CH Ikan Bakar | Citarasa Ikan Bakar khas Makassar

Friday, June 12, 2015


Kalo ngomongin ikan bakar, saya selalu teringat rumah. Ikan bakar paling enak menurut saya adalah ikan bakar bikinan mama. Apalagi ditambah cacahan mangga muda sebagai pelengkapnya. Orang Bugis nyebutnya ceccak pao. Wuihh! Itu rasanya bener-bener tiada duanya. Ya, sebagai orang Bugis asli, menu ikan gak pernah absen dari atas meja makan. Entah itu dibakar, dimasak pallumara, ataupun sekadar digoreng. Yang jelas, semua enak!

Nah begitu tau ada rumah makan ikan bakar khas Makassar yang baru buka di Batam, suami langsung semangat ngajakin nyoba makan di situ. Saya mah kalo diajakin makan selalu aja hooh. Saya mah gitu orangnya... Pantang menolak ajakan makan. Semoga ada yang baca trus langsung tergerak hatinya pengen nraktir, hahaha.... 

Malam Minggu tanggal 6 Juni kemaren, kami pun menuju ke kawasan Batam Center. Langsung njujug ke rumah makan CH ikan bakar khas Makassar. Sampe di lokasi, ternyata rame bener yang makan. Hampir semua meja terisi penuh. Mungkin karena kami datang pas waktu makan malam ya...

Semua meja terisi penuh

Kami pun menuju ke satu-satunya meja kosong yang ada di deretan depan, dekat meja kasir. Rumah makan CH ini modelnya terbuka. Meja-meja dan kursi berada di tengah-tengah ruangan. Di bagian depan ada meja kasir. Sementara dapur ada di sisi lain yang berhadapan dengan meja kasir. Dari tempat duduk, pengunjung bisa jelas melihat kesibukan yang terjadi di dapur. 

 Mas Franky yang ramah dan murah senyum

 Yang di dapur senyum dulu doonk :)

Seorang waitress langsung menghampiri kami. Baru saja saya mau memesan ikan kudu-kudu, ternyata keduluan ama si mbak waitress-nya. Katanya, ikan-ikan khas Makassar malam itu lagi kosong. Menurut si mbak yang lupa saya tanyakan namanya, ikan-ikan yang disajikan di rumah makan ini memnag didatangkan langsung dari Makassar. Cuma menurut beliau, dalam beberapa hari ini pengiriman ikan  dari Makassar memang agak kurang lancar. 

Karena belum berjodoh dengan si kudu-kudu, akhirnya kami pun memesan ikan bawal bintang bakar dengan bumbu parape. Berhubung ada bocah yang gak bisa makan pedes, jadi kami minta bumbu parapenya disajikan terpisah. Untuk tambahannya kami pesan 1 porsi otak-otak goreng. Sementara minumnya suami memesan orange juice, dan saya memesan blackcurrant juice, plus gak ketinggalan sebotol air mineral. 

 Orang juice (15K) & Blackcurrant juice (18K)

Minuman-minuman pesanan kami datang lebih dulu. Setelah itu menyusul otak-otak goreng, dan terakhir si bintang utamanya, ikan bawal bintang bakar bumbu parape. Ikan bakarnya datang ditemani empat macam sambal yang disajikan dalam piring-piring kecil. Ada sambal tomat, sambal mangga, sambal rica-rica, dan sambal dabu-dabu. Wuiiih mantap! Ayo mandre!

 Otak-otak goreng (40K)

 Ikan bawal dengan empat macam sambal (75K)

Ikan bawalnya dibakar polos, maksudnya dibakar tanpa diolesi bumbu apa pun. Jadi waktu dimakan bener-bener terasa ikannya. Apalagi kami minta bumbu parapenya disajikan terpisah. Jadi bisa ngerasain rasa asli dari si ikan bawal bintang ini. Cara ngebakar ikan tanpa olesan kayak gini tuh khas Makassar banget. 

 Ayo mandre!

Dari keempat sambal yang disajikan untuk menemani si ikan bakar, favorit saya sudah jelas, sambal mangga. Paduan rasanya pas! Bikin makin kangen rumah deeh.. Selain sambal mangga, sambal tomat dan sambal rica-ricanya juga saya suka. Cuman sambal dabu-dabunya aja yang saya cuekin. Ngeri duluan ngeliat irisan bawang merah mentah yang ada di situ. Oiya, bumbu parapenya enak banget!

 Ikannya tinggal separo dilumuri bumbu parape

Otak-otak gorengnya juga enak banget. Kemaren otak-otak gorengnya saya 'jodohin' ama sambel tomatnya. Wuiih! Mantep! Cucok banget loh mereka berdua.. *serasa makcomblang sukses deh guee... 

