Ketagihan Makan di Sop Mowo Klaten

Wednesday, May 31, 2023

Namanya Sop Mowo Klaten. Tapi yang satu ini, tempatnya ada di Jogja. Ini merupakan cabang dari warung Sop Mowo yang ada di Klaten. Kami kenal tempat makan yang satu ini dari Barbie, temen blogger yang tinggal di Jogja. 

Jadi ceritanya, waktu itu kami sekeluarga lagi liburan di Jogja. Dan seperti udah jadi kebiasaan kalo lagi di Jogja, kami pasti ngabarin temen-temen yang tinggal di sana. Yaa, siapa tau ada yang lagi senggang, trus bisa ketemuan buat sekadar ngopi sambil ngobrol haha hihi ngelepas kangen. 

Hari itu, Barbie ngajakin ketemuan sambil makan siang di Sop Mowo Klaten. Gak pake banyak tanya, kami langsung setuju. Ternyata lokasinya deket banget dari tempat kami nginep di Kebon Krapyak Cottage. Tepatnya di Jl. Raya Tajem, Wedomartani, Kec. Ngemplak, Kab. Sleman.

Pas nyampe lokasi, aku ama suami saling lirik, kok kemaren-kemaren kita gak pernah meratiin tempat ini ya? Padahal kan kita tiap hari lewat sini. Lewatnya juga bukan yang ngebut gitu, kadang sambil celingukan pas cari makan juga.. Ya, mungkin ini yang namanya belum jodoh hehehe… 

Tempatnya Nyaman dan Estetik

Pas kami nyampe, ternyata Barbie udah duluan nyampe. Dia dan Tomi lagi duduk di salah satu sudut warung sambil ngeliatin Viona yang asyik lari-larian di halaman belakang. 

Ngeliat Viona lagi asyik main di halaman belakang warung, Emo dan Lala langsung ikutan. Kami pun langsung asyik ngobrol. 

Suasana warung Sop Mowo Klaten ini emang nyenengin. Bangunannya full kayu bernuansa tradisional Jawa dan terlihat estetik banget. Di bagian depan, tempat makannya berupa meja dan bangku-bangku dari bonggol kayu jati. 

Kalo pengen lebih nyantai, bisa pilih tempat makan di bagian belakang. Di sini ada tempat duduk lesehan. Dateng rame-rame juga gak usah kuatir, karena tempatnya cukup luas. 

Di tengah-tengah warung ada pajangan berupa tungku anglo lengkap dengan arangnya. Tungku anglo ini emang jadi ciri khasnya Sop Mowo. 

Di halaman belakang ada mushola dan taman yang tertata rapi. Di halaman samping ada tempat duduk yang berbentuk tungku anglo raksasa terbuat dari anyaman rotan. 

Secara keseluruhan, suasana dan tampilan Warung Sop Mowo ini emang nyaman dan nyenengin banget. Udah gitu banyak spot estetik yang instagramable pula. 

Makanan Enak, Harga Terjangkau

Pilihan menu makanan di Warung Sop Mowo ini emang cuma sop dengan pilihan dada, paha atas, kepala, atau uritan ayam. Selain sop, pilihan menu lainnya cuma ada paket ayam kremes. 

Tapi, meskipun menu utamanya cuma sop ayam dan ayam kremes, pilihan side dish dan cemilannya lumayan beragam kok. Ada pisang goreng, sosis solo, sosis mayo, perkedel, tempe mendoan, tempe garit, juga tahu bakso. Harganya mulai dari 5k sampai 9k per porsi (isi 3 pcs).

Yang jadi ciri khas di sini adalah, sopnya disajikan dalam kuali lengkap dengan tungku anglo. Jadi sopnya dijamin bakalan terus panas sampai suapan terakhir. Makanya dinamain Sop Mowo. Dalam bahasa Jawa, mowo artinya bara api. 

Satu porsi sop isinya cukup banyak, bisa buat 2 orang. Jadi saran aku, kalo gak yakin bisa habis sendiri, mending pesan 1 porsi dulu. Kalo ternyata kurang, ya tinggal nambah lagi. Gak usah kuatir, penyajiannya cepet kok. 

Harga sop per porsinya cukup terjangkau. Mulai dari 15k sampai 25k per porsi. Harga segitu terbilang murah sih, apalagi kalo dibandingin ama porsinya yang cukup banyak. Kalo paket ayam kremes harganya 25k. 

Sop ayamnya seger banget. Aku dan suami sama-sama pesen sop ayam paha atas. Isiannya banyak banget! Selain ayam (sesuai bagian yang kita pesan), juga ada irisan wortel. Potongan ayamnya gede-gede. Jadi puas makannya. 

Pilihan minumannya cukup banyak. Mulai dari teh, wedang jahe, teh jahe, wedang jahe sereh, jeruk nipis, jeruk nipis sereh, dan banyak lagi. Yang jadi favorit kami adalah es jeruk nipis sereh. Rasanya tuh segeeer banget!

Balik Lagi Karena Ketagihan

Karena ngerasa cocok ama rasa makanan, harga, dan tempatnya, akhirnya beberapa hari kemudian kami balik lagi kesana. Kebetulan pas ada ibu mertua dan tante yang main ke Jogja, kami ajakin aja ke Warung Sop Mowo. Eh, semua pada ketagihan juga.

So, buat temen-temen yang lagi liburan di Jogja, kalo lagi pengen makan yang seger-seger dan gak terlalu berat, cobain Sop Mowo deh. Kami aja sampe nagih dan balik lagi saking enaknya!

You Might Also Like

0 komentar