ASUS ROG Phone 7, The Real Gaming Phone for The Real Gamer

Tuesday, July 18, 2023


"Bunda, babang tau merkurius," bocah berumur 3 tahun itu menatap saya dengan wajah excited.

"O ya? Emangnya merkurius itu apa, bang?" pancing saya tak kalah excited.

"Merkurius itu planet yang paling dekat sama matahari." jawabnya lagi sambil tersenyum lucu.

"Waah.. babang hebat!" saya bertepuk tangan mengapresiasinya.

"Kok babang bisa tau? dari mana?" pancing saya, meski sebenarnya saya sudah tau apa jawabannya.

"Taulaaah.. dari HP!" jawabnya polos.

"Kalo jupiter, babang tau nggak?" kali ini ayahnya yang memancing pertanyaan.

"Jupiter itu planet yang paling besaaar!" jawabnya yakin.

"Hebat!" saya dan ayahnya kompak mengacungkan jempol.

"Sekarang ayah pinjam dulu HP nya ya, buat kerja. Nanti babang boleh main lagi kalo ayah sudah selesai."

"Nggak mau! Babang masih mau lihat planet!"

Dan hampir selalu berakhir seperti ini. Rebutan HP antara ayah dan anak. Hehehe..

Belajar tata surya lewat game di HP

Belajar dari Game? Kenapa Tidak?!


Beberapa minggu ini, Emo memang sedang asyik dengan game Baby Bus yang kami install di HP. Sebuah game interaktif yang cukup menarik buat anak seusia Emo. Salah satunya ya pengetahuan tentang planet tadi.

Saya dan ayahnya sama sekali gak mempermasalahkan Emo yang baru berumur 3 tahun mengenal gadget. Kami sih ambil sisi positifnya aja. Bahwa ternyata Emo lebih cepat belajar lewat game-game interaktif yang ada di HP. Tapi tentu saja, penggunaannya masih tetap dalam pengawasan kami. Kami membatasi penggunaan HP untuk Emo gak lebih dari 3 jam sehari. 3 jam ini kami bagi dalam 3 waktu. 1 jam setelah mandi pagi, 1 jam setelah bangun tidur siang, dan 1 jam lagi malam hari sebelum tidur.

Manfaat Bermain Game Buat Anak


Mengizinkan anak berumur 3 tahun bermain game, apalagi lewat HP pastinya menimbulkan banyak pro dan kontra dari orang-orang sekitar. Ini yang kami alami sendiri. Kami sering dapat omongan, baik yang disampaikan secara manis, diberi bumbu penyedap, maupun yang disampaikan dengan nada yang setara mie setan level 10. Kami sih nanggepinnya woles aja. Karena yang kami tau, dan kami rasakan sendiri, manfaatnya justru banyak buat perkembangan Emo. Jadi ya, mohon maaf, yang julid-julid terpaksa kami cuekin, hehehe..

Berdasarkan pengalaman kami, bermain game ternyata punya banyak manfaat loh buat anak. Di antaranya adalah:

  • Anak jadi lebih mengenal teknologi
  • Mengajarkan anak untuk berpikir kreatif
  • Menambah pengetahuan
  • Belajar hal baru dengan cara yang menyenangkan
  • Memperkuat memori

Itu beberapa manfaat yang memang kami rasakan sendiri. Lewat game, Emo jadi lebih mudah belajar tentang apapun. Tentang binatang, warna, alat transportasi, sampai bahasa Inggris. Cara belajar seperti ini sepertinya memang jauh lebih menyenangkan. Dan karena fun, jadi semua hal-hal baru itu lebih melekat di ingatannya.

Jujur, kami senang melihat perkembangan dan kemampuannya. Meski tak jarang bikin kami kewalahan juga. Di usianya yang baru menginjak 3 tahun, Emo sudah tau gimana caranya menginstal game di ponsel. Sebuah kepintaran yang berakibat buruk pada storage HP kami. Yang bikin HP kami jadi sering nge-lag di saat-saat genting. Ya maklum, HP kami kan bukan ponsel gaming. Performanya pun sudah menurun dimakan usia dan beban yang terus bertambah.

