Gudeg Yu Djum, Kuliner Legendaris di Jogja

Wednesday, June 21, 2023

Gudeg yu djum

Liburan ke Jogja, rasanya kurang lengkap kalo gak menikmati gudeg. Kuliner berbahan dasar nangka muda ini emang khas Jogja banget. Meskipun selain gudeg, masih banyak kuliner Jogja lainnya, tapi kalo menurut aku, yang paling khas dan Jogja banget, ya cuma gudeg. 

Sebagai kota tempat asalnya gudeg, wajar banget kalo banyak gudeg enak di Jogja. Tapi yang mau aku bahas kali ini adalah Gudeg Yu Djum. Salah satu gudeg legend di Jogja, yang sudah ada sejak tahun 1950. 

Gudeg Basah atau Gudeg Kering?

Di Jogja, jenis gudeg ini umumnya ada 2 macam. Yaitu gudeg basah, dan gudeg kering. Perbedaan paling mencolok adalah penggunaan kuah arehnya. Kuah areh merupakan kuah kental dari santan kelapa yang dicampur dengan ampas minyak kelapa atau blondho. 

Kalo gudeg basah, penggunaan kuah arehnya lebih banyak, lebih kental, dan lebih berminyak. Rasanya lebih gurih. Sedangkan kalo gudeg kering tidak banyak menggunakan kuah areh. Gudeg kering dimasak dalam waktu yang lebih lama sehingga kuahnya surut dan gulanya meresap hingga ke bagian dalam gudeg. Ini makanya, kenapa gudeg kering rasanya cenderung lebih manis dibanding gudeg basah. 

Kalo disuruh milih, aku lebih milih gudeg kering yang rasanya lebih manis. Kalo gudeg basah, menurut aku lebih enak dimakan pake bubur. Nah, jenis gudeg yang disajikan di Gudeg Yu Djum ini adalah jenis gudeg kering. 


Gudeg Yu Djum, Gudeg Legendaris di Jogja

Rasanya wajar kalo dibilang Gudeg Yu Djum ini sebagai gudeg legendaris di Jogja. Soalnya Ibu Djuwariyah, yang lebih dikenal dengan nama Yu Djum ini sudah mulai berjualan gudeg sejak tahun 1950. 

Awalnya beliau berjualan keliling lewat Malioboro, dan terakhir mangkal di Kampung Wijilan. Para pelanggan gudegnya yang sudah hapal, biasanya langsung njujug ke Kampung Wijilan. Karena banyak yang menunggu di Kampung Wijilan, Yu Djum pun menyewa lapak kecil di sana. Sampai akhirnya beliau mampu membeli tanah permanen untuk mengembangkan usaha gudegnya. 

Sekarang ini Gudeg Yu Djum terpisah jadi 2 manajemen. Dengan nama Gudeg Yu Djum Pusat dan Gudeg Yu Djum Wijilan 167. Sampai saat ini, Gudeg Yu Djum Pusat punya 6 outlet, sementara Gudeg Yu Djum Wijilan 167 punya 4 outlet. 

Outlet Gudeg Yu Djum Pusat Jl. Adisucipto

Kalo aku biasanya singgah di outlet Gudeg Yu Djum yang ada di Jalan Adisucipto. Kalo ke sini pas jam makan siang, siap-siap aja gak kebagian tempat. Entah itu tempat parkir, maupun tempat duduk. Rame banget! Paling enak sih, ke sini itu sekitar jam 8 atau jam 9 pagi. Suasananya belum terlalu rame. 

Belum terlalu ramai

Ada hiburan live musicnya juga looh

Pilihan Menu di Gudeg Yu Djum

Dalam seporsi gudeg Yu Djum ada nasi, gudeg, sambal goreng krecek, plus lauk yang bisa kita pilih sesuai selera. Ada telur pindang, tahu, tempe, atau ayam. Bagian ayamnya juga bisa pilih sesuai selera. Mau dada, paha atas, paha bawah, sayap, kepala, atau ati ampela. 

Untuk ayamnya pakai ayam kampung. Trus telurnya pakai telur bebek. Katanya sih, ini salah satu cara Gudeg Yu Djum mempertahankan kualitas dan cita rasa sejak dulu. Yaitu hanya menggunakan bahan-bahan pilihan. 


Harganya mulai dari Rp 10.000 untuk seporsi nasi, gudeg, plus sambal goreng krecek. Kalo pake tambahan lauk harganya menyesuaikan dengan lauk yang kita pilih. Kalo tambahannya cuma pake telur pindang, harganya jadi Rp 14.000 per porsi. Kalo yang komplit dengan tambahan lauk telur pindang plus dada ayam atau paha atas potongan besar harganya Rp 45.000 per porsi. 

Menu dan harga gudeg yu djum
Menu + harga Gudeg Yu Djum

Bisa Buat Oleh-Oleh

Gudeg Yu Djum juga menyediakan paket yang bisa dibawa pulang untuk oleh-oleh. Ada pilihan kemasan pake besek atau pake kendil. Harganya mulai dari Rp 60.000 per besek dengan isian gudeg, krecek, plus 5 potong telur pindang. 

Jenis gudeg di Gudeg Yu Djum ini kan gudeg kering, jadi emang cocok kalo mau dibawa buat oleh-oleh. Soalnya gudeg kering ini lebih awet dibanding gudeg basah. Gudeg kering bisa tahan sekitar 24 jam di luar kulkas. Kalo masuk kulkas, bisa tahan sampai 3 hari. 

Malah sekarang, Gudeg Yu Djum juga menyediakan gudeg kalengan kemasan 300 gram yang isinya ayam suwir, tahu tempe, dan sambal krecek. Gudeg kaleng ini bisa tahan sampe 1 tahun. Harganya mulai dari Rp 50.000 per kaleng. Tapi aku belum pernah cobain kalo yang gudeg kaleng ini. Kayaknya sih cocok nih kalo buat bekal camping.

You Might Also Like

0 komentar