Tips Supaya Acara Makan Jadi Lebih Menyenangkan Bagi Si Kecil

Saturday, March 16, 2024


Siapa sih yang gak seneng kalo ngeliat si kecil makannya lahap? Dikasih ikan, doyan. Dikasih daging, sikat. Dikasih sayur, gak nolak. Pokoknya dikasih apa aja, pasti dimakan dengan sukacita, tanpa drama penolakan. Tapi yang sering terjadi kan si kecil tuh suka moody kalo makan, apalagi kalo sudah berhadapan dengan sayur dan buah. Duh, alamat drama Korea pindah ke meja makan deh!

Saya sering dimintain saran dan tips ama temen-temen, gimana caranya bikin si kecil jadi doyan makan? Mungkin karena selama ini mereka ngeliat anak-anak saya pada doyan makan. Apalagi yang namanya Uwik. Persis seperti emak bapaknya yang susah nolak kalo diajak makan, hehehe.

Tapi sebenarnya, acara makan anak-anak saya gak selamanya berjalan mulus looh. Kadang ada juga drama-dramanya. Yaaa, namanya juga urusan ama bocah ya. Gak seru kalo gak ada dramanya, hehehe.. Yang bisa saya lakukan cuma berusaha untuk meminimalisir drama-drama gak penting di meja makan. Biar gak berlarut-larut kayak sinetron kejar tayang 😁😁

Trus, apa donk tipsnya supaya si kecil jadi doyan makan? Errr… jujur, kalo ditanya tips supaya si kecil jadi doyan makan saya juga bingung. Soalnya anak saya Lala dan Emo termasuk picky eater. Paling yang bisa saya lakukan cuma bikin acara makan jadi lebih menyenangkan bagi anak-anak. Saya coba sharing sesuai pengalaman pribadi yaa…


Tips Supaya Acara Makan Jadi Lebih Menyenangkan Bagi Anak

1. Jangan Pernah Memaksa Si Kecil untuk Makan

Memaksa si kecil supaya mau makan sama sekali bukan solusi. Apalagi sambil nakut-nakutin plus ngancem. Ntar yang ada justru malah bikin si kecil trauma ama makanan. Kalo si kecil lagi gak mau makan, biarin aja dulu. Mungkin mood-nya sedang gak bagus. Sambil nunggu, bisa kita bujuk dengan cerita-cerita menarik tentang apa saja. Kalo terlihat mood-nya sudah membaik, baru ajak makan lagi.

2. Ajak Si Kecil Ikut Mempersiapkan Makanan


Biasanya si kecil bakal semangat kalo diajak sibuk di dapur. Daripada cuma bikin berantakan, sekalian aja ajak si kecil untuk terlibat. Seperti bantu metikin sayuran, bantu mengupas telur puyuh, atau bantu ngaduk-ngaduk adonan. Tapi pastikan untuk pilih kegiatan yang aman yaa.. Dan yang terpenting, jauhkan benda-benda berbahaya seperti pisau dan kompor dari jangkauan si kecil. Pengalaman saya sih, anak-anak bakal semangat makan kalo itu merupakan hasil karya mereka.

3. Sesekali Ciptakan Suasana Makan yang Beda


Biar gak bosen, sesekali coba deh ciptakan suasana makan yang beda dari biasanya. Gak mesti harus makan di resto yaa.. Makan di rumah aja bisa seru kok, kalo kita kreatif. Misalnya ajak anak-anak piknik di halaman belakang rumah. Makan di bawah pohon sambil gelar tikar bisa jadi seru banget looh. Atau bisa juga sambil camping di depan rumah. Tinggal pasang tenda, trus angkut piring dan makanan ke tenda. Jadi deh suasana makan yang beda dari biasanya.

4. Kenalkan Makanan Pada Si Kecil dengan Cara yang Menyenangkan

Anak-anak tuh rasa ingin taunya besar banget. Manfaatkan hal ini untuk memancing rasa ingin taunya terhadap hal-hal yang berhubungan dengan makanan. Caranya bisa lewat buku bacaan atau games.

