Tips Memilih CCTV untuk Dipasang di Ruang Dosen

Thursday, June 29, 2023


Ruangan dosen merupakan salah satu tempat yang harus mendapatkan keamanan ekstra. Pasalnya ruangan dosen kerap kali menjadi tempat penyimpanan dokumen-dokumen penting yang berhubungan dengan administrasi perkuliahan. Maka dari itu, penting sekali untuk memasang CCTV indoor di ruang dosen.

Pemilihan merek CCTV juga sangat mempengaruhi kinerjanya sebagai security camera. Sebelum membeli, Anda harus memperhatikan fitur-fitur yang terdapat di dalam CCTV tersebut. Pastikan Anda memilih merek CCTV terbaik untuk meningkatkan keamanan ruangan dosen. 

Catat, Inilah 6 Tips Memilih CCTV untuk Ruangan Dosen!

Seiring berjalannya waktu, CCTV atau kamera pengintai menjadi kebutuhan untuk berbagai sektor, termasuk dalam mengawasi ruangan dosen. Kebutuhan akan berbagai hal ini sebanding lurus dengan banyaknya merek CCTV yang beredar di pasaran. 

Namun, penting sekali untuk teliti sebelum memutuskan membeli CCTV. Pastikan Anda sudah memilih merek CCTV terbaik untuk memperoleh kinerja yang akurat dan maksimal. Berikut ini 6 tips memilih CCTV terbaik untuk ruangan dosen Anda

1. Pastikan Memiliki Resolusi Kamera Tinggi

Hal pertama yang harus Anda perhatikan sebelum membeli CCTV, yakni memastikan resolusi kamera tersebut. Pasalnya, ada beberapa jenis kualitas CCTV yang berbeda satu dengan yang lain, misalnya ada jenis TVL dan HD. Pemilihan ini juga didasarkan pada kebutuhan dan budget yang Anda miliki.

Apabila Anda menginginkan resolusi gambar yang detail dan jelas, maka sebaiknya memilih kamera CCTV dengan resolusi tinggi, yakni memiliki definisi HD 1080p. Resolusi ini sangat cocok untuk meningkatkan keamanan ruang dosen, karena dapat menampilkan hasil yang jernih dan jelas.

2. Pastikan Memiliki Koneksi Internet Yang Baik 

Sebelum membeli CCTV, penting sekali untuk memastikan bahwa CCTV tersebut memiliki koneksi internet. Dengan demikian, Anda dapat mengakses rekaman tersebut melalui perangkat laptop, komputer, maupun smartphone yang terhubung dengan koneksi internet.

Dengan koneksi internet yang baik, Anda dapat melihat hasil rekaman CCTV secara real time kapan saja dan dimana saja. Pastikan Anda memiliki jaringan internet yang baik dan menghubungkan WiFi ke perangkat CCTV. Sehingga, Anda bisa melakukan pengamatan rekaman CCTV meskipun tidak sedang berada di ruangan. 

3. Pilih CCTV dengan Teknologi Night Vision

Pemilihan kamera keamanan juga harus memperhatikan fitur Infrared Night Vision. Fitur ini memungkinkan CCTV untuk merekam gambar secara detail dan jelas, meskipun dalam kondisi minim cahaya sekalipun. Sehingga, Anda tidak perlu khawatir apabila meninggalkan ruangan pada malam hari.

Umumnya, merek CCTV terbaik yang beredar di pasaran sudah dilengkapi dengan fitur Infrared Night Vision. Dengan teknologi ini, kamera keamanan dapat melakukan perpindahan gambar dari siang hari ke malam hari secara smooth. Alhasil, rekaman video yang dihasilkan pada malam hari akan sama kualitasnya dengan siang hari.

4. Pilihlah CCTV dengan Fitur Smart Detection Alarm

Tips berikutnya, yakni pilihlah security camera dengan fitur smart detection alarm. Fitur ini memungkinkan Anda untuk mendeteksi seluruh kegiatan di tempat yang Anda inginkan. Smart detection alarm ini juga bisa Anda temukan pada CCTV indoor maupun outdoor.

