Kuliner Enak dan Murah Meriah di Sleman

Sunday, January 28, 2018


Yang paling saya suka kalau berada di suatu tempat adalah nyobain kulinernya. Tapi selama di Sleman kemarin saya dan suami gak banyak hunting kuliner.  Kami lebih milih makan di rumah. Apalagi adek ipar saya itu pinter masak, jadi ya tentu saja kami lebih suka makan masakan dia. Jadi selama 2 minggu di Sleman, cuma ada beberapa tempat kuliner yang sempat saya coba. Saya coba rangkum sedikit di sini ya..

1. Soto Gerabah Mbok Tuginem

Pertama kali diajak ke sini ama adek saya, kami langsung excited. Soalnya di depan warung terpampang nyata tulisan Soto Gerabah Mbok Tuginem Rp 6000. Waah, murah banget! Mana tempatnya asik lagi. Mewah, alias mepet sawah. Jadi sambil makan soto, bisa sambil cuci mata ngeliat hamparan sawah yang ijo royo-royo.

Makan di saung asyik juga

Asyik banget makan soto di pinggir sawah

Untuk lauk teman makan soto, sudah disediakan aneka gorengan seperti bakwan, mendoan, atau perkedel. Juga aneka sate-satean seperti sate usus, sate ati ampela, juga sate telur puyuh. Krupuk dan peyek juga tersedia. Silakan pilih sesuai selera. Ntar selesai makan tinggal totalan. Selain soto daging sapi, ada juga menu atam bakar. Harganya cukup ramah di kantong.

Daftar menu + harga

Pagi itu saya dateng rame-rame, rombongan 3 keluarga. Keluarga saya, keluarga kakak ipar, dan keluarga adek saya. Total ada 7 orang dewasa, 3 anak-anak dan 1 bayi. Rame banget. Semua makan dengan nikmat. Dan semua kompak bilang sotonya enak dan seger banget. Porsinya pas untuk sarapan. Gak terlalu banyak, juga gak terlalu sedikit. Pokoknya pas. 

Rame-rame makan soto gerabah

Soto daging sapi + lauk + teh manis

Bukan cuma orang dewasa yang betah makan di sini. Anak-anak juga dijamin betah. Soalnya di warung ini ada ayunan dan kolam ikan. 

Lala seneng di sini ada ayunan

Alamat: Jalan Selokan Mataram, Purwomartani, Kalasan, Kabupaten Sleman. 

Buka setiap hari mulai jam 6 pagi sampai jam 4 sore

2. Soto Kwali Wonogiri 2000 Rupiah

Saya dan suami gak sengaja nemu warung ini waktu mau jalan-jalan ke Candi Kalasan. Sempat gak percaya waktu baca spanduk di warung ini. Seriusan nih soto harganya 2 ribu rupiah?! Soto apaan? Jangan-jangan cuma kuah soto.. Karena penasaran, saya dan suami pun memutuskan untuk singgah. Daripada kepikiran dan penasaran sepanjang jalan, iya kan?

Spanduk yang bikin penasaran

Warung ini lokasinya ada di pinggir Selokan Mataram. Warungnya biasa aja. Terlalu biasa malah. Tapi waktu kami singgah, pengunjungnya ramai. Entah karena mereka sudah langganan, atau mereka juga orang-orang yang kebetulan lewat dan penasaran seperti kami. Semua bangku terisi. Hanya tersisa satu tempat di pojokan. Itu modelnya seperti bale-bale di depan warung. Jadi duduknya lesehan. Kami pun akhirnya duduk di situ.

Semangkuk soto 2ribuan

Dan ternyata, semangkuk soto seharga 2 ribu rupiah itu emang beneran ada. Dan ternyata lagi, rasanya tidak mengecewakan. Enak. Isinya pun bukan cuma nasi disiram kuah soto alakadarnya. Ini sotonya isinya lengkap. Ada irisan daging sapinya juga. Cuma porsinya aja yang sedikit mini. Kalau mau porsi ukuran normal, semangkuk soto di sini harganya 5 ribu rupiah. Masih murah kan?

