Rahasia Kulit Tetap Sehat dan Glowing Meski Hobi Traveling

Thursday, March 10, 2022

Serum pencerah wajah

Jaman masih sekolah dan kuliah dulu, tiap pulang traveling atau naik gunung, kulit saya pasti hitam keling dan kusam terbakar sinar matahari. Bukannya ngerasa malu atau gak PD, saya justru merasa bangga. Iya, bangga. Karena semakin hitam kulit saya, itu artinya semakin jauh juga perjalanan saya. Hahahaha, sungguh ke-songong-an masa muda yang HQQ.

Untungnya ke-songong-an saya gak berlarut-larut. Karena saya sadar, bahwa bukan hanya tubuh, tapi kulit saya pun punya hak untuk dirawat dengan sebaik-baiknya. Jadi, biarpun sedang traveling, yang namanya menjaga kesehatan kulit tetap harus diutamakan. Begini cara saya merawat kulit dari dalam maupun dari luar agar tetap sehat dan glowing...

1. Istirahat Cukup

Kata Bang Rhoma, jangan begadang kalau tak ada perlunya. Ini bener. Karena begadang hanya akan bikin kulit kita tampak kusam. Belum lagi lingkaran hitam di bawah mata yang akan bikin kita semakin terlihat mirip panda kelelahan.

Meskipun sedang traveling, usahakan kita tetap memenuhi kebutuhan tidur tak kurang dari 7 jam per hari. Kurangnya istirahat dapat memicu berkurangnya produksi kolagen. Tau kan, kalau kolagen itu bermanfaat untuk menjaga elastisitas kulit agar tetap sehat dan kencang. Menurut pakar kulit, Geoff Wright, tubuh manusia mempunyai 'jam biologi'. Di mana pada jam 11 malam hingga jam 3 pagi, waktunya kulit mengalami regenerasi dan menyediakan nutrisi. Makanya, sangat dianjurkan pada jam segitu, kita sedang tidur. 

Dan ketika tidur, pastikan tubuh, hati, dan pikiran kita benar-benar istirahat. Singkirkan dulu segala beban yang mengganggu. Agar ketika bangun, tubuh dan pikiran terasa jauh lebih segar. 

2. Perhatikan Asupan Nutrisi

Kalo lagi traveling, biasanya kita suka excited untuk mencicipi kuliner lokal. Gpp, nikmatin aja. Tapi tetap perhatikan asupan nutrisinya ya. Karena makanan juga termasuk salah satu faktor utama yang mempengaruhi kondisi kulit. Mengkonsumsi makanan yang kaya nutrisi merupakan bentuk perawatan kulit dari dalam. 

Untuk memiliki kulit yang sehat, sebaiknya kita banyak mengkonsumsi sayur dan buah. Terutama yang kaya akan kandungan vitamin C dan E. 

3. Penuhi Kebutuhan Cairan Tubuh

Setiap harinya, tubuh kita membutuhkan kurang lebih 2 liter air untuk menghidrasi setiap sel dalam tubuh, termasuk kulit wajah. Asupan air yang cukup akan membantu menjaga kelembapan dan elastisitas kulit. Sehingga kulit akan tampak lebih sehat. 


Makanya, kita jangan sampai kekurangan asupan cairan tubuh, terlebih ketika sedang traveling. 

4. Selalu Gunakan Tabir Surya

Ketika traveling, kita tak bisa menghindari paparan sinar matahari. Padahal sinar ultraviolet A dan B (UVA dan UVB) dari sinar matahari sangat berbahaya bagi kulit. Sinar UVA dapat menyebabkan keriput pada kulit, sedangkan UVB mampu mengurangi produksi melamin dan dapat mengakibatkan kanker kulit. Makanya kita perlu melindungi kulit dari paparan sinar matahari langsung dengan tabir surya. 

Pilih tabir surya dengan SPF (Sun Protection Factor) yang sesuai. Untuk daerah tropis, sebaiknya menggunakan tabir surya dengan SPF minimal 30. Angka SPF mengacu pada lamanya waktu yang dapat diberikan tabir surya dalam melindungi kulit dari sinar UV. Semakin tinggi angka SPF, semakin lama pula efek proteksi dari tabir surya tersebut.

Agar kulit wajah lebih terlindungi, saya suka pakai topi meskipun sudah pakai tabir surya. 


5. Gunakan Skincare yang Tepat

Bawa dan pake skincare waktu traveling ribet? Dulu saya juga mikirnya gitu. Tapi setelah tobat sadar bahwa penggunaan skincare emang perlu untuk merawat dan menjaga kesehatan kulit, saya pun rela untuk sedikit ribet. Yang penting kulit saya sehat. 

Dulu, tiap mau traveling, saya pasti meluangkan waktu untuk mindah-mindahin aneka skincare ke botol-botol kecil. Supaya lebih gampang dibawa. Makanya saya suka hepi kalo ngeliat skincare favorit saya nyediain kemasan travel size. Kayak Pond's Triple Glow Serum. Produk serum pencerah wajah dari Pond's Indonesia ini langsung jadi skincare favorit saya sejak pemakaian pertama. Kandungan Gluta-Boost-C-nya terbukti mampu bikin kulit saya lebih cerah. 

Serum pencerah wajah

Kolaborasi Gluta-Boost-C, Vitamin B3, dan Hyaluronic Acid yang terkandung dalam Pond's Triple Glow Serum ini bekerja baik bikin kulit saya lebih cerah, lebih lembut, dan lebih lembap. Saya sudah pakai produk ini sekitar dua minggu. Dan yang saya suka, sejak pakai Pond's Triple Glow Serum ini pori-pori wajah saya jadi tampak lebih halus. Dan pastinya kulit terasa lebih sehat dan terawat.

Sebagai nutrisi tambahan untuk wajah, saya juga suka pakai sheet mask. Kebetulan banget ada Pond's Triple Glow Serum Mask, yang mengandung serum 100 kali lebih banyak dibanding sheet mask lainnya. Waktu dipakai, rasanya sejuk dan adem di wajah. 

Serum pencerah wajah

Setelah seharian berpanas-panas di bawah terik matahari, malamnya melakukan perawatan rutin dengan skincare, termasuk Pond's Triple Glow Serum, dan ditutup dengan pakai Pond's Triple Glow Serum Mask. Bangun pagi, wajah terasa lebih segar, kenyal, sehat, dan glowing. 

Saya sadar dan paham banget. Untuk mendapatkan kulit sehat plus glowing itu gak bisa instant. Karena emang bukan sulap, bukan sihir. Makanya perawatannya harus rutin. Baik perawatan dari luar, maupun perawatan dari dalam. Jadi, meskipun sedang traveling, yang namanya menjaga dan merawat kulit itu tetap tidak boleh dilewatkan. Setuju?!

You Might Also Like

0 komentar