Nyobain Pecel Belut Elek di Warung BKS

Tuesday, September 29, 2015


Mudik ke Surabaya berarti saatnya memanjakan lidah dengan aneka kuliner favorit. Ya, gimana ya.. namanya juga hidup di rantau. Kadang suka kangen ama kuliner khas kampung halaman. Emang sih, di Batam sudah mulai ada yang jual aneka makanan khas Jawa Timur, seperti soto Lamongan, tahu campur, lontong balap, rawon, atau pecel. Rujak cingur juga ada di Batam, tapi kadang cingurnya diganti krecek, jadi ya rasanya tetep aja ada yang kurang.  

Tapi kalo bagi saya, yang namanya makanan khas itu emang paling afdal kalo dinikmati langsung di daerah asalnya. Suasana dan level kenikmatannya itu yang tak tergantikan. Betul gak sih?   

Apa aja sih kuliner yang selalu kami buru kalau lagi mudik ke Surabaya? Pastinya lontong kupang dan belut sambel selalu ada dalam daftar. Dua kuliner ini gak ada di Batam, jadi kalo mudik sudah pasti dua kuliner ini yang kami cari. Saya pernah menuliskan tentang kuliner apa aja yang selalu bikin saya kangen ama Surabaya. Silakan baca di sini yaa... 

Nah ngomong-ngomong soal belut sambel, saya mau cerita dikit niih. Pas mudik kemaren, malem-malem saya dan suami lagi pengen makan belut. Biasanya sih langsung njujug ke SBS (Spesial Belut Surabaya) warungnya H.Poer yang udah terkenal di dunia per-belutan itu. Nah malam itu rencananya kami mau makan di warung SBS yang cabang Rungkut. Tapi pas lewat kok warungnya udah gak ada ya? Padahal dulu kami sering makan di SBS yang cabang Rungkut itu. Apa sudah pindah ya?

Kami langsung memutuskan ke warung SBS cabang lain aja. Warung SBS milik H. Poer ini memang punya banyak cabang di Surabaya. Sambil jalan, saya coba buka OpenSnap. OpenSnap ini adalah applikasi social dining guide yang merupakan lansiran dari OpenRice yang sudah lebih dulu dikenal di kalangan pecinta kuliner. 

 Nyobain fitur Map View di OpenSnap

Di OpenSnap ini katanya ada fitur yang namanya Map View, yang memungkinkan kita untuk mengetahui resto apa aja yang terdekat dari lokasi kita. Cobain ah.. Wah langsung muncul niih resto-resto yang ada di kawasan Surabaya Timur. Pas banget langsung muncul nama warung Belut Khas Surabaya di Jalan Ngagel Jaya Selatan nomer 104. Eh, tapi kok BKS ya? Bukannya SKS? Berhubung emang udah ngidam belut akhirnya kami sepakat untuk mencoba menu belut di warung BKS ini.  


Nemu warung BKS 
Dari luar pencahayaan warungnya agak kurang, sehingga jadi terlihat remang-remang. Tapi pas saya perhatiin logo BKS nya, kok miriiiip banget ama logo SKS ya? Logonya mirip, trus, apa rasa pecel belutnya juga mirip? Mari kita coba.. 

 Tampak depan warung BKS

Seorang pelayan menyodorkan daftar menu pada kami. Pilihan menunya banyak juga niih, dan bukan cuma belut aja. Ada ayam, udang, burung puyuh, burung dara, ikan gurami, bandeng, tahu tempe, juga tumis kangkung. Wah lengkap nih. Jadi buat yang gak doyan belut bisa coba menu yang lain di sini. Kami memesan 3 porsi pecel belut elek, dan 1 porsi tempe penyet. Minumnya es teh dan es jeruk. 

 Daftar menu

Setelah menunggu cukup lama, pesanan kami datang juga. Selama ini, kalau makan belut di warung SBS, kami memang selalu memesan pecel belut elek. Tampilan belutnya sih emang seperti namanya, terlihat elek dan gak menarik. Apalagi ditambah bawang putih geprek goreng yang masih lengkap dengan kulitnya dan ditaburkan begitu saja di atas cobek menemani potongan-potongan belut, membuat penampilan si belut jadi semakin terlihat elek. Tapi jangan salah, untuk urusan rasa, bagi saya justru pecel belut elek inilah yang rasanya paling juara. Belutnya yang digoreng setengah matang justru terasa yummii dan lembut di lidah. Bawang putih geprek yang bikin penampilan pecel belut jadi makin elek itu pun justru menambah cita rasa tersendiri. 

 3 porsi pecel belut elek

 Tempe penyet

Dan ternyata, rasa pecel belut elek di warung BKS ini sama enaknya seperti yang biasa kami makan di warung SBS. Wah ternyata bukan logonya aja yang mirip, rasanya pun juga sama looh. Tekstur belutnya lembut, sambelnya mantap. Pokoknya endess banget...

 Abaikan tampilannya yang elek...

Oiya, mungkin selama ini banyak yang agak agak geli-geli gimana gitu ya kalo denger belut. Tapi tau nggak sih, kalo sebenernya belut itu kaya akan zat gizi yang berkhasiat untuk kesehatan. Seperti zat besi, fosfor, vitamin A, dan vitamin B. Protein pada belut juga kaya akan asam amino yang memiliki kualitas cukup baik yaitu leusin, lisin, asam aspartat, dan asam glutamat. 

Eh dari mana saya dapat informasi tentang belut itu? Pasti pada ngira saya bela-belain gugling ya.. Hehehe jangan salah, semua informasi tentang kandungan gizi belut itu saya dapat dari spanduk yang ada di warung BKS. Jadi sambil makan, nambah ilmu juga kan ya.. :) Alhamdulillah...

 Info tentang belut di dinding warung

Karena masih agak-agak penasaran ama semua kemiripan warung BKS dan SKS, waktu bayar di kasir suami saya iseng-iseng tanya. Dan ternyata bener aja, warung BKS ini juga masih kepunyaan H. Poer. Oalaaah pantesaaan.. 

Wah besok-besok kalo mau cari info tentang makanan khas Surabaya yang recommended bisa langsung cari di OpenSnap niih.. 

BKS (Belut Khas Surabaya)
Jl. Ngagel Jaya Selatan no. 104. Surabaya
Telp (031) 5015560

You Might Also Like

6 komentar

  1. Saya agak-agak gimana gitu sama belut :D geli dan emang nggak suka tapi kalau nangkapnya di sawah suka banget :D

    ReplyDelete
  2. SayA juga suka banget dengan Kuliner belut, paling suka kalau belut nya dibakar terus dimasak dengan kuah santan.

    ReplyDelete
  3. Aku doyan banget ama belut, kayak nya besok mudik wajid di kunjungi

    ReplyDelete
  4. Suka sekali sama belut, gurihnya aduhai. Trus bawang putih untuk penangkal Kolesterol yang berlebihan. Suka sekali sama serakan bawang itu.

    ReplyDelete
  5. gara2 liat foto mbak yang paling atas, dian udah brpa hari ini pengen bgt mkn belut ampe kebawa mimpi, tpi ga kesampean, di pasar ga ada hiks. hiks..

    ReplyDelete
  6. Aku nggak begitu suka belut. Aneh gitu rasanya. Sama kek lele. Geli-geli gimana gitu -__-"

    ReplyDelete