Airy Engku Putri, Sensasi Menginap Di Antara Patung-Patung Mesir Kuno

Monday, April 02, 2018

#kapanajabisa #airy

Imagination will often carry us to worlds that never were. But without it we go nowhere - Carl Sagan

Rasanya sulit untuk tidak menoleh pada hotel yang berada di persimpangan Jl. Daeng Kamboja dan Jl. Putri Malu itu. Bangunannya yang berwarna coklat dengan dinding berupa relief dan pilar-pilar berwarna keemasan terlihat mencolok di antara bangunan-bangunan lain di sekitarnya. Ditambah dengan keberadaan patung-patung Mesir kuno yang berdiri diam dan kaku di setiap sudut hotel. Saya seperti merasa, patung-patung itu seolah memiliki magnet yang menarik siapa pun untuk menoleh. Oke, mungkin ini konyol. Tapi yang jelas, saya penasaran dengan hotel yang satu ini.


Akhirnya kesempatan untuk mengenal lebih dekat hotel bertema Mesir Kuno ini datang berkat promo diskon 50% dari Airy. Iya, sejak pertama kali mengenal Airy lewat diskon gila-gilaan sampai dengan 80% pada akhir tahun 2016 lalu, saya selalu mengandalkan Airy Rooms untuk hunting voucher hotel murah. Promo-promonya Airy tuh bikin saya bisa sering-sering staycation bareng keluarga. Pindah tidur dari satu hotel ke hotel lainnya. Pokoknya #KapanAjaBisa staycation deh..

Baca juga: Tahun Baruan di Hotel dengan Diskon 80% dari Airy

Seperti promo diskon 50% yang akhirnya saya gunakan demi bisa merasakan sensasi tidur di antara patung-patung Mesir kuno ini. Dari harga Rp 310.250 yang tertera di halaman applikasi, saya hanya perlu membayar setengahnya, Rp 155.125. Proses bookingnya pun mudah. Setelah memasukkan kode voucher, bayar lewat mobile banking, dan tak sampai 5 menit, e-voucher pun meluncur ke email saya.
Welcome to Airy Engku Putri. 

6 Langkah mudah pesan lamar lewat applikasi Airy

Apa Sih Airy Rooms?

Oiya, mungkin ada yang masih bingung, apa sih Airy Rooms ini? Airy Rooms merupakan Accomodation Network Orchestrator (ANO) yang menjalin kerjasama dengan berbagai hotel budget terbaik di kota-kota besar di Indonesia. Jadi Airy Rooms ini bermitra dengan hotel-hotel budget yang namanya mungkin kurang familiar tapi sebenarnya punya kualitas bagus. Nah, di hotel-hotel ini Airy menggunakan beberapa kamar yang bakal 'didandani' sesuai dengan ciri khas Airy yaitu dengan tambahan aksen dan pernik serba biru di dalam kamar. 

Kalau pesan kamar lewat Airy, kita gak dikasih tau nama hotelnya. Jadi namanya itu pake alamat atau lokasi dimana si Airy Rooms itu berada. Contohnya ya seperti Airy Rooms yang saya pesan ini. Di website Airy tertulis namanya Airy Batam Center Engku Putri 1. Namanya jadi panjang banget ya, padahal nama aslinya itu Hotel 01. Untuk memudahkan, setiap hotel dilengkapi peta. Dan sebagai penanda, di depan hotel yang bermitra dengan Airy ada tanda khas berwarna biru. 

Sambutan dari Patung-Patung Mesir Kuno


Patung sphinx berkepala Firaun yang ada di depan hotel seolah menyambut kedatangan kami. Untung ia tak mengajukan teka-teki pada kami, seperti kepercayaan dalam mitologi Yunani. Pernah dengar tentang ini? Sphinx dalam mitologi Yunani digambarkan sebagai seekor singa bersayap dan berkepala perempuan yang duduk di atas batu tinggi dekat Thebes. Ia selalu mengajukan teka-teki bagi siapa pun yang lewat di depannya. Bunyi teka-tekinya adalah:

"Mahkluk apakah yang ketika pagi berjalan dengan empat kaki, pada tengah hari berjalan dengan dua kaki, dan ketika sore hari berjalan dengan tiga kaki?" Dan kalau tidak bisa menjawab, maka akan langsung dicekik oleh si sphinx. Afgan (sadis) banget ya? Hehehe.. 