Melalui fitur ini dapat membantu Anda mengendalikan berbagai kejadian yang tidak diinginkan seperti pencurian. CCTV akan bekerja dengan mengirimkan respon berupa alarm apabila terdapat aktivitas orang yang mencurigakan melalui perangkat yang terkoneksi. Dengan demikian, kinerja CCTV jauh lebih efektif dan efisien.

5. Pilihlah CCTV dengan Pengamatan secara Real Time

Memiliki keunggulan dapat merekam secara secara real time merupakan salah satu ciri-ciri merek CCTV terbaik. Fitur ini akan memudahkan Anda dalam melihat berbagai kegiatan yang sedang terjadi secara real time (pada saat itu juga) melalui perangkat yang terkoneksi dengan CCTV.

Pengamatan gambar secara real time dapat membantu Anda dalam hal penjagaan ruangan dosen selama 24 jam. Anda juga dapat mengamatinya pada malam hari dengan gambar yang jelas dan tidak noise. Sehingga, mobilitas Anda tidak akan terganggu lagi.

6. Pastikan memilih lensa kamera yang tepat

Hal lain yang perlu Anda perhatikan sebelum membeli CCTV indoor, yakni memilih lensa kamera yang tepat. 

Selain memperhatikan kualitas lensa dengan hasil yang jelas dan tajam, Anda juga perlu memperhatikan kemampuanya dalam menjangkau area, baik secara horizontal maupun vertikal. 

Untuk CCTV dalam ruangan, sebaiknya pilihlah jenis kamera pengintai yang menawarkan lebar sudut panjang lebih dari 60 derajat dan jarak 5 sampai 10 meter agar dapat menjangkau semua sudut ruangan. 

Lensa dengan sudut lebih dari 60 derajat sudah bisa dipastikan dapat menjangkau ruangan dosen secara menyeluruh hingga jarak 10 meter sekalipun. 

Anda juga bisa memilih CCTV dengan depth of field yang besar sehingga memiliki fokus yang luas. 

Perhatikan juga lensa dengan focal length yang panjang sehingga dapat menangkap pandangan luas serta yang tak kalah penting pastikan memiliki aperture dan iris untuk mengatur jumlah cahaya yang masuk ke lensa.

CCTV Indoor Terbaik untuk Ruangan Dosen


Ruangan dosen merupakan salah satu tempat yang harus dilengkapi dengan CCTV untuk meningkatkan keamanan dan ketenangan ketika ditinggal bepergian. Maka dari itu penting sekali untuk memilih merek CCTV terbaik yang ada di pasaran. Hikvision ColorVu merupakan CCTV terbaik yang dapat Anda andalkan, karena memiliki keunggulan dibandingkan dengan merek CCTV lain.

Adapun keunggulan Hikvision ColorVu yang bisa Anda rasakan, di antaranya :

  • Hasil perekaman memiliki warna yang terang dan jelas
  • Hasil CCTV zoom tidak pecah dan memiliki warna yang terang
  • Memiliki resolusi kamera hingga 4k 
  • Dilengkapi dengan teknologi kecerdasan ColorVu

Dengan berbagai keunggulan yang dimiliki Hikvision ColoVu, ruangan dosen menjadi lebih aman selama 24 jam dengan akurat. Dengan teknologi kecerdasan ColorVu memungkinkan Anda untuk melakukan pengamatan secara fleksibel, darimana saja dan kapan saja. 

Selain itu, dengan adanya kecerdasan ColorVu memberikan hasil rekaman yang jelas dan bekerja optimal dalam menangkap objek di sekitarnya. Dengan demikian, ruangan dosen menjadi lebih aman dan meminimalisir insiden yang merugikan. Tunggu apalagi, percayakan keamanan ruang dosen Anda dengan Hikvision ColorVu. Untuk Anda yang ingin tahu detail penjelasan produk Hikvision ColorVu, silakan klik tautan berikut ini https://www.hikvision.com/id/products/IP-Products/Network-Cameras/colorvu-products/.

You Might Also Like

0 komentar