Informasi Lapangan Pekerjaan Jurusan Ilmu Perpustakaan Di Indonesia

Tuesday, January 14, 2020


Dari tahun ke tahun, lulusan ilmu perpustakaan dari berbagai perguruan tinggi semakin meningkat. Itulah alasan mengapa pemerintah perlu menciptakan lapangan pekerjaan jurusan ilmu perpustakaan untuk memenuhi permintaan para pekerja. Hal ini tentu sering menjadi persoalan sulit, padahal kini berbagai lapangan pekerjaan di dunia kerja untuk jurusan ilmu perpustakaan semakin lebar. Bahkan para perusahaan di Indonesia pun semakin membuka kesempatan kepada lulusan jurusan ini untuk dapat bekerja di posisi yang mereka inginkan.

Pilihan Jenis Pekerjaan Jurusan Ilmu Perpustakaan

Beberapa pekerjaan untuk jurusan ilmu perpustakaan yang dibedakan berdasarkan waktunya adalah sebagai berikut :

1. Pekerjaan Tetap Untuk Jurusan Ilmu Perpustakaan

Untuk Anda yang ingin bekerja di pekerjaan tetap atau full dan digaji setiap bulan, Anda bisa pilih pekerjaan tetap ini. Dalam hal ini, Anda harus berada di kantor dan bekerja full selama sehari untuk menyelesaikan target pekerjaan Anda. Jenis pekerjaan tetap yang bisa Anda pilih untuk jurusan ilmu perpustakaan di antaranya:

  • Pegawai BUMD
  • Pegawai BUMN
  • Pustakawan
  • Dosen Atau Pengajar
  • Arsiparis
  • Staf Administrasi

2. Pekerjaan Freelance Untuk Jurusan Ilmu Perpustakaan

Selain pekerjaan tetap yang bisa Anda pilih untuk pekerjaan Anda, Anda juga bisa bekerja freelance. Dalam hal ini, waktu dan pekerjaan tidak terikat dengan kontrak. Anda hanya perlu bekerja sesuai dengan target yang Anda inginkan. Pekerjaan freelance ini bisa dijadikan untuk pekerjaan utama Anda maupun untuk pekerjaan tambahan jika merasa gaji yang Anda terima tidak sesuai. Jenis pekerjaan freelance untuk jurusan ilmu perpustakaan di antaranya:

  • Penulis dan Editor
  • Data entry
  • Java programmer
  • Data scientist
  • Analis dan konsultan bisnis

Pastinya itu hanyalah sebagian kecil dari lapangan pekerjaan untuk jurusan ilmu perpustakaan yang Anda pilih. Sudahkah Anda tentukan pekerjaan yang akan Anda pilih?

Cara Menentukan Lapangan Pekerjaan Jurusan Ilmu Perpustakaan Yang Sesuai

Jika Anda lulusan ilmu perpustakaan namun Anda bingung menentukan jenis pekerjaan yang akan Anda pilih, ada baiknya Anda mengikuti panduan ini. Karena Kami akan berbagi sedikit informasi bagaimana cara menentukan lapangan pekerjaan yang pas untuk Anda. Tips yang bisa Anda lakukan sebelum memilih jenis pekerjaan Anda adalah sebagai berikut:

  • Sesuaikan Minat Beserta Kemampuan

Ketika memilih pekerjaan, yang pertama Anda perlu sesuaikan dengan minat dan kemampuan Anda. Minat berperan untuk memilih suatu pekerjaan, karena akan menjadi hal yang cukup merepotkan jika tidak sesuai minat dan kemampuan. Tak hanya bermasalah pada kejiwaan Anda, namun berakibat juga pada kualitas kerja yang dihasilkan. Agar pekerjaan sesuai dengan minat dan kemampuan, Anda bisa baca deskripsi pekerjaan tersebut pada saat wawancara.

  • Suasana di Tempat Kerja

Yang kedua, Anda juga perlu ketahui suasana di tempat Anda bekerja. Apakah Anda menginginkan suasana yang menyenangkan dikelilingi dengan rekan kerja, atau ingin bebas dengan pekerjaan yang sesuai keinginan. Suasana yang dikelilingi oleh rekan kerja Anda bisa pilih pekerjaan full time dan sebaliknya.

  • Gaji Yang Diperoleh

Gaji menjadi pertimbangan yang tidak kalah penting ketika memilih pekerjaan. Karena gaji akan ditentukan dari jenis pekerjaan yang dipilih nantinya. Jika Anda menginginkan gaji yang diperoleh oleh Anda adalah gaji yang besar, maka bisa pilih pekerjaan di instansi pemerintahan atau instansi swasta. Karena sudah terbukti bekerja di salah satu bagian instansi tersebut dapat memperoleh gaji yang cukup besar.

  • Ketertarikan

Selanjutnya Anda juga wajib mempertimbangkan ketertarikan Anda. Ketertarikan pada suatu pekerjaan yang dibarengi dengan kemampuan dan bakat yang dimiliki. Tanyakan pada diri Anda, jika Anda tertarik pada suatu pekerjaan apakah Anda memiliki bakat di bidang tersebut.

Pada dasarnya apapun jenis lapangan pekerjaan jurusan ilmu perpustakaan yang akan dipilih akan memberikan gaji yang cukup apabila Anda sesuaikan dengan kemampuan Anda. Karena akan sangat mustahil jika Anda berharap mendapatkan gaji yang besar namun Anda tidak membarenginya dengan skill dan kemampuan yang mumpuni.

Itulah beberapa lapangan pekerjaan yang saat ini tersedia di Indonesia untuk jurusan ilmu perpustakaan. Jika Anda membutuhkan informasi lain seputar ilmu perpustakaan, silakan kunjungi link  https://www.cekaja.com/info/pekerjaan-jurusan-ilmu-perpustakaan/ atau pekerjaan untuk jurusan lain jangan lupa untuk kunjungi situs cekaja.com. Di situs tersebut Anda juga akan dapatkan solusi untuk masalah dana pendidikan Anda.

You Might Also Like

0 komentar