ROG Phone 7, The Real Gaming Phone


Sampai akhirnya, saya mendengar kabar kalau ASUS ROG Phone 7 bakal hadir di Indonesia. Saya langsung tergoda. Apalagi ASUS ROG Phone 7 ini disebut-sebut sebagai The Real Gaming Phone. Coba kita intip bareng-bareng ya, apa aja sih keunggulannya?

Performa Juara

Performance is the best way to shut people up (Marcus Lemonis)


ROG Phone 7 dibekali Platform Seluler Snapdragon 8 Gen 2 3,2 GHz andalan, yang 15% lebih cepat dan 15% lebih hemat daya dibandingkan generasi sebelumnya. Dan untuk menunjang performanya itu, ponsel ini dipasangkan dengan RAM LPDDR5X 8533 Mbps hingga 16 GB, dan ROM UFS 4.0 512 GB yang dua kali lebih cepat dari UFS 3.0.

Ponsel ini juga sudah didukung WiFi 7 (802.11be) dengan Qualcomm® FastConnect™ 7800, yang mendukung kecepatan tinggi 320 MHz dan Multi-Link operation dengan kinerja latensi yang memungkinkan pengguna mengubah permainan dengan mudah.

Berkat teknologi Snapdragon Elite Gaming™, ROG Phone 7 mendukung ray tracing percepatan komputasi waktu nyata pada perangkat keras. Artinya, untuk game yang didukung, gamer dapat menikmati pantulan hiper-realistis terutama pada permukaan air dan logam yang menambahkan dimensi baru pada pengalaman bermain game.

Semua kekuatan ini ditingkatkan lebih jauh lagi oleh manajer kinerja Armoury Crate yang tak tertandingi, yang memberi para gamer kontrol terbaik atas pengaturan kinerja dan penyetelan.

Layar yang Memanjakan Mata


Untuk mengimbangi performanya yang juara, seri ROG Phone 7 menggunakan layar Samsung AMOLED 165 Hz dengan tingkat pengambilan sampel sentuh 720 Hz dan akurasi warna Delta E <1 untuk visual yang luar biasa. Tingkat kecerahan pada ponsel ini juga ditingkatkan hingga 1.500 nits agar lebih mudah dilihat di luar. Visual yang luar biasa disetel bekerja sama dengan perusahaan pemrosesan visual terkemuka Pixelworks® untuk akurasi warna yang mengalahkan dunia. Ini adalah tampilan tak tertandingi.

Gak cuma itu, ROG Phone 7 ini juga aman untuk mata karena adanya teknologi Eye Care Display yang melindungi mata. Ini penting banget buat yang sering menghabiskan waktu berjam-jam menatap layar ponsel. Kalo sudah dibekali teknologi Eye Care Display begini, rasanya saya juga gak terlalu kuatir kalo Emo berlama-lama main game di ponsel.

Tampilan Stylish yang 'Gue Banget!'

Hayo jujur, siapa yang menjadikan design, tampilan, atau cover sebagai alasan saat akan memilih sesuatu? Kayaknya banyak yang setuju deh. Dan ASUS, paham banget akan hal ini. Makanya, ASUS menghadirkan fitur ROG Vision pada semua perangkat ROG Phone Series. Gak ketinggalan pada ROG Phone 7 ini.

Tampilan ROG Vision pada ROG Phone 7 Ultimate menampilkan animasi keren yang menunjukkan aktivitas ponsel, seperti status pengisian daya, panggilan masuk, aktivasi Mode X, dan lainnya.

Kita bahkan bisa membuat animasi yang dipersonalisasi sendiri looh. Yang pastinya bakal semakin meningkatkan keunikan ROG Phone 7 Ultimate. Dengan ROG Vision, para pengguna ROG Phone 7 Series dapat mengekspresikan gaya sejati mereka dan memanfaatkan potensi penuh dari teknologi mutakhir ini.

Gak cuma stylish dengan adanya ROG Vision, ROG Phone 7 Series ini juga sudah mengantongi sertifikat IP54 yang artinya ponsel ini sudah teruji aman terhadap percikan air.



Baterai Monster dan Sistem Pendingin Canggih


ASUS ROG Phone 7 membenamkan baterai monster berkapasitas 6000mAh dengan dukungan pengisian cepat Quick Charge 5.0 dan Power Delivery. ASUS ROG Phone 7 memberikan adapter 65W yang bikin ASUS ROG Phone 7 bisa mengisi daya dengan cepat.

