saya lebih suka ayam bakar yang masih agak basah gitu.. Ayam bakarnya gak sempat difoto karena Lala udah keburu lapar, hehehe..

Otak-otak bakarnya juga enak. Lala sempat kecele, dikira dia sama kayak otak-otak Tanjungpinang kesukaan dia. Pas dibuka dan diincipin, dia langsung gak mau. Gak sama kata dia, hehehe.. Otak-otak di tiap daerah memang beda. Yang saya tau ada otak-otak bandeng ala Gresik, otak-otak Tanjungpinang, dan otak-otak Palembang. Nah otak-otak yang di Belitung ini sama seperti otak-otak Palembang. Mungkin karena Belitung dan Palembang dulu pernah berada dalam satu provinsi yang sama ya, jadi otak-otaknya pun sama, hehehe #IMSO (in my sotoy opinion)

 Otak-otak Belitung

Otak-otak Belitung di Warung Makan Bang Pasya ini disajikan dengan sambal pedas manis. 

Hari terakhir di Belitung, setelah mengantar kloter pertama ke bandara H.A.S Hanandjoeddin, bang Romi ngajak kami makan siang di Warung Bang Pasya ini juga. Kali ini saya memesan nasi goreng dan lagi-lagi minumnya es jeruk kunci. Nasi gorengnya enak, disajikan dengan telur ceplok, irisan timun, dan kerupuk sebagai pelengkapnya. 

 Nasi goreng + es jeruk kunci

Warung Makan Bang Pasya
Kawasan Pantai Tanjung Pendam, Tanjungpandan, Belitung

3. Mie Belitung ATEP

Hari pertama ngetrip, kami diajak sarapan di warung Mie Belitung Atep, yang kabarnya paling top se-Tanjungpandan. Warungnya terlihat biasa saja. Menempati sebuah bangunan ruko di jalan Sriwijaya, tak jauh dari Bundaran Batu Satam. Meski terlihat biasa saja, tapi di dinding warung berderet foto-foto artis dan pejabat yang pernah singgah mencicipi mie Belitung ini. Sayang foto saya gak ada disitu.. #sigh

Tampak dalam warung mie Belitung Atep

Mie Belitung ini tediri dari mie kuning, irisan kentang rebus, tahu goreng, timun, udang dan emping melinjo. Kemudian disiram dengan kuah kaldu agak kental yang rasanya sedikit manis. Kalo kata saya, rasanya hampir mirip-mirip mie lendir. Dan habis makan mie Belitung, paling cocok minum es jeruk kunci yang rasanya asam-asam segar. Hmmm... 

 Mie Belitung

 Mie Belitung + es jeruk kunci

Mie Belitung ATEP
Jl. Sriwijaya no. 27, Tanjungpandan, Belitung
Telp: (0719) 21464
Open Hour: 8 am - 8 pm

4. Rumah Makan Fega

Masih di hari pertama trip, setelah singgah di Gantong dan bertemu ibu Muslimah, kami diajak makan siang di Rumah Makan Fega, sebuah rumah makan di daerah Manggar yang bangunannya berbentuk kapal dan berada di tepi danau. Suasana rumah makan yang dipenuhi aneka tanaman ini terasa begitu teduh dan asri. Siang-siang habis hujan, capek, nyampe di rumah makan yang suasananya adem itu bikin rasa lapar meningkat jadi beberapa level. Gak percaya? Coba deh..

 Bayangin aja makan di tepi danau kayak gini... 

Rumah makan berbentuk kapal

Menu makan siang di Rumah Makan Fega

Menu makan siang di Rumah Makan Fega ada gangan, ikan bakar, sate ayam, sotong goreng tepung, dan tumis kangkung. Semua makanannya enak. Tapi favorit saya adalah gangan. Yeeeay! akhirnya rasa penasaran saya dengan gangan terjawab juga. Sejak mbak Rien posting tentang gangan, saya memang langsung penasaran. Dari deskripsi yang dituliskan mbak Rien, sepertinya saya bakal menyukai hidangan ini. Dan benar. Saya memang langsung menyukai makanan bernama gangan ini. 

 Mari makan...

Ikan bakar ala Fega

Dari tampilannya, hidangan ini mirip gulai dengan kuah kuning yang tidak kental. Begitu dicicip, paduan rasa segar, asam, gurih, dan sedikit pedas dari kuahnya langsung membelai lidah. Apalagi kalau dimakan ama ikan tengiri dan potongan buah nanas yang ada di dalamnya. Hmmm.. Rasanya pengen nyendok lagi, lagi, dan lagi... 

 Ini yang namanya gangan

Gangan ini paling enak dimakan hangat-hangat dengan nasi yang juga masih mengepul. Tapi kalau buat saya, gangan ini digadoin begitu aja juga udah nikmat banget rasanya. Pokoknya kalo singgah ke Belitung, kudu nyobain yang namanya gangan. Dan gangan di Rumah Makan Fega ini recommended!

Waktu ditawarin ada yang mau pesan kopi atau teh, saya langsung pesan kopi. Gak afdal rasanya singgah ke Manggar, kota yang punya julukan Kota 1001 Warung Kopi kalo gak sampe nyobain kopinya.  

