Tips Dan Trik Sebelum Membeli Mainan Puzzle Plastik

Saturday, December 01, 2018


Lego merupakan mainan puzzle plastik berbentuk blok-blok yang dapat disusun sedemikian rupa hingga membentuk sebuah motif yang bermacam-macam mulai dari rumah, bangunan, hewan, tumbuhan, kendaraan dan lain sebagainya. Secara umum Lego memang diciptakan dan dibuat untuk anak-anak. Namun seiring berjalannya waktu, popularitas Lego malah menjangkiti orang-orang dewasa. Mainan Lego yang awal merupakan mainan anak-anak berubah menjadi mainan orang dewasa yang cukup premium dengan harga yang sangat mahal.

Di era seperti sekarang ini, mainan bukan hanya sekadar sesuatu untuk kesenangan semata, namun juga merupakan barang investasi yang cukup menjanjikan. Termasuk mainan Lego. Potongan-potongan kecil dari mainan plastik ini mulai bertransformasi menjadi emas bahkan berlian di mata kolektor atau orang-orang yang fanatik dengan mainan ini.

Kepopuleran mainan ini yang terus berkembang membuat beberapa pihak turut mengambil kesempatan dengan memproduksi barang tiruan dengan model, konsep dan jenis yang sama yang bertujuan untuk menyaingi atau sebagai opsi bagi orang-orang yang menganggap harga Lego asli terlalu mahal. Karena Lego menjadi barang yang cukup berharga, kemampuan membedakan Lego Asli atau palsu menjadi penting untuk diketahui. Untuk itu sebelum membeli Lego di suatu tempat, berikut beberapa hal yang harus kalian perhatikan agar tidak tertipu dengan produk tiruan yang bisa merugikan kamu.

1| Tulisan Merk pada Produk

Bagi pencinta Lego sejati pasti mengetahui bahwa di setiap blok-blok Lego memiliki Logo merk yang bisa kamu kenali dengan mudah. Logo ini merupakan tulisan timbul kecil yang biasanya di tempatkan di pojok setiap blok pada Lego. Jika tidak ada merk, kalian juga bisa memperhatikan nomer produk pada seri Lego yang terdapat di setiap blok-blok pada Lego.

2| Kualitas Produk

Harga yang mahal tentu berbanding lurus dengan kualitas yang ditawarkan. Produk Lego yang asli dibandingkan Lego mainan memiliki kualitas produk yang cukup jauh berbeda. Lego Asli telah dibuat se-detail mungkin sehingga untuk atau membongkar tiap-tiap blok yang ada, kalian tidak akan menemukan kesulitan yang berarti. Selain itu, bagian sudut dari Lego yang asli juga didesain tidak tajam agar tetap aman saat dimainkan oleh anak-anak. Secara visual, Lego yang asli memiliki warna yang cukup terang dan terlihat kokoh, sementara Lego yang palsu cenderung memiliki warna yang kusam.

3| Type Koleksi

Untuk menyadari pembeda satu ini kalian perlu sedikit berusaha untuk rutin update informasi dan berita terbaru dari Lego termasuk type yang telah dan akan rilis. Saat kalian membeli Lego dengan type yang belum pernah kalian dengar sebelumnya kalian patut curiga dan bisa jadi Lego tersebut palsu. 

Beberapa produsen Lego tiruan memang memanfaatkan ketidaktahuan orang-orang awam sehingga dalam membuat type Lego, mereka cenderung membuatnya berdasarkan kreasi mereka sendiri tanpa perlu repot-repot mencontoh type yang dirilis oleh Lego asli.

4| Petunjuk Penggunaan yang Lengkap

Bagian ini merupakan salah satu yang paling penting untuk diperhatikan. Bukan hanya dalam membeli Lego namun barang lainnya, setidaknya harus memiliki petunjuk penggunaan agar kita tidak salah bertindak. Kalian juga harus teliti melihat petunjuk penggunaan yang disediakan, jika tulisan yang tercetak tidak rapi atau buram, kalian patut mencurigai produk yang kalian beli.

Demikian beberapa hal yang harus kalian perhatikan sebelum membeli Lego untuk melengkapi koleksi kamu. Meski telah mengetahui bagaimana cara membedakan Lego asli atau tidak, kehati-hatian dalam penggunaan juga perlu kalian perhatikan agar mainan kalian tidak cepat rusak. Bagaimanapun kualitas dari produk Lego yang asli, mainan ini hanya mainan puzzle plastik yang juga mudah rusak apalagi saat digunakan dengan tidak hati-hati.

You Might Also Like

3 komentar

  1. beli lego boong-boongan untuk anak memang murah tapi ya ada harga ada kualitas

    ReplyDelete
  2. di rumah banyak banget koleksi puzzle ini. tapi mank bukan yg lego sih

    ReplyDelete
  3. Pipi dulu punya mainan lego ini..
    tp saya ga detil ceknya
    paling modelnya aja
    ternyata banyak ya yg hrs diperhatikan

    ReplyDelete