Menikmati Pagi di Candi Gebang

Wednesday, May 10, 2023


Jogja punya banyak candi. Jadi kalo selama ini mentemen taunya cuma Candi Prambanan, coba deh kunjungi candi-candi lain yang ada di Jogja. Beberapa candi lokasinya gak jauh dari Candi Prambanan kok.

Salah satu candi yang paling sering aku kunjungi adalah Candi Gebang. Candi ini sudah aku kenal sejak jaman SMP. Dulu aku sering sepedaan ke candi ini. Sekadar menikmati suasana pagi. Maklum, candi ini lokasinya gak jauh dari tempat tinggal kakak sepupuku. Yang dulu selalu jadi jujugan kalo aku liburan ke Jogja. 

Candi Gebang ini lokasinya ada di tengah-tengah pemukiman warga. Tak jauh dari Stadiun Maguwoharjo dan Jogja Bay. Tepatnya berada di Dusun Gebang, Kelurahan Wedomartani, Kecamatan Ngemplak, Kabupaten Sleman.

Aku paling suka dateng ke candi ini pagi-pagi banget. Kadang malah sebelum loket penjualan tiketnya buka. Tapi pak security yang jaga, selalu mengijinkan aku untuk masuk ke kawasan candi ini. Aku suka suasana pagi di candi ini. Suara aliran air dari sungai dan rimbunnya pepohonan di sekitar candi bikin suasana candi jadi lebih segar.

Candi Gebang ini pertama kali ditemukan oleh warga setempat pada bulan November 1936. Bagian yang pertama kali ditemukan saat itu adalah arca Ganesa. Temuan itu kemudian ditindaklanjuti oleh Jawatan Purbakala dengan mengadakan penelitian dan penggalian. Dari hasil penggalian tersebut kemudian ditemukan bagian-bagian lain dari candi.

Bagian-bagian candi yang ditemukan itu dicoba untuk disusun kembali. Pada bagian yang tak utuh atau hilang, digunakan batu pengganti. Pada tahun 1937 hingga tahun 1939, Candi Gebang pun dipugar di bawah pimpinan Prof. DR. Ir. V. R. Van Romondt. 

Candi Gebang ini berukuran 5,25 x 5,25 m dengan tinggi 7,75 m. Pada candi ini terdapat sebuah ruangan yang di dalamnya terdapat Yoni. Tapi anehnya, tidak ada tangga untuk naik ke selasar ataupun masuk ke dalam candi. 

Beberapa bagian relung candi terlihat kosong tak berpenghuni. Hanya salah satu relung di sisi timur yang berisi arca Nandiswara. Itu pun bagian kepalanya sudah hilang. Pada relung di sisi barat candi, arca Ganesha duduk sendirian.

Kalau main-main ke Sleman, coba deh singgah di Candi Gebang ini. HTM-nya murah, cuma Rp 5ribu/orang untuk wisnus, dan Rp 10ribu/orang untuk wisman. Candi Gebang buka setiap hari mulai jam 7 pagi sampai jam 5 sore.

You Might Also Like

0 komentar