ASUS E402WA, Laptop Ringan dengan Performa Memuaskan

Saturday, April 07, 2018


Apa sih yang jadi pertimbangan utama kamu dalam memilih laptop? Modelnya? Ukurannya? Spesifikasinya? Performanya? atau harganya? Gimana kalau semua itu bisa kamu dapat sekaligus? Mau? Ya pasti mau donk... Sama. Saya juga mau kalo ada laptop yang kaya gitu. Mau banget malah!

Ssstt! ASUS punya laptop terbaru yang cocok banget ama maunya kita loh. Nih catet namanya, ASUS E402WA. Jadi laptop ini tuh ringkas, ringan, tampilannya trendi, tapi performanya memuaskan banget. Plus harganya cukup terjangkau. Tuh, komplit banget kan? Cocok banget ini buat travel blogger sok sibuk kayak saya gini. Laptop yang ringan tuh pastinya enak buat dibawa-bawa waktu traveling. Jadi sambil ngetrip, urusan ngisi konten di blog dan media sosial tetap berjalan lancar. Nah, ASUS E402WA ini beratnya cuma 1,65 kg. Cukup ringan kan, untuk dibawa-bawa dalam ransel?

Menurut Mr. Galip Fu, Country Marketing Manager ASUS Indonesia, ASUS E402WA ini cocok banget buat para professional muda yang mobile, ataupun para pelajar dan mahasiswa yang sehari-harinya gak bisa lepas dari internet dan media sosial. Apalagi dengan range harga yang terjangkau. ASUS E402WA ini hadir dengan desain minimalis yang sangat tipis namun dengan konektivitas input-output lengkap. Laptop ringkas ini juga punya speaker berkualitas dengan kapasitas chamber yang besar di kelasnya.

Ultra Tipis dengan Konektivitas Lengkap

ASUS E402WA ini tebalnya hanya 21,9 milimeter. Tapi meskipun dengan ketebalan yang seperti ini, ASUS tetap memberikan konektivitas yang lengkap untuk input/output loh. Pada sisi kiri laptop, tersedia port LAN, USB Type-C, HDMI, USB 3.0 dan SD Card. Dan di sisi lainnya, masih terdapat pula satu port USB 2.0 serta audio combo port. Jumlah port dan variasi yang lengkap ini akan memudahkan kita untuk menghubungkan laptop dengan berbagai macam perangkat eksternal.

Port lengkap dan variasi

Buat yang biasa melakukan pekerjaan jarak jauh, yang mengharuskan untuk video conferencing dengan klien, gak usah khawatir. Karena pada ASUS E402WA ini sudah tersedia kamera di bagian atas layar. LED panel berukuran 14 inci dan resolusi HD 1366x768 pun sudah mencukupi untuk kebutuhan pekerjaan sehari-hari. Selain itu, ASUS E402WA ini juga menggunakan hidden hinge design sehingga tampilannya tampak lebih cantik.

Meski memiliki dimensi yang relatif kompak untuk sebuah notebook berukuran 14 inci, demi kenyamanan dan akurasi pengetikan, ASUS menyediakan keyboard berukuran penuh. Selain itu, pengalaman bekerja akan dibuat lebih nyaman dengan tersedianya touchpad berukuran lebar, sama seperti touchpad laptop berukuran 15 inci.

Keyboard penuh dan touchpad lebih lebar

Yang menarik, ASUS membuat touchpad E402WA ini secara lebih intuitif. Jadi tak hanya multi gesture touchpad, yang memungkinkan pengguna melakukan berbagai fungsi di touchpad dengan kombinasi hingga empat jari, tingkat akurasi touchpad ini juga sudah ditingkatkan. Teknologi eksklusif seperti saat memproduksi touchscreen smartphone juga dibenamkan di sini. Keren kan?

Performa Hebat dan Multimedia Dahsyat

ASUS E402WA hadir dengan prosesor quad-core berbasis AMD E2-6110 berkecepatan 1,5GHz. Prosesor ini relatif hemat energi karena kebutuhan daya maksimalnya saat beroperasi hanya 15 watt saja. Untuk mengolah grafis, ia diperkuat GPU berbasis Radeon R2 berkecepatan 500MHz serta mendukung RAM DDR3-1600

Ya, secara keseluruhan sih, kombinasi CPU dan GPU yang terpasang sudah sangat mencukupi untuk menyelesaikan tugas-tugas seperti office, ngeblog, browsing internet ataupun multimedia.

Khusus untuk multimedia, Galip menambahkan, ASUS menyediakan speaker berkualitas dengan chamber berukuran lega di dalam laptop ini. "Suara yang dihasilkan bisa mencapai 80 desibel. Cukup kuat dan bertenaga, namun tetap jernih dan berkualitas," tambahnya.

Ada dua speaker yang terletak di bagian bawah laptop di area palm rest dan mengarah ke penggunanya. Dengan demikian, pengguna akan mendapatkan sensasi audio yang terasa lebih dekat saat mendengarkan multimedia. Adapun untuk speakernya, speaker sebelah kiri memiliki chamber sebesar 9cc dan chamber sebelah kanan memiliki chamber lebih luas, yakni 14cc.

Tak hanya itu, SonicMaster Technology juga disediakan pada laptop ini untuk meningkatkan kualitas audio yang dihasilkan. Audio bisa diset agar vokal lebih jelas, bass lebih dalam, atau suara yang sangat jelas. Jika dibutuhkan, kita juga bisa melakukan personalisasi sendiri kualitas output audio sesuai selera kita masing-masing.

