Camping Cantik di Kaki Merapi bersama Indekostour

Tuesday, December 04, 2018


Away is a place where it's not about the money you spend, it's about the moments you share - anonymous

Langit mendung menyambut sewaktu kami sampai di Kaliurang. Sungguh, ini sebuah sambutan yang manis. Gak tau kenapa, saya lebih suka disambut dengan cuaca seperti ini di Jogja. Apalagi kalo ditambah hujan rintik-rintik, yang mana setiap rintiknya membawa ribuan kenangan. #eaaa.. Kalo kata teman saya Priyo, Jogja itu terbuat dari mantan dan kenangan. Saya sependapat. Ya, meskipun saya gak punya mantan orang Jogja, tapi saya punya ribuan kenangan bareng mantan di Jogja. #eaaaalagi...

Oke, sebelum semakin baper, lupakan dulu urusan mantan dan kenangan. Kita balik lagi ke Kaliurang. Kali ini saya ngetrip bareng teman-teman blogger. Ada mbak Katerina (www.travelerien.com), Ivone (www.aurabiru.com), April (www.keluargahamsa.com), dan Nurul (www.bukanbocahbiasa.com).

Kami excited banget melihat deretan tenda berwarna putih-biru di area camping ground. Ada 5 buah tenda berukuran sedang dan 2 tenda lain yang berukuran lebih besar di situ. Tenda yang kecil kapasitasnya maksimal 3 orang, sementara tenda yang lebih besar kapasitasnya maksimal 6 orang. Sebenarnya bisa nampung lebih banyak, tapi karena di dalam masing-masing tenda sudah dihamparin kasur, jadi ya agak kurang nyaman kalau diisi melebihi kapasitas. Lagian ini judulnya kan glamping, glamour camping, jadi pastinya urusan kenyamanan lebih diutamakan.

Area camping ground

Me Time ala Emak Blogger Kekinian

Sore itu kami memilih duduk-duduk sambil ngobrol di depan tenda. Menikmati sejuknya udara Kaliurang. Kebetulan Ivone membawa oleh-oleh kue dari Malang. Makin serulah acara ngobrol kami sore itu. Ngobrolin apa? Ya, apa saja. Tentang dunia blogging, tentang job, tentang keluarga, pokoknya tentang apapun yang kami anggap berfaedah untuk jadi bahan obrolan sore itu.

Me time berfaedah

Berkesempatan ngetrip bareng begini, bikin kami jadi lebih akrab satu sama lain. Jadi tau kebiasaan masing-masing. Mana yang rajin kirim laporan ke suami, mana yang gampang banget tidur, mana yang makannya banyak. Pokoknya jadi lebih kenal satu sama lain. 

Gara-gara ngetrip ini, saya jadi tau kayak gimana totalitasnya April kalo ngeblog. Masa pas hari pertama, jam 4 subuh dia bangun langsung nongkrong di aula trus asyik ngeblog sampai pagi. Pokoknya tiap ada waktu, dia pasti manfaatin buat ngeblog. Mau itu di mobil, di tempat makan, sampe di alun-alun pun dia tetap ngeblog dan menyempatkan untuk blog walking. Salut banget ama blogger yang satu ini. Ngeliat totalitas dan usahanya yang kayak gitu, gak heran kalo dia jadi langganan juara lomba blog.

Kalo mbak Rien, karena udah sering ngetrip bareng dia, saya udah mafhum ama totalitasnya dia kalo lagi pemotretan. Dan meskipun udah paham, tapi tetep aja saya ngerasa takjub ama mbak yang satu ini. Niat banget loh, demi tampil paripurna di depan kamera, mbak Rien sampe bawa 3 pasang sepatu ke Jogja. Kalo kostum, jangan ditanya deh, hehehe..

Kami berlima sudah lama saling kenal, meski sebagian belum pernah bertemu muka. Wajar, karena selama ini kami ngobrolnya cuma lewat dunia maya. Bahkan wacana tentang glamping plus ngetrip ke Jogja kali ini pun tercetus di dunia maya, dalam sebuah obrolan di WAG Blogger Kekinian. 

