Mie Celor, Kuliner Palembang yang Rasanya Unpredictable

Saturday, January 21, 2023

mie celor

Ini masih lanjutan dari cerita jalan-jalan ke Palembang ditemenin Yayan (omnduut.com) beberapa waktu lalu. Jadi, pagi itu sehabis dari Bayt Al-Qur'an Al Akbar, Yayan ngajak singgah sarapan mie celor. Aku sih gak nolak. Kebetulan, aku belum pernah cobain yang namanya mie celor ini. Nah, mumpung lagi di daerah asalnya, dan mumpung ada yang ngajakin, so kenapa enggak?

Yayan memarkir mobilnya di depan sebuah warung yang pagi itu sudah terlihat ramai pengunjung. Namanya Mie Celor 26 Ilir H.M. Syafei. Katanya sih, mie celor ini termasuk salah satu kuliner Palembang yang direkomendasikan oleh almarhum Pak Bondan Winarno, pakar kuliner paling maknyusss di Indonesia.

mie celor

Yayan langsung memesankan 3 porsi mie celor untuk kami. Karena penasaran, aku langsung kepoin gimana cara bikin dan penyajian si mie celor ini. Ternyata, dalam bahasa Palembang, celor itu artinya celup. Jadi, proses masak mie celor ini, mie-nya dicelup-celup ke air mendidih, sampai matang. Jadi bukan direbus ya, cuma dicelup-celup doang. Prosesnya sama dengan proses masak mie kopyok khas Semarang.


Sebagai pendamping mie, ada juga toge yang ikut dicelor bareng ama mie. Setelah mie dan toge matang, trus ditaroh di piring. Kemudian disiram kuah kaldu kental yang terbuat dari campuran kaldu udang, santan, dan tepung. Sebagai pelengkap ditambahkan irisan telur rebus, bubuk udang, kucai, dan taburan bawang goreng.

Gimana rasanya? Ternyata rasanya unik dan mengejutkan! Rasanya agak sedikit meleset dari apa yang aku bayangkan. Errr, gimana ya jelasinnya? Temen-temen pasti pernah kan, ngebayangin rasa suatu makanan, pas dikasih tau makanan ini terbuat dari ini, ini, dan ini. Pasti doonk udah bisa ngebayangin rasanya kan? Nah, biasanya, selama ini aku juga gitu. Dan hampir selalu rasanya tepat seperti yang aku bayangkan. Yaa.. kalo misal beda-beda tipis, mungkin karena ada kurang lebih di takaran bahan ato bumbunya. Tapi ternyata, itu gak berlaku untuk mie celor ini.

Waktu dikasih tau Yayan kalo mie celor ini kuahnya terbuat dari campuran kaldu udang, santan, dan tepung, aku udah ngebayangin suatu rasa perpaduan dari manis, gurih, dan creamy. Eh, ternyata bayanganku meleset, sodara-sodara! Mie celor ini kuahnya tuh creamy dan gurih. Gak ada manis-manisnya.

Bentuk dan tekstur mie-nya juga beda ama mie-mie lain. Mie celor ini bentuk mie-nya lebih gede. Teksturnya kenyal. Rasanya enak kok. Makan mie celor, bakal makin nikmat kalo pake kerupuk anggur.


Kalo temen-temen penasaran ama mie celor, kayaknya kudu cobain langsung di Palembang deh. Soalnya seperti yang aku bilang, mie celor ini rasanya unik, mengejutkan dan unpredictable. Untuk memperkaya wawasan kuliner, emang wajib coba siih..


You Might Also Like

1 komentar

  1. Haha bener. Ya sebagaimana pas ngajak mbak Dee, kalau ngajak temen yang lain pun aku selalu kasih introduction soal rasanya yang unik itu. Aku sendiri pun nggak langsung suka. Kalau diajakin ke mi celor biasanya aku lebih milih ke pempek aja. Tapi lama kelamaan mulai jatuh cinta dan malah jadi makanan favorit setelah pempek. Dan, aku sendiri jadi hunting tempat mi celor lain, dan so far nemu yang jauh lebih enak ketimbang mi celor H Syafei ini :))

    ReplyDelete