Rekomendasi Kuliner Jogja, Warung Sop dan Sate Sapi Pak Bayu

Saturday, May 13, 2023


Hujan yang turun sejak kami keluar di Gerbang Tol Colomadu petang itu rupanya setia menemani kami sampai ke Jogja. Tepat selepas maghrib kami sampai di Jogja. Pas banget waktunya makan malam. Sebelum menuju penginapan, kami sengaja mau cari makan dulu. Biar ntar bisa langsung istirahat, gak usah keluar-keluar lagi.

Setelah celingak-celinguk cari tempat makan yang sekiranya cocok, kami langsung tertarik ama satu warung yang malam itu terlihat cukup rame. Namanya Warung Sop dan Sate Sapi Pak Bayu. Wah, cocok nih, buat dinikmati saat cuaca hujan begini. Anak-anak juga pasti doyan. 

Area warungnya cukup luas. Dengan bangunan full kayu. Sederhana, tapi memberikan kesan nyaman dan hangat. Setelah dapat tempat duduk, suami langsung pesan makanan. 

Menu best seller dan viral di warung ini adalah Sop Balungan Gajah dan Balung Dinosaurus Bakar. Tapi malam itu, kami cuma pesan 3 porsi Sop dengan nasi dipisah, dan seporsi Sate Sugih (sate sapi campur koyor). 

Sebenernya aku ama suami penasaran banget pengen cobain Balung Dinosaurus Bakar. Ini tuh iga bakar, ukurannya jumbo. Makanya dikasih nama Balung Dinosaurus. Asli, penampakannya tuh menggoda banget! Tapi bakalan lama bakarnya. Kasian ngeliat anak-anak yang kayaknya udah capek setelah menempuh perjalanan dari Kediri ke Jogja. Lagian kalo makan iga bakar segede gitu, kan gak seru kalo sambil buru-buru. Jadi insya Allah next time balik lagi demi Balung Dinosaurus Bakar. 

Proses nunggu makanannya tersaji cukup lama. Maklum sih, soalnya pas lagi rame banget. Untung gak jadi pesan Balung Dinosaurus Bakar, bisa lebih lama lagi nunggunya, hehehe..

Tapi alhamdulillah, nunggu agak lamaannya terobati dengan rasa makanannya yang enak banget. Sopnya seger. Isiannya melimpah. Irisan daging sapinya gede-gede, dan gak pelit. Jadi puas makannya. 

Seporsi Sate Sugih isinya 6 tusuk sate. Pelengkapnya ada irisan tomat, timun, kol, dan cabe. Potongan dagingnya gede-gede. Dagingnya empuk dan gak alot. Plus koyornya, nyesss banget di lidah. Hasil bakarannya juga favorit kami, gak kering dan masih sangat juicy. Alhamdulillah, anak-anak juga makan dengan lahap. 

Harga makanan di Warung Sop dan Sate Sapi Pak Bayu ini juga cukup terjangkau. Ini juga yang jadi salah satu alasan kenapa warung ini selalu rame dan cukup viral di Jogja. Harga seporsi Sop dengan nasi dipisah cuma Rp 12.000. Seporsi Sate Sugih isi 6 tusuk sate harganya Rp 24.000. 

Warung Sop dan Sate Sapi Pak Bayu
Jl. Yudistiro No 2. Palgading. Sinduharjo. Ngaglik. Sleman

You Might Also Like

0 komentar