Bukan tanpa alasan kalau kami memilih Jogja sebagai tempat ngumpul kali ini. Jogja itu istimewa. Destinasi wisatanya terbilang komplit. Mulai dari gunung, pantai, candi, kuliner, wisata belanja, sampai wisata kekinian, semua ada. Lokasinya pun mudah untuk diakses dari tempat tinggal kami masing-masing. Mau naik bus, kereta, atau pesawat, banyak pilihannya. Jadi begitu nama Jogja tercetus sebagai destinasi piknik kali ini, kami semua setuju tanpa syarat. 

Kami mempercayakan urusan perjalanan kali ini pada Indekostour. Tour operator yang harga paket liburan dan pilihan destinasinya bisa disesuaikan dengan budget yang kita punya. Asyik banget kan? Jadi kita bisa bener-bener nikmatin liburan tanpa harus mikir itinerary dan tetek bengek lainnya. Anggep aja ini cara kami memanjakan diri. Walaupun sambil ngetrip, tetep aja ngurusin job, balesin email, kejar-kejaran ama deadline. Ya, namanya juga me time ala emak blogger kekinian.

Camping cantik bareng yang cantik-cantik 😉

Makan Siang di Warung Kopi Klotok

Kalau kitabelum tau mau kemana, pihak Indekostour juga bakal bantu ngasih rekomendasi tempat-tempat menarik yang bisa kita kunjungi. Gak cuma tentang tempat wisata, tapi juga tempat kuliner. Seperti siang itu, kami diajak singgah makan siang di Warung Kopi Klotok. Salah satu tempat makan hits yang berlokasi di daerah Pakem, Sleman. Gak jauh dari lokasi glamping.

Tampak depan Warung Kopi Klotok

Saya sendiri total sudah empat kali singgah makan di Warung Kopi Klotok. Dan gak pernah nolak kalo diajak makan di sana lagi. Suasana dan makanannya emang bikin nagih. Favorit saya di Warung Kopi Klotok ini adalah kopinya. Aroma gosong kopi yang ngelothok itu begitu khas. Ulasan tentang kopi klotok pernah saya tulis di sini.

Makan siang kami di Warung Kopi Klotok

Behind-the-scenes 😃😃

Selain kopinya, saya juga pisang gorengnya. Manis dan enak. Sayur lodeh dan telur krispinya juga enak. Dan kemarin saya nyobain nasi megono. Kuliner asal Pekalongan ini juga tersedia di Warung Kopi Klotok. 

Glamping, Camping Cantik Anti Rempong

Supaya lebih menikmati suasana liburan kali ini, kami sengaja tidak memilih hotel sebagai tempat menginap. Tapi tenda. Iya, tenda. Kebetulan banget, Indekostour punya paket glamping di Kaliurang. Jadi kami bisa tetep tidur di dalam tenda, tapi gak perlu rempong nyiapin tenda dan segala printilannya. Semua udah disediain ama Indekostour.

Bagian dalam tendanya nyaman

Tenda yang disediakan pun bukan tenda abal-abal. Tapi tenda dengan kualitas yang bagus. Terbukti waktu malam pertama kami camping, dan hujan turun cukup deras. Kami tetap nyaman di dalam tenda. Gak ada tuh ceritanya tendanya bocor, rembes, apalagi banjir. Pokoknya nyaman banget. Saking nyamannya, kami sampe males bangun pagi. Eh, itu mah saya ya.. bukan April, hehehe..

Suasana camping ground-nya nyenengin banget. Meskipun letaknya tersembunyi di belakang Melcosh Cafe, tapi suasananya tuh tenang, udaranya sejuk, pemandangannya juga cakep. Apalagi waktu pagi atau sehabis hujan. Ketika kabut turun dan menyelinap di antara pepohonan. Kalau cuaca cerah, dari area camping kita bisa melihat penampakan Gunung Merapi yang mengintip dengan angkuhnya. Cakep banget!

