Mau Traveling Murah? Naik Kereta Api Aja...

Thursday, February 13, 2020


Sekarang ini traveling menjadi salah satu cara yang ampuh untuk menghilangkan stress dan menyegarkan pikiran dari berbagai pekerjaan dan kesibukan sehari-hari yang menumpuk. Untuk itu saat ini banyak orang melakukan traveling ke berbagai kota yang ada di Indonesia ataupun ke luar negeri. Namun, bagi yang tidak memiliki waktu libur yang panjang pasti akan memilih untuk traveling ke kota-kota yang dekat saja. Hal itu supaya bisa hemat waktu tapi tetap dapat menikmati liburan yang asyik.

Tentunya untuk traveling ke luar kota, para traveler harus menggunakan transportasi antar kota yang memungkinkan untuk mencapai kota tujuan. Ada beberapa alat transportasi umum antar kota yang dapat mengantar kita untuk traveling contohnya bus, pesawat dan kereta api. Tapi, buat kamu yang traveling ke luar kota dengan waktu libur yang mepet tentunya menggunakan bus akan memakan waktu yang lebih lama. Lalu jika menggunakan pesawat mungkin akan lebih cepat sampai, namun harganya juga akan lebih mahal. Nah, untuk itu ada kereta api sebagai alternatif kalau kamu tidak memungkinkan untuk naik kedua alat transportasi tersebut. Hal itu karena kereta api jarak tempuhnya akan lebih cepat dibandingkan dengan bus, namun harga tiketnya juga cukup terjangkau jika dibandingkan dengan tiket pesawat.

Buat kamu yang mau naik kereta saja saat traveling sebaiknya hindari membeli tiket dari calo. Hal itu karena biasanya jika tiket dari calo harganya akan lebih mahal dan tidak menutup kemungkinan kamu malah akan mendapatkan tiket kereta api yang palsu. 

Kita bisa membeli tiket kereta di agen travel resmi atau di aplikasi yang dimiliki oleh perusahaan kereta milik negara atau juga di aplikasi-aplikasi internet yang menyediakannya. Dengan membeli tiket di tempat-tempat itu kita akan lebih merasa aman dari penipuan serta nyaman karena proses dan transaksinya yang mudah. Selain itu, kita juga dapat memilih jadwal keberangkatan dan kereta api yang sesuai dengan yang kita inginkan. Kita tinggal mencocokkan saja dengan waktu liburan atau sisa cuti yang dimiliki. 


Membeli tiket kereta api jika bisa dilakukan jauh-jauh hari sebelum jadwal keberangkatan untuk menghindari kehabisan tiket. Buat kamu yang statusnya masih pekerja, pastikan dulu jika memang kamu bebas dari pekerjaan atau libur saat memilih hari keberangkatan dan berapa lama kamu akan melakukan traveling. Itu supaya menghindari tiket hangus apabila tidak jadi berangkat dan mungkin akan merugikan kamu sendiri. 

Sebagai calon traveler, kamu pasti juga memikirkan budget untuk selama perjalanan liburan. Kamu pasti ingin mendapatkan harga terbaik untuk banyak hal termasuk tiket kereta api agar tidak banyak pengeluaran. Nah, untuk itu kamu perlu tahu beberapa tips bagaimana mendapatkan tiket kereta api yang harganya terjangkau. Mau tau apa saja tipsnya? 

Tips Mendapatkan Tiket Kereta Murah

1. Perbanyak Mencari Informasi tentang Tiket Kereta

Jika kamu ingin mendapatkan tiket kereta api dengan harga murah, sebaiknya tidak hanya mengandalkan satu aplikasi atau platform untuk memesan tiket. Kamu bisa melihat informasi tentang harga tiket dari beberapa aplikasi juga dengan aplikasi resmi miliki perusahaan kereta. Hal ini agar jika nanti ada platform atau aplikasi ada yang menjual tiket dengan harga murah atau promo kamu bisa mengetahuinya. Lalu juga rajin-rajinlah dalam mengecek aplikasi-aplikasi tersebut agar tidak ketinggalan informasi yang penting. 

2. Berburu Promo

Nah, salah satu cara supaya kamu dapat tiket kereta api yang murah adalah dengan mencari dan menggunakan promo. Untuk mencari informasi promo sendiri cukup mudah sekarang ini karena kamu hanya cukup memantau informasi dari beberapa aplikasi atau platform penyedia dan penjual tiket. 

3. Ikuti Akun Sosial Media Resmi dari Perusahaan Kereta Api Indonesia

Mengikuti akun sosial media resmi dari perusahaan kereta api Indonesia tentu akan menambah informasi berbagai hal tentang kereta termasuk harga tiketnya. Hal ini karena biasanya akun media sosial resmi tersebut akan memberikan informasi yang terbaru terus-menerus bahkan hampir setiap hari. 

4. Hindari Menunda Pembayaran

Kalau kamu membeli tiket kereta dari aplikasi atau platform yang menjual tiket sebaiknya jangan tunda untuk membayar. Segera bayar sesuai dengan waktu yang sudah ditentukan. Hal ini supaya tiket kamu tidak hangus karena jika tiket tersebut hangus, tiket akan dijual kembali. 


