5 Tempat Wisata yang Menggoda Saya di Sumatra Utara

Tuesday, December 25, 2018


Malam itu saya, Ashwin, dan Dharmendra sedang duduk di salah satu sudut WAPO Resto Surabaya. Sambil menikmati makan malam, Ashwin dan Dharmendra excited banget nyeritain tentang perjalanan mereka ke Bromo akhir pekan lalu. Ashwin ini dulu teman kerja saya di Batam. Meskipun dia sudah resign dan kembali ke kampung halamannya di Gowa, India, sejak tahun 2015 lalu, tapi kami masih keep contact. Jadi gak heran, waktu dia ada kerjaan lagi di Indonesia, dia ngubungin saya ngajak ketemuan.

Ashwin dan Dharmendra makan di WAPO

Dulu banget, saya pernah merekomendasikan Bromo sebagai salah satu must visit destination di Jawa Timur. Eh, ternyata itu diinget-inget banget ama dia. Jadi begitu dia ada kerjaan di Surabaya, tempat pertama yang pengen dia datangi adalah Bromo. Seneng rasanya ngeliat dia berapi-api cerita sambil pamer foto dan video keindahan Bromo, Air Terjun Madakaripura, dan Gili Ketapang yang tersimpan di smartphone-nya. 

Ashwin di Bromo

"Have you ever been to Medan?" Tanya Ashwin tiba-tiba. 

Saya menggeleng. 

Ashwin lagi-lagi excited nyeritain kunjungannya ke Medan beberapa waktu lalu. Tentu saja, ceritanya disertai pamer foto-foto dan video yang menunjukkan keindahan Kota Medan dan beberapa tempat lain di Sumatra Utara, seperti Pulau Samosir, Danau Toba, Air Terjun Sipiso-Piso, dan banyak lagi. Saya seneng ngeliat dia excited begitu. Cuma saya jadi ngerasa gimanaaa gitu. Kenapa kok malah jadi dia, yang orang India, yang ngenalin tempat-tempat wisata di Medan ke saya, yang jelas-jelas orang Indonesia? Hahaha.. 

Ashwin di kapal penyeberangan menuju Pulau Samosir

Karena mupeng ama foto-foto yang dipamerin Ashwin, pulang dari WAPO, saya langsung buka-buka kalender. Kayaknya seru juga kalo saya ngerencanain liburan ke Medan untuk tahun 2019 nanti. Saya langsung nge-list banyak tempat-tempat wisata di Medan dan sekitarnya. Karena saya sukanya ama tempat-tempat wisata yang menawarkan keindahan alam, jadi yang masuk dalam daftar saya adalah tempat-tempat yang view-nya bikin seger mata.

Mau tau tempat-tempat wisata apa aja yang pengeeeen banget saya datengin di Sumatra Utara?

1. Danau Toba

Yang ini kayaknya wajib banget ya hukumnya, hehehe. Udah lama banget saya penasaran ama danau yang digadang-gadang sebagai yang terbesar di Asia Tenggara ini. Dan setelah dipamerin foto-foto dan video Danau Toba ama Ashwin, saya jadi makin mupeng. Pokoknya pengen ngeliat langsung Danau Toba dan Pulau Samosir. Malah saya pengennya bisa nginap di Pulau Samosir. 

Danau Toba | Photo by: Ashwin

Memang sih, pilihan hotel di Medan itu banyak banget. Mulai dari hotel bintang 5, hotel bintang 4, sampai hotel murah pun banyak. Tapi saya pengen banget ngerasain nginap di Pulau Samosir, dan penginapannya tuh yang persis menghadap ke Danau Toba. Jadi tiap bangun tidur, bisa langsung disambut pemandangan Danau Toba yang cantik. 

Ashwin merekomendasikan hotel tempatnya menginap, Samosir Cottages Resort. Penginapan bintang 3 ini punya view yang cakep. Sewaktu saya intip di website PegiPegi, harganya masih terbilang mahal di kantong saya. Alalagi rencananya saya mau menginap selama 3D2N. 

