Bagaimana Cara Mengembangkan Ide Sebuah Tulisan

Monday, June 29, 2015


Assalamu 'alaikum mbak Dian. Aku ada perlu niih.. Kira-kira mbak mau nggak ngisi pelatihan nulis buat anak-anak?

Pesan di WhatsApp dari Kasiyanto, seorang teman yang saya kenal di Kelas Inspirasi Batam itu cukup bikin kaget. Bukan karena pesan itu dikirim beberapa menit menjelang jam 12 malam, tapi saya beneran kaget ama isi pesannya. Ngisi pelatihan menulis? Gak salah niih? Jujur saya gak PD dan sama sekali merasa belum pantas untuk ngasih pelatihan tentang menulis. Saya mah apa atuuuh.. Cuma remahan peyek dalam kaleng Khong Guan. 


Wa 'alaikumsalam.. Wow! tawaran menarik niih.. Tapi pengalaman saya nulis belum seberapa mas.. saya membalas pesan WhatsApp itu keesokan harinya. 

Cuma anak-anak kok mbak... :) diajarin aja gimana caranya ngembangin ide tulisan, mbak..
 

Meski pemberitahuannya mendadak banget karena saya baru dikabarin 2 hari sebelum hari H, tapi akhirnya tawaran ini saya terima juga. Bismillah.. saya niatkan ini sebagai sarana belajar juga buat saya pribadi. Obrolan itu pun akhirnya berlanjut membahas tentang hal-hal lainnya terkait pelatihan menulis itu nantinya.

Jadi intinya, saya diminta ngasih pelatihan menulis untuk anak-anak penerima beasiswa dari Dompet Peduli Ummat yang merupakan bagian dari Yayasan Daarut Tauhiid yang didirikan oleh KH. Abdullah Gymnastiar, atau yang lebih dikenal dengan panggilan Aa Gym.

Nah, anak-anak penerima beasiswa dari DPU Daarut Tauhid ini seminggu sekali dikasih pelatihan-pelatihan baik hard skill maupun soft skill. Dan pelatihan menulis ini adalah salah satunya. Total ada 27 anak penerima beasiswa dari DPU Daarut Tauhiid mulai dari tingkat SD sampai tingkat perguruan tinggi. 

Tuhan memang pemilik segala rencana. Di saat saya sedang berharap untuk bisa mengikuti pelatihan-pelatihan menulis karena saya ingin belajar, Tuhan membukakan cara lain bagi saya untuk bisa belajar lebih banyak.

***

Hari Ahad tanggal 28 Juni 2015 setelah sholat dhuhur, ditemani suami dan Lala, saya pun berangkat menuju lokasi DPU Daarut Tauhiid di Batuaji. Sampai di tujuan, saya dipersilakan langsung naik ke lantai 2 yang ternyata di sana sudah duduk sekitar 10 orang yang saya taksir masih berstatus sebagai mahasiswa. Waduh.. saya dikerjain nih ama Kasiyanto. Katanya pesertanya anak-anak, lah ini kok anak kuliahan semua? 

"Kenalin mbak, mereka ini adalah para relawan di sini. Ini bukan pesertanya kok..." Kasiyanto rupanya membaca kekagetan di wajah saya. 

Sambil menunggu para peserta datang, kami pun ngobrol-ngobrol santai. 

 Ngobrol ama para relawan DPU DT

"Mbak, kami perlu siapin apa aja nih? Mau pake infocus nggak? Atau papan tulis mungkin?" Kasiyanto menawarkan.
"Nggak usah deh mas. Nanti kita sharing atau diskusi ringan aja ya. Jujur saya sendiri juga gak tau mau ngomong apa soalnya, hehehe..."
"Gakpapa, mbak.. Nyantai aja.. Pokoknya berdasarkan pengalaman pribadi mbak Dian aja."

***

Saya dikasih waktu sekitar 1,5 jam untuk menyampaikan bagaimana cara mengembangkan ide sebuah tulisan. Kalau bagi saya pribadi sih, dalam mengembangkan ide sebuah tulisan itu tergantung dari kreativitas masing-masing orang. Biasanya penulis akan mengembangkan idenya mengikuti rumus dasar jurnalistik 5W 1H (who, what, where, when, why, dan how). 

 Percaya nggak? Saya grogi ada di depan situuu...

Nah sebelum kita mengembangkan ide sebuah tulisan, pastinya kita harus 'menangkap' ide itu sendiri. Menangkap ide itu sederhana. Karena sebenarnya, yang namanya ide itu bertebaran di sekitar kita, asal kita peka dan jeli. Belakangan saya pun merasa semakin peka dan jeli menangkap ide sejak saya mendapat kesempatan bekerjasama dengan Tokopedia. *teman-teman blogger yang bekerja sama dengan Tokopedia pasti paham ama apa yang saya maksud :)

Untuk 'menangkap' sebuah ide, kita juga harus membuka semua indera yang kita miliki agar kita benar-benar merasakan apa yang ada di sekeliling kita. Hal ini biasa saya lakukan kalau saya berada di suatu tempat mencari bahan untuk tulisan perjalanan. 