Karena penasaran ama apa kepanjangan dari CH, waktu bayar di kasir, hal ini saya tanyakan langsung kepada mas Franky. Lelaki ramah yang duduk di meja kasir. Ternyata, CH itu adalah singkatan dari Charles Hoki. Siapa tuh Charles Hoki? Charles Hoki adalah nama kepala chef mereka di Makassar sana. Pastinya pak Charles Hoki ini dianggep berjasa banget ya dalam menyajikan hidangan ikan bakar yang istimewa, sampe-sampe namanya diabadikan menjadi nama rumah makan ini. 

 CH Ikan bakar

Pengen coba citarasa asli ikan bakar? Dateng deh ke CH Ikan Bakar. Ikan bakarnya beneran enak!

CH Ikan Bakar
Jalan Gajah Mada (Depan Edukits) Batam Center.
Telp 0813 6508 8686

You Might Also Like

21 komentar

  1. Baru tahu kalau bisa makan ikan bakar pake cacahan mangga mbak Dee. Mangganya yang masing mengkal gitu ya? bukan yang mentah atau matang?

    Ih Lala makan sendiriii gak ajak-ajaaak haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Yan... mangganya yang masih muda. Cobain deeh... enak banget!

      Delete
  2. Enakkkkk... aku suka ikan baik digoreng atau dibakar. Cocok sambal kecap. hehehe. Piringnya gede banget ya, Mbak. Menyesuaikan dengan ukuran ikannya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku juga suka ikaaaan... Iya, ikannya ternyata gede juga, hihihi...

      Delete
  3. baca ini sambil mikir,dimana ya??ternyata depan edukits hehe..sip2 catett

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sipp.. ntar kalo ke Batam lagi banyak yang kudu dicobain nih mbak.. :)

      Delete
  4. Slurrrppp duh pagi-pagi baca beginian bikin ngilerrrrrr,,, ah mangga mudanyaaaaaaaa >_<

    Jadi itu jusnya mahal amat yak ahahaha... di sini cuma 7rbuan :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di sini juga ada Lid, jus yang harganya 7ribuan, tapi ya gitu deeh.. encer banget, banyakan airnya daripada buahnya, hehehehe..

      Delete
  5. aku pun suka sambal mangga, biasanya gak cukup 1 piring kecil sambal :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener Zahra, kalo mamaku bikin sambel mangga, gak pernah pake piring kecil gitu, biasanya pake cobek yang besar, hehehe...

      Delete
  6. Buatku paling mantep makan ikan bakarnya pake sambel mangga. Pedas-pedas asem :D
    Pingin Blackcurrant juice, pingin otak-otak gorengnya....*pingin semua* :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener mbak Rien... Sambel mangga itu juara! Yuk sini mbak ke Batam.. kita makan ikan bakar sambil ngemil otak-otak goreng...

      Delete
  7. Beda ya ama cara bakar ikan orang Jawa yg dibanyakin kecapnya, secara orang Jawa suka manis. Jadi pengen nyicipin ikan bakarnya mbak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bener, mbak.. kalo di Jawa pas laggi dibakar itu udah diolesin kecap ya, kalo ini enggak. Paling enak sih makan ikan bakar begini di pinggir pantai :)

      Delete
  8. Aduh enak banget tuh ikan bakarnya, Lala doyan ya? Aim juga doyan tapi pilih-pilih ikannya :D
    Pas ke tambakrejo mau makan tuna bakar, kalau yang mujair dll masih nggak doyan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lala mau, tapi gak terlalu doyan, Wan.. soalnya dia selama ini taunya ikan bakar yang pake kecap itu.. Jadi pas tau ikan bakar ini gak diolesin apa-apa agak aneh aja mukanya. Lah bumbu olesnya pedes, dia gak mau.. Lala paling suka lele bakar..

      Delete
  9. menikati rasa makassar di batam ni ya.. tapi di batam nyari ikan segar mudah gak mba?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo di Batam, ikan segar lumayan gampang mbak dapetnya.. Banyak laut di sini :)
      Yuk sini.. kita nge-seafood rame2.. :)

      Delete
  10. kalau makan kayak gini memang cocok kalau sambelnya disajikan dalam piring piring kecil gitu. sambelnya bisa bervariasi. kalau nggak cocok, bisa cocol di sambel satunya. Lapar jadinya.... Tapi nggak pakai ngeplak lagi, sudah di Indonesia dan bisa menikmati semua (baca : mbadok terus)

    ReplyDelete