Selain soto, di warung ini juga ada mie ayam. Sayang kami belum sempat nyicipin mie ayamnya. Karena kami berdua lebih penasaran ama sotonya yang cuma dibandrol 2 ribu rupiah per mangkok itu. 

Daftar menu + harga

Waktu bayar, kami lebih takjub lagi. Kami cuma harus membayar total Rp 21ribu untuk 2 mangkuk kecil soto ayam, 3 potong gorengan, 2 gelas teh manis hangat, 1 bungkus kripik, dan 3 bungkus jus jambu. Luar biasa banget murahnya. Makan kenyang bertiga cuma habis 21 ribu. Alhamdulillah..

Alamat: Jalan Selokan Mataram, Purwomartani, Kalasan, Kabupaten Sleman. (Lokasinya sederetan jalan ama Soto Gerabah Mbok Tuginem)

3. Warung Kopi Klotok

Warung makan yang satu ini sudah cukup terkenal di kalangan traveler yang berkunjung ke Jogja. Konsep yang ditawarkan adalah kuliner ndeso lengkap dengan suasana rumah jadul di pedesaan. Makanannya bisa pilih dan ambil sendiri secara prasmanan. Harga makanan dan minuman di sini juga terbilang murah. 

Suasana di dalam Warung Kopi Klotok

Yang paling saya suka di Warung Kopi Klotok ini adalah pisang goreng dan tentu saja, kopi klotoknya. Pisang gorengnya tuh enak banget. Manis dan lembut di lidah. Harganya 6500/porsi. Seporsi isinya 2 potong pisang goreng. Buat saya sih, kurang kalo cuma makan 1 potong pisang gorengnya, hehehe.. 

Pisang goreng dan kopi klotok

Ulasan tentang Warung Kopi Klotok ini bisa dibaca di sini

4. Bakmi Surabaya Cak Kendar

Saya diajakin makan di warung ini ama blogger Jogja pemilik blog www.tamasyaku.com. Siapa lagi kalo bukan Ima Satrianto aka Manda. Meskipun judulnya warung Surabaya, saya tetap excited. Soalnya dari rekomendasinya Manda dan Panda, nasgor babat di warung ini tuh enak banget. 

Dinner bareng Manda & Panda

Saya dan Lala pesan nasi goreng babat, dan suami pesan mie goreng. Pas makanan dateng, kami langsung melongo ngeliat porsinya yang jumbo itu. Dan ternyata, rekomendasinya gak salah. Nasgor babat di warung Cak Kendar ini emang enak banget. Babatnya boros. Irisannya pun gede-gede. Babatnya empuk dan gak alot. 

Nasgornya udah dimakan setengah masih sebanyak itu.. 

Manda juga pesan fu yung hai. Ini juga enak. Tebal dan isiannya banyak. Ada daging, ayam, juga jamur. Karena kekenyangan ama porsinya nasi goreng yang jumbo itu, fu yung hai-nya dibungkus buat dibawa pulang. Besoknya diangetin lagi, trus dimakan pake nasi putih hangat. Nikmat banget. 

Semuanya enak!

Untuk harga, rata-rata cuman 10 ribu rupiah/porsi. Porsinya jumbo looh.. Jadi buat kamu yang kapasitas lambungnya kecil, saya sarankan beli 1 porsi untuk 2 orang, biar gak mubazir.. Makasih banget ya, Manda dan Panda.. udah ngenalin nasgor babat yang enak ini. Plus ditraktir pulak, enaknya jadi dobel-dobel kan.. *grin..

Alamat: Ruko Candi Gebang, depan perumahan Jambusari, Condongcatur, Sleman

5. Soto Kadipiro 3

Bisa dibilang Soto Kadipiro ini merupakan salah satu kuliner legendaris di Yogyakarta. Pemiliknya, Bapak Widadi Tahir Karto Wijoyo mulai mendirikan warung soto sejak tahun 1921. Sekarang usaha sotonya diteruskan oleh keturunan beliau. Kalau dari info teman-teman yang sudah lama mengenal soto ini, citarasa sotonya tidak pernah berubah. Mungkin itu yang bikin Soto Kadipiro ini masih bertahan sampai sekarang. Bahkan cabangnya sudah ada dimana-mana. 