 Ngopi di Rumah Makan Fega

Rumah Makan Fega
Jl. Jend Sudirman, Manggar, Belitung
Telp: (0719) 91114
Opening Hour: 9 am - 5 pm

5. Restoran Pulau Kepayang

Trip hari kedua, waktunya island hopping. Setelah capek naik ke atas mercusuar di Pulau Lengkuas dan dilanjut dengan snorkeling, kami diajak makan siang di salah satu restoran yang ada di Pulau Kepayang. Kenapa saya bilang salah satu? Karena ternyata restoran di Pulau Kepayang ini ada 2. Siang itu kami makan di restoran di sisi pulau yang berpasir. Restoran satunya lagi ada di kawasan Kepayang Eco Resort, di bagian pulau yang berbatu-batu besar.

 Kami makan di resto yang ini

Ini resto yang satu lagi

Menu yang disajikan siang itu ada ikan bakar, sate udang bakar, sotong goreng tepung, kepiting, tumis kangkung, dan gak ketinggalan, gangan. Gangan di Pulau Kepayang ini tampilannya agak beda dengan gangan di Rumah Makan Fega. Gangan di sini kuahnya berwarna agak kemerahan dan agak lebih kental. Lebih mirip ikan asam pedas, baik dari segi tampilan maupun dari rasa.

 Menu makan siang di Pulau Kepayang

 Sate udang bakar

Ikan bakar ala Pulau Kepayang

Pesta seafood di tepi laut, ditemani angin sepoi-sepoi. Rasanya nikmat luar biasa! Saya makan kepiting dan udangnya dikit aja, sekadar nyicip. Biarlah kepiting itu jadi bagian mas Yopie aja, hehehe. Saya lebih suka makan sotong dan gangannya. Di sini saya makan sampai nambah-nambah saking nikmatnya.. #gakheran #itulaperataudoyan 

 Yuk makan.. mumpung difoto ama Cepi :)

6. Rumah Makan Berage

Malam terakhir di Belitung kami diajak mampir ke Rumah Makan Berage yang menyediakan kuliner otentik Belitung. Menunya lagi-lagi gak jauh-jauh dari seafood. Ada ikan bakar, udang sambal, sotong goreng tepung, lalapan, dan yang pasti gak ketinggalan adalah gangan. Rasanya puas saya makan gangan selama di Belitung. 

 Rumah Makan Berage

Untuk menemani aneka hidangan itu, disediakan juga 3 macam sambal, yaitu sambal kecap, sambal bajak, dan sambal sereh. Favorit saya adalah sambal serehnya. Satu piring kecil ludes ama saya sendiri. Itu pun masih ditambah nyomot sambal sereh dari meja tetangga sebelah. Hehehe... Cuma sayangnya, sambal di Belitung agak kurang pedas kalau buat lidah saya. 

 Menu makan malam di Berage

Gangan di Rumah Makan Berage ini sama seperti gangan di Rumah Makan Fega. Dan saya lebih suka gangan yang seperti ini. Kuahnya light dan rasanya seger banget.  

Rumah Makan Berage
Jl. Raya Sijuk No. 31 Air Merbau, Tanjungpandan, Belitung
Telp: (0719) 23780 - 082175704334

***

Tau nggak, kuliner-kuliner Belitung itu bikin saya kangen dan pengen balik lagi ke Belitung. Bahkan nulis ini pun saya sambil ngebayangin segernya gangan, sambal sereh, dan es jeruk kunci. Hmmm...

Kalo kuliner Belitung kesukaanmu apa?

You Might Also Like

54 komentar

  1. wah kuliner belitung ternyata banyak juga ya... yang paling rekomen yg mana nih mba?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang paling rekomen pasti gangan.. :) Kalo saya suka gangan yang kuahnya kuning dan tidak terlalu kental seperti yang di RM Fega dan RM Berage. Tapi ini balik lagi ke selera sih :)
      Tapi kuliner lainnya juga enak-enak kok..

      Delete
  2. Widiih ikan bakar Feganya itu menggiurkan sekali.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ikan bakarnya enak teh.. porsinya juga gede. Yang kebagian ngabisin biasanya sih mas Yopie hehehe

      Delete
  3. gak jauh jauh dari sea food 😋🍤🐟🐙

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener Mad.. Maklum, daerah kepulauan sama kayak Kepri juga. Jadi ya gak jauh-jauh dari seafood :)

      Delete
  4. Aku suka sea food aja, ngences lihat yg di barage. btw sempat aja ya sampe banyak restoran gitu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe ini rangkuman dari acara jalan-jalan selama 3 hari kak :D

      Delete
  5. Wuaaa,kulinernya macem2, penasaran di warung pasya, ada Pasha ungu nggak ya? 😉

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe... Pasha ungu udah sibuk jadi pejabat dia mbak :D

      Delete
  6. Yang seperti ini nih yang dicari

    ReplyDelete
  7. Widih wisata kuliner nya. Sate udang bakar nya sedap tampak nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Udang bakarnya enak.. udangnya fresh banget..