Gimana? Sudah ada bayangan mau traveling naik kereta api kemana akhir pekan ini? Bisikin donk mau kemana? Siapa tau kita berpapasan di stasiun... 😉😊

You Might Also Like

34 komentar

  1. bye bye calo mendingan pesen sendiri lewat OTA ya kay atraveloka. Tinggal klik-klik bayar dapet deh tiket kereta murahnya

    ReplyDelete
  2. Pingin sih..tapi di kepri belum ada KA. Baru ada ferry hehe. Nanti deh kalo qadarullah ke tanah jawa pingin nyoba naik KA

    ReplyDelete
  3. Daripada beli lewat calo, mending pakai OTA aja, lah. Apalagi kalau beli di Traveloka mudah banget prosesnya. Dan pastinya gak merugikan customer

    ReplyDelete
  4. Akuuuuu demen banget naik sepuuurrr
    Traveloka udah pasti jadi sahabat setia sejiwa buat para pecinta traveling dan yg berburu tiket kereta api!

    ReplyDelete
  5. Zaman sekarang masih pakai calo, rugi banget, padahal udah semakin dipermudah, bisa beli di berbagai OTA, atau online juga bisa, bayarnya pun lebih mudah, bisa dari manapun.

    Enak banget ya zaman now :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget mbak.. Kita beruntung hidup di jaman now ya 😊

      Delete
  6. Setujuuuuu aku suka banget traveling pake kereta

    ReplyDelete
  7. Sudah lama gak naik KA mbak semenjak pindah ke Papua trus ke Bali. Dulu sering banget naik KA dari Blitar ke Malang saat kuliah. Meski ngantri didepan loket tapi seru naik kereta. Saya juga tidak suka pake calo harganya mencekik.....lebih baik membeli di loket atau lewat websitenya yg resmi ya mbak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kereta api ekonomi jaman kita kuliah dulu seru sih ya.. Banyak yang jual makanan 😁😁

      Delete
  8. Kasian kalau ada yang masih pake calo ya mba soalnya sekarang udah gampil pisan order tiket secara online

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bener. Pake Traveloka lebih mudah dan aman..

      Delete
  9. Kereta api salah satu moda transportasi favoritku, setiap pulang ke Jogja aku selalu menyempatkan diri naik kereta api. Apalagi sekarang yang ekonomi aja fasilitasnya udah nyaman banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya. Kereta api ekonomi sekarang udah nyaman banget.. Perjalanan jauh jadi tetep nyaman aja

      Delete
  10. Enak ya Mbak kalau bisa traveling pake kereta api. Lebih cepat juga dan dengan harga tiket yang terjangkau sayangnya di daerah saya belum ada KA, baru proses pembangunan dan belum tahu jadinya kapan hehe

    ReplyDelete
  11. Naik KAI ini andalan banget.
    Saat anak-anak masih bayi, jadi pilihan utama, apalagi banyak pilihan jam keberangkatan dari Bandung ke Surabaya.
    Seneng...sekarang makin praktis dan mudah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener mbak.. Aku waktu anak-anak masih bayi juga lebih nyaman bepergian naik kereta api.

      Delete
  12. Jadi inget nih anak lanangku udah minta diajakin jalan-jalan naik kereta api. katanya ya, ibu tuh pergi-pergi aja aku nggak diajak. hahaha... oalaah Deeekk... dikira ibunya piknik enggak kejar setoran tulisan apah :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe sama mbak. Anak-anakku kadang juga protes gitu 🙈🙈

      Delete
  13. nah iya,, aku pernah nunda pembayaran kreta mbak, eh pas aku intip lagi mau bayar ternyata dah hangus, waktu itu booking pas di kntor sih jam kerja, smpe keluapaan krna lagi hectic2 nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, dulu aku pun pernah. Makanya kapok. Jangan sampe keulang lagi..

      Delete
  14. Wah, patut dicoba nih tipsnya. Aku biasanya langsung ke loket stasiun untuk beli tiket. Nanti nyoba ah cara-cara ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo aku lebih mudah dan praktis pesen online sih mbak..

      Delete
  15. Hahhaaa..aku ga mau papasan di stasiuun, pengen papasan di warkop aja deeeh.

    ReplyDelete
  16. Pokoknya kalau traveling lintas pulau Jawa gitu memang enak dan murah naik kereta api ya. Terus sekarang fasilitas di Kereta Api juga udah bagus. Sering aku dan Pewe kalau dari Jakarta suka berangkat malam gitu kalo ke Jogja atau Malang, sampainya pagi, bisa langsung jalan-jalan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak.. Malemnya tidur di kereta aja udah nyaman banget ya. Sampe kota tujuan udah seger..

      Delete
  17. Udh lama bangetttt ga traveling naik kereta :). Seumur2 nyobain kereta di Indo baru sekali, pas mau ke solo. Nah, setelah itu aku tau transportasi KA semakin bagus, even yg ekonomi .tp aku blm sempet nyobain lagi. apalagi skr ada kereta yg model luxury. Itu tuh mba yg pgn bangettt aku coba. Lumayan banget perjalanan jauh tapi bisa ngerasain seat yg nyaman kayak pesawat kls bisnis :D.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku baru cobain yang priority.. Itu nyaman banget sih 😊

      Delete