Berkali-kali saya dibuat penasaran ama soto yang satu ini. Tapi berkali-kali ke Jogja, saya selalu aja terlewat untuk mencicipinya. Nah kemarin, waktu jalan-jalan ama suami, pas banget ngeliat ada warung Soto Kadipiro gak jauh dari rumah adek saya. Langsung diniatin ama suami, pokoke kudu singgah nyicipin sotonya. 

Bareng Fitrin & keluarga

Saya singgah di Warung Soto Kadipiro 3. Janjian ketemu ama Fitrin, partner in crime jaman sekolah yang udah 13 tahun gak ketemu. Kebetulan banget dia juga tinggal di Sleman. Soto Kadipiro ada yang soto daging sapi dan juga soto ayam. Tampilan kuahnya bening. Rasanya seger banget. Gurihnya berasal dari kaldu ayam kampung asli. 

Soto Kadipiro beserta lauk tambahannya

Kami memesan soto ayam. Waktu disajikan, dalam semangkuk Soto Kadipiro berisi suwiran ayam, toge, kubis, perkedel, taburan bawang goreng dan pastinya kuahnya yang bening dan segar. Nasinya bisa minta dicampur atau dipisah. Untuk tambahan lauk disajikan juga potongan ayam, ati ampela, tempe mendoan, tahu, dan sate telur puyuh. Seporsi soto ayam + nasi harganya Rp 12ribu. Untuk tambahan lauk, harganya beda lagi. 

Alamat: Jl. Solo KM 12, Tirtomartani, Kalasan, Sleman

Buka setiap hari mulai jam 6.15 am sampai jam 5.30 pm

***

Selain 5 tempat yang saya tulis di sini, di Sleman masih banyak banget tempat kulineran enak dan harganya murah meriah. Favoritmu yang mana? Eh, share donk di kolom komentar kuliner favoritmu di Sleman.. Ya siapa tau next time kalo saya ke Sleman lagi bisa nyicipin.

You Might Also Like

75 komentar

  1. jogjaaaaaa ngangeniinn kan mba Dee, ayukkkk ke sini laaagii dan kita susun itin keliling Jogja yaaaa.. belum manteee kitaaaaaa.. Asiikk ada foto kita tersimpan dalam cerita, langgeng yaaa pertemanannyaaaa.. aaamiinn

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mandaaaa... Pokoknya makasiih banget udah ketemuan, nraktir, dan ngajak jalan selama kami di Jogja kemaren.

      Ayo kapan ke Surabaya? Atau ke Batam? Kutunggu yaaaa... 😘😘

      Delete
    2. nanti mau diajak manda ke tempat makan ini ah :))

      Delete
  2. Wow sleman kulinernya bikin ngiler semuaaa

    ReplyDelete
  3. Mbaca ini, mendadak ngences, terutama Soto Kadipiro nya. Wes, langsung dicatet. Kudu mampir ke sana kalo ke Jogya Istimewa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo ke Jogja, Yuk.. Sekarang makin banyak tempat keren di Jogja..

      Delete
  4. bikin ngiler semua mbak wiskulnya.. aduh ada soto 2 ribu perak, pengen nambah terus itu kalo makyus rasanya.. hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, mbak.. Soto 2ribuan itu emang beneran bikin takjub dan gak percaya. Tapi ternyata beneran ada.. 😊

      Delete
  5. waduh aku ngiler liat sotonya...btw seru banget ya mbak makan soto di pinggir sawah berasa adem dan tambah nikmat menyantapnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya.. Nikmatnya jadi dobel-dobel yaa 😁😁

      Delete
  6. Replies
    1. Iya, teh.. Apalagi makannya di pinggir sawah. Bikin betaah..