Penampakan Gunung Merapi dari area camping

Harga paket glamping dari Indekostour ini termasuk murah banget. Cuma 90 IDR/pax. Udah include tenda, matras tebal, bantal, selimut, BBQ party, api unggun, kopi atau teh, dan sarapan. Satu tenda itu muat maksimal 3 orang. Kalo sekeluarga (bapak + ibu + 2 anak maksimal usia SD) bisa ambil 1 tenda aja. Harganya 200K/tenda.

Meskipun judulnya camping di tengah hutan, tapi sarapannya di cafe. Iya, di Melcosh Cafe yang ada di depan area camping. Menu sarapannya nasi goreng dan teh hangat. Camping manja banget ini mah, karena semua udah tersedia 😁😁

Sarapan nasi goreng di Melcosh Cafe

Mari makan!

Urusan toilet juga gak perlu khawatir. Karena di area camping sudah tersedia toilet yang bersih. Ada 10 bilik, jadi gak usah khawatir bakal ngantri atau rebutan ama pengunjung lain. Kalau mau nge-charge juga udah disediakan stop kontak di aula. Katanya sih, stop kontak memang disediakan, tapi sengaja diletakkan di aula. Supaya pengunjung bisa lebih berinteraksi satu sama lain, gak melulu sibuk ama gadget. So, biarpun ini judulnya camping, tapi semua fasilitas sudah tersedia. Pokoknya nyaman dan gak pake rempong. 

Menikmati Sore yang Mendung di Stonehenge 

Masih ada waktu sekitar dua jam sebelum hari beranjak malam. Mas Sunny dari Indekostour ngajak kami jalan-jalan ke destinasi wisata yang lagi ngehits di Jogja, dan kebetulan lokasinya dekat dari area camping. Namanya Stonehenge.

Stonehenge ala Merapi

Saya sudah tiga kali main ke Stonehenge yang ada di Cangkringan ini. Tapi saya tetap excited. Karena buat saya, pergi ke suatu tempat yang sama, bersama orang yang sama, tapi dalam waktu berbeda, pasti ceritanya bakal beda. Itu makanya, kenapa saya tetap merasa excited meski pergi ke tempat yang sudah pernah saya datangi. Karena saya tau, cerita dan pengalaman yang saya dapat gak akan pernah sama.

Mumpung lagi sepi 😃

Ya seperti hari itu. Kalau sebelum-sebelumnya, saya selalu kebagian cuaca cerah dan langit biru di Stonehenge. Tapi sore itu, untuk pertama kalinya saya menikmati Stonehenge dalam balutan langit abu-abu. Sensasinya terasa beda. Teman-teman saya pakai jaket tebal dan coat. Rasanya jadi seperti berada di Wiltshire, hahaha.. Ya semoga aja ini adalah prolog, dan suatu hari nanti kami kesampaian beneran mengunjungi Stonehenge di Inggris sana. Aamiin..

Mumpung Stonehenge lagi sepi, kami puas-puasin berfoto di sana. Pokoknya foto dengan berbagai pose dan dari berbagai sudut. Lumayan, buat stok foto selama sebulan di medsos, hehehe.. Kami baru beranjak pergi, ketika gerimis mulai turun. Ulasan tentang Stonehenge Merapi ini bisa dibaca di sini.


Kopdar dan Reuni Sambil Bebakaran

Paket glamping dari Indekostour sudah termasuk BBQ party. Dan acara BBQ party malam itu terasa lebih meriah dengan kehadiran teman-teman blogger Jogja. Indekostour memang sengaja mengundang teman-teman blogger Jogja untuk ikutan BBQ party sambil ngobrol-ngobrol santai di area camping.

Malam-malam kedatangan banyak tamu 😃

Duh, seneng banget rasanya bisa ketemuan langsung ama teman-teman yang selama ini cuma bisa say hello di dunia maya. Apalagi ama temen blogger yang sudah kenal sejak jaman multiply dulu, tapi baru kali ini berjodoh bisa ketemuan.

Seneng banget bisa ketemuan rame-rame begini..

Malam itu, dalam pelukan dingin udara Kaliurang, dan gerimis yang menderas, kami asyik berbagi cerita sambil ngemil jagung dan sosis bakar. Rencananya kami mau api unggunan, biar suasana campingnya lebih terasa. Tapi rupanya semesta belum mendukung. Jadi kami melipir ke aula terbuka yang ada di area camping. Gakpapa, yang penting tetep bisa ngobrol-ngobrol seru. Sungguh akhir pekan yang berfaedah.