Setelah ngebahas tentang tampilan dan performa dari ASUS E402WA, pastinya pada penasaran donk ama harganya. Harga ASUS E402WA si laptop ringan dengan performa memuaskan ini adalah Rp 3.799.000. Gimana? Tergoda untuk memiliki? Kalo iya, brati kita sama 😉

You Might Also Like

36 komentar

  1. Pas banget kemarin nyeletuk dalam hati kalo ada rezeki mau beli laptop, krn ngeblog pakao hp terbatas banget mau ngetik ini itu... Hehe. Btw, cuma 15 watt aja ya dayanya? Sungguh sangat hemat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, dayanya cuma 15 watt aja. Aamiin semoga kesampaian beli laptop ya mbak

      Delete
  2. Kenapa ya susah banget menghafalkan nama-nama merk laptop Asus itu. Eh apa merk lain juga begitu ya. Jadi kalau mau beli pas di depan tokonya lupa lagi nama laptop yang udah niat dibeli wkwkwk. Jadilah beli Lenovo.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe klo lupa di depan tokonya browsing dulu teh. Atau siapin dari rumah laptop yang diincer apa. Sampe toko tinggal buka contekan hehehe

      Delete
  3. Pengen beli notebook yang layar kecil... Azus Ada nggak ya kak? InI keren seh tapi 14 inch 😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba liat ASUS Transformer Book T100 deh.. Itu ukurannya sekitar 10 inch

      Delete
  4. Bikin giveaway dong Yan.
    Ngarep..hehehe..
    Btw, laptop tipis gitu ga rentan ya? Tapi ringan udah jadi daya tarik sendiri sih buat yang ga suka jalan sambil manggul ransel berat seperti eike.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku pake laptop tipis selama ini baik2 saja sih...

      Delete
  5. Wah ini keren banget ya Asus semakin kesini, dan lengkap! Apalagi kalau ringan, saya nyari laptop selain fitur juga beratnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak.. Biar enak dibawa2 ya.. Gak bikin berat

      Delete
  6. Ini udah bukan netbook lagi ya, kuat nggak ya buat edit video, aku suka nih tipis dan ringannya, laptopku blm rusak tp mikir mau ganti karena makenya ribet karena bukan windows dan berat

    ReplyDelete
  7. Sukses bikin aku pengen beli hihi. Tp mikir kg budgetnya msh kurang. Lapotop ak akhr2 ini lama bgt loadingnya. Bikin bete. Hiks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Moga segera kesampaian beli laptop baru ya mbak 😊

      Delete
  8. Mbak itu seriusan harganya 3 jutaan? Huah kujadi pengen ih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya seriusan... Harganya 3 jutaan 😊

      Delete
  9. Seneng kalau leptop enteng tapi spek mumpuni. Apalagi buat yang mobilitas tinggi :D
    Harganya juga gak terllau mahal yo mbak TFS

    ReplyDelete
  10. Duh, jadi ngiler pengen ganti soalnya yang lama berat dan kipasnya berisik nih

    ReplyDelete
  11. Lagi menimbang-nimbang buat beli laptop bagus tp harganya terjangkau, kayanya bisa nih jadi wish list :3

    ReplyDelete
  12. Laptopnya tipis, keren, harga ga nyekik, bagus nih.. aku share ke suami ah...jadi kode...hihi

    ReplyDelete
  13. hmmm..mulai mikir nak kredit laptop kalo harganya segitu.....secara yang lama rusak...hahaha

    ReplyDelete
  14. makasih infonya kak.jadi pengen ganti leptop lagi

    ReplyDelete
  15. ya ampun..... itu laptop bikin mupeng ya.... nabung ah

    ReplyDelete
  16. Bisa nih buat edit vlog... Notebook lama aku dah nggak kuat edit video.

    ReplyDelete
  17. Wahhh aku fokus di 15 watt?? Hemat yah mbak ❤️

    ReplyDelete
  18. duh laptop asus selalu menggiurkan untuk di beli deh,, harga terjangkau, speknya ok banget lagi,,

    ReplyDelete
  19. aku suka laptop yang tipis kayak gini karena mudah dibawa-bawa nggak berat :)

    ReplyDelete
  20. Kebetulan lagi cari laptop yang bisa dibawa piknik, Job video tambah banyak butuh laptop ringan berkekuatan super

    ReplyDelete
  21. Widih brand ambassador mulai ngebahas Asus laptop, keren,,,, spesifikasinya OK ni untuk kerja dan harganya juga gak mihil2 amir ya... great mbak...

    ReplyDelete
  22. keren banget memang laptop asus
    dari dulu selalu admire ini produk

    ReplyDelete
  23. Wah mantap mba
    Harganya pun masi wajar.
    Jd pengen tukar asus tg drmh dg asus ini. Hahaha

    ReplyDelete
  24. tadi rasanya udah koment
    kok ga muncul ya
    koment lagi aja
    btw itu

    ReplyDelete
  25. Mbaaaa, postingannya racun banget sih. Lagi kepengen laptop eh baca beginian. Astagaaa, nambah ngiler aja jadinya.

    ReplyDelete
  26. Laptop entry level ASUS gini udah cocok ya buat ngeblog. Jadi tertarik tapi laptop sekarang juga masih oke.

    ReplyDelete