Ngabuburit Seru & Sarat Ilmu Bersama JNE

Monday, June 19, 2017


Creative people are curious, flexible, persistent, and independent with a tremendous spirit of adventure & a love of play - Henri Matisse

"Eh mbak, bulan depan JNE mau bikin event lagi loh di Batam," Pungky yang siang itu kebetulan duduk di sebelah saya bisik-bisik.

"Bulan depan bukannya udah puasa ya, Pung?" Saya pun menjawab sambil bisik-bisik. Iya, kalo gak bisik-bisik khawatirnya suara kami didengar seisi ruangan Grand Ballroom Pullmann Jakarta Central Park. Siang itu kami berdua lagi asik nyimak peluncuran dua gawai terbaru dari ASUS, yaitu ZenFone Zoom S dan ZenFone Live.

"Iya mbak. Acaranya buka puasa bareng. Ntar gak bahas tentang JNE-nya kok. Tapi sharing tentang ngeblog dan ngevlog. Ada artisnya juga looh.." Pungky masih bisik-bisik, sambil sesekali matanya melirik ke panggung.

"Siapa?" Saya penasaran.
"Ada deh.. Liat ntar aja.." Pungky senyum-senyum ngeselin. Hahaha..
"Eh, btw kamu ikut gak ke Batam?"
"Iya mbaaak.. Kali ini aku diajak ama JNE. Duh aku deg-degan nih mau ke Batam.."
"Jangan-jangan artisnya kamu ya, Pung?"

Hehehe... kami pun cekikikan bareng. Obrolan terputus. Waktunya kami kembali fokus ke acara ASUS.

***

Jumat sore, 9 Juni 2017. Bersama Chaya saya masuk ke Mosaiq Lounge, di Novotel Batam tempat berlangsungnya event JNE Blogger Gathering bertajuk Unpack Creative Content. Acara sudah hampir dimulai. Teman-teman Blogger Kepri sudah mengambil tempat yang strategis, siap untuk menyimak apa yang akan disampaikan oleh kedua narasumber hari itu.

Acara JNE Blogger Gathering ini diadakan di 4 kota di Indonesia, yaitu: Bogor, Bandung, Batam, dan Surabaya. Batam merupakan kota ketiga dalam rangkaian event yang digelar JNE selama bulan Ramadan ini. Beruntung banget kan Batam kebagian slot. Maklum ya, di Batam tuh jarang ada event-event seperti ini. Makanya bloggernya pada antusias.

Sebelumnya Pungky kan emang udah ngebocorin kalo bakal ada artis juga yang jadi narsum. Dan ternyata artis yang dimaksud adalah Haykal Kamil, adik kandung dari Zaskia Adya Mecca. Tau kan? Artis yang pernah membintangi beberapa judul sinetron dan film ini belakangan mulai meninggalkan dunia peran dan beralih menjadi youtuber.

Trus, narsumnya satunya lagi siapa donk? Ya siapa lagi kalo bukan Pungky Prayitno. Blogger hits peraih gelar Srikandi Blogger 2014 yang tulisannya sering viral di dunia maya. Bisa dibilang Pungky ini blogger kesayangan JNE. Jadi kemana pun JNE pergi, Pungky sering diajak. Kok bisa sih? Penasaran kan? Nah, sore itu Pungky ngebocorin rahasianya.

Pungky & Haykal berbagi pengalaman

Rahasia Dapur Galaksi Pungky

Pungky cerita, awalnya dia pernah membuat tulisan tentang JNE sepanjang kurang lebih 2000 kata, dan itu bukan tulisan lomba ataupun pesan sponsor loh. Tulisan itu murni adalah pengalaman pribadi dia menggunakan JNE. Dari situ akhirnya JNE 'menemukan' Pungky. Dan sejak itu, hubungan antara Pungky dan JNE bukan lagi sebatas kurir dan customer. Tapi sudah berubah jadi partner kerjasama yang deket dan asik. Menurut Pungky, ini salah satu cara dia menjaga hubungan baik dengan brand.
Tidak mengambil tawaran kerjasama dari brand kompetitor dalam waktu yang berdekatan juga salah satu cara Pungky untuk menghargai dan menjaga hubungan baik dengan brand.

Mempersiapkan konten sebaik mungkin merupakan salah satu cara Pungky untuk menyenangkan brand yang bekerjasama dengan dia. Caranya, bikin konten semenarik mungkin, dan memposisikan diri sebagai audience. Pungky mencoba menilai dari sudut atau kacamata pembaca blog atau pengunjung instagram-nya. Pantes ya, cara dia nulis tuh asik banget kan.. kayak yang lagi ngobrol langsung gitu...

