Rekomendasi Tempat Wisata Nuansa Alam di Malang, Cocok Buat Refreshing

Friday, March 22, 2024


Gak terasa ya, 10 hari pertama di bulan Ramadan sudah terlewati. Gimana? Udah pada mulai sibuk hunting tiket mudik belum? Bagi para perantau, mudik lebaran itu merupakan momen yang ditunggu-tunggu banget. Kapan lagi bisa kumpul ama keluarga besar, sekalian piknik tipis-tipis di kampung halaman?

Ngomong-ngomong soal piknik, ada yang berencana liburan ke Malang gak pas lebaran nanti? Buat yang mau liburan ke Malang, aku punya rekomendasi beberapa tempat wisata bernuansa alam di Malang. Cocok banget niih buat jadi tujuan piknik tipis-tipis ama keluarga waktu libur lebaran nanti..

1. Waduk Selorejo

Waduk Selorejo

Waduk ini dikelilingi 3 gunung, yaitu Gunung Kawi, Gunung Kelud, dan Gunung Anjasmoro. Jadi pemandangan di sini tuh emang cakep banget. Apalagi kalo cuaca cerah dan angin bertiup sepoi-sepoi.. Asli suasananya bikin betah!

Waduk yang satu ini salah satu tujuan piknik favorit keluarga aku, terutama ibu mertua. Beliau seneng banget kalo diajak piknik ke sini. Meski sekadar duduk-duduk aja gelar tikar sambil ngemil carang mas. Cemilan dari ubi ini emang banyak dijual di Waduk Selorejo.

Waduk Selorejo ini cocok sih buat liburan keluarga. Ada wahana permainan buat anak-anak. Bisa juga keliling waduk naik perahu. Ongkosnya murah kok, cuma 10 ribu rupiah per orang. Pengen berenang di sini juga bisa. Soalnya ada kolam renangnya. Yang hobi mancing juga bisa nyalurin hobinya di sini. Kalo yang doyan makan kayak aku dan suami, di sini juga pasti hepi.. Karena banyak pilihan makanan, terutama ikan.

Favoritku ama suami, ngopi sambil nikmatin suasana waduk

Cobain nyebrang lewat jembatan gantung juga seru looh. Kalo lewat jembatan gantung di sini, saran aku, jangan buru-buru nyebrang-nya. Soalnya pemandangan dari atas jembatan tuh cakep banget!


Waduk Selorejo
Desa Pandansari, Kecamatan Ngantang, Kabupaten Malang, Jawa Timur

2. Air Terjun Coban Rondo


Air Terjun Coban Rondo ini diresmikan jadi tempat wisata sejak tahun 1980. Udah lama banget yaa..

Dulu, jaman aku masih SMP, kalo ke Coban Rondo, tujuannya pasti kemah. Sekarang Coban Rondo ternyata makin keren looh. Makin banyak wahananya. Jadi, selain air terjun, di sini ada taman labirin, ada paintball, flying fox, arena panahan, berkuda, sampe cafe hits yang dikasih nama Daun Coklat.

Cafe Daun Coklat ini namanya disingkat jadi DANCOK. Buat orang Jawa Timur, rasanya agak-agak gimanaaa gitu ya denger nama cafenya 😅. Tapi biarpun singkatan namanya begitu, cafe Dancok ini cukup ngehist loh. Soalnya tempatnya tuh outdoor, dan view-nya hutan pinus. Pilihan menunya gak terlalu banyak siih. Cuma mi goreng, nasi goreng, dan aneka camilan kayak pisang bakar, roti bakar, kentang goreng. Tapi karena view dan suasananya enak, jadinya yaa bakal betah nongkrong di cafe ini.

Ngemil bareng bestie di DANCOK cafe

Harga tiket masuk ke Coban Rondo Rp 15 ribu. Kalo masuk Taman Labirin tiketnya tambah Rp 7500. Tapi kalo mau sekalian, bisa pake tiket terusan. Harganya Rp 35.000 kalo weekdays dan Rp 40.000 kalo weekend. Sudah termasuk Taman Labirin, Shooting Target, Panahan, Bersepeda dan Air Terjun.

