Jungkir Balik di Rumah Imaji Bintan

Thursday, May 31, 2018


Akhir April lalu, saya dan teman-teman Blogger Kepri juga GenPi Bintan mengikuti acara talkshow tentang dunia blogging dan pariwisata. Acara talkshow bertajuk Kumpul Blogger Kepri itu dihelat di Food⭐Gram, sebuah food court baru dengan tampilan instagramable yang ada di Plaza Lagoi, Bintan. Berada di tempat yang instagramable begitu, tentu saja bikin semua tak ingin melewatkan kesempatan untuk berfoto. Kalo bahasanya anak kekinian, lumayan, buat 'ngasih makan' instagram..

Sesi pemotretan indoor

Sesi pemotretan outdoor | Dok Robbi Hafzan

Sewaktu sedang asyik explore spot foto, saya, mbak Menik dan teh Lina melihat Rumah Imaji yang ternyata lokasinya bersebelahan dengan Food⭐Gram. Saya sudah penasaran dengan wahana yang satu ini sejak pak Luki Zaiman, Kadispar Bintan, posting foto-foto beliau di Rumah Imaji ini. Karena pagi itu Rumah Imajinya belum buka, kami bertiga pun berniat untuk melipir ke Rumah Imaji nanti setelah acara talkshow selesai.

Foto bareng setelah talkshow | Dok. Robby Hafzan

Semesta mendukung. Hari itu, pihak Lagoi Bay Bintan rupanya sudah menyiapkan kejutan untuk semua peserta talkshow. Dan kejutannya berupa tiket masuk gratis ke Rumah Imaji. Yeeeay! Tau aja nih kalo kami emang pengen melipir ke Rumah Imaji. Eh, malah dikasih tiket masuk gratis. Siapa yang bisa nolak kalau sudah begini?

Tiket masuk sudah di tangan

Yang Menarik di Rumah Imaji

Yang namanya Rumah Imaji, Rumah Terbalik, Trick Eye Museum atau whatever lah istilahnya, bukanlah sesuatu yang baru lagi. Hampir di setiap kota ada wahana seperti ini. Yang bikin beda biasanya setiap wahana punya ciri khas dan keunikan masing-masing. Di Batam sendiri sudah ada dua wahana seperti ini, Batam 3D Museum yang berlokasi di Nagoya City Walk dan The Illusion yang ada di Bengkong. 

Rumah Imaji yang ada di Lagoi Bay Bintan ini temanya bernuansa Melayu Kepri, khususnya Bintan. Mulai dari tempat wisata, budaya, permainan tradisional, sampai event-event besar yang setiap tahunnya dihelat di Bintan dan Tanjungpinang. Nah jadi, kalo kamu baru pertama kali menjejakkan kaki di Bintan, dan tidak punya cukup banyak waktu untuk keliling Bintan, kamu bisa datang ke Rumah Imaji ini untuk 'mengenal' Bintan lewat spot-spot yang ada.

Gasing, salah satu permainan tradisional Kepri

Sebelum masuk ke spot-spot foto dalam Rumah Imaji, kita wajib melepas alas kaki. Gak usah khawatir sepatu ato sandal kita tercecer atau hilang, karena kita akan dikasih tas kain untuk menyimpan sepatu. Waktu masuk Rumah Imaji, tas berisi sepatunya wajib ditenteng. Jangan ditinggal di pintu masuk, karena nanti keluarnya dari pintu yang berbeda. 

A window into Bintan 

Spot pertama adalah rumah adat Melayu. Warna kuning dan ornamen ukirnya begitu khas. Setiap detailnya terlihat persis dengan rumah aslinya. Ruangannya pun lengkap. Mulai dari ruang tamu, kamar tidur, ruang makan, dapur, sampai kamar mandi. Persis seperti rumah sungguhan. Bedanya hanya, semua perabotan yang ada di sini berada dalam posisi terbalik. Di sini, imajinasi, kreativitas dan urat malu kamu dipertaruhkan. Hahaha... Mau hasil foto yang cetar? Harus berani malu diliatin bahkan mungkin diketawain ama pengunjung lain. Ngana pikir gampang jadi model?

Bersihin kamar mandi sambil jungkir balik

Susah banget sih mau ngambil gelas

Karena tidur di kasur sudah terlalu mainstream

Dari rumah adat Melayu, kita akan diajak melewati jembatan kayu di antara hutan bakau. Suasana di spot ini sengaja dibuat remang-remang, karena fokusnya ada pada kunang-kunang yang ada di sekitar hutan bakau. Dan tentu saja, semua itu bukan sungguhan. Ya, namanya juga Rumah Imaji.