Pungky juga tidak mau membatasi postingan blognya dengan niche. Karena dia pun tak ingin rejekinya terkotak-kotakkan oleh niche. Iya sih. Kalo kamu pernah mampir ke blognya, kamu akan nemu bermacam topik pembahasan. Mulai dari gincu hingga otomotif. Tapi meskipun kesannya campur aduk gitu, setiap postingan di blognya pasti memiliki ciri khas yang Pungky banget. Jadi biarpun campur aduk, tapi nggak asal posting.

Tau nggak, saking nggak asalnya Pungky mempersiapkan konten, baik itu untuk postingan blog ataupun foto-foto endorse, Pungky sampe rela looh bawa-bawa koper berisi barang sponsor ke taman kota. Buat apa? Ya buat pemotretan. Biasanya dia ditemani sang suami yang juga bertugas sebagai tukang foto. Maklum, suaminya Pungky kan emang seorang fotografer.

Dan kalau misal kebetulan Pungky gak lagi pergi ama suaminya, dia biasa minta tolong orang lain buat motoin. Tapi dengan catatan, orang tersebut tinggal pencet tombol shutter aja. Semua settingan kamera, angle, de el el sudah diatur ama Pungky. Salut banget ya.. Sampe segitunya seorang Pungky mempersiapkan konten. Bener-bener totalitas.

Etapi ya, meskipun bisa dibilang Pungky ini udah jadi seleb di medsos, tapi dia sangat menjaga privasi keluarga terutama anaknya. Pungky gak pernah loh posting-posting foto anaknya di medsos, apalagi lengkap drngan data pribadi dan kesukaan-kesukaan si anak. Kenapa? Ya ini salah satu cara dia melindungi keluarga terutama anaknya dari pengaruh buruk medsos. Ya tau sendiri kan, namanya media sosial, siapa pun bisa dengan mudah mengakses dan mendapatkan informasi yang diinginkan. Dan bisa saja di antaranya adalah orang-orang yang berniat jahat. Nah Pungky menjaga keluarganya dari hal-hal seperti itu. Noted banget nih!

Haykal Kamil, dari Sinetron Beralih ke Vlog

Haykal Kamil memutuskan meninggalkan dunia sinetron dan memilih menjadi content creator karena dirasanya tayangan-tayangan sinetron yang ada kerap tidak tidak mendidik. Haykal mengaku, tak jarang apa yang diperankannya di layar kaca itu bertentangan dengan idealisme dan hati nuraninya. Misalnya saja, adegan kekerasan atau kisah cinta-cintaan di bangku sekolah.

Yaa.., daripada batinnya terus-terusan bergejolak karena menjalankan peran yang tidak sesuai dengan hati nuraninya, maka Haykal mulai mencoba membuat konten sendiri berupa video yang berisi kegiatannya sehari-hari. Dengan membuat konten sendiri, Haykal lebih bebas berekspresi dan bisa menyisipkan pesan-pesan edukatif dalam setiap videonya.

Menurut Haykal, hal terpenting yang harus dilakukan kalau ingin menjadi seorang vlogger adalah mulai dari sekarang! Gak usah pake alasan belum punya kamera bagus dsb. Awalnya Haykal mulai bikin video juga pake kamera HP kok. HPnya minjem punya pacar lagi. Hehehe yang penting kan usaha untuk memulai.

Kalau diseriusin, vlog juga bisa menghasilkan uang loh. Caranya lewat Google AdSense, endorsement, atau undangan jadi pembicara di acara-acara offline, ya seperti acara JNE ini. Tapi pastinya, untuk mendapatkan itu semua perlu keseriusan dan konsistensi. Konsistensi ini yang berat, jenderal!

Ada beberapa tips bikin video dari Haykal yang sempat saya catat sore itu, antara lain: siapkan bahan atau materi sebelum ngomong di depan kamera, peka dengan kondisi sekitar, bikin ciri khas yang intinya kalo ada orang denger kalimat itu orang bisa langsung ngeh kalo itu kamu. Kalo misal di tengah-tengah bikin video ada salah ngomong, coba alihkan ke pemandangan atau apapun yang ada di sekitar kita.

Ada quote menarik dari Haykal Kamil, Video is the future of social media. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk kita mulai belajar ngevlog dari sekarang. Presiden Jokowi aja ngevlog, masa kamu enggak? Bahkan dedek emesh Pungky Prayitno juga bercita-cita pengen jadi youtuber di tahun 2017. Aamiin kan yess...

***

Horeee...dapet hadiah!

Abis Pungky dan Haykal bagi-bagi ilmu, gantian JNE yang bagi-bagi hadiah. Alhamdulillah saya dan Chaya kebagian hadiah menang live twit. Selain kami, Asad dan Lia juga menang dari sharing instagram. Makasih ya JNE. Sering-sering ya bikin acara gini di Batam. Batam heboh kan? Hehehe.. Makasih juga buat Pungky dan Haykal yang udah sharing ilmu dan rahasia dapurnya. Sukses terus ya buat kalian..

