Ini Dia Kopi Arabica Terbaik di Dunia yang Harus Kamu Coba

Monday, March 12, 2018


Sebagai penggemar kopi, saya gak akan melewatkan setiap kesempatan untuk menikmatinya. Buat saya, kopi enak dan cocok dinikmati kapan saja. Apalagi kalau sedang ngumpul bersama teman atau keluarga. Salah satu kopi yang biasa jadi pilihan adalah Arabica, yang memiliki rasa yang sangat khas dan aromanya yang nikmat. Selain itu ada beberapa kopi Arabica terbaik di dunia yang sangat digilai oleh para pecinta kopi jenis ini.

Saya bukan termasuk penggemar kopi jenis Arabica. Lidah saya lebih bisa dan terbiasa menerima kopi jenis Robusta. Tapi tentu, saya tetap gak akan menolak kalau disuguhi kopi jenis Arabica.

Harga dari kopi jenis Arabica lebih mahal dari pada kopi lainnya, namun menurut para penggemarnya, harga bukan lagi masalah apalagi bila dibandingkan dengan aroma dan rasanya. Jenis kopi ini bisa dengan mudah kamu jumpai di berbagai toko online di Indonesia.

Berikut adalah beberapa kopi jenis Arabica yang diketahui paling banyak peminatnya dan paling enak di dunia:

Typica

Salah satu kopi Arabica terbaik di dunia adalah Typica. Jenis ini adalah yang pertama kali masuk atau dikenal di Indonesia. Jenis ini memiliki biji yang terasa manis dan warnanya merah matang. Typica dibagi menjadi beberapa jenis seperti Kona yang berasal dari Hawaii, Criolo yang berasal dari Amerika, Garundang dari Sumatra, Blue Mountain yang berasal dari Jamaika, dan lain sebagainya. Yang menjadi ciri khas bagi kopi ini adalah rasanya yang begitu manis dan aromanya seperti campuran buah-buahan dan memiliki rasa yang sangat seimbang, karena itulah kopi ini disebut terbaik.

Bourbon

Kopi Bourbon ini juga memiliki rasa yang manis, kompleks, dengan teksturnya yang begitu halus dan juga unik. Kopi ini berasal dari pohon Bourbon dan jenis pohon ini sangat mudah terkena penyakit dan sangat rapuh, jadi pohon ini hanya mampu menghasilkan biji kopi yang tidak begitu banyak. Karena itu, kopi ini termasuk dalam kopi yang langka karena susah didapatkan dan membuat harga kopi tersebut menjadi jauh lebih mahal dari pada kebanyakan kopi Arabica yang lain. Namun hal ini sebanding dengan cita rasa dan aromanya yang unik.

Hybrida de Timor

Jenis kopi Arabica yang satu ini tidak jauh beda dengan jenis Typica. Sesuai dengan namanya, kopi ini berasal dari bagian timur Indonesia yang dikenal mempunyai rasa dan aroma yang sangat memikat hati. Jenis ini adalah hasil persilangan dari kopi Arabica dan Robusta, jadi saat diminum, Anda pun dapat merasakan perpaduan rasa dan aroma dari keduanya. Hybrida de Timor ini pertama kali diproduksi tahun 1978. Selain di bagian timur Indonesia, kopi ini dapat juga ditemukan di Flores dan Aceh, namun kuantitasnya tidak sebanyak di bagian timur tersebut.

Linie Ethiopia

Linie Ethiopia ini sudah masuk ke Indonesia sejak tahun 1928 dan dibudidayakan di kawasan Jawa dan juga Aceh. Meskipun sekarang ini jumlah dari kopi tersebut tidaklah banyak, namun Indonesia tetap membudidayakannya meskipun juga sangat sulit. Selain di daerah Jawa dan Aceh, kopi jenis ini juga dapat ditemukan di daerah Flores dan Sumatera. Kopi ini mempunyai rasa yang sangat manis seperti rasa karamel dan aromanya juga berbau buah-buahan dan herbal.

Linie S

Selain Linie Ethiophia, Linie S ini juga termasuk kedalam kopi Arabica terbaik di dunia yang harus Anda coba. Kopi yang berasal dari India ini sudah dikembangkan menjadi dua tipe, yaitu S-795 dan S-288. Jenis ini bisa ditemukan di daerah Bali, Aceh, Jawa, Flores, dan lain sebagainya. Rasa yang dimiliki pun hampir serupa dengan Bourbon, begitu juga dengan aromanya.

Kalo kamu, suka yang jenis apa? Kalo saya sih, apapun jenis kopinya asal minumnya sama kamu, saya pasti suka. #eaaaaa...

You Might Also Like

8 komentar

  1. aq suka nyium wangi kopi aja mbak, gak bisa minumnya karena langsung ingin muntah kalo minum kopi, tapi suami aq coffeeholic, tiada hari tanpa ngopi deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah brati kebalikannya aku ama suami, mbak.. Aku suka kopi, tapi suami enggak 😀

      Delete
    2. lhaa ini sama banget ma akuu, aku suka wangi kopi, tapi ga terlalu bisa meminumnya, migrain soalnya, jaga2 biar ga kumat. Baru belakangan aja mulai coba2 ngopi. Sebaliknya, suami kopi mania, sehari bisa 3-4 kali ngopi, kalau ga direm mah bisa lebih

      Delete
    3. Hihihi kebalikannya aku juga ya, mbak May 😁😁

      Delete
  2. Jadi, kapan mau ngopi sama aku mba?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo kapan mbaaaak? Belum pernah ketemuan ya kitaaa...

      Delete