Pertamina Fastron, Oli Mobil Terbaik yang Katanya 'Sesat'

Tuesday, February 11, 2020

Pertamina fastron, oli mobil terbaik, oli motor terbaik, oli sesat, oli mobil, harga oli mobil, pelumas pertamina, fastron techno

Fenomena anti mainstream belakangan sudah menjadi gaya hidup tersendiri di jagad umat manusia. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang kian canggih, persaingan global yang semakin ketat, pengaruh media yang kian menjadi magnet kehidupan, serta kemajemukan pola dan kebutuhan hidup manusia, agaknya menjadi beberapa faktor pendorong manusia untuk berpikir inovatif dan kreatif. Bahkan tak jarang dari mereka yang memilih untuk melawan arus pemikiran umum manusia untuk mewujudkan apa yang menjadi idealisme pemikirannya.

Mereka melakukan hal-hal berbeda serta cenderung melawan kultur atau kebiasaan yang ada untuk maraih apa yang mereka anggap "sukses". Terbukti banyak sekali orang-orang yang sukses karena keluar dari zona nyaman kehidupan. Mereka sukses karena mampu tampil beda. Segala upaya mereka tempuh untuk bisa melakukan suatu hal yang berbeda, serta menghasilkan sesuatu yang berbeda. Meski banyak orang yang jadi sukses karena tampil beda, akan tetapi tak jarang juga orang yang hidupnya menjadi "sesat" hanya karena berambisi ingin tampil beda.

Gara-gara nulis kata "sesat" tadi, saya jadi teringat istilah "oli sesat" yang belakangan marak di dunia motor. Secara etimologi yang dimaksud dengan oli sesat adalah penggunaan oli yang bukan peruntukannya pada jenis kendaraan pengguna. Sebagai contoh oli mesin diesel digunakan pada kendaraan berbahan bakar bensin, oli mobil dipakai buat mesin motor dan sebagainya.

Nah, untuk kenyelenehan yang satu ini saya punya pengalaman tersendiri. Bahkan mungkin sebelum istilah oli sesat populer di jagad maya sosmed. Ceritanya berawal pada kisaran tahun 2012 silam. Waktu itu PERTAMINA meluncurkan produk oli Fastron Techno sebagai merk pelumas mobil produksi Pertamina Lubricants. Dan tak lama berselang saya pun memakai oli tersebut sebagai pelumas mesin mobil saya.

Bukan tanpa alasan, karena selain sudah menjadi tradisi di keluarga saya selalu menggunakan pelumas buatan Pertamina yang sudah terpercaya, banyak sekali keunggulan oli Fastron yang membuat saya tertarik untuk memakainya kala itu, di antaranya:

Fastron Adalah Oli Mobil Terbaik dengan Bahan dan Teknologi Terbaik

Untuk saat ini, Fastron adalah oli mobil terbaik dengan kualitas premium yang diproduksi Pertamina Lubricants. Pelumas ini diformulasikan dari bahan dasar oil base minyak sintetis teknologi (technosyntese) grup III dengan zat aditif pilihan dan aditif pilihan dengan tingkat unjuk kerja tertinggi. Minyak sintetis grup III adalah bentuk tertinggi extended mineral base oil yang diolah menggunakan teknologi IsoHydromer. Menghasilkan oli dengan tingkat Indeks Viskositas (VI) tertinggi yaitu diatas 140. Menghasilkan oil base yang nyaris murni 99% saturasi dan 1% aromatik. Faktor inilah yang menjadikan masa pakai oli lebih lama. 

Tak hanya itu, Fastron juga menggunakan teknologi Nano Guard yang menjamin partikel oli ini mampu melumasi hingga celah terkecil dari mesin, sehingga kebersihan mesin tetap terjaga dan mampu memberikan proteksi maksimal dari keausan mesin.

Fastron Adalah Oli Mobil Terbaik Buatan Dalam Negeri yang Sudah Diakui Dunia

Oli Fastron adalah produk minyak pelumas mesin mobil karya anak negeri ini yang telah memperoleh pengakuan dunia atas kualitas dan kehandalannya. Salah satu buktinya adalah dengan ditunjuknya oli Fastron sebagai Technical Partner Lamborghini, salah satu pioneer pabrikan mobil sport kelas atas. Ini merupakan kelanjutan setelah sebelumnya oli Fastron mendapatkan approval dari pabrikan mobil terkemuka eropa seperti BMW, VW, Volvo, Porsche, dan Mercedes Benz. 