Acara sore itu ditutup dengan buka puasa bersama dan foto bareng yang gak udah-udah. Hahaha.. Pokoknya acara #RamadhanbersamaJNE seru bangeeeet! Bener-bener #connectinghappiness yang sesungguhnya deh. 

Foto bareng. Dok JNE






You Might Also Like

62 komentar

  1. Aku belum terapkan loh ilmu ngevlog nya...hehhehehe selalu tak pede dengan suara cempreng...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha sama kak.. Kemaren bikin vlog tentang mudik itu pun berasa aneh denger suara sendiri :D

      Delete
  2. Wihhh asik banget dapat ilmu dari seleb blogger dan youtuber, sayang ngga mampir Semarang huhu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak Dew.. Seneng banget Batam bisa dapet slot. Jarang2 soalnya..

      Delete
  3. Padahal kalau acaranya ada di Palembang, aku rela deh mematahkan tekad gak mau bukber selama Ramadan, demi bertemu dengan kakak kece Pungky dan dedek artis Haykal hahaha.

    "Tidak mengambil tawaran kerjasama dari brand kompetitor dalam waktu yang berdekatan juga salah satu cara Pungky untuk menghargai dan menjaga hubungan baik dengan brand."

    Ini kece badai. Juga soal gak mau rezeki terkotak-kotaki oleh niche haha. Memang blogger panutan!

    omnduut.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget, Yan.. Aku aja sampe ijin cabut setengah hari dari kantor supaya gak ketinggalan ilmunya.
      Asli suka banget ama kemasam acaranya. Santai, tapi ilmunya jleb banget

      Delete
  4. Sayangnya ga mamlir Semarang acara JNE nya. Haikal Kamil sering nonton sinetronnya jaman dia masih SMP yg bareng Gita Gutawa sm Putri Titian. Kaget sekarang udah nikah ya 😅😅

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya.. Perasaan dulu di sinetron masih pada bocah ya.. 😁😁

      Delete
  5. Mupeng pingin ikut hadir di acara begini. Seru dan dapat ilmu. Ada artis blog kita Pungky, ada Haikal pula.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak seru. Ilmu dan sharingnya bermanfaat banget!

      Delete
  6. Seru acaranya, bisa dpt tips oke dari blogger kondang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tipsnya jleb banget ya. Bahwa emang gak ada sesuatu pun yang instan.. Blogger femes kayak Pungky aja sampe segitunya totalitas demi konten. Salut!

      Delete
  7. wah ilmunya kece.. nulis 2.000 kata itu lumayan lo.. keren Mb punky..
    semoga JNE mampir malang..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kemaren event KNE mampirnya sampe Surabaya aja mbak. Gak terus ke Malang. Mudahan sering2 ada event kayak gini

      Delete
    2. akuuu dateng yang di Surabayaaaaa :)
      Ini keren bgt reportase by mba Dee :)
      --bukanbocahbiasa(dot)com--

      Delete
    3. Seru banget kan acaranya, mbak Nurul? Banyak tips2 oke dari Pungky dan Haykal

      Delete
  8. Alhamdulillah ya mbak Dian, semoga tahun2 berikutnya Batam dan Kepri makin dilirik penyelenggara acara2 kece penuh ilmu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak.. Semoga makin sering ada acara-acara kayak gini ya. Kita kan haus ilmu :)

      Delete
  9. Wiii blogger batam banyak juga yaaaa.. Senangnyaaaa meet up bloggernya.. ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe itu belum ada separuhnya yang dateng looh.. Kemaren banyak yg terkendala waktu. Acaranya hari kerja soalnya. Tapi tetep aja itu pesertanya sampe over

      Delete
  10. Wah foto-fotonya seru banget. rasanya pengen gabung jadi salah satu yang ada disana deh
    Acara kayak gini bergizi banget buat blogger nih, ilmunya dapat, kumpul-kumpulnya juga dapat plus bahagia tentu saja

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget, mbak Arni.. Di Batam tuh jarang banget ada event-event begini.. Makanya bloggernya pada antusias..

