5 Aktivitas Seru yang Bisa Dilakukan di Bunaken

Monday, May 15, 2023


Kartu kredit digital kini hadir memberi kemudahan bagi kita untuk memenuhi berbagai kebutuhan. Termasuk untuk bertransaksi saat pergi liburan. Bicara soal liburan, pernahkah kamu membayangkan destinasi eksotis Bunaken?

Bunaken menjadi salah satu destinasi wisata andalan di Sulawesi Utara. Destinasi ini terkenal sebagai taman laut terindah yang ada di Indonesia. Yuk, cari tahu bagaimana caranya bisa ke Bunaken dan aktivitas seru apa saja yang bisa dilakukan di sana!

Tentang Pulau Bunaken

Bunaken merupakan pulau yang bisa kamu temukan di Teluk Manado, Sulawesi Utara. Di pulau tersebut ada sebuah area yang kaya akan terumbu karang dan biota laut, namanya Taman Laut Bunaken. 

Di kalangan turis lokal dan internasional, Bunaken memang dikenal dengan keindahan bawah lautnya yang memesona. Namun tidak hanya itu, pantai-pantai di sekitar Bunaken juga sangat indah lengkap dengan pasir putih dan hutan bakau. 

Kamu perlu menyeberangi lautan dengan titik pemberangkatan Pelabuhan Manado agar bisa sampai di Taman Nasional Bunaken. Dari titik ini kamu bisa ke 5 pulau yaitu Bunaken, Siladen, Manado Tua, Nain, dan Mantehage.

Jika kamu ingin lebih leluasa menyeberang, maka kamu bisa menyewa kapal. Ada fasilitas kapal sewaan yang biasa berangkat di pagi hari lalu akan kembali lagi di sore hari. 

Taman Nasional Bunaken bisa kamu kunjungi setiap hari, kapanpun karena selalu dibuka. Biasanya destinasi ini paling ramai dikunjungi oleh wisatawan di bulan Mei dan Agustus karena cuacanya cukup hangat dan air lautnya juga tenang. 

Aktivitas Seru di Bunaken yang Bisa Dilakukan Pakai Kartu Kredit Digital

Ada banyak aktivitas seru yang bisa kamu lakukan di Bunaken. Apalagi kalau kamu sudah punya kartu kredit digital yang bisa dipakai secara fleksibel selama liburan. Ini dia beberapa hal seru yang wajib dicoba saat kamu berlibur ke Bunaken:

Snorkeling

Sudah sampai di Bunaken wajib hukumnya untuk mencoba snorkeling. Bunaken adalah spot terbaik bagi pecinta keindahan bawah laut. Pemandangan bawah lautnya sangat indah dan menarik untuk dijelajahi. 

Saat snorkeling, kamu bisa menikmati keindahan terumbu karang dan berenang dengan ikan-ikan. Ini bisa jadi pilihan aktivitas healing terbaik yang bisa kamu lakukan saat berlibur di Bunaken. 

Bagi kamu yang tidak membawa perlengkapan snorkeling, di sana ada banyak fasilitas yang menyewakannya. Kamu juga bisa sewa jasa pemandu untuk membantu kamu snorkeling dengan aman dan nyaman selama di Bunaken. 

Ada salah satu titik snorkeling di Bunaken dimana kamu bisa bertemu dengan penyu raksasa. Habitat penyu raksasa ini jadi titik snorkeling yang digemari oleh para turis, jadi kamu jangan melewatkannya. 

Diving

Jika snorkeling saja masih dirasa kurang, maka cobalah untuk melakukan diving atau menyelam. Tentunya keindahan bawah laut Bunaken tidak akan mengecewakan. Begitu kamu masuk ke sana, kamu akan dibuat terpesona. 

Ada banyak sekali spesies ikan laut yang bisa kamu jumpai. Kamu bisa menjelajah ke beberapa spot terumbu karang yang super indah. Cocok untuk kamu yang hobi menyelam dan menjelajahi bawah laut. 

Jangan lupa, siapkan dulu peralatan diving-mu. Kamu bisa membeli peralatan diving dengan memakai layanan kartu kredit. Sekarang syarat kartu kredit sudah semakin mudah dan cara pemakaiannya bisa lewat aplikasi saja. 



Belajar Menanam Mangrove dan Transplantasi Karang

Di Bunaken, kamu juga bisa belajar menanam mangrove. Ini bisa jadi pilihan aktivitas di sana jika kamu ingin menambah wawasan dan melakukan suatu hal yang bermanfaat untuk keberlangsungan hidup. 

Kamu bisa belajar banyak soal hutan mangrove dan ikut berpartisipasi menanam mangrove. Tentunya ini bisa jadi pengalaman yang tidak terlupakan, apalagi jika kamu belum pernah mengenal mangrove sebelumnya. 

Selain menanam mangrove, kamu juga bisa mendapatkan pengalaman melihat proses transplantasi karang. Seperti kita tahu, budidaya karang saat ini semakin giat dilakukan untuk menjaga kelestariannya. 

Wawasanmu tentang karang laut akan bertambah luas karena kamu jadi tahu seperti apa proses transplantasi yang dilakukan demi melestarikan karang. Ini bisa jadi pengalaman berkesan apalagi jika kamu adalah pecinta lautan. 

Bertemu Burung Laut

Jika bosan menjelajahi area laut, kamu bisa pindah ke area rawa. Menjelajahi rawa juga tidak kalah seru dan bisa membawa kamu bertemu dengan burung laut. Paling tidak, ada 30 jenis burung laut yang bisa kamu jumpai. 

Setelah puas berinteraksi dengan ikan-ikan di bawah laut, kamu bisa berburu burung-burung yang memukau. Tidak untuk ditangkap namun hanya untuk dilihat dan kamu juga punya kesempatan berinteraksi dengan mereka. 

Kamu bisa pergi menjelajahi rawa bersama pemandu di sana. Pastikan untuk mengikuti aturan dari pemandu dan tidak menjelajah lebih dari area yang sudah ditentukan demi keamanan. 

Berwisata Kuliner

Sudah jauh-jauh sampai di Bunaken, sayang sekali kalau kamu tidak meluangkan waktu untuk berwisata kuliner. Apalagi kuliner di Bunaken itu terkenal enak khususnya bagi para pecinta seafood. 

Ada banyak sekali pilihan kuliner khas Bunaken yang wajib dicoba. Salah satunya ada Tinutuan, bubur yang terbuat dari campuran sayur hijau, labu kuning, jagung, dan beras putih. 

Jangan lupa coba sambal roa khas Bunaken yang rasanya pedas mantap. Woku belanga juga jadi salah satu menu ikonik khas Manado dengan perpaduan rempah yang kuat. 

Kamu bisa menemukan banyak sekali rumah makan yang menyajikan kuliner khas Bunaken. Jadi selain menghabiskan waktu di laut, jangan lupa juga untuk jalan-jalan berkeliling dan berwisata kuliner. 

Jalan-jalan ke Bunaken tambah seru dan praktis jika kamu pakai Kartu Kredit Digital digibank. digibank by DBS memberi banyak keuntungan jika kamu memilih kartu kredit ini. Yuk, cari tahu informasi lebih lengkapnya di sini.

You Might Also Like

0 komentar