Cara Mudah Menghilangkan Karang Gigi yang Sudah Mengeras

Thursday, January 09, 2020


Kesehatan mulut nyatanya memang penting untuk selalu dijaga. Melalui mulut, asupan makanan yang dibutuhkan oleh tubuh penghasil energi bisa masuk. Tak heran jika banyak orang berusaha menjaga kesehatan mulut terutama mencegah masalah karang gigi. Banyak yang mencari tahu cara menghilangkan karang gigi yang sudah keras.

Sering disebut dengan kalkulus gigi, karang gigi merupakan plak pada gigi yang mengeras. Karang gigi dapat terbentuk dari bawah gusi dan kemudian menyebabkan iritasi gusi. Karang gigi ini memberi plak sebuah area yang cukup luas untuk berkembang dan kemudian menyebabkan permukaan menjadi lebih lengket. Hal ini bisa saja menyebabkan penyakit yang memang lebih serius seperti radang gusi.

Terdapat beberapa metode yang dapat dilakukan untuk dapat menghilangkan karang gigi. Berikut ini adalah beberapa cara menghilangkan karang gigi yang sudah mengeras dengan cara alami.

Membersihkan Gigi dengan Menggunakan Benang

Salah satu cara untuk dapat menghilangkan karang gigi yaitu dengan cara membersihkan gigi dengan benang. Benang gigi cukup efektif untuk membersihkan bagian terdalam gigi yang sulit dijangkau oleh bulu pada sikat gigi. Rutin membersihkan dengan benang pun dapat mengurangi risiko penyakit gusi dan bau mulut. Hindari menggesek benang di sela gigi dan gusi dengan terlalu keras. Hal tersebut bisa melukai gusi dan membuatnya berdarah.

Rutin Membersihkan Lidah

Diketahui bahwa 50 persen bakteri di dalam mulut bersarang pada permukaan lidah. Campuran air liur dengan bakteri kemudian dapat membentuk plak di atas permukaan lidah. Anda dapat menggunakan sikat khusus lidah yang banyak di jual di pasaran. Gosoklah area lidah mulai dari pangkal lidah paling dalam lalu tarik perlahan ke depan dalam satu gerakan. Jangan digosok bolak-balik. 

Sikat Gigi 2 Kali Sehari

Menyikat gigi secara teratur bisa menjadi cara menghilangkan karang gigi yang sudah mengeras. Para ahli menganjurkan untuk setiap orang dapat menyikat gigi dua kali sehari, pagi setelah sarapan dan juga malam sebelum tidur. 

Berhenti Merokok

Selain dapat menyebabkan gangguan fungsi paru-paru dan jantung, merokok ternyata dapat menyebabkan masalah pada gigi dan mulut contohnya karang gigi. Kandungan bahan kimia pada rokok dapat memicu pembentukkan karang gigi semakin banyak. Bahkan, karang gigi perokok cenderung berwarna hitam pekat.

Baking Soda

Baking soda bisa menjadi salah satu cara menghilangkan karang gigi yang sudah mengeras dan parah. Cukup dengan 1 sdm baking soda dan tambahkan sejumput garam lalu aduk hingga rata. Kemudian tinggal mencelupkan sikat gigi yang sebelumnya dibasahi. Sikat gigi seperti biasa selama 2 menit lalu berkumur. 

Daun Sirih

Cara untuk menghilangkan karang gigi berikutnya yaitu dengan menggunakan daun sirih. Daun sirih bermanfaat membersihkan karang gigi dan juga menghilangkan bau mulut yang kurang sedap. Cukup ambil selembar daun sirih, bisa tambahkan 1 batang cengkeh juga, lalu haluskan tapi jangan terlalu halus dan kunyah.

Mengonsumsi Buah dan Sayuran

Dengan sering mengunyah buah dan sayur, Anda dapat menghilangkan karang gigi, apalagi buah seperti apel, melon, wortel, dan seledri. Selain dapat menghilangkan karang gigi, bau mulut pun dapat berkurang.

Garam

Ketika karang gigi sudah mengalami gingivitis atau radang gusi, maka gusi dapat terserang periodontis. Penyakit ini adalah suatu kondisi adanya kantong nanah pada sela gigi dan gusi.

Garam diketahui memiliki kandungan sifat antiseptik dan juga antibakteri yang cukup tinggi sehingga pas untuk dijadikan obat batuk maupun sakit gigi. Dengan garam, Anda dapat mengurangi inflamasi dan mengurangi rasa sakit jika sudah menyebabkan gingivitis.

Caranya cukup mudah, masukkan garam sebanyak sekitar 1 sendok teh ke dalam segelas air hangat. Aduk dan menjadi tercampur rata, lalu berkumur saja dengan air ini hingga seluruh area dalam mulut terkena. Lakukan sehari 3 kali masing-masing 1 menit, terutama harus pada area karang gigi.

Itulah beberapa cara menghilangkan karang gigi yang sudah mengeras yang mudah dengan bahan alami. Dapatkan informasi yang lengkap dengan membuka link https://www.cekaja.com/info/cara-menghilangkan-karang-gigi-tanpa-ke-dokter-paling-ampuh-dan-efektif/ . Situs cekaja memberikan banyak informasi dan bacaan yang dapat mengedukasi masyarakat. Semoga bermanfaat.

You Might Also Like

0 komentar