5 Pengetahuan Wajib Untuk Belajar Membangun Rumah Sendiri

Sunday, January 12, 2020


Kontraktor konstruksi profesional tentu sudah terbiasa membangun berbagagi jenis bangunan tanpa kendala. Dari sisi penguasaan ilmu dan teknis penerapan, mereka sudah terbiasa melakukannnya, bahkan menjadi aktivitas mereka setiap hari. Namun untuk orang-orang yang mungkin berniat membangun rumah sendiri, kenyataan ini tentu berbeda. Dibutuhkan banyak belajar memahami seluk beluk dunia konstruksi sebelum benar-benar membuat proyek pengerjaan yang sesungguhnya.

Rumah adalah salah satu bentuk kebutuhan jangka panjang manusia karena penggunaannya untuk jangka waktu yang lama, maka prosedur pengerjaannya pun harus sempurna. Semua komponen pendukung mestilah dapat dikondisikan sebagaimana mestinya sehingga menghasilkan bangunan yang kuat serta sesuai dengan harapan.

Banyak orang menyerahkan urusan pembangunan rumah dengan mempercayakan sepenuhnya kepada kontraktor atau developer. Langkah ini biasanya diambil oleh orang-orang yang tidak mau direpotkan dengan segala macam keruwetan perencanaan dan pengerjaan konstruksi. Dengan mempercayakan proses pengerjaan sepenuhnya kepada developer, seseorang cukup menunggu dan menerima kuncinya ketika bangunan rumahnya sudah siap untuk ditempati.

Akan tetapi ada pula jenis orang yang lebih tertarik untuk membangun rumah secara mandiri. Selain dapat melakukan penghematan dari sisi biaya, membangun rumah dengan mandiri juga dianggap lebih leluasa untuk menerapkannya sesuai keinginan. Benefit lain dari pilihan ini mungkin adalah kebanggaan tersendiri yang dirasa lebih istimewa karena menempati rumah buatan sendiri.

Beberapa Pengetahuan Penting Sebelum Memulai Membangun Rumah Sendiri

Untuk mendapatkan bangunan rumah yang sesuai impian dan rencana, dibutuhkan banyak hal sebagai persiapan. Persiapan paling awal dari proses ini adalah pemahaman dan pengetahuan tentang konstruksi perumahan yang meliputi banyak hal pula. Berikut adalah beberapa hal paling penting untuk diketahui dalam proses belajar membangun rumah secara mandiri.

1|Pengetahuan Pendanaan

Membangun rumah adalah sesuatu yang besar bagi sebagian orang. Besar disini dapat berarti secara pembiayaannya, mau pun secara momentumnya. Oleh sebab itu, membangun rumah mestilah dipersiapkan dengan sangat detail, teliti, dan juga matang. Terutama untuk pendanaannya sendiri.

Seseorang yang ingin membangun rumah secara mandiri mulai harus mempelajari apa dan kemana saja biaya yang ia miliki akan dialokasikan dalam proses pembangunan rumah. Berapa persen dana untuk desain, berapa persen untuk tukang, berapan persen untuk material, berapa persen untuk administrasi, dan lain sebagainya. Pengetahuan yang memadai tentang pendanaan pra konstruksi akan sangat membantu semua prosesnya nanti.

2|Pengetahuan Material

Hal kedua yang perlu dipelajari juga adalah pengetahuan tentang material bahan bangunan atau konstruksi. Pengetahuan ini harus meliputi kualitas, harga, pengerjaannya, hingga proses umur efektifnya. Manfaat dari pengetahuan ini adalah kemampuan untuk melakukan komparasi dan survey tentang material jenis apa yang paling cocok ia gunakan dalam proses pembangunan rumahnya sendiri.

3|Pengetahuan Gambar

Selanjutnya pengetahuan ketiga yang selayaknya wajib pula dipelajari oleh seseorang yang ingin membangun rumah sendiri adalah tentang gambar desain sebuah rumah. Pada bagian ini anda tidak dituntut untuk bisa menggambar desain layaknya arsitek. Namun pokok pengetahuan yang harus dipahami adalah unsur intrinsik gambar desain yang terkait langsung dengan pembiayaan dan penggunaan material bangunan nantinya.

4|Pengetahuan Metode Pengupahan Tukang Profesional

Dalam keputusan membangun rumah sendiri, seseorang tidak bisa menyerahkan segala prosesnya kepada tukang atau mandor pengerjaan lalu tidak mau tahu sampai bangunannya selesai. Selain harus memahami kinerja dan profesionalitas tukang itu sendiri, metode pengupahan mereka pun harus memiliki strategi dan cara yang tepat.

Untuk oknum tukang yang tidak profesional dengan sistem pengupahan borongan misalnya, ada konsekuensi pengerjaan yang dipercepat menyesuaikan tenggat waktu tanpa meyesuaikan dengan standar kualitas yang diinginkan. Sementara jika menggunakan metode pengupahan harian, maka muncul pula konsekuensi pekerjaan yang diperlambat padahal sesungguhnya dapat dilakukan lebih cepat. Pengetahuan yang baik akan metode pengupahan dan kaitannya dengan kinerja profesionalitas tukang akan membantu menyelesaikan problem seperti ini.

5|Pengetahuan Administrasi

Yang terakhir adalah pengetahuan tentang administrasi berupa prosedur pengajuan Izin Mendirikan Bangunan atau IMB dan segala teknisnya. Apa saja yang dibutuhkan, bagaimana syarat-syarat dan lain semacamnya. Ini merupakan bagian pelengkap dari pengetahuan komprehensif untuk mendirikan rumah secara mandiri.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, berbagai pengetahuan di atas umumnya mutlak untuk dipelajari sebagai langkah awal untuk membangun rumah sendiri. Cara lain untuk menambah pengetahuan tentang hal ini mungkin anda bisa mengunjungi link di bawah ini: 


Cekaja.com merupakan portal informasi tentang berbagai cara dan tips seputar finansial, yang tentunya akan sangat membantu anda khususnya dalam hal ini melakukan pengaturan anggaran dalam membangun rumah. Jadi, jangan lupa dikunjungi juga ya.

You Might Also Like

1 komentar

  1. Aku agak malu mengatakan kalau sedang membangun rumah. Dan betul seperti yang dijabarkan dalam tulisan ini, penting banget untuk mengetahui kelima poin di atas sebelum merencanakan membangun rumah. Utamanya pengetahuan tentang material dan sistem pengupahan. Ini bakal bermanfaat banget saat kita melakukan budgeting, dan budgeting ini super penting terlebih ketika kita membangun rumah model mencicil, seperti yang saya lakukan. Hehehe.

    ReplyDelete