Kalo aku kemaren gak beli tiket terusan sih. Soalnya niatnya cuma mau nongkrong di cafe Dancok, sekalian nyobain Taman Labirin. Ternyata seru banget loh mencoba tersesat di Taman Labirin. Jadi sekarang kalo ke sini, ngeliat air terjun jadi cuma selingan aja, bukan tujuan utama 😁😁.

Air Terjun Coban Rondo
Jl. Coban Rondo, Pandesari, Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang, Jawa Timur

3. Kebun Teh Wonosari


Kebun teh Wonosari ini berada di Desa Toyomarto, Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang. Udara di sini selalu sejuk. Maklum, karena kebun teh ini terletak di kaki Gunung Arjuno, berada pada ketinggian antara 950 - 1250 MDPL. Kebun teh Wonosari ini merupakan proyek dari PTPN XII. Makanya, tempat ini juga dikenal dengan nama Wisata Agro PTPN XII.

Fasilitas di Kebun Teh Wonosari ini lumayan lengkap. Mulai dari penginapan, warung makan, wall climbing, kolam renang, lapangan tenis, wahana sepeda air, juga taman bermain anak.

Kalo nginep di sini, cobain ikut tour pabrik teh deh. Harganya Rp 50 ribu per rombongan. Tournya mulai jam 10 malam. Kita jadi tau tahapan-tahapan proses pembuatan teh. Mulai dari penimbangan, pelayuan, penggilingan, pengeringan, penyortiran, hingga pengemasan. Teh hitam hasil produksi dari pabrik teh Wonosari ini diberi nama teh Rollaas. Dalam bahasa Jawa, rolas artinya dua belas.

Yang paling nyenengin kalo liburan di kebun teh tuh adalah jalan-jalan pagi di antara hamparan kebun teh sambil ngeliatin ibu-ibu pemetik teh bekerja.


Abis jalan-jalan pagi, langsung deh melipir ke Tea House buat sarapan sambil menikmati teh. Btw, ngeteh di antara hamparan kebun teh itu sensasinya beda ama ngeteh di rumah looh. Setuju gak? 😄

Kebun Teh Wonosari
Bodean Putuk, Toyomarto, Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang, Jawa Timur

4. Pantai Balekambang


Pantai Balekambang lokasinya ada di Malang Selatan, tepatnya di Dusun Sumber Jambe, Desa Srigonco, Kecamatan Bantur, Kabupaten Malang. Jaraknya sekitar 65 km dari pusat Kota Malang. Jadi ya, lumayan jauh..

Yang menarik dari Pantai Balekambang ini adalah sebuah Pura yang berada di Pulau Ismoyo, sebuah pulau karang yang masih berada di kawasan Pantai Balekambang. Untuk menuju Pulau Ismoyo, kita cuma perlu menyeberang lewat jembatan sepanjang 70 meter. Sekilas sih, pemandangan di Pantai Balekambang ini mirip ama Tanah Lot di Bali. Cakep banget!


Kalo pengen hunting foto di sini, bagusnya dateng pagi-pagi pas cuaca lagi cerah. Tapi kalo pengen nikmatin suasana pantai yang syahdu, dateng aja sore-sore sekalian nungguin sunset. Sunset di sini cakep banget loooh.. 

Senja di Pantai Balekambang

Sunset-an di Balekambang

Saking asyiknya nikmatin sunset di Pantai Balekambang, aku dan suami pernah sampai kemalaman looh di sini. Jadi ya terpaksa kami nginep di Malang. Untungnya gak susah buat nyari penginapan. Ada banyak rekomendasi hotel murah di Malang yang sesuai ama budget. Tinggal pilih mana yang cocok.

Pantai Balekambang
Jl. Balekambang, Dusun Jambe Sari, Desa Srigonco, Kecamatan Bantur, Kabupaten Malang, Jawa Timur

*****

Selamat mempersiapkan liburan ya, mentemen.. Jangan lupa tetap jaga kesehatan & keselamatan.

You Might Also Like

0 komentar