Cara Paling Seru Belajar Jadi Pengusaha

Friday, May 19, 2023


"Andai a..a..a..ku jadi orang kaya. 
Andai aa..aa..a.. nggak usah pakai kerja.." 

Masih pada inget nggak lirik lagu Cuma Khayalan yang pernah populer dibawain Oppie Andaresta di awal periode 90 an? Yah sesuai judulnya, rasanya semua yang diceritain dalam lagu itu mustahil terjadi tanpa adanya kerja keras plus keberuntungan dalam hal rejeki finansial.

Siapa sih manusia di muka bumi ini yang nggak pengen kaya? Mulai dari ufuk barat sampai ujung timur bumi semua orang berlomba-lomba dalam bekerja keras untuk mengumpulkan pundi-pundi kekayaan. Bahkan tak jarang ada juga segelintir manusia yang rela menghalalkan segala cara, menggunakan jalan yang tak wajar dan tak manusiawi demi untuk memperkaya diri. Mungkin sudah jadi ideologi dasar dalam kehidupan manusia bahwa dengan menjadi orang kaya hidup akan menjadi mudah. Mau apa tinggal beli, dan semua keinginan terpenuhi. Orang-orang di sekelilingnya pun akan dibuat tunduk pada siapa yang paling kaya.

Lantas, buat orang-orang yang sampai saat ini belum juga jadi kaya, yang sudah banting tulang siang malam tapi masih keadaannya gitu-gitu aja, yang boro-boro ngerasain megang uang banyak malah bingung ngerasain beban kebutuhan yang banyak. Bisakah mereka bermimpi jadi kaya? Atau minimal membayangkan apa sih yang dilakukan kaum kapital tajir dalam kesehariannya?

Halah! ini sebenarnya dari tadi ngomongin apa sih? ngelantur ngalor ngidul gak jelas. Jangan-jangan sebenarnya aku yang numpang curcol di sini karena sampai saat ini masih belum ditakdirkan jadi kaya. hahahaa! Anyway daripada kita pusing mikirin kapan kita bakal kaya, mendingan kita main game yang sekaligus bisa ngelatih kita buat jadi pengusaha. Yaah kali aja setelahnya bisa kesampaian beneran jadi pengusaha sukses. Aamiin!

Buat mentemen yang pengen tau game apa aja yang aku maksud buat ngelatih jadi pengusaha. Nih aku spill satu persatu yaa, termasuk di mana dapetin game-nya, model game-nya kayak apa, terus cara maininnya juga.

Sekilas Tentang Mortgage Calculator

Mungkin masih belum banyak yang tau tentang istilah "Mortgage Calculator". Mortgage Calculator adalah sebuah metode penghitungan yang diperuntukkan untuk membantu pemilik atau calon pemilik perumahan menentukan berapa jumlah kemampuan orang pada umumnya untuk melakukan kredit kepemilikan rumah (KPR).

Nah Kebetulan ada sebuah website yang menyediakan fitur mortgage calculator gratis untuk publik yaitu www.mortgagecalculator.org. Di dalamnya nggak cuma berisi mode penghitungan KPR aja lho… tapi juga ada saving calculator, affordability calculator, financial calculator serta fitur-fitur lainnya termasuk permainan-permainan seru bertema bisnis, keuangan, pertanian, politik usaha, pengembangan property dan lain-lain. 

Yuk ah kita coba bareng-bareng sambil review satu persatu ya.

Real Estate Tycoon, Game Buat Latihan Jadi Pengusaha Property


Nah untuk game Real Estate Tycoon ini termasuk salah satu yang paling suka aku mainin di situs ini. Permainannya tuh simple tapi menurutku seru banget 

Di permainan ini kita seolah menjadi pedagang properti. Dengan modal awal yang kecil, kita dituntut untuk mengembangkan bisnis jual beli rumah atau gedung. Menariknya, harga semua bangunan yang ditawarkan selalu fluktuatif naik turun, jadi kita harus benar-benar cakap dalam mengambil keputusan kapan harus beli properti dan kapan menjualnya. Salah timing dalam mengambil keputusan jual atau beli, kita bisa berhadapan dengan resiko kerugian yang bisa-bisa malah mengikis habis modal kita, alias bangkrut. 



Perjalanan usahanya juga dibuat seolah merintis dari awal dulu. modal awal yang kecil, hanya cukup untuk membeli satu atau dua rumah kecil untuk dijual lagi. Jika terus untung dan berkembang, maka kita akan mampu membeli properti yg lebih besar, dan makin besar. Tapi ingat, jangan sampai menjual di saat yang tidak tepat kalau nggak mau rugi. 

Penasaran? cobain aja sendiri main Real Estate Tycoon!

Grocery Cashier, Permainan Melatih Matematis dan Ketelitian Menghitung Uang


Semua tentu pernah berhadapan langsung dengan petugas kasir di supermarket atau pusat perbelanjaan. Tapi ada nggak yang membayangkan bagaimana seandainya kita ada di posisi mereka.

Nah permainan yang satu ini akan mentreatment kita sebagai kasir sebuah pusat grosir. Tentunya dengan sederet panjang barang belanjaan konsumen yang harus kita input dengan tepat harganya pada mesin kasir, lalu kita terima uang pembayarannya, dan kita hitung untuk menentukan apakah pas atau harus kasih uang kembalian. 



Permainan yang simpel, tapi menuntut ketelitian kita dalam menghitung ini, menurutku sangat cocok untuk melatih sistem matematis otak kita dalam hal keuangan. Jadi, ada baiknya sebelum terjun langsung menjadi seorang pengusaha, kita latihan menghitung uang dulu lewat permainan ini. Biar keliatannya kayak game sepele, tapi ternyata cukup seru dan bermanfaat kok. Cobain deh!

Germ Squirmish, Bermanfaat Untuk Melatih Politik Bisnis


Sepintas permainan ini sih hanya seperti permainan biasa untuk menyelesaikan masalah. Namun jika kita memainkannya sambil memikirkannya, sebenarnya dalam permainan ini banyak pelajaran yang melatih kita dalam hal politik bisnis.


Dalam game ini kita dituntut untuk membasmi sekian triliun kuman yang ada di dalam rumah dengan menggunakan peralatan yang ada. Strategi yang tepat tentu saja akan mempengaruhi hasil terbaik. Lantas apa hubungannya membasmi kuman dengan politik bisnis?

Bayangkan saja kuman-kuman tersebut adalah orang-orang yang bekerja satu atap dengan kita, tapi mereka selalu ingin menjatuhkan kita. 



Kejelian kita dalam menangkap keberadaan mereka tentu saja bisa menyelamatkan nasib bisnis atau perusahaan kita. Jika kita menempuh langkah yang tepat untuk menangani mereka, maka kita akan selamat. Sebaliknya jika kita salah langkah, maka semua yang kita usahakan bahkan termasuk diri kita akan menemui kehancuran.

Lets try to play and feel the challange!

Nah itu tadi beberapa permainan dari sederet banyak permainan yang ada di situs www.mortgagecalculator.org/money-games/ tentu saja kalian bisa coba satu persatu semuanya. Jangan takut semua game di situ gratis dan nggak perlu di-download kok! Jadi siapapun bisa bebas bermain sepuasnya sambil itung-itung latihan jadi pengusaha tentunya.

Selamat mencoba!

You Might Also Like

0 komentar