Api unggun

Bakar jagung

Bakar sosis

Pokoknya, saya seneng banget bisa liburan bareng sambil camping sama temen-temen blogger. Next time, saya pengen balik lagi ajak keluarga. Anak-anak pasti seneng kalo diajak camping kayak gini. Kami gak perlu rempong bawa-bawa tenda dari Surabaya. Berat, cyiin! Kan ada Indekostour yang sudah nyiapin semuanya. *grin..

Penasaran tempat-tempat wisata mana aja yang direkomendasikan tim Indekostour buat kami? Sabar ya, nanti bakal saya ceritain di postingan selanjutnya.. 

You Might Also Like

10 komentar

  1. Halo, Mbak Dian, salam kenal. Aku lumayan lama mengikuti blog ini, tapi begitulah suka gak komen karena cenderung menikmati kualitas tulisan Mbak. Padahal rugi ya,gak dapat backlink, hehehe. By the way aku setuju dengan banyaknya kenangan yang bisa kita ukir di Jogja. Karrna menurutku itulah kekuatan Jogja yang selalu memanggil. Pesona Jogja juga terus berkembang, nggak cuma destinasi wisata dan kulinernya,tapi agen pelaksana perjalanan juga semakin beragam. Seperti Indekostour ini,yang sangat terjangkau dan asyik.

    ReplyDelete
  2. Please, jangan ungkit ingatanku tentang Jogja lagi. -_- hahhaa.
    Satu kekesalan ku adalah tidak memanfaatkan waktu seoptimal mungkin ketika kuliah di Jogja dulu. Gak banyak explore tempat, sekalinya explore gak dimasukin ke blog, padahal mulai ngeblog udah dari kuliah. 7 th lalu. Haeeh.
    Di JOgja dulu saya sibuknya ngukir kenangan sama mantan, #eaaalagilagiii.

    Yes, kopi klothok dan goreng pisangnya emang debes!
    Jogja debes deh pokoknya.

    Nect time ke Jogja lagi, indekostour bakal jadi refrensi ni..
    makasih kakaks....

    ReplyDelete
  3. Wuaaa, seru banget bisa camping bareng sahabat. Apalagi mainnya ke jogja yang banyak tempat wisatanya. Jadi bisa explore lebih banyak.

    Btw, aku naksir tendanya deh mba. Hehe. Itu quechua bukan ya?

    ReplyDelete
  4. seru banget nih, jujur ku belum pernah kesini dan mupeng.

    ReplyDelete
  5. Haduh, padahal asik tadi baca artikelnya, gegara jaringan lemot jadi was-was kok gak nemu kolom komentarnya.. hehheee..

    asik kak kempingnya, jadi mupeng liatnya...

    ReplyDelete
  6. Mau juga dong me time bareng blogger kece giniiii, ya ampuunnn, aku pengen bgt camping kayak gini mbaakk....

    ReplyDelete
  7. Kemping bareng mak blogger tuh, serunya dapet. Apalagi sambil nikmati alam jogja. Serunya berkali-kali lipat.

    ReplyDelete
  8. Jogja itu, hujan dan kenangan. Emang lebih asik disambut rintik air setiba di Jogja mba hihi, rasanya lebih syahdu. Kalo mau explore baru bagus ditengah panas membahana. Pokoknya Jogja istimewa. Apalagi ditambah dengan kehadiran temen istimewa.

    ReplyDelete
  9. Terus termnyata yang paling suka makan banyak siapa? hihihi

    ReplyDelete
  10. Wih, SSuper rajin banget ya April. kapan hari lihat di postingan mbak Rien di sosmed. sambil nunggu pesawat. masih ngeblog. dan baca artikel ini, waktu ngobrol dan jalan jalan masih sempet blogwalking, auwooooooooo aku merasa tertampar banget. mau ngeblog kebnayakn alesan. hehehe

    ReplyDelete