Kenalan yuk ama Culinary Schools

Ngomong-ngomong soal games, saya baru nemu nih website yang menyediakan banyak permainan edukatif yang berhubungan dengan makanan. Namanya www.culinaryschools.org. Sesuai namanya, website ini memang ditujukan untuk para calon koki dan mereka yang punya ketertarikan pada dunia kuliner. Website ini berisikan informasi-informasi menarik untuk calon koki, mulai dari berbagai informasi dan pelatihan untuk para calon koki, informasi sekolah kuliner di seluruh dunia, sampai informasi karir.

Ya, awalnya website ini memang berisi beragam informasi penting untuk para calon koki, sampai akhirnya mereka mengembangkan Kids Games sebagai bentuk kontribusi pada dunia pendidikan anak khususnya di bidang kuliner.

Serunya, games-games yang ada di Culinary Schools: Free Online Kids Cooking Games ini bisa dimainkan secara online baik di laptop maupun di smartphone. Gak perlu repot-repot download atau install, langsung cuss aja main. Tampilannya cukup menarik dan mudah dimainkan oleh anak-anak.

Ada ratusan games seru yang bisa kita mainkan bersama si kecil. Saking banyaknya, kita jadi penasaran buat cobain semua games yang ada di website ini.

Ini saya kasih contoh beberapa games di Culinary Schools yang jadi favorit saya dan anak-anak



Dalam game ini kita akan diajak memainkan peran sebagai seorang pelayan di sebuah resto makanan Meksiko. Kita harus bisa membuatkan Taco atau Burrito pesanan pelanggan secara tepat dan cepat. Kalau salah atau lambat, pelanggannya keburu marah trus pergi.


Dari game ini anak-anak akan belajar bagaimana memahami sebuah instruksi dan apa konsekuensinya kalau gagal menjalankan instruksi tersebut. Seru sih. Apalagi pas ngeliat anak-anak teriak heboh karena pembelinya kabur. Hahaha…


Game yang satu ini cara mainnya gampang banget. Kita cuma diminta mencocokkan dua kartu yang gambarnya sama. Sesuai namanya, kartu-kartunya bergambar buah-buahan. Di awal permainan, kartu-kartunya akan dibuka, dan kita harus mengingat letak buah-buahannya. Setelah kartunya tertutup, kita tinggal buka kartunya untuk mencari gambar buah yang sama. Kalau salah, kartunya akan tertutup lagi. Gitu terus selama 60 detik, sampai kita bisa menemukan semua pasangan kartu yang tepat.



Buat anak-anak, game ini seru banget. Si kecil bisa belajar mengenal aneka buah-buahan sambil melatih daya ingat.



Game ini cara mainnya juga gampang banget. Cuma mencocokkan gambar buah sesuai dengan namanya. Jadi di bagian atas ada gambar 6 jenis buah. Di bagian bawah ada nama-nama buahnya dalam bahasa Inggris. Kita cuma diminta untuk memasangkan nama buah sesuai dengan gambar. Sederhana, tapi cukup seru buat anak-anak. Apalagi nama-nama buahnya tertulis dalam bahasa Inggris. Jadi sambil main, anak-anak bisa sambil belajar bahasa Inggris juga.

***

Gimana? Seru-seru kan games yang ada di website Culinary Schools ini? Yang paling saya suka, games-games di sini gak cuma seru sebagai hiburan aja, tapi ada unsur edukasinya juga. Jadi walaupun judulnya main game, tetap ada sesuatu yang bisa dijadikan pelajaran buat anak-anak.

Eh, tadi kan saya lagi ngebahas tentang tips supaya acara makan si kecil jadi lebih menyenangkan, ya? Kok jadinya malah keasyikan bahas games yang ada di Culinary Schools? Hehehe.. Gpp sih, soalnya kan games-games ini juga salah satu bagian dari tips-nya yaa..

Semoga tips sederhana dari saya bisa bermanfaat untuk mengurangi drama-drama di meja makan ya, Mom's..

You Might Also Like

0 komentar