Untuk meminimalkan konsumsi daya tanpa mengorbankan kinerja, seri ROG Phone 7 memanfaatkan peningkatan efisiensi daya sebesar 15% yang ditawarkan oleh Platform Seluler Snapdragon 8 Gen 2, disempurnakan dengan sistem pendingin GameCool 7 terbaik yang pernah ada untuk mendinginkan CPU dari segala arah.

Metode ini menggunakan pendekatan tiga cabang. Untuk sesi singkat, senyawa termal Boron Nitride (BN) di satu sisi CPU mengurangi pelambatan. Sesi tengah ditangani oleh vapor chamber yang lebih besar dan lembaran grafit di sisi lain CPU. Terakhir, untuk sesi maraton, AeroActive Cooler 7 dilengkapi dengan kipas yang ditempatkan tepat di atas modul CPU yang bekerja untuk pendinginan aktif bertenaga AI, menampilkan elemen Peltier untuk performa pendinginan ekstra.


Di ROG Phone 7 Ultimate, pendinginan ditingkatkan lebih jauh lagi dengan AeroActive Portal terkemuka dunia. Saluran masuk udara ini aktif secara otomatis saat AeroActive Cooler terpasang, mengarahkan aliran konstan udara dingin dari pendingin ke sirip pendingin vapor chamber. Hal ini secara efisien menghilangkan panas yang dihasilkan oleh SoC, serta menghasilkan peningkatan penting dalam kinerja game dan daya tahan baterai. Saat Portal AeroActive diaktifkan, efisiensi termal ponsel dapat meningkat hingga 20%.

Siklus cepat baru vapor chamber di ROG Phone 7 telah didesain ulang sepenuhnya, menjadi lebih besar, dan menggunakan teknologi baru di dalamnya. Alih-alih struktur berbentuk pilar biasa, ia menggunakan kolom sumbu berbentuk trisula khusus di tepi panjang ruangan untuk meningkatkan efisiensi.

Selain itu, ada enam saluran pengembalian cairan yang berfungsi sebagai jalan raya bagi air untuk mengalir kembali ke SoC yang siap untuk siklus termal berikutnya. Lembaran grafit yang hemat panas di ROG Phone 7 juga dibuat lebih besar, dan dibentuk ulang untuk memaksimalkan perpindahan panas dari mainboard dan RF board.

Terakhir, AeroActive Cooler 7 tidak hanya menghadirkan kipas yang ditingkatkan dengan lebih banyak bilah untuk tekanan balik yang lebih tinggi, tetapi juga pendingin Peltier termoelektrik bawaan untuk daya pendinginan maksimum. Desain DualCool yang revolusioner memastikan bahwa meskipun bagian belakang ponsel didinginkan oleh pendingin Peltier, udara pendingin juga diarahkan ke seluruh layar ponsel untuk efisiensi pendinginan maksimum.

Audio yang Memanjakan Telinga


Audionya ROG Phone 7 series ini disebut-sebut sebagai Portable Theater On The Go. Tau kenapa? Ini karena ROG Phone 7 series dilengkapi dengan speaker kembar 12 x 16 mm dengan volume 50% lebih efektif dan menghasilkan performa bass 20% lebih kuat.

Nggak cuma itu, sistem pendingin AeroActive Cooler 7 nya ternyata memiliki subwoofer lima magnet, super linear 13 x 38 mm yang bikin kinerja bass 77% jadi lebih kuat. Wuiiih.. kebayang dong gimana menggelegarnya audio dari ROG Phone 7 series ini pada saat pendinginnya terpasang.

Penyempurnaan bekerja sama dengan pakar audio di Dirac memastikan kualitas suara yang tak tertandingi.

ROG Phone 7 series memiliki semua teknologi untuk semua suara, mulai dari jack headphone 3,5 mm hingga Dirac Virtuo™ For Headphone untuk menghasilkan suara spasial layaknya teater. Dukungan teknologi Snapdragon Sound™ memastikan audio Bluetooth® dengan fidelitas tinggi latensi super rendah, jadi apa pun yang didengar oleh pengguna, telinga mereka akan dimanjakan oleh ROG Phone 7.

