Kuliner Batam yang Bikin Kangen

Saturday, July 01, 2023

Kuliner batam

Beberapa hari lalu, seorang teman blogger baru pulang dari Batam. Sebut saja namanya yuk Annie Nugraha. Sebenernya kunjungan beliau ke Batam gak ngaruh apa-apa buat aku. Sampe akhirnya beliau bahas tentang kuliner Batam di grup whatsapp Pondok Antologi Penulis Indonesia, WAG yang menjadi wadah lahirnya antologi terbaruku, Ngelencer yuk!!

Duh, ngobrolin tentang kuliner-kuliner Batam yang gak ada di kota tempat sekarang aku tinggal itu sungguh menyiksa. Kangen banget euy! Emang ya, kadang yang bikin kita kangen akan suatu kota itu adalah kulinernya. Apalagi kalo kuliner itu cuma ada di kota asalnya, jadi kalo pengen mau gak mau ya harus datang ke kota itu. Kalo masih deket, mungkin bisa jastip atau dikirim paket ya. Tapi kalo jastip atau dipaket dari Batam, sampe di Kediri, entah udah jadi apa, hehehe.. 

Btw, kuliner-kuliner Batam apa aja sih yang aku kangenin?

1. Gonggong

Gonggong

Makanan sejenis siput yang satu ini emang primadona banget di Batam, juga wilayah Kepulauan Riau lainnya. Yang baru pertama kali tau mungkin agak kaget ya ama namanya. Gonggong ini adanya ya emang cuma di wilayah Kepri. So far, aku belum pernah nemu gonggong di daerah lain siih. Entah kalo di daerah lain dia ganti nama yaa.. 

Di Batam, yang emang merupakan daerah kepulauan, gak sulit mendapatkan gonggong. Setiap restoran seafood di Batam, pasti jual gonggong. Harganya juga murah. Harganya antara Rp 25 ribu sampai Rp 35 ribu per porsi. 

2. Mie Lendir

Mie lendir

Buat yang pertama kali denger nama kuliner ini juga pasti bakalan bengong, atau bahkan malah bergidik geli. Hehehe, namanya emang gitu. Tapi coba deh, don't judge a food by its name 😄.

Mie lendir ini terbuat dari mie kuning yang direbus bersama toge, dan disajikan dengan irisan telur rebus, kemudian disiram dengan kuah kacang yang kental. Kuah kacang kental inilah yang membuat penampilan si mie ini terlihat seperti berlendir. Tapi justru kuah kacang ini yang jadi kunci kelezatan mie lendir. Paduan rasa gurih dan sedikit manisnya itu bikin citarasa mie lendir jadi istimewa. 

3. Otak-otak

Otak-otak

Otak-otak ini sih sebenernya kuliner khas Tanjungpinang. Tapi di Batam juga banyak yang jual. Bahkan sering dijadikan oleh-oleh. 

Otak-otak khas Tanjungpinang ini beda ama otak-otak Palembang atau otak-otak Makassar. Otak-otak Tanjungpinang ini terbuat dari ikan yang diberi bumbu kemudian dibungkus daun kelapa, lalu dibakar. Aromanya wangiiii banget! Makan sebiji, dijamin pasti kurang. 

4. Mie Tarempa

Mie tarempa

Mie Tarempa ini adalah kuliner dari Tarempa, salah satu pulau di Kepulauan Anambas, Kepri. Mie Tarempa ini juga dikenal dengan nama mie Siantan. Terbuat dari campuran mie kuning berbentuk pipih mirip kwetiaw dengan ukuran yang lebih kecil, telur, toge, daging, plus taburan seledri, bawang goreng, dan acar cabe. Rasanya khas banget.

Mie Tarempa ini bisa pilih yang goreng, kuah, atau lembap. Semuanya enak, tergantung selera. 

5. Luti Gendang

Luti gendang

Luti Gendang ini juga kuliner khas Anambas. Tapi udah banyak dijual di Batam. Luti Gendang ini adalah roti goreng yang diisi abon ikan. Mirip ama panada. Cuma beda bentuk aja. Kalo panada kan bentuknya mirip pastel, kalo luti gendang ini bentuknya mirip combro. Enak banget dimakan anget-anget buat teman ngopi atau ngeteh.

Nah, itu kuliner Batam yang paling aku kangenin. Ada yang mau ngirimin? *grin

You Might Also Like

0 komentar