Jangan Makan Sego Godog Pak Pethel Kalo Kamu Gak Sabaran!

Saturday, May 27, 2023


Hahaha.. judulnya gitu banget yak? Tapi ini kenyataan sih. Pokoknya, kalo kamu tipe orang yang punya kesabaran setipis kertas, atau pas lagi laper-lapernya dan pengen buru-buru makan, aku saranin jangan makan di Warung Sego Godog Pak Pethel ini. Soalnya, nunggunya bisa lama banget. Ngantri bo'! Tapi worth it gak sih? Kalo aku bilang sih, worth it banget!

Jadi ceritanya, sehabis hujan-hujanan di Watu Payung dan Pinus Pengger, kami pengen makan yang anget-anget. Driver kami mengusulkan Sego Godog. Kami yang baru pertama kali denger kuliner ini langsung penasaran pengen cobain. Jadilah kami meluncur ke daerah Bantul.

Kami sampai di Warung Sego Godog Pak Pethel sekitar jam setengah 7 malam. Warungnya belum terlalu ramai. Waktu kami datang, cuma ada 2 sepeda motor yang parkir di depan warung.

Penampakan warungnya sederhana banget. Hanya memanfaatkan teras yang disulap menjadi tempat makan. Dapurnya ada di bagian depan. Jadi kita bisa ngeliat proses masaknya.

Kami langsung memesan 4 porsi sego godog dan 5 teh panas. Selain sego godog, di sini juga ada nasi goreng, magelangan (kalo di Jawa Timur namanya nasi mawut), mie godog, mie goreng, juga mie nyemek. Tapi yang best seller di sini ya sego godognya.

Sambil nunggu pesanan kami siap, aku iseng ngelongok ke dapurnya. Penasaran, kayak gimana sih proses masak sego godog ini? Setelah dapet ijin dari Pak Pethel, yang ternyata bernama asli Pak Slamet, aku langsung asyik memotret dan merekam proses pembuatan sego godog.

Gara-Gara Masuk Angin

Pak Pethel alias Pak Slamet ramah banget. Sambil masak, beliau cerita awal mula tercipta menu sego godog ini. Tau nggak? ternyata sego godog ini berawal gara-gara masuk angin. Jadi ceritanya, waktu itu Pak Slamet lagi masuk angin. Beliau pengen makan yang panas-panas. Kakak perempuan beliau membuatkan sego godog ini.

Kayaknya emang cocok sih menu ini buat yang pengen makan yang panas-panas buat ngangetin badan. Dan kayaknya itu juga yang dirasakan Pak Slamet. Karena ngerasa cocok ama sego godog buatan kakak beliau, kemudian beliau belajar bikin sego godog. Dari situ kemudian Pak Slamet mengembangkan resep sego godog ini dengan kreasinya sendiri. Sampai akhirnya jadi menu sego godog yang kayak sekarang ini.

Ternyata Ini yang Bikin Lama…

Sambil ngobrol, aku asyik merhatiin Pak Slamet meracik sego godog. Makanan ini dinamain sego godog karena nasinya ikut digodog bareng ama kuah kaldu, sayuran, telur, suwiran ayam, bihun, dan bahan pelengkap lainnya. Jadi nasinya itu sebenarnya sudah mateng, tapi ikut digodog bareng ama bahan-bahan lainnya. Unik sih jadinya.

Dan di sini aku baru tau, ternyata sego godog yang dimasak dalam 1 wajan itu untuk 1 porsi. Di situ cuma ada 3 wajan yang semuanya menggunakan anglo arang. Pantesan prosesnya lama..

Pesan Lewat SMS

Lagi seru-serunya nonton proses pembuatan sego godog, tau-tau sego godog yang udah mateng itu dibungkus dan dikasih ke sesembak yang baru aja dateng. Awalnya kukira sesembak itu nyerobot antrian. Ternyata dia udah pesan dari pagi lewat SMS. Ulala… ternyata di sini melayani pesanan lewat SMS atau telepon juga tooh..

Solusi bagus niih buat yang gak kepengen ngantri. Bisa pesan lewat SMS atau telepon dari pagi. Tinggal bilang aja mau dateng atau mau ngambil jam berapa?

Gimana Rasanya Sego Godog?

Setelah menunggu sekitar 1 jam, akhirnya pesanan kami pun siap. Lumayan lama kan nunggunya? Untungnya, malam itu kami belum terlalu lapar, dan untungnya lagi, kami ini termasuk golongan orang-orang yang sabar. Jadi nunggu 1 jam pun masih OK laah..

Penampakan sego godog ini mirip ama soto ayam yang nasinya dicampur. Bahan isiannya pun kurang lebih sama ama soto ayam. Selain nasi, ada bihun, kol, suwiran ayam, telur, irisan tomat, daun bawang, dan kuah kaldu. Tapi rasanya beda, karena bumbu yang digunakan juga beda. Kuah sego godog gak sebening kuah soto ayam. Karena waktu masak sudah ditambahkan telur ayam dan juga kecap manis. Kira-kira udah kebayang belum rasanya?

Sego godog ini porsinya jumbo. Kalo kamu ngerasa gak yakin bisa ngabisin seporsi sendiri, mending beli seporsi buat berdua. Selain lebih hemat, juga lebih romantis, eaaaa…

Sego godog ini cocok banget dimakan pas cuaca lagi adem, apalagi kalo abis hujan.

Seporsi sego godog harganya Rp 12.000. Teh panas harganya Rp 3.000. Lima belas ribu udah kenyang euy! Kalo kata aku sih, meskipun nunggunya lama, tapi Sego Godog Pak Pethel ini worth it banget buat dicoba. Rasanya enak, mengenyangkan, harganya murah pula.

So, kalo ke Jogja, dan kamu ngerasa punya stok sabar yang cukup, cobain deh Sego Godog Pak Pethel ini..

You Might Also Like

0 komentar