5 Tips Menyiapkan Dana Masa Depan Melalui Reksadana Pasar Uang

Wednesday, March 30, 2022

Sumber: canva.com

Hari gini masih malas menabung? Stop sekarang juga dengan investasi Reksadana pasar uang. Dengan berinvestasi, menabung jadi lebih mudah dan persiapan hari tua lebih terjamin. Untuk itu, mulailah menabung dengan berinvestasi secara rutin sehingga menjadi kebiasaan. 

5 Tips Cerdas Menyiapkan Dana Masa Depan

Siapa bilang menabung itu mudah? Terkadang menabung juga sulit bagi sebagian orang. Hal tersebut dikarenakan pengelolaan uang yang kuran tepat. Sebab itu, kamu perlu bijak dalam mengelola keuangan. Simak, tips menyiapkan tabungan masa depan berikut ini agar lebih jelas.

1. Atur ketat pengeluaran

Kamu tidak akan pernah bisa menabung jika pendapatan selalu habis untuk belanja atau memenuhi kebutuhan harian. Sebaiknya, mulai atur pengeluaran secara ketat agar tidak kalap saat berbelanja. 

Caranya bisa dimulai dengan membuat daftar belanja bulanan atau alokasi setiap kebutuhan. Setelah gajian tiba, bagi pendapatan kamu sesuai perencanaan alokasi di awal dan sisihkan untuk tabungan. 

Uang tabungan tersebut bisa ditabung di bank. Tapi, buat kamu yang ingin mendapatkan keuntungan lebih disarankan untuk diinvestasikan saja. Misal, dengan investasi Reksadana pasar uang.

2. Temukan cara tepat menabung

Tidak jarang orang malas menabung karena belum menemukan cara yang tepat dalam menabung. Ada yang menabung harus pergi ke bank terlebih dahulu atau menyimpannya di celengan sehingga terkesan kurang praktis. 

Investasi Reksadana pasar uang adalah salah satu cara praktis mempersiapkan dana masa depan. Hal tersebut dikarenakan kamu dapat berinvestasi cukup melalui aplikasi sehingga tidak perlu repot keluar rumah.

Kamu dapat menetapkan target dana yang ingin dicapai sekaligus mendapat keuntungan dari investasi reksadana tersebut. Dalam jangka waktu tertentu, hasil investasi kamu dapat dicairkan dan kamu simpan sebagai tabungan masa depan. 

3. Buat rekening khusus tabungan

Adakalanya, tabungan habis karena disimpan dalam satu rekening yang sama untuk pengeluaran. Jadinya, seolah-olah uang masih terus tersisa padahal itu uang tabungan. Guna mencegahnya, buka rekening khusus tabungan adalah opsi terbaik. 

Uang dari hasil investasi Reksadana pasar uang tersebut bisa kamu simpan pada rekening khusus tersebut. Dengan demikian, dana masa depan dapat tercapai secara bertahap.

4. Investasi sejak dini

Berinvestasi merupakan saran yang sangat direkomendasikan untuk mempersiapkan dana masa depan. Jika kamu takut berinvestasi karena risikonya, pilihlah jenis investasi yang minim risiko tapi keuntungannya bertumbuh. 

Untuk jenis investasi tersebut, direkomendasikan memilih investasi Reksadana pasar uang. Dengan berinvestasi sejak awal, persiapan dana masa kamu akan lebih matang dan berpeluang lebih banyak dana yang dapat dikumpulkan. 

5. Disiplin dan rutin

Pada masa awal-awal, seringkali seseorang begitu rajin menabung dengan cara menyisihkan tabungan atau investasi Reksadana pasar uang. Sayangnya, tidak semua orang bisa konsisten melakukan hal tersebut. 

Maka dari itu, kunci untuk mencapai target dana masa depan adalah disiplin dalam menyisakan pendapatan secara rutin baik ditabung atau diinvestasikan. Agar rutin dalam berinvestasi, kamu bisa memprediksi keuntungan secara berkala dengan cara menghitung Reksadana pasar uang.

Maksudnya, dengan tahu perkiraan keuntungan investasi kamu kedepannya akan membuat kamu lebih disiplin dalam berinvestasi.

Mudah Persiapkan Dana Masa Depan dengan digibank by DBS


Persiapan dana masa depan dengan cara menghitung Reksadana pasar uang, memang bisa? Tentu saja bisa, gampang cara investasinya dengan digibank by DBS. Investasi di digibank by DBS menawarkan banyak kemudahan berikut ini.

Praktis dalam 1 aplikasi

Investasi Reksadana pasar uang di digibank by DBS hanya perlu menggunakan Aplikasi digibank by DBS. Kamu cukup mengaktifkan aplikasi tersebut dan daftarkan Single Investor Identification (SID) lalu nikmati puasnya berinvestasi secara praktis. 

Berbagai transaksi dalam berinvestasi seperti jual, beli, dan switch juga dapat dilakukan dari Aplikasi digibank by DBS tersebut. Ditambah lagi, digibank by DBS juga menyediakan berbagai info menarik seputar investasi dan cara menghitung Reksadana pasar uang juga lebih mudah.

Pilihan produk Reksadana > 50 Macam

Bukan hanya praktis, investasi Reksadana di digibank by DBS juga menarik dengan beragam produk Reksadana lebih dari 50 pilihan. Dengan begitu, kamu tidak perlu merasa bosan dengan produk Reksadana yang itu-itu saja. 

Ada 3 pilihan kategori Reksadana

Banyaknya produk investasi tersebut akan mudah dipilih dengan menggunakan fitur pilihan kategori Reksadana. Terdapat 3 kategori yang dapat kamu pilih, yaitu jenis Reksadana yang terbaik kinerjanya, terpopuler, sampai scoring terbaik. 

Diharapkan dengan fitur tersebut akan makin memudahkan investor dalam memilih produk Reksadana dengan lebih cepat. Misal kamu membeli produk Reksadana pasar uang, maka lakukan penyortiran terlebih dahulu melalui 3 kategori yang tersedia. 

Jadi, proses investasi Reksadana di digibank by DBS memang terbukti praktis melalui fitur kategori Reksadana tersebut. 

Pembelian berkala bisa fleksibel 

Apabila kamu telah memperoleh Single Investor Identification (SID), maka kamu bisa langsung berinvestasi menggunakan Aplikasi digibank by DBS. Setelah itu, kamu juga dapat menentukan pengaturan tanggal pendebetan secara bebas melalui aplikasi ini.

Bukan hanya itu, pembelian saham beserta nominal investasinya dapat pula diatur per bulan. Itulah fleksibilitas yang bisa dirasakan apabila kamu berinvestasi di digibank by DBS. 

Mulai saja dengan Rp100.000

Dana investasi pasti butuh modal besar, kata siapa? Investasi di digibank by DBS ini dapat dilakukan dengan modal mulai dari Rp100.000. Jadi, jangan risau dengan modal investasi lagi.

Kapan lagi investasi Reksadana pasar uang dengan berbagai kemudahan dari digibank by DBS tersebut? Yuk, mulai investasi dari sekarang. Daripada menunda terus dan dana masa depan tidak segera terwujud, lebih baik memilih digibank by DBS sebagai pilihan tepat berinvestasi.

You Might Also Like

1 komentar

  1. Iya ya berinvestasi memang harus sedini mungkin. Yang sudah terlambat gpp dari pada tidak sama sekali. Atur ketat pengeluaran, disiplin menabung, menabung dengan cara yang tepat ..noted nih...:D

    ReplyDelete