      Delete
  11. Sayang banget di Surabaya ga bisa ikutan. Hikss
    Cetar membahana dengan prinsipnya Mbak Pungky gaya penulisannya khas banget.
    Perlu ditiru ilmunya ttg menjaga engagement dg brand.
    Apalagi belajar jdi vlogger. Tpi slama ini masih grogi d dpan kamera aiihh 😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget mbak. Caranya menjaga hubungan baik dengan brand itu harus ditiru.
      Hihihi aku juga masih suka belepotan klo ngomong langsung di depan kamera 😁😁

      Delete
  12. Aku suka banget sama rusuhnya blogger Kepri.. kayak udah kenal lama gitu padahal baru ketemu. Jadi kayak punya sodara banyak di Batam.. hihihihi Muaaaah! Sampe ketemu lagi :*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jadi? Bilangvdonk ama bapak Rian yang terhormat, suruh sering2 bikin acara kayak gini di Batam. Terbukti kan Batam rusuh.. Etapi kamu suka kan dirusuhin 😂😂

      Delete
  13. surabaya baru kemarin nih
    haykal sama pungki emang seruuuuuuu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mbak Avy dateng yang di Surabaya ya? Seru kan mbak? Tips2nya oke banget..

      Delete
  14. Haykal Kamil! Aku kalo dateng mungkin akan ngowoh sepanjang sesi terpesona sama dia. Hahahaha. Makasih sharing nya, Mba. Jadi tetep bisa ikut dapet ilmu nya walau nggak hadir.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu si Haykal mukanya emang baby face gemesin yaaa... Wajar kalo ada yang tersepona 😁😁

      Delete
  15. Kereen ya acaranya, sharing ilmu dari Pungky dan Haykal bermanfaat banget. Sayang aku ga ikutan yang di Surabaya sebab pas hari kerja dan aku agak malas jalan keluar kota kalo pas puasa he3

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Wan, sharingnya bermanfaat banget. Ini di Batam juga pas hari kerja. Tapi tetep banyak yg bela2in dateng walau telat karena masih harus ngantor..

      Delete
  16. Makasih sharingnya mbak, iya bener terutama untuk privasi keluarga ini ya, bener2 masih harus banyak belajar

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama2 mbak Vety.. Iya bener. Aku pun harus belajar banyak niih..

      Delete
  17. Di Surabaya kemarin juga seruu..jadi tahu rahasia Dapurnya Galaksi Pungki dan Vlognya Haykal. Btw udah bikin Vlog nya Jne belom mbak? Hihi

    ReplyDelete
  18. Asyik banget tuh acaranya. Ada Haykal Kamilnya juga :'D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya acaranya seru. Narsumnya asik.. Pas!

      Delete
  19. Wah, di sini kok belum ada juga, ya? Pengen dateng juga. :'D

    ReplyDelete
  20. Banyak ilmu yg didapat. Sayang saya banyak yg lupa.

    Tfs

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkwkwkwk.. Makanya ditulis mas, biar gak lupa. Ini aja kmaren aku nyatet sambil ngetuit.

      Delete
  21. Asyik ya acaranya... Duh kita memang perlu kegiatan yang beginian ni... biar termotivasi terus...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget mbak. Moga sering2 ada ya acara kayak gini di Batam. Kita kan haus ilmu.. 😊

      Delete
  22. waah, seru ya acaranya, mba, bisa kenal lebih jauh dengan mba pungky, senangnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya.. Acaranya seru banget. Nambah ilmu banget..

      Delete
  23. bener banget kkta mesti menjaga anak dari pengaruh buruk sosmed, salut sama pungky

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bener mbak. Salut banget jadinya

      Delete
  24. Narsumnya asyik2 ya Mbak kayaknya. Itu udah kayak keluarga aja ya kalo blogger plus vloger/yutuber ngumpul :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya narsumnya asik2 banget. Cara nyampeinnya juga asik. Hehehe bisa jd langsung akrab ya :)

      Delete
  25. gara gara acara Jne itu tabunan aku mauku beli mirorles buat nge vlog mbak hahahaa..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah semangat, Guh.. Semoga menang lomba logo ya.. Biar kebeli kameranya

      Delete
  26. Makasih loh mbak atas sharingnya walau gak bisa datang, tapi terbantu dengan tulisan mbak dian ,, peyuk manja buat mbak dian

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama2, Leh.. Ini pun sengaja kutulis disini buat bahan belajar dan pengingat buat aku 😊😊

      Delete
  27. Wah seru banget nih ngabuburit bareng JNE. Apa lagi berbagi bagaimana ngrVlog ya Mbak bareng dengan Artis dan Mbak Pungki..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Jrin.. Seru banget. Sayang gak singgah ke Lampung yaa

      Delete
  28. WOHOOOO MBAK PUNGKYYY :D Tau banget nih aku sama beliau. Kalau ada temen blogger yang ngomongin JNE, terus past obrolan kami bakal berlanjut ke Mbak Pungky hehhe. Mantap lah beliau ini :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe brand ambassador JNE 😁😁 Ingat JNE, ingat Pungky Prayitno 😁😁😁

      Delete
  29. Seru banget ya acaranya. Sayang aku gak jadi datang ih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya. Sayang teh Lina gak dateng kemaren.

      Delete