Pengalaman Bermain Game yang Tak Terlupakan


Fitur perangkat lunak baru meningkatkan pengalaman bermain game lebih tinggi. X Sense membantu gamer untuk mendeteksi peristiwa penting di layar, seperti saat item baru yang penting muncul di peta atau musuh mendekat dengan notifikasi pop-up. Dan jika seorang gamer mengalahkan banyak lawan dalam satu manuver, X Sense menambahkan efek visual untuk menambah efek selebrasi. X Capture adalah alat AI yang secara otomatis merekam momen tak terlupakan dalam pertempuran, seperti mengalahkan musuh atau memenangkan pertandingan.

Kontrol ultrasonik AirTrigger yang terkenal memberi gamer kontrol ujung jari yang tak tertandingi untuk pengalaman seperti konsol. Fitur ini mendukung berbagai gerakan, termasuk Dual Action, Press and Lift, dan Gyroscope Aiming.


Ada juga 10 kontrol gerak dan motor linier sumbu X yang memberikan umpan balik haptic yang kuat, membawa gamer ke dalam aksi. Hal ini juga memungkinkan fitur Vibration Mapping yang luar biasa, yang meningkatkan pengalaman sentuh dengan memberikan umpan balik haptic yang dapat disesuaikan untuk tombol virtual di layar.


Kamera Terbaik


Meski judulnya adalah ponsel gaming, tapi ternyata ROG Phone 7 series juga dibekali fitur kamera yang OK looh. Kamera utamanya 50 MP dengan sensor utama Sony IMX766 dan kamera selfie Quad Bayer 32 MP9. Bakal bikin hasil foto jadi keceh dalam berbagai suasana.

Cocok nih buat Emo yang juga lagi demen-demennya ngevlog. Sekarang ini, dia lagi jalan kemana aja, atau lagi main apa aja, selalu minta divideoin ama ayahnya.

Kayak gini niih...


Setelah melihat semua fitur dan keunggulan yang dimiliki oleh ROG Phone 7 Series, rasanya emang pantas kalo ponsel ini disebut sebagai The Real Gaming Phone. Jadi pengen bungkus 1 buat dibawa pulang.

Trus kalo udah punya ROG Phone 7, apa udah serius mau jadiin Emo seorang pro gamer? Ya, belum tau. Tapi sebagai orang tua, yang jelas pasti kami akan selalu mendukung apapun yang terbaik yang menjadi pilihan anak-anak. Bahkan kalau mereka ingin menjadi seorang pro gamer atau atlet e-sport sekalipun.

Harga dan Promo Pembelian ROG Phone 7 Series

Harga ROG Phone Series
  • ROG Phone 7 Ultimate (16/512GB) Rp 18.999.000
  • ROG Phone 7 (12/256GB) Rp 13.999.000
  • ROG Phone 7 (8/256GB) Rp 10.999.000

Buat yang pengen segera meminang ROG Phone 7 Series manfaatin deh promo pembeliannya. Ada 2 promo untuk ROG Phone 7 yaitu:

1. Early Bird Promo:
Periode tanggal 18-31 Juli 2023.

Untuk setiap pembelian ROG Phone 7 series konsumen akan mendapatkan eksklusif merchandise ROG 7 Devilcase dan 2 tahun Garansi resmi, dengan total hadiah senilai 2 juta rupiah.

Promo ini berlaku di semua mitra penjualan resmi Asus offline, seperti: Erafone, Urban Republic, ROG Store, Asus Exclusive Store dan Asus Authorized Partners. Serta mitra online, seperti: Eraspace, Tokopedia, Blibli dan Asus Online store.

2. Consumer Launch Promo:

Periode tanggal 18-23 Juli 2023 di Atrium Gandaria City Mall. Selain mendapatkan eksklusif merchandise ROG 7 Devilcase dan 2 tahun Garansi resmi, konsumen juga akan mendapatkan tambahan spesial merchandise seperti: ROG exclusive Jacket, MLBB limited edition T-Shirt dan juga 1000 MLBB diamonds, dengan total hadiah senilai 3,5 juta rupiah.

Promo ini berlaku khusus untuk konsumen yang telah melakukan pre-order dari tgl.8-17 Juli secara offline di Erafone lalu melakukan pickup/pengambilan produk di event venue ataupun untuk konsumen yang akan melakukan pembelian langsung di event venue.

You Might Also Like

0 komentar