Singkat cerita, adalah Oedipus yang berhasil menjawab teka-teki tersebut. Jawabannya adalah: Manusia, sewaktu bayi ia merangkak dengan kedua tangan dan kedua kakinya, sewaktu dewasa ia berjalan tegap dengan kedua kakinya, dan ketika tua ia berjalan dengan bantuan tongkat. Kisah tentang sphinx dan Oedipus ini cukup terkenal dalam mitologi Yunani. Tapi kali ini saya kan lagi ngereview hotel, jadi cerita tentang sphinx dan teka-tekinya kita sudahi saja ya.. *grin

Patung sphinx itu bukanlah satu-satunya patung yang 'menyambut' kami di depan hotel. Ada puluhan patung lainnya yang 'berjaga' di depan hotel. Ada patung-patung dewa yang terkenal dalam kepercayaan Mesir kuno, patung burung phoenix emas, patung gajah, dan banyak lagi patung-patung lainnya. Kalau pemilik hotel ingin 'memindahkan' suasana Mesir kuno ke tengah-tengah Kota Batam, sepertinya usahanya cukup berhasil. Tinggal tambahin gurun pasir dan piramida aja lagi, hehehe..

Patung yang 'berjaga' di teras lobby

Interior Hotel yang Tematik

Setelah melewati 'para penjaga' di bagian depan, kami langsung menuju lobi untuk check-in. Lobi hotelnya luas banget. Hanya ada satu set sofa di sudut ruangan. Kalau bagian luar hotel konsisten mengusung tema Mesir kuno, tidak demikian halnya dengan lobi hotelnya. Saya menangkap di sini temanya agak sedikit random.

Lobby-nya lumayan luas

Di meja resepsionis ada patung tiga dewa keberuntungan yang dalam budaya Tionghoa dikenal dengan nama Fu Lu Shao. Di salah satu sudut dinding juga ada lukisan relief yang menggambarkan pemandangan khas Negeri Tirai Bambu. Sebuah gramophone dan patung harimau menambah 'semaraknya' ruang lobi yang luas itu.

Ruang duduk di lobby dengan lukisan relief

Gramophone di sudut ruangan

Proses check-in sangat mudah dan gak pake ribet. Saya tinggal menunjukkan e-voucher yang sudah dikirimkan ke email, tunjukin kartu identitas, langsung deh terima kunci kamar. Plus dapat bonus senyum manis dari mbak resepsionis dan dua gelas orange juice sebagai welcome drink. Alhamdulillah..

Welcome drink

Yang hepi mau piknik di hotel 😀

Kamar kami di lantai 2. Untuk menuju kamar, kami melewati ruang duduk bertema Mesir kuno. Dari keseluruhan bangunan dan ruangan di hotel ini, sepertinya memang hanya lobi yang memiliki tema berbeda. Karena ruang makan, lorong, teras, semuanya bertemakan Mesir kuno. Hotel ini memang satu-satunya hotel tematik yang ada di Batam. Seru juga sih. Dan setelah berada di dalamnya, kesan dan suasananya gak se-spooky yang diobrolin teman-teman kok. Lagian, kapan lagi bisa nginep bareng ama patung-patung Mesir kuno? Hahaha...

Ruang duduk

'Jembatan' menuju dunia lain. Hehehe.. Bukan, ini cuma jalan menuju ke kamar-kamar lain

Lorong hotelnya seperti ini

Kamar Nyaman dan Bersih

Kamar nomor 221 yang kami tempati tidak luas, tapi bersih dan terlihat nyaman dengan penerangan yang cukup. Dua buah tempat tidur single bed berseprai putih bersih dengan pemanis kain biru khas Airy tampak berbagi ruang dengan sebuah lemari, sebuah rak terbuat dari panel-panel kayu, dan sebuah meja rias. Sebuah lukisan hitam putih yang tergantung di dinding menjadi pemanis di dalam kamar.

Kamarnya nyaman

Di dalam kamar gak ada patungnya kok 😊

Kamar mandinya simple dan minimalis. Dengan shower, closet duduk dan tentu saja ada pouch berwarna biru dari Airy berisi shampoo, sabun, sikat gigi + odol, dan sisir. Saya seneng banget ngumpulin pouch dari Airy ini. Berguna banget buat nyimpen perlengkapan lenong kalo lagi traveling. Lumayan, saking seringnya nginep di Airy, saya udah ngumpulin banyak pouch biru seperti ini.

Pouch biru berisi toiletries

Satu lagi yang selalu saya dan keluarga suka kalau menginap di Airy. Yaitu box biru berisi aneka camilan dan makanan instan. Di tiap hotel isinya bisa beda-beda. Kadang ada yang isinya bubur instan dan camilan, kadang isinya popmi dan camilan, kadang juga cuma camilan. Tapi jangan salah, camilannya gak cuma satu biji. Biasanya dalam 1 kotak itu ada 6 jenis camilan dan 2 botol air mineral atau teh botol kemasan. Lala yang selalu paling hepi dengan kotak pandora berisi aneka camilan ini. Kalau saya sih sebenernya udah lama naksir box birunya itu. Tapi sayang, box birunya gak boleh dibawa pulang...

