Cara Menggunakan Kamera DSLR untuk Pemula

Thursday, May 24, 2018


Sejak memutuskan untuk 'nyemplung' di dunia konten kreatif, saya sudah meniatkan untuk punya sebuah kamera DSLR. Bukan buat gaya-gayaan, tapi lebih pada inventaris untuk modal kerjaan. Ya.., sebagai travel blogger, pastinya saya saya ingin tulisan-tulisan saya baik di blog, media maupun medsos dilengkapi dengan foto-foto. Nah dengan menggunakan kamera DSLR, tentu membantu saya banget untuk mengambil hasil gambar yang lebih detil, tajam, serta kreatif.

Ada berbagai jenis kamera DSLR yang hadir dengan menawarkan macam-macam fitur dan inovasi terbaru. Bagi fotografer pemula, yang awalnya terbiasa menggunakan smartphone atau kamera saku untuk menyalurkan hobi mungkin akan membutuhkan sedikit waktu agar bisa beradaptasi dengan kamera DSLR. Kebanyakan fotografer pemula merasa bingung melakukan pengaturan DSLR karena belum terbiasa atau bahkan tidak mengetahui cara menggunakan kamera DSLR. 

Fotografer pemula 😀

Hingga saat ini, saya pun masih dalam taraf belajar memotret menggunakan kamera DSLR. Tapi gak ada salahnya kan, kalau saya ingin berbagi sedikit pengetahuan yang saya punya tentang penggunaan kamera DSLR.

Baca juga: Di Balik Foto-Foto Cetar yang Beredar di Medsos

Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam menggunakan kamera DSLR

1| Kenali Tombol-tombol pada Kamera DSLR

Saat pertama kali menggunakan kamera DSLR, tentu ada banyak perbedaan jika dibandingkan dengan kamera pocket. Kamera DSLR menawarkan lebih banyak fitur dan tombol daripada kamera saku. Untuk itu, kamu harus mempelajari semua tombol yang tersemat dalam kamera DSLR agar kamu bisa menggunakan kamera tersebut secara optimal. Setiap jenis atau tipe kamera biasanya memiliki tombol pengaturan yang sedikit berbeda dibanding yang lain. Jangan malas untuk membaca manual book yang tersedia. Paling tidak, kamu harus mengetahui letak tombol pengaturan ISO, White Balance, serta autofokus.

2| Mode Shutter dan Aperture

Cara menggunakan kamera DSLR yang perlu diketahui fotografer pemula dapat dimulai dari pemahaman mengenai mode shutter dan aperture. Kedua mode ini sangat berperan penting pada kamera. Pemakaian mode shutter dan aperture ini membantumu agar lebih mudah dalam memotret. Kamu juga bisa memakai manual mode yang berfungsi untuk memunculkan setting aperture ataupun shutter yang bervariasi. 

3| Melepas Shutter

Meski terdengar sepele, namun cara menggunakan kamera DSLR bagi pemula ini juga tak kalah penting. Tombol shutter yang ada pada kamera DSLR tak bisa digunakan sembarangan. Kamu harus mengetahui bagaimana cara melepas shutter yang benar. Tak jarang menekan sebagian shutter justru membuat fokus pada lensa. Untuk itu, kamu harus bisa mengira-ngira kapan waktu yang tepat untuk melepas shutter.

4| Kenali Penggunaan White Balance

Persoalan yang kerap dijumpai para pengguna kamera DSLR yang masih pemula yaitu memotret dengan detail warna gambar yang kurang tepat. Karena itu, kamu harus mengenal white balance terlebih dulu supaya kamera dapat memotret objek dengan warna yang sesuai kondisi. Jangan sampai ketika memotret objek yang seharusnya berwarna biru, tapi hasil fotonya justru menjadi warna lain misalnya hijau atau kuning.

5| Mengunci Fokus

Ini merupakan salah satu teknik yang wajib dipelajari oleh para fotografer pemula. Seorang fotografer pemula harus bisa mendapatkan focal length yang tepat, sehingga gambar pun menjadi lebih fokus, entah background maupun subjeknya. Apabila kamu salah melakukan penguncian fokus ini, bisa jadi hasil fotomu akan ngeblur dan tidak menarik.

Itu dia beberapa teknik fotografi dasar yang harus kamu pahami sebagai seorang fotografer pemula. Rajinlah berlatih untuk mendapatkan gambar terbaik agar teknikmu semakin terasah dengan baik. Tanpa latihan memotret yang rajin, maka teknik-teknik di atas tidak akan kamu kuasai dengan mudah. Selamat berburu foto dengan DSLR kesayanganmu!

You Might Also Like

15 komentar

  1. sampe skrng klo pake dslr masih ngasal mbak, klo hasilnya bagus berrti lagi beruntung hihihihi...

    ReplyDelete
  2. intinya aku harus punya kameranya dulu ya mbak...lepas tuh baru kenalan dengan tombol2 yang ada, kemudian baru melalak kesana kemari buat jepret jepret apa aja untuk melihat hasilnya heheh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe iya kak.. Kudu punya kameranya dulu 😀

      Delete
  3. Setiap membaca review soal kamera DSLR mupeng.... Tapi melihat cara pakainya juga ternyata agak rumit ya kak... hehehe... ini isi kepala sudah gak di situ kayaknya... hahahaha BTW si Lala ciamik pakai DSLR.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe iya, awalnya emang rumit.. Tapi lama2 jadi biasa kok 😀

      Delete
  4. ajarin aku pake kamera DSLR kak, udah lupa nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkwkwkwk... Kebaliiik. Aku yang minta diajarin

      Delete
  5. belom pernah punya DSLR
    pengin sih beli
    tapi masih mikir juga
    masih ngandalin kamera hp hihihi
    tapi moga tercapai
    btw thanks tipsnya mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kamera HP sekarang juga udah bagus2 kok, uni... Aamiin, moga segera kesampaian punya DSLR ya uni

      Delete
  6. Pernah pinjam kamera DSRL ponakan, tapi gak bisa dapat hasil bagus. Belum bisa make kali ya, ada objek, pencet aja. Hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe sama. Aku sampe sekarang pun seringnya cuma ngandelin feeling kok kalo motret 😀😀

      Delete
  7. Pernah diajarin suamiku, Mbak.. pake perasaan juga buat dapatin fokusnya.

    ReplyDelete
  8. saya sudah memiliki kamera DSLR sejak lama, dan Puji Tuhan sampai sekarang masih belum mengerti pakainya. Terutama saat malam hari, harus lihat contekan settingan baru bisa

    ReplyDelete
  9. Kapan-kapan ajarin aku, Cint ^^
    Jadi, kapan kita bolang bareng lagi, seperti ke Air Terjun Putri Malu?

    Kangen, euiii...

    ReplyDelete