Penginapan di Pulau Samosir | Photo by: Ashwin

Saya coba lagi cari pilihan hotel lainnya di pegipegi.com. Ternyata pilihan hotelnya banyak banget, gaes. Harganya pun terjangkau ama kantong saya. Saya hepi. Dan tanpa pikir panjang lagi, langsung saya booking salah satu hotel yang sesuai keinginan saya, menghadap langsung ke Danau Toba, namanya Tuk Tuk Timbul Bungalows. Saya suka bangunan penginapannya seperti bentuk rumah adat Batak Toba.


Banyak pilihan hotel dengan harga terjangkau di PegiPegi

Tuk Tuk Timbul Bungalows di halaman website PegiPegi

Selain itu, review-nya juga bagus. Review dari tamu yang pernah menginap ini salah satu poin penting yang saya cari. Dan ini bisa dengan mudah saya dapatkan dari website maupun aplikasi PegiPegi.

Hasil review Tuk Tuk Timbul Bungalows di website PegiPegi

2. Air Terjun Sipiso-Piso

Pertama kali melihat penampakan landscape Air Terjun Sipiso-Piso saya langsung takjub. Cakep banget! Air terjun setinggi 120 meter itu dikelilingi tebing dan bebukitan hijau yang membuatnya terlihat megah. 

Air Terjun Sipiso-Piso | sumber: wisatasumatera.wordpress.com

Air Terjun Sipiso-Piso ini berada di Desa Tongging, Kecamatan Merek, Kabupaten Karo, Sumatra Utara. Untuk sampai di sini, perlu waktu sekitar 3 jam perjalanan naik bus dari Kota Medan. Plus sekitar 1 jam perjalanan turun tangga kalau ingin sampai di dasar air terjunnya. Wah, berarti kudu nyiapin fisik nih kalo mau sampai di dasarnya. Kalo males ya, paling cukup lihat dari gardu pandangnya aja, hehehe.. 

3. Air Terjun Sibolangit

Air Terjun Sibolangit, atau dikenal juga dengan nama Air Terjun Dua Warna yang ada di Desa Durin Sirugun, Kecamatan Sibolangit, Kabupaten Deli Serdang ini gak kalah menggodanya buat saya. Gradasi warna putih dan biru mudanya itu loh yang bikin saya penasaran pengen ngelihat langsung. 

4. Kawah Putih Tinggi Raja

Pertama kali ngeliat fotonya di internet, saya kira ini adalah Kawah Putih Ciwidey. Tapi ternyata saya salah. Namanya emang sama, Kawah Putih. Tapi yang satu ini berada di Sumatra Utara, tepatnya di Desa Dolok Tinggi Raja, Kecamatan Silau Kahean, Kabupaten Simalungun.

Foto Kawah Putih Tinggi Raja di akun instagram PegiPegi

Tempat wisata ini juga dikenal dengan nama Salju Putih Tinggi Raja. Disebut demikian karena aliran air panas yang mengalir bikin bukit kapurnya tertutup batuan putih yang kalo dilihat sekilas mirip salju. Ini yang bikin saya penasaran banget ama Kawah Putih ala Simalungun ini. 

5. Tangkahan

Setelah tahun lalu mengunjungi Taman Nasional Way Kambas, saya jadi pengen melihat kehidupan gajah-gajah yang ada di Tangkahan. Tangkahan adalah sebuah ekowisata yang berada di kawasan Taman Nasional Gunung Leuser. Nah, di sana juga ada tempat perlindungan gajah. Saya pengen bisa mandiin gajah lagi seperti waktu di Camp ERU Lampung Timur

Tangkahan | Photo by: Alfie (www.bocahudik.com)

Apalagi di Tangkahan ini bukan cuma bisa melihat gajah aja. Tapi juga bisa trekking di hutan, river tubing dan mandi air panas. Kayaknya paket komplit banget ya.. 