Kotak 'harta karun' dari Airy

Suasana kamar yang nyaman ini sesuailah dengan 7 standard kenyamanan dari Airy, yaitu tempat tidur bersih, TV layar datar, wifi gratis, air minum gratis, AC, perlengkapan mandi, dan air hangat untuk mandi. Jadi meskipun harga kamarnya murah, tapi udah ada jaminan bahwa kualitasnya gak murahan.

Fasilitas Hotel

Kalau niatnya staycation di hotel, biasanya kami mencari hotel dengan fasilitas lengkap. Ya biar puas aja gitu. Kalau hotelnya sudah punya fasilitas lengkap, jadi gak perlu lagi cari hiburan di luar hotel. Syukur-syukur kalo hotelnya itu punya kolam berenang dan taman bermain anak. Wah dijamin deh, bakal betah..

Kolam berenangnya unik ya

Yang bikin kami seneng, hotel ala Mesir kuno ini ternyata fasilitasnya cukup lengkap. Di dekat ruang makan ada meja billiard, dart board, juga mini soccer board.

Nyantai sambil main billiard

Dart board

Dan yang paling bikin Lala hepi, di hotel ini ada kolam berenangnya juga. Dan tak beda dengan area lain di hotel ini, kolam berenangnya juga 'dijaga' ama patung-patung Mesir kuno plus patung dolphin dan patung singa Merlion.

Yang hepi bisa berenang

Menu Sarapan Cukup Beragam

Kamar yang kami pilih sudah termasuk sarapan untuk 2 orang. Praktis, jadi gak perlu lagi sibuk cari sarapan di luar hotel. Dan asiknya lagi, ternyata pilihan menu sarapannya cukup beragam.

Menu sarapan

Pagi itu menunya adalah nasi putih, mie goreng, sapo tahu, dan ayam goreng bawang putih. Ada juga roti panggang dengan piluhan selai kacang, coklat, atau srikaya. Untuk minumnya pilihannya ada orange juice, kopi, teh, dan air putih. Gak ketinggalan buah-buahan segar.

Ini sarapan kami

Yang ini gak boleh ketinggalan 😁

Design ruang makannya dibuat seperti gua lengkap dengan stalagtit ala-ala. Bersantap di sini, rasanya bukan seperti sedang makan di hotel. Tanaman-tanaman yang tumbuh subur di sekitar ruang makan, ditambah kicauan burung-burung dalam sangkar bikin acara sarapan jadi terasa menyenangkan.

Ruang makan

Pepohonan di dekat ruang makan

View dari ruang makan. Yang di sebelah kiri atas itu kamar kami. 

Suasana ruang makan kalo malam

Lokasi Strategis

Hotel ala Mesir kuno ini lokasinya strategis banget. Berada di kawasan Batam Center yang merupakan pusatnya Kota Batam. Mau ke Pelabuhan Ferry Internasional Batam Center, Mega Mall, Dataran Engku Putri, atau Masjid Raya Batam dekat banget. Gak sampai 5 menit kalau naik kendaraan. Dari Bandara Hang Nadim juga tidak terlalu jauh, cuma sekitar 30 menit saja. 

***

Menginap di hotel bertema Mesir kuno seperti ini bikin imajinasi saya melayang kemana-mana. Rasanya seperti sedang hidup di jaman dulu, dimana saya adalah ratu dan patung-patung itu adalah para pengawal kerajaan. Seru aja rasanya...

Suasana hotel waktu malam

Sendirian aja, bang? 😉

Kalo kamu, tertarik gak sih menginap di hotel tematik seperti ini?

Hotel 01 Batam / Airy Engku Putri
Jl. Engku Putri 01, Batam Center
Telp: +62 778 463633, +62 778 464592

You Might Also Like

40 komentar

  1. Wah... Seru ya nginap di airy batam... Tempatnya nyaman dengan design unik buat Instagramer Kaya aku

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha betul, Cit.. Tempatnya cocok banget buat foto-foto yaa...

      Delete
  2. beuh keren abis ini hotel 01 batam

    baru tahu isi dalam nya ternyata seperti ini

    hingar bingar, seru syahdu rupa nya

    pengen lah kapan kapan kesini

    terima kasih tulisan nya kak dian

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, mas Reza.. Dalemnya keren kok. Apalagi kalo malam waktu lampu-lampunya nyala. Makin keren..

      Delete
    2. kemarin di batam menari ... lewat ini hotel

      jadi penasaran lagi deh ... aw aw

      Delete
    3. Cussss buruan nginep sanaaa...

      Delete
  3. Unik dan etnik banget ya design inreriornya, tapi dalam kamarnya tetep seperti hotel yg lain ya mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, mas Ade. Di dalam kamarnya gak ada patung-patung kok 😊

      Delete
  4. Haseeekkk. Aku juga dah pernah loh nginap di situ, seneng aja dan pengen lagi staycation di Hotel 01

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, mbak Asih. Hotelnya seru dan unik ya...

