Sensasi Makan Gonggong, Primadona Hidangan Laut di Wilayah Kepri

Wednesday, June 28, 2023

Gonggong

Yang paling nyenengin dari tinggal di Batam itu adalah bisa makan hidangan seafood sepuasnya. Maklum, Batam kan daerah kepulauan, jadi gampang banget buat dapetin hidangan seafood yang enak dan pastinya fresh. 

Ngomongin hidangan seafood, ada satu yang paling aku kangenin. Gonggong. Gonggong ini adalah sejenis siput yang masuk dalam keluarga mollusca gastropoda. 

Selain rasanya yang lezat, hidangan laut yang satu ini juga memiliki nilai gizi yang cukup tinggi. Dalam 100 gram gonggong, terdapat 4,1% karbohidrat dengan nilai gizi 1,4 kalori, 31,19 protein dengan nilai gizi 124,8 kalori, dan 24,9% lemak dengan nilai gizi 224,1 kalori (sumber: dinkesbabar.org). Dengan kandungan gizi yang sedemikian itu, tak heran kalau gonggong menjadi salah satu kuliner yang menjadi primadona di Kepulauan Riau. 

Disajikan dengan Tusuk Gigi

Cara mengolah gonggong ini cukup mudah dan gak macem-macem. Cukup direbus bersama cangkangnya dengan garam dan jahe saja untuk menghilangkan bau amisnya. Setelah matang, gonggong cukup disajikan dengan sambal dan tusuk gigi. Hahaha, iya, tusuk gigi!


Tau nggak, kenapa tusuk gigi disajikan bareng ama gonggong? Nah, jadii.. tusuk gigi ini fungsinya untuk mengeluarkan daging gonggong dari dalam cangkangnya. Caranya ya dicukit pake tusuk gigi sampe keluar semua dagingnya. Baru kemudian dicocol ke sambel. 

Proses pencukitan daging gonggong ini cukup seru, dan bisa dibilang ini yang bikin acara makan gonggong jadi makin asyik. Kalo belum mahir, kadang daging gonggong-nya terputus di tengah-tengah. Ngeselin, tapi seru! Jadi, supaya bisa menikmati daging gonggong yang lezat itu, emang perlu ada perjuangan. 

Cangkangnya Berguna

Gak cuma rasanya yang lezat, cangkang gonggong ini juga berguna looh. Cangkang gonggong ini bentuknya tebal, keras, dan permukaannya mulus. Biasanya, cangkang-cangkang gonggong ini disulap jadi kerajinan tangan atau perhiasan yang cantik banget. 

Primadona Restoran Seafood

Gonggong dengan mudah bisa dijumpai di restoran-restoran seafood di Batam, Bintan dan pulau-pulau lain di wilayah Kepulauan Riau. Layaknya primadona, gonggong hampir tak pernah absen dalam setiap acara jamuan makan di restoran-restoran seafood ternama di Batam ataupun Bintan.

Harganya cukup terjangkau. Harganya berkisar antara Rp 25.000 sampai Rp 35.000 per porsi. 

Penasaran pengen cobain gonggong? Cuss meluncur ke Batam!

You Might Also Like

0 komentar