***

Untuk saat ini, kayaknya lima tempat itu deh yang paling pengen saya datangi di Sumatra Utara. Kalo teman-teman punya rekomendasi tempat lain, info doonk di kolom komentar. Nanti saya masukin ke list untuk jadi bahan pertimbangan. Pokoknya saya maunya tempat wisata di Sumatra Utara yang view-nya bikin seger mata..

You Might Also Like

39 komentar

  1. Pingin banget ke Medan, belum kesampaian. Waktu tinggal di Siak Riau sempat mau ke Medan sama Padang. Lha kok ndadak di pindah huhuhu. Penasaran sama danau Toba^^

    ReplyDelete
  2. Murah ya hotel di pegi pegi . Cuma 150.000 sudah bisa bobo nyenyak.

    Danau Toba mempunyai kawasan wisata alam yang indah di sumatra utara

    ReplyDelete
  3. Mbaaa... salah fokus ama soto nya Wapo, baru tau saya ternyata itu enak banget yaaakk
    biasanya selama ini ke Wapo cuman pesan nasgor dan mie gor dll itu, dipikirnya soto di tempat kayak gitu ga enak, eehhh ternyata mantap banget deh.
    Lah kok malam bahas soto ya hahaha

    Btw air terjun sipiso pisonya keren banget, maulah saya ke sana.
    Mau intip pegipegi ah, kali aja ada prpomo buat traveling hihihi

    ReplyDelete
  4. Pengen banget ke Danau Toba, eh belum terwujud. Padahal keindahannya sungguh memukau ya mba

    ReplyDelete
  5. Belum ke Danau Toba nih pengen banget ih kalau ke Medan lagi bisa kesini :)

    ReplyDelete
  6. Aku belum pernah ke Sumatra Utara, keindahan alamnya luar biasa ya, bersyukur kita, negeri ini dimana-mana ada pesona.
    Pegi-pegi boleh juga, harga tiket murah begitu, note ah

    ReplyDelete
  7. Seger banget lihat foto kawah putih, airnya biru kaya gitu bagus. Duh aku belum pernah ke Sumatera Utara mbak

    ReplyDelete
  8. Memang bikin mupeng, apalagi setelah melihat foto0foto ini, terutama Kawah Putih Tinggi Raja ... wiiih kapan ya saya bisa ke sana?

    ReplyDelete
  9. Aduuuh Medan itu emang juara dari alamnya ya mbak :D lihat air terjun Spiso-Spiso pengen nyebur rasanya :D

    Semoga pas balik kampuang ke Padang bisa extend mampir ke Medan :D Aamiin

    ReplyDelete
  10. Danau Toba salah satu tempat yg ingin sy kunjungi th 2019 esok mbaa
    Bagus y emng

    ReplyDelete
  11. Aku belum pernah ke sumatera sama sekali huhuhuuu.. Suamiku yg pernah ke toba bilang kalo aku pasti bakal norak di situ, minta difotoin terus krn tempatnya cantik bangeeet hahahaa

    ReplyDelete
  12. Aku belum pernah ke Bromo. Setelah baca postingan ini lalu seketika aku juga ingin berkunjung ke danau Toba.

    ReplyDelete
  13. Masya Allah cantik - cantik ya pemandangannya jadi pengen kesana. Semoga aja tahun depan bisa ke salah satu destinasi disana.

    ReplyDelete
  14. Liat foto2nya bikin mupeng ih pengen banget ke sana..kangen traveling lagi...

    ReplyDelete
  15. Aku pengen liat Danau Toba legend banget danau itu

    ReplyDelete
  16. Aku juga belum pernah ke Danah Toba Mba. Padahal aku orang Sumatera *malu deh sama Ashwin. Btw saya juga tertarik lihat Kawah Putih Tinggi Raja, cakep view nya :)

    ReplyDelete
  17. Seruuu, aku lho ini udh umur segini blom pernah liat danau toba langsung. Doakan ya kak

    ReplyDelete
  18. Di Sumatera Utara banyak tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi ya, saya pengen ke Danau Toba

    ReplyDelete
  19. Hihihihi maaf kan saya ya, yg taunya di medan cuma danau toba aja. Dasar kurang jauh jalan jalannya nih hehe

    Doakan saya bs pegi pegi ke medan ya kak

    ReplyDelete
  20. I haven’t been to Medan while my husband has. And he showed me tons of incredible pictures from the spot. Really beautiful indeed

    ReplyDelete
  21. Kawah putihnya bagusss banget..bikin mupeng

    ReplyDelete
  22. Menantuku orang sumatra utara nih btw...

