Bukan Cuma Gudeg, 5 Kuliner Khas Jogja Ini Juga Wajib Kamu Coba!

Thursday, October 25, 2018


Siapa sih yang bisa menolak kalau diajak jalan-jalan ke Jogja? Kota yang terkenal karena pesona wisata alam dan budaya ini memang selalu menarik wisatawan untuk mengunjunginya. Pada musim liburan, banyak wisatawan yang berburu tiket pesawat ke Jogja untuk mengeksplorasi keindahan Kota Jogja. Barangkali kamu juga salah satu pecinta wisata yang nggak pernah bosan untuk berkunjung ke Jogja, benar?

Nah, ngobrolin soal Jogja, kamu setuju nggak sih kalau kota yang satu ini memang identik banget dengan gudeg. Nama makanan gudeg sepertinya memang selalu terlintas pertama kali dalam pikiran kalau sedang berbicara tentang Jogja. Namun, tahukah kamu kalau masih banyak kuliner khas Jogja selain gudeg yang bisa kamu cicipi? 

Kalau kamu penasaran apa aja kuliner khas Jogja selain gudeg, nih ada 5 rekomendasi makanan khas Jogja yang harus kamu cicipi saat berkunjung ke Kota Pelajar. 

Sate Klathak

Kuliner sate pastinya udah bukan hal yang asing buat kamu. Namun, pernah nggak sih kamu membayangkan bagaimana rasanya menikmati sate yang menggunakan tusukan jeruji sepeda? Kuliner Sate Klathak adalah makanan khas Jogja selain gudeg yang harus kamu coba. Sate yang dibuat dari daging kambing muda ini biasanya disajikan dengan nasi hangat yang pulen plus ada tambahan tongseng atau gule kambing kalau pengin lebih lengkap. Mantap!

Oseng-Oseng Mercon

Kalau di Jawa termasuk di Jogja, petasan lebih dikenal dengan istilah mercon. Kamu tentunya bisa membayangkan dong seperti apa rasanya sajian kuliner khas Jogja yang bernama Oseng-Oseng Mercon. Kuliner yang dibuat dari irisan daging sapi dengan bumbu utama berupa cabe rawit ini bakal membuat mulut kamu serasa meledak saking pedasnya. Berani nggak mencicipi kuliner khas Jogja yang satu ini? 

Mangut Lele

Mangut lele adalah kuliner khas Jawa yang juga bisa kamu cicipi saat berkunjung ke Yogyakarta. Kuliner tradisional ini memiliki bahan dasar lele asap dengan aroma yang sangat khas. Salah satu tempat makan mangut lele yang sangat legendaris di Jogja adalah mangut lele Mbah Marto.

Di warung Mangut Lele Mbah Marto, kamu bisa menemukan menu mangut lele yang dipadukan dengan berbagai pilihan lauk yang lain, seperti oseng daun pepaya, sambal krecek, sayur kulit mlinjo, dan lainnya. Sedap!

Bakmi Jawa

Kelezatan Bakmi Jawa sepertinya nggak hanya bisa kamu temukan di Jogja saja, melainkan juga di banyak kota di Indonesia. Bakmi Jawa adalah sebuah kuliner legendaris selain gudeg yang harus kamu cicipi kalau kamu sedang bertandang ke Kota Pelajar Yogyakarta.

Bakmi Jawa adalah kuliner dari mi kuning dengan campuran suwiran ayam, telur, dan sayur-sayuran. Kuah bakmi dengan rasa kaldu yang kental pastinya bisa membuat lidah kamu bergoyang. Salah satu tempat makan Bakmi Jawa di Jogja yang cukup terkenal adalah di warung Bakmi Jawa Pak Pele di dekat Alun-Alun Utara Kota Yogyakarta. 

Belalang Goreng

Ini adalah salah satu kuliner ekstrim khas Jogja yang bisa kamu coba. Kuliner belalang goreng adalah makanan khas dari Gunung Kidul Yogyakarta. Konon kabarnya, rasa dari kuliner unik khas Jogja ini mirip dengan udang goreng. Belalang goreng adalah menu kuliner khas Jogja dengan protein tinggi yang cukup menyehatkan. Mau coba? 

5 kuliner khas Jogja di atas bisa kamu cicipi jika memang kamu sedang mencari rekomendasi makanan khas Jogja selain gudeg. Selain kekayaan kulinernya yang beragam Jogja juga punya banyak tempat wisata alam yang mengagumkan.

Oh ya, tidak hanya Jogja, lho. Indonesia sendiri sebenarnya memang kaya dengan keragaman tempat wisata dan budayanya. Nggak hanya di Jawa, di pulau yang lain seperti Sumatera dan Kalimantan pun, kamu bisa menemukan kekayaan wisata yang menakjubkan. Nggak percaya? 

Coba deh, sepulang dari Jogja nanti, kamu lanjutkan perjalananmu ke kota lainnya di Indonesia, seperti misalnya ke Pekanbaru. Pesan tiket pesawat Pekanbaru Jakarta jika kamu juga penasaran untuk mengeksplorasi kota di Provinsi Riau ini. 

Oke, jadi kota mana yang menarik perhatianmu? Ayo berangkat sekarang.

You Might Also Like

6 komentar

  1. jdi pengen ke jogja, dah berapa lama ya nggak ke sana. mustinya weekend kmrn kondangan ke jogja tapi harga tiket mehong abis

    ReplyDelete
  2. Belalang goreng.... Hihihi jadi ingat masa kecil suka cari Belalang untuk digoreng. Lah, sekarang jadi kuliner hits yogya ya... Hahaha

    ReplyDelete
  3. Krucuk krucuuuuukkk kedengeran bunyi perutku niiihh

    ReplyDelete
  4. dan saya penasaran dengan belalang goreng
    waktu kecil suka nangkap belalang dengan getah nangka dan lidi
    tapi tak diapa apain..siap dapat dilepas
    baru tahu klu enak dimakan jg

    ReplyDelete
  5. Gak pernah bosan dengan jogja dan kulinerannya ya mbak

    ReplyDelete
  6. Gudeg mercon juga recommend tuh kalo mau coba gudeg khas jogja tapi juga pecinta makanan pedas

    ReplyDelete