Tak hanya itu, kini oli Fastron juga telah hadir dan digunakan di lebih dari 14 negara di dunia termasuk Bangladesh, Nigeria, Vietnam, Yaman, Malaysia, Jepang, Afrika Selatan, dan Australia. Dengan sederet pengakuan tersebut akhirnya oli Fastron pun menjadi produk unggulan di kategori Oli Mobil, sehingga membuat PT Pertamina Lubricants mendapatkan dua penghargaan prestisius, yaitu Corporate Image Awards “Most Admired Companies” 2016 serta untuk keenam kalinya dalam kategori Lubricants dan Indonesia Original Brands di tahun yang sama.

Harga yang Ramah di Kantong, Banyak Varian, Serta Mudah Didapat

Untuk memperoleh oli mobil terbaik Pertamina Fastron bukanlah hal yang susah. Kita hanya perlu datang ke gerai pelumas Pertamina yang ada di setiap SPBU Pertamina. Selain itu oli Fastron juga bisa didapat di toko oli atau bengkel-bengkel mobil yang menyediakan pelumas.

Bicara soal harga, saya rasa untuk kualitas oli mobil terbaik, harga oli mobil Fastron masih lebih murah dibanding dengan produk oli produk import. Harga oli Fastron Techno Hijau SAE 10W-40 yang saya pakai berkisar antara 80 ribuan tergantung wilayah. Kalau di Surabaya sih biasanya saya beli dengan harga Rp 83.500.

Menurut pengalaman adik sepupu saya, kalau untuk dipakai di motor memang terkesan mahal, akan tetapi anggapan kesan mahal itu akan terbuang jauh-jauh setelah melihat dampaknya pada mesin motor. Fastron membuat mesin motor sepupu saya senantiasa bersih, kinerjanya pun jauh dari kata "masalah" atau "rewel". Dan pastinya, menjauhkan saya dari tuntutan biaya ganti sparepart mesin motor. Selain itu, Fastron juga diformulasikan untuk pemakaian yang lebih lama, jadi cukup aman dan nggak perlu sering ganti oli.

Kalau untuk pemakaian sebagai oli mobil, harga Fastron termasuk murah. Mungkin karena produk dalam negeri, jadi nggak perlu bayar pajak importnya. Akan tetapi jangan dikira harga yang murah berarti kualitasnya murahan ya.. Nggak perlu banyak bicara, kualitasnya sudah dibuktikan dengan pengakuan dunia lewat para produsen mobil papan atasnya terhadap pelumas terbaik karya anak bangsa ini 😍😍

Hehee.. Saya jadi ingat jargon sebuah iklan obat nyamuk yang pas buat menggambarkannya "Kalau ada yang lebih bagus buat apa bayar lebih mahal". 

Saat ini oli Fastron telah tersedia dalam berbagai varian sesuai tingkat kebutuhan kita. Mulai Fastron EcoGreen, Fastron Gold, Fastron Platinum, dan Fastron Techno dengan beberapa tingkatan viskositas (SAE) pada setiap tipenya (untuk spesifikasi lebih detail silakan kunjungi situs resmi pelumas Pertamina www.pertaminalubricants.com).

Oli mobil terbaik, fastron dan enduro xperience, oli motor terbaik, harga oli mobil, pertamina fastron

***

Kembali lagi pada kisah tentang oli sesat. Ceritanya setelah beberapa lama menggunakan oli Fastron Techno (kebetulan saya pakai yang warna hijau SAE 10W - 40) saya merasakan mesin mobil saya jauh lebih halus tanpa getaran putaran mesin, tarikan mesinnya pun terasa lebih ringan, dan yang lebih penting lagi mobil saya menjadi lebih hemat BBM. Hal inilah yang membuat saya lantas nyetok oli Fastron di rumah biar kalau waktunya servis mobil dan ganti oli saya bisa langsung bawa oli Fastronnya dari rumah.

Pertamina fastron, oli mobil terbaik, oli motor terbaik, pertamina lubricants
Fastron Techno, oli mobil dipakai buat mesin motor

Singkat cerita, entah iseng, entah berusaha kreatif dan inovatif, atau karena pelit gak mau ngeluarin duit buat beli oli sendiri, Ucup, adik sepupu saya mengganti oli motornya dengan stok oli Fastron saya yang ada di rumah. Awalnya saya sempat ngomel melihat tingkah aneh adik sepupu saya yang memasukkan oli mobil ke mesin motornya. Saya khawatir penggunaan oli yang caranya "sesat" itu akan merusak mesin motornya. Apalagi motor yang dipakai adalah "motor pusaka" ibunya, yakni motor memorable yang pertama kali dibeli ibunya dari uang gaji pertamanya dan benar-benar dijaga sampai saat ini.