Melihat kunang-kunang

Setelah melewati jembatan kayu, kita akan sampai di dunia lain spot yang berisi lukisan-lukisan 3D. Ada sekitar 50 lukisan yang bisa memuaskan hasrat narsismu. Semua bertemakan Bintan. Ada Masjid Raya Sultan Riau aka Masjid Penyengat, permainan gasing, safari Lagoi, kajang suku laut, kelong, Iron Man, dan banyak lagi. Makanya, sediakan waktu yang cukup kalo kamu pengen puas nyobain semua spot yang ada.

Naik perahu bareng suku laut

Masjid Penyengat

Sosialita sibuk atur jadwal arisan

Ci luk baaaa!

Rumah Imaji Bikin Lupa Segalanya

Berada di Rumah Imaji ini selain bikin kita berimajinasi, juga bikin lupa segalanya. Ya lupa waktu, juga lupa umur. Untung aja ga ada yang sampe lupa diri. Hahaha.. Ya soalnya, demi mendapatkan hasil foto yang keren, kita kudu rela jungkir balik, duduk lesehan, tiduran, tiarap, manjat-manjat. Pokoknya kudu totalitas. Tapi seru banget sih. Kami sampai gak berenti ketawa setiap melihat ada teman yang berpose ajaib.

Totalitas itu perlu

Demi foto keceh kudu rela jungkir balik 😀

Oiya, gak usah khawatir gak ada yang motoin kalo kamu datang sendiri. Soalnya petugas-petugas di sana selalu siap jadi tukang potret sekaligus merangkap jadi pengarah gaya. Kamu tinggal bergaya aja sesuai arahan mereka. Mau bergaya sesuai imajinasi kamu? Sah-sah aja kok. Namanya juga lagi di Rumah Imaji. So keluarkan semua kreativitas dan imajinasi kamu. 

Jadi, kapan kamu mau jungkir balik di Rumah Imaji?

Rumah Imaji
Plaza Lagoi. 
Jl. Teluk Sebong, Lagoi. Bintan - Kepulauan Riau
Open hour: 10.00 AM - 09.00 PM

HTM:
Lokal dewasa: IDR 50K
Lokal anak-anak: IDR 25K
Wisman dewasa: IDR 100K
Wisman anak-anak: IDR 50K

You Might Also Like

20 komentar

  1. Ngakak lihat foto-fotonya, terutama yang usaha banget. Ingat yang di dahan salah pose sampe bobok-bobok wkwkwkw. Paling suka yang di perhau dengan latar suku laut, bagus gambarnya dan "Kepri banget"

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sama. Aku juga paling suka yang itu. Ama yang kelong juga..

      Delete
  2. Aku belum pernah nih main ke tempat yg kaya gini, soale gak bisa pose :p
    Pose-pose fotonya ajaib semua ya.. hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe cobain deh sekali-sekali.. Seru!

      Delete
  3. bagus gambarnya beda dari yang sudah ada, tapi salfok sama semangat mab menix

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha pokoknya rela jungkir balik ya, Leh..

      Delete
  4. Ngeliat gambar atuk buka tudung saji dan ada mbak dian keluar dari piring kok jadi ingat iklan ibu-ibu qasidahan keluar dari rice cooker. hahaha. aaihh. imaji memanglah nii..

    ReplyDelete
  5. Benar-benar ujian imajinasi ya biar hasilnya bikin bingung orang yang lihat hasilnya. Dulu, sempat bingung juga gimana kok bisa gitu hasil fotonya. Ternyata ada triknya toh. Cocok banget buat yang suka foto selfie yang nggak biasa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, hasil fotonya kudu dibolak-balik juga biar hasilnya OK

      Delete
  6. Wah seru banget ya kak disana... Jadi pengen kesana lagi deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya jadi pengen balik lagi ajak Lala

      Delete
  7. Udah sering ketawa-ketawa kalau lihat foto-foto ini. Tetap ngakak saat lihat lagi. Duh itu pose Kak Ices di foto pertama ngalah-ngalahin foto model professional.😂😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha.. Pokoknya usahanya kudu maksimal ya teh. Ga bisa setengah-setengah

      Delete
  8. Lucuuu foto fotonyaa..XD
    Cakep nih, klo k bintan hrs mampir.. Mkasih infonya..

    ReplyDelete
  9. Foto yang di meja lucu bgt mbak hihi..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha.. Nggilani banget ya ekspresinya

      Delete
  10. Keccee ugaa yaa :D
    Ini jauh ga dr pelabuhan roro kak??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lumayan sih Han.. Sekitar 1 jam lah..

      Delete