      Delete
  7. ya ampun mba Dian, sedap sekali.
    Pemandangannya itu lho asri banget, kapan aku penen ke sana ah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, mbak.. Pemandangannya bikin betah, makan jadi nambah-nambah yaa 😁😁

      Delete
  8. Lagi laper-lapernya baca artikel ini. Starving aku Mak... Mana lokasi makannya hijau gitu. Makin laperrr

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe pemandangannya bikin makin laper yaa 😁

      Delete
  9. Ya ampun murmer nih kulinernya, apalagi yang soto harga 2000 rupiah. Ternyata ada ya harga segitu hihi, hemat bener di kantong :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, mbak.. Soto 2ribuan itu bikin gak percaya ya.. Perut kenyang, dompet pun aman, hehehe

      Delete
  10. Mangkoknya segede apa itu Soto 2000? Hehhe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mangkok biasa.. Ukurannya sedikit lebih kecil dari mangkok bakso biasa..

      Delete
  11. Sama kayak aku, mba. Kemanapun sering nyari kuliner yang enak dan khas dari suatu daerah. Pas ke Sleman pengen juga aku mencoba rekomendasi mba ah :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Toss! Rasanya ada yang kurang ya kalo kita gak nyobain kuliner di daerah tersebut..

      Delete
  12. Makan soto di pinggir sawah pasti nikmat ya Mba.. Suasananya dapet ya.. Bikin nafsu makan bertambah kayaknya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget, mbak.. Bisa sekalian cuci mata 😍😍

      Delete
  13. Memanglah kalo pulang ke jawa apa2 kerasa murah ya mba dee, di kampung soto ayam aja masih ada yg harga sewuan alias seribu. Gimana coba?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe bener banget.. Balik ke Batam langsung shock lagi, hahaha..

      Delete
  14. Sotonya seger2..
    Jadi pengen nyoto juga nih..

    Betewe itu kopi klotoknya mantap ya mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, mbak. Kopi klotoknya nikmat banget. Apalagi kalo dinikmati bareng pisang goreng, hmmm..

      Delete
  15. Lhooo...ada kak Mandaaa...
    Eaaa...dan aku pun baper.

    Kemarin ke Jogja gak bisa ketemuan sama kak Manda syantiikk...

    Beneran iih...
    Kalo tinggal di sini enakan beli aja gitu yaa...daripada masak.
    Wkkwkk...secara kuahnya dibanyakin pun, aku gak protes.

    Endess bangeett gittuu...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, mbak.. Seneng banget bisa ketemuan, jalan bareng, plus makan bareng Manda 😊😊😊

      Hehehe iya, mbak. Aku sampe kepikiran pengen tinggal di Sleman 😁

      Delete
  16. Wah kebetulan sabtu besok kami berencana mau ke Sleman. Tapi ke Turi nya. Kalau sempat coba kulinerannya ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah kalo ke Turi ngelewatin Warung Kopi Klotok, teh. Bisa singgah tuh..

      Delete
  17. Langsung melotot, apa soto cuma sua ribu? serius ituh? apa cuma kuahnya aja...hahaa

    Ahh, jadi pengen icip2, ntr kapan ke Sleman, mo nyobain semua kulinernya.Antaaarin aku yoo!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku pun awalnya ngira cuma kuah aja.. Ternyata enggak. Ada irisan dagingnya juga tipis-tipis.

      Yuk, jalan bareng ke Sleman

      Delete
  18. Wah baru kali ini ada soto dua ribu rupiah. Cukup buat porsi anak anak. Kita mah yg normal

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tapi kalo buat sarapan porsinya pas kok, mpo.. Ditambah ngemilin gorengan juga, kenyang deh 😁😁

      Delete
  19. Tempat makan soto enak banget. Di sawah

    ReplyDelete
  20. Ya Allah soto apaan itu 2000? Ada dagingnya pula. Surgaaaa

    ReplyDelete
  21. Di Sleman puas wisata kuliner tanpa kantong jebol! Murah meriah tapi ga mengecewakan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget, mbak.. Jadi betah di Sleman, hehehe

      Delete
  22. Tuh kan tuh kaaaan, langsung pengin angkat koper ke Jogjaaaaa

    ReplyDelete
  23. Kangen makan soto kwali, di Makassar belum pernah nemu. Huhuhu..