      Delete
  5. Unik ya, tapi kalau keluar kamar malam-malam sendirian mungkin jadi gimana gitu kali ya. Untung kamarnya nggak pake dekorasi gitu juga, bisa nggak bisa tidur kalau ada patung-patung segala 😄

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo malem justru malah cakep loh kak.. Apalagi waktu lampu2nya pada nyala. Keren sih kalo kubilang...

      Delete
  6. Design interior nya unik. Fasilitas nya juga cukup lengkap, ada swimming pool nya. Sarapan juga termasuk yah. BTW saya juga ikutan loh, kuylah berkunjung sejenak ke blog Ndeso saya dan ninggalin komen. Makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas.. Sengaja carinya yang termasuk sarapan. Biar gak rempong lagi kudu cari-cari sarapan di luar 😊

      Delete
  7. Omaigad... Ini renovasinya pas saya masih rajin jogging di Engku Putri, terus jadi serem sendiri ngebayangin patung2nya.. Makanya ga tertarik sama sekali untuk menginap di sini. Ternyata ga semenyeramkan yang saya kira, malah cenderung jadi seru ya.. Seolah-olah jadi Cleopatra di zaman Mesir kuno gitu ya mbak Dee hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe tapi pas udah nginep di sana seru-seru aja siih.. Iya bener, sambil ngayal jadi Cleopatra abad milenial 😀😀😀

      Delete
  8. Tertarik banget mbak mau nginap disini..cuma blom kesampaian :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ntar kalo ada diskon dari Airy lagi dicoba kak...

      Delete
  9. paling senang sekarang pesen kamar hotel atau pesawat pakai aplikasi airyrooms. lebih murah dan simpel banget. apa lagi di kamar hotel kalau booking lewat airyrooms ada jajannya. mantap banget dah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha bener banget Zack... Favorit si Lala itu snack dari Airy

      Delete
  10. Airy room emang nyaman banget, jadi pengen nih nginep di sini. Ada kolam renang lagi :))))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga makin banyak hotel yang bermitra ama Airy ya.. Biar banyak pilihan buat staycation manjah hehehe

      Delete
  11. seru banget .. harus di cobain nginep di istana cleopatra batam.. hihiihih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha cusss buruan booking sana, Fiq...

      Delete
  12. Kalau ke Batam Centre pasti lewat di depan hotel ini. Awalnya penasaran liat dalemnya kayak apa, eh akhirnya bisa liat juga penampakannya. Iya, kalau malam banyak lampu gitu terlihat beda ya mbak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak. Saya justru paling suka suasana malam di hotel ini. Jadi beda kesannya

      Delete
  13. Sekilas nampak agak horor karena patungnya, karena belum kenal sama hotelnya kali, ya. Ternyata oke juga ya, Mbak. Pengen juga deh nyobain...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe pas udah nginep disana gak ngerasa horror kok.. Malahan seru

      Delete
  14. Aku pernah nginap di Airy Cihampelas Bandung, lokasinya juga strategis. Mau nulis reviewnya belum sempat terus.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Buruan ditulis teh... Lumayan buat nambah-nambahin postingan di blog hehehe

      Delete
  15. Lokasi strategis ya ini Mba airynya.
    Tengah kota.
    Desain hotelnya penuh patung ya.
    Ala al mesir.
    Kadang takut liat patungnya.
    Wkwkwkwk

    ReplyDelete
  16. Penasaran nginap di sini
    sepertinya asyik juga ya
    apalagi ada kolam renangnya

    ReplyDelete
  17. Unik banget hotelnya. Fotonya juga bagus2 bgt. Berasa kaya bukan di Indonesia ya.

    ReplyDelete
  18. dari jauh hotel ini aku kira theme park mbak :D

    sampai sejauh ini aku belum pernah cobain Airy di Palembang, pertama jenis hotelnya kurang memadai jadi agak was2 kalau mau order. Sorry jujur :D

    ReplyDelete
  19. Ini kereeen sih mba. Walopun jujur aku jg rada serem liat patung2 mesir bwgitu hahahaha.. Tp nth kenapa pgn jg nginep di hotelnya. Paling suka kalo tematik gini, krn unik designnya. Td aku pikir masih di jawa, ternyata batam yak :p. Catet dulu lah hotelnya. Kalo ada kesempatan ke batam baru aku pilih hotel ini utk nginep

    ReplyDelete
  20. Keren banget hotelnya Mba
    Udah kayak tempat wisata aja, hehe

    ReplyDelete
  21. Hotelnya keren, tapi aku gak minat kalau ke sini, keliatan serem. Wkwkwk

    ReplyDelete
  22. Wow.
    Hotel ini unik dan buat pinisirin.
    Cocok banget nih buat foto-foto sambil bawa produk lomba, hahaha...

    ReplyDelete