Pertamina fastron, oli mobil terbaik, oli motor terbaik, pertamina lubricants
Warna oli jernih dari bahan terbaik

Dengan santainya adik sepupu saya malah membantah dan berucap, "tenang saja, oli ini oli bagus. SAE nya juga pas. Saya jamin motor ini aman!!" Saya cuma bisa menjawab, "awas aja kalau sampai motor itu kenapa-napa." 

Tak lama setelah selesai mengganti oli, adik sepupu saya langsung menyuruh saya untuk menjajal motornya. Dan saya sempat terkejut setelah mencobanya. Mesinnya terasa jauh lebih halus dari biasanya dan tarikannya pun terasa lebih ringan. Saya terus mengendarai motor tersebut keliling komplek dengan perasaan nggak percaya campur penuh harap cemas semoga mesin motor ini akan tetap baik-baik saja nantinya. 

Beberapa waktu berselang, ketika saya pulang kerja saya mendapati adik sepupu saya sedang membongkar mesin motornya di depan rumah. Saya langsung menyangka wah pasti motornya rusak gara-gara "oli sesat" yang dia pakai. Belum sempat saya ngomel, adik saya sudah lebih dulu menunjukkan jerohan mesin motornya ke saya. Dan saya melihat sendiri bagian-bagian dari mesin motornya terlihat sangat bersih, jauh lebih bersih dari sebelumnya (hehe sayang saya nggak sempat motoin, tapi kalau mau lihat buktinya sudah banyak yang mengupload foto atau video yang menunjukkan pengalaman serupa). 

Jadilah sejak saat itu motor adik sepupu saya selalu menggunakan pelumas mesin Fastron Techno 10W-40 untuk motor "pusaka" kesayangannya hingga saat ini. Dan setelah sekarang saya browsing-browsing dengan keyword "oli sesat" ternyata bukan cuma adik sepupu saya yang melakukan hal itu. Cukup banyak bikers atau motorider yang merekomendasikan Fastron Techno sebagai oli motor.

Si Ucup dan motor 'pusaka'nya

Pengalaman ini memberikan pelajaran baru bagi saya, bahwa yang terlihat sesat itu tak selamanya menyesatkan jika ternyata terdapat banyak sekali kebaikan di dalamnya. Terima kasih Fastron, setiap tetes oli-mu telah membawa harum nama bangsa ini ke pentas dunia, sekaligus telah menjaga mesin "motor pusaka" ini tetap awet hingga sekarang.

Biar lebih jelas, tonton aja video si Ucup, sepupu saya dengan motor pusakanya yang dirawat secara "sesat" pake "oli sesat", Fastron techno warna hijau..

You Might Also Like

46 komentar

  1. Aku kurang ngerti soal motor tapi lumayanlah nambah info nih ttg oli fastron

    ReplyDelete
  2. Keren fastron bisa dipakai oli lamborghini. Kalau mpo punya mobil sekeren itu pasti tidak mau sembarangan karena kalau rusak, spaerpart mobil mahal.

    Biarpun di rumah mempunyai mobil keluarga tapi olinya sama kaya harga mobil kelas atas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mpo.. Jangan sembarangan pilih oli. Sayang mobilnya..

      Delete
  3. Motor pusakanya ucup keren, asalkan rajin pake dan ganti oli Fastron jadi yahuuud yaaa

    ReplyDelete
  4. Btw oli fastron ini bisa juga ya buat motor? saya pakai sih di mobil. Ok Oli nya

    ReplyDelete
  5. waktu baca judulnya aku berpikir oli sesat tuh apaaa ya ehehe. Pastinya karena kualitasnya oke jadi pengguna oli ini juga senang ya mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe itu cuma sebutan orang-orang aja mbak.. Hasilnya sama sekali gak menyesatkan kok 😊

      Delete
  6. Keren bnget ini si Fastron Oli!
    Super recommended untuk kendaraan yang lebih tangguh dan gahaaarr!

    ReplyDelete
  7. Berarti oli Fastron ini bisa untuk motor dan mobil juga? Keren, ya. Tetapi, kalau saya seringnya ke bengkel untuk minta digantiin oli

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk yang fastron techno warna hijau ini bisa siih..