      Delete
  8. Gyaaaaaaaaahhh, bener2 ke Belitung buat wisata kuliner ini namanya, kpn2 diajakin donk mbak :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hayuuuuk... Colek mbak Rien, katanya bakal ada trip rame-rame ke Belitung lagi tuh :)

      Delete
  9. Otak- otak, selalu kalap ngeliatnya. Itu mie belitung melambai-lambai minta dicicip

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya... otak-otak makan satu pasti kurang ya :D

      Delete
  10. Waah ternyata banyak kuliner Belitung yg saya lewatkan.
    Maklum cm 3 hari...klo ke sana lagi boleh nih dicoba yg blom...
    Masukin list dulu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini saya kmaren ke Belitungnya juga 3 hari kok. Alhamdulillah banyak yang bisa dicoba :)

      Delete
    2. Ini saya kmaren ke Belitungnya juga 3 hari kok. Alhamdulillah banyak yang bisa dicoba :)

      Delete
  11. pingin ke pulau Kepayang lagi, makan siang terus sorenya ngopi di pinggir pantai..

    ReplyDelete
  12. Wah liat foto-foto makanannya jadi laper nih, kayaknya semua enak yummy, kira-kira paket wisata ke Belitung 3D2N habis budget berapa yaa mba...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kmaren kami 3D2N kena 1,5juta dari Visca Tour. Alhamdulillah puas banget ama paketnya..

      Delete
  13. banyak banget tempat wisata kuliner di belitung sekarang, lima tahun lalu kesana ngga sebanyak ini. apa mungkin gaya jalannya juga.

    kita sih waktu itu saweran 500 ribu untuk tiga tiga malam 4 hari , sewa mobil, sewa kapal all in :D. jangan dibayangkan hotelnya kaya apa . nginep di perumhan yang jauh banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini pas banget ama Visca Tour diajakin makan ke tempat yang asik-asik begini Nan...

      Delete
  14. patut dicoba deh karena mau sekali ke bangka belitung , tapi belum kesampaian

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga segera kesampaian ya mbak.. Belitung indah banget. Kulinernya juga recommended :)

      Delete
  15. waah pada posting jelajah kuliner ya? ikutan juga aaah... (nyolong ide) hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha ayo posting.. ntar mention aku ya kalo udah posting :)

      Delete
    2. iya kak.. tapi daku belum punya koleksi foto hahaha :))

      Delete
  16. Waktu mampir aku belum sarapan (biasa... hari minggu), jadi laper deh pengen otak-otak :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehehe.. Langsung sarapan aja kalo gitu :)

      Delete
  17. Ini baru wisata beneran. Hehehehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehehe emang ada ya wisata yang gak beneran :D

      Delete
  18. Belum pernah coba semuaaa, hehehe...padahal pernah tugas di sana ya, tapi sebagian kayaknya belum ada dulu.

    ReplyDelete
  19. Setelah Baca Sambil Ngiler ... he he
    Sepertinya saya tertarik sama rumah makan Fega. Ikan Bakarnya menggoda iman nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di Fega itu yang juara adalah gangannya mas.. Tapi ikan bakarnya juga enak kok. Enak semua lah... :D

      Delete
  20. Kulinernya mantap. Paling suka gangan ikannya. Sedap, seger, enak.
    Apalagi kulineran bareng dengan kawan2 satu hobi....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak.. gangan ikan aku paling suka... Makasih ya udah bikin penasaran dari tahun lalu, hahahaha...

      Delete
  21. Wah ternyata negeri laskar pelangi juga punya kuliner yang khas ya, tapi salah satunya yang bikin penasaran banget itu gangan haha

    Salam kenal mba! main ke blog aku ya
    http://dolinafatitela.blogspot.co.id/

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bener.. Gangan itu kudu dicoba kalo ke Belitung.
      Salam kenal juga.. Makasih ya udah mampir :)

      Delete
  22. aku belom pernah k belitung. Aku catat nih kulinernya! menarik mba.
    Aku pengen gangan-nya. rasanya sama ga ya dengan ikan kuah kuning di daerah timur?

    ReplyDelete
  23. Tempat makan yg ada disini mmg pemes banget di belitung, semua nya aku suka kecuali mie atep yg cita rasa nya ngak sesuai sama lidah gw hahaha

    ReplyDelete
  24. Itu otak-otaknya pake sambel pedas manis, kayak sambel cuka bukan sih?

    ReplyDelete
  25. Itu otak-otaknya pake sambel pedas manis, kayak sambel cuka bukan sih?

    ReplyDelete
  26. rasanya,pingin nyabutin perkakas di dinding timpo duluk >_<..aku jadi penasaran sama es jeruk kunci,bikin ngilerrr

    ReplyDelete
  27. Banyak banget ternyata referensi kuliner di Belitung! Laperrrr

    Adis takdos
    travel comedy blogger
    www.whateverbackpacker.com

    ReplyDelete
  28. Kalau aku si tukang makan ini, semuanya itu membelai lidah. Amboi... semoga aku bisa ke Belitung, apalagi bareng dikau, mbakku.
    Jadi, Mas Yopie itu benar-benar dinas kebersihan ya. Hahaha...

    ReplyDelete