    ReplyDelete
  23. Huaaaa, menggoda banget ini tempat-tempat wisatanya. Huhu... aku belom pernah ke Sumut. Cuma baru lihat di internet dan tv aja. Semoga bisa segera kesampaian deh main ke sana. :)

    ReplyDelete
  24. Saya belom pernah ke sumatera utara :( kalo kesana wajib banget ke danau toba ya mba hihi

    ReplyDelete
  25. Aku numpang lahir di Sumatera Utara, tapi bukan di Medan-nya.
    Di Tangkahan Lagan.

    Tapi ingatanku samar-samar mengenai keindahan Danau Toba dan air terjun Sibolangit.

    Pertanda ini mungkin yaa...
    Pertanda kembali ke tanah kelahiranku.

    Hihii...aamiin.

    ReplyDelete
  26. Mba...
    Kalau ke Medan, ajak-ajak aku laaa.
    Siap jadi dayang-dayang akutu :)
    Janji ya ;)

    ReplyDelete
  27. Aku belom pernah liat Danau Toba Kak. Hiksss
    Doain yaa moga bisa kesana

    ReplyDelete
  28. Aku yang orang Sumatera malah belum pernah ke tempat2 itu mba hehehe. Rencananya sih tahun depan mau liburan ke sana nih. Thanks mba untuk referensinya

    ReplyDelete
  29. Sumatraa ohh sumatraa.. tanah kelahiranku.. tpi yang sumatra selatan ding.hehehehe

    ReplyDelete
  30. Dee, ajakin dooong kalau mau liburan ke Sumatera Utara. Tempat nun jauh ini salah satu yang ingin kukunjungi juga nih.

    ReplyDelete
  31. Harga Tarif hotelnya murah banget ya. Sekarang kita bisa lebih mudah nginep di hotel tanpa takut kantong jebol.

    ReplyDelete
  32. Akkkk mupeng deh jalan-jalan ke wilayah Sumatera Utara. Aku baru menginjakkan kaki di Palembang, Pekanbaru, dan Jambi.

    ReplyDelete
  33. Hihihi, yg pamerin keindahan Medan/Sumatera Utara malah orang India.. aku juga pengen lah Mbak ke Danau Toba. Penasaran banget.

    ReplyDelete
  34. Aaahhh Medan. Mau duriannya, mau jalan-jalan juga. Pesan tiket dan cari hotel di pegi pegi bisa jadi alternatif pilihan ya

    ReplyDelete
  35. jadi inget beberapa hari lalu nulis juga soal kuliner medan, yaitu bika ambon. tak kira khas ambon, eh ternyata khas medan hahhaa... jadi pengen ke medan juga, pengen ke danau toba yang dari duluuuu banget sudah legend hihihi

    ReplyDelete
  36. Waduuuh... itu tempat2 wisata yang mba sebutkan juga bikin aku tergoda. Waktu itu ke medan cuma kulineran aja, dan sempat nyobain kereta bandara ke kualanamu. Tapi gak sempat buat mampir ke tempat2 wisata

    ReplyDelete
  37. Wapo ini warung pojok di dekat Unair?
    btw, makin banyak yaa orang India yang bekerja di Indonesia.

    ReplyDelete
  38. Pengin ke bromo, belum pernah liburan kesono'... seru bgt kayanya kalo pagi2 dsono

    ReplyDelete
  39. Thank you so much Mbak Dian :)
    Indonesia is indeed a very beautiful place..Still unexplored still untouched places that take ones breath away!Every visit here has given me friends to remember who have welcomed heartily with warmth and love that I will always look forward to visit again!!

    Lots of love from Goa,India



    :)
    Ashwin

    ReplyDelete