    ReplyDelete
  24. Waaah soto paporitku banget tuh (selain pisgor tentunya, haha). Aku belom nyobain soto kwali, seriusan itu 2000 aja? Kupikir saoto bathok yang 5000an itu udah murah banget. Eh ternyata masih ada yang lebih murah lagi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyo, Dew.. Waktu beli soto gerabah 6ribu itu aja udah murah banget. Lah kok ini ada yang 2ribuan.

      Yuk kapan kita wiskul bareng ke Sleman 😉

      Delete
  25. Hmmm..makanannya yummy semuanya ..

    Selain rasa enak..tempat makan jadi pertimbangan ya mba... Saung2 gitu unik banget..Instagramable ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe bener banget, mbak.. Yang kayak gini ini yang bikin betah...

      Delete
  26. itu makan ditepi sawahnya seru bangeeet. sambil makan bisa sambil me time menikmati yg ijo ijo jadi pikiran bisa fresh lagi. soto kendarnya juga looks so yummy. jadi lapar siang2 gini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semuanya yummi, mbak.. Dan gak bikin kantong bolong, hehehe

      Delete
  27. Aku masih penasaran dg warung kopi klotok. Bulan depan ada rencana ke Yogya, semoga bisa mampir. :D Btw, sotonya Mbok Tuginem mirip saoro bathok ya, Mbak. Komposisinya pun. Segeerrr...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya.. Soto Mbok Tuginem mirip ama soto batok. Beda wadah penyajian aja. Yang satu pake gerabah, yang satu pake batok kelapa..

      Delete
  28. Duhh... Jadi mupeng makan soto. Yang mbok tuginem ama yang dibrandol 2 ribu saja. Murmer banget. Kalo kopi klotok pakem udah pernah dan jangan ditanya, asyik banget pokoknya. Jogjaaa ... Ngangenin bangettt ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jadi, setuju kan kalo aku bilang Warung Kopi Klotok itu suasana dan makanannya bikin betah? 😉

      Delete
  29. Wes murah, enak pula. Kalau liburan ke Yogya khususnya SLeman kudu nyicip2 kulinernya juga ah hehe TFS infonya mbak :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Pril.. Pokoknya kudu dicobain semua kalo ke Jogja 😉

      Delete
  30. Sik onok yo Soto rong ewuan....perut kenyang, dompet lega, Mata seger ngeliatin sawah ijo royo-royo

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nang Jowo sek akeh ketoke.. Iku wingi kebetulan nemu siji 😁😁😁

      Delete
  31. Replies
    1. Iya, pemandangan yg bikin betah.. 😊

      Delete
  32. Aku juga pernah mencoba soto kwali di daerah menuju jogja.. enak bangey dan murah meriah. Karena isi nya juga segitu, aku sih nambah 2-3x hehehe enaak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di daerah sana emang banyak kuliner murah2 dan enak ya, mbak..

      Delete
  33. Jadi pengen ke sleman untuk mencicipin makanan di atas..eunak tenan sepertinya

    ReplyDelete
  34. Harganya ramah banget di kantong ya mba Dee, ada yang 2000 gitu. Kuliner soto saya paling doyan tuh. Potonya bikin ngiler pengen ngabisin semuanya mba..

    ReplyDelete
  35. aku baca pas jam makan siang :D aman jadi bisa langsung cari makanan hahaha

    ReplyDelete
  36. kelihatan lumayan isi sotonya, kalo dibatam 6 ribu dapat air soto aja kali mah

    ReplyDelete
  37. Wah masih Ada harga so 2ribuan mbak

    ReplyDelete
  38. Astaga, murah-murah banget. Mana tempatnya asyik-asyik lagi. Bakalan main besar nih kalo makan melulu di Jawa :)

    ReplyDelete
  39. Busyet... murah banget tuh.
    Kayaknya harus segera traveling ke sana nih, buat perbaikan gizi. 😂

    ReplyDelete
  40. Wah warungnya deket sawah ya, Asyik banget tuh.

    ReplyDelete