      Delete
  8. Aku sering lihat oli dicampur bensin. Tapi oli motor. Ini oli mobil dibuat motor ternyata bisa yaaaa. Nanti tanya-tanya deh ke bengkel. Lihat motornya apa dulu nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku belum pernah tau sih kalo oli motor dicampur bensin.. Taunya ya cuma ini, oli mobil buat motor 😁😁😁

      Delete
  9. Fastron tuh emang oli andalan deh. Aku setiap hari kan dari rumah ke stasiun ya naik motor dan pilihannya ya :)

    ReplyDelete
  10. Waduh mobilku pakai oli apa ya? Soalnya suami yg ganti oli. Pernah sekali aku ganti oli sendiri tapi udah lama banget. Botolnya kayaknya sama warna abu2 muda gitu hehee. Tapi kalau produk pertamina sih aku percaya aja pasti bagus karena karena standar kualitas mereka tinggi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi iya sih sama.. Suami yang lebih ngerti. Aku mah tinggal pake hehehe

      Delete
  11. waduh, serem juga yah kalo oli aja sampai ada yang bilang sesat hehehe.

    Fastron mah emang sudah paling oke dan cihuy dan pastinya tidak sesat dong hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu sebutan orang-orang aja mbak.. Aslinya mah sama sekali gak menyesatkan kok 😊

      Delete
  12. Fastron yang asli kalau di kampung saya sudah didapat lho. Harus ke kota atau bengkel yang besar. Tapi demi kelancaran berkendara dan mesin kendaraan yang awet, jauh pun bukan kendala ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya teh.. Demi kendaraan tercinta ya, dirawat sebaik mungkin..

      Delete
  13. Nah iya, suami juga beli oli fastron ini. Katanya cakep. Dan ternyata bener cakep ya mbk. Dari ulasan juga pengalaman adik sepupu mbk. Makin yakin deh saya

    ReplyDelete
  14. Aku pun juga pakai oli Fastron untuk motorku, hihii
    Bukannya nggak mau rugi, tapi karena emang stok di rumah adanya itu. Oli sisa motor anakku ya dari pada mesti keluar rumah karena cuma butuh oli aja. Servisnya kan masih sebulanan lagi misalnya

    ReplyDelete
  15. Sejak punya motor memang aku pakainya juga Fastron, soalnya kata orang bengkel yang nangani motorku, Fastron itu bikin mesin lebih dingin. Dulu tak paham kenapanya, sekarang baca artikel yang mengulas Fastron jadi tahu ya ini memang oli kualitas bagus

    ReplyDelete
  16. Waahh, meskipun jadi wanita bukan berarti gagap pengetahuan tentang oli ya, tahu oli mana yang terbaik, biar nggak ditipu orang saat mau ganti oli hahaha.

    Wanita zaman now mah keren-keren :)

    ReplyDelete
  17. Amazing ya Fastron, suami Dewi juga percaya oli ini dari dulu selalu pakai Fastron mbak:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Fastron emang terbukti kualitasnya sih mbak 😊

      Delete
  18. Aku gak tahu nih ayahku udah tahu apa belum soal kualitas fastron oli ini. Tapi nanti coba kuinfokan ke beliau soal kualitas oli yang mantul ini hehhe

    ReplyDelete
  19. Keten ya oli fastron bisa utk mobil n motor... Tp kalau akutu soal ganti oli terima beres aja hehe jd ga paham deh..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku pun baru tau mbak.. Ternyata oli Fastron ini bagus buat motor 😁😁

      Delete
  20. Lha jadi olinya tu aslinya buat mobil tapi dipakai buat motor? Eh iyakan ya gtu awalnya? hehe
    Eh tapi emang cocok ya setelah dilihat dari performa kendaraannya?
    AKu wes jarang ini otak atik motor soala, semenjak simless, mungkin nanti kalau punya sim lagi bakal lbh perhatiin motor haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Pril.. Aku pun baru tau gara-gara sepupuku yang 'sesat' itu 😄😄

      Delete
  21. Saya baru tau tentang istilah oli sesat, Mbak. Ternyata ada ya, hihihi
    Memang seharusnya oli itu digunakan sesuai dengan peruntukannya ya. Beda dengan fastron yang cocok dengan kendaraan apa saja

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi sama mbak.. Aku pun baru tau istilah itu 😁😁

      Delete
  22. Pelumas untuk kendaraan juga kudu pilih yang bener ya kak soale mencangkup riwayat mesin kita awet apa ga hehe.

    ReplyDelete
  23. Bangga banget sama Fastron. Karena buatan asli anak bangsa yang bahkan sudah di ekspor ke berbagai negara karena kualitasnya yang terbaik, tentu.

    ReplyDelete