Hal lain yang juga saya anggap penting adalah, jangan segan untuk mengobrol dengan orang-orang yang kita temui di lokasi. Biasanya, justru dari merekalah kita akan mendapatkan informasi yang mungkin tidak semua orang tau. 

 Para peserta putri

Biasanya, poin-poin penting yang saya dapat dari hasil pengamatan sekilas maupun mengobrol langsung dengan seseorang, langsung saya catat di notes atau HP. 

Saya juga biasanya 'menangkap' ide lewat jepretan kamera. Apa aja yang keliatan di depan mata, pasti saya abadikan selama tidak ada larangan memotret di situ. Saya juga biasa menggunakan jepretan kamera untuk penanda waktu. Misal bus yang saya naiki baru mulai bergerak meninggalkan terminal, saya ambil foto. Sampai di pemberhentian pertama, saya ambil foto lagi. Begitu seterusnya. Mungkin bagi sebagian orang hal ini terlihat norak. Tapi tidak bagi saya. Ini adalah salah satu cara saya untuk merekam jejak perjalanan, yang pastinya berguna untuk tulisan saya.

Nah, setelah itu tinggal bagaimana cara kita mengemas ke dalam sebuah tulisan. Semuanya balik lagi ke kreativitas masing-masing. Itu aja poin-poin penting yang saya sampaikan kemarin. Selanjutnya saya membuka sesi tanya jawab. Alhamdulillah, pesertanya antusias bertanya. Pertanyaannya pun macem-macem. Ada yang tanya apa saya pernah ngalamin yang namanya writer's block? trus gimana cara saya menghadapi writer's block? Hahaha.. saya mah bukan pernah lagi ngalamin yang namanya writer's block. Tapi seriiiing banget. Trik sederhana dari saya kalau menghadapi writer's block adalah tutup tulisan itu, dan beralih pada hal lain yang menyenangkan. Misal baca buku, makan, atau jalan-jalan. 

Ada lagi yang tanya apa yang menjadi tujuan awal saya menulis? Jujur aja, alasan saya mulai menulis adalah karena saya ingin mengabadikan setiap kenangan yang terjadi dalam hidup saya. Awalnya memang untuk diri sendiri, tapi lama-lama terpikir, kayaknya ini asik juga kalau dibagikan.. Mana tau bisa bermanfaat buat orang lain... 

Trus ada juga yang tanya, bagaimana cara membidik media yang tepat untuk mengirimkan tulisan? Kalau ini sih, saya biasanya beli majalah atau koran yang memuat tulisan perjalanan. Dari situ biasanya kita punya gambaran kira-kira tulisan seperti ini yang diminati oleh media tersebut. Kalau ada alamat email, biasanya saya juga akan bertanya lewat email tentang syarat & ketentuannya. Kadang ada yang langsung dijawab, banyak juga yang nyuekin, hehehe...

Yang menarik ada yang tanya, gimana caranya menyusun piramida terbalik untuk membuat sebuah tulisan? Saya tau piramida terbalik ini merupakan salah satu metode praktis untuk menulis. Tapi sayangnya, sampai saat ini saya sendiri belum pernah menggunakan yang namanya metode piramida terbalik ini. Jujur, saya malah bingung kalo disuruh bikin tulisan pake metode ini. Selama ini metode yang saya pakai, cuman tulis apa yang ingin ditulis. Itu aja. 

Setelah sesi tanya jawab, kemudian dilanjutkan dengan praktek menulis. Para peserta cuma dikasih waktu sekitar 30 menit untuk membuat 1 tulisan. Bebas mau nulis apa aja. Untuk ini saya sudah menyiapkan 1 hadiah kecil yaitu berupa sebuah buku Love Journey#2 : Mengeja Seribu Wajah Indonesia yang saya susun bersama Fatah. Ternyata para pesertanya hebat-hebat euy.. Dalam waktu 15 menit itu mereka rata-rata bisa menulis 2 halaman kertas HVS. Kereeeen.. saya aja gak bakalan sanggup tuh... 

 Peserta putri praktek menulis


 Peserta putra. Tuuh.. ada yang sampe mikir gitu... :D

Susah banget memilih 1 tulisan terbaik dari tulisan para peserta yang bagus-bagus itu. Tapi ada 1 tulisan yang menarik. Tulisan itu milik Rizqa. Tulisan fiksi, tapi isi ceritanya kaya banget. Rizqa ini berbakat. Tulisannya pun rapi dengan EYD dan tanda baca yang sesuai. Selamat! Semoga Rizqa bisa meneruskan bakatnya, sayang kalo sampai gak dikembangin. 

Selamat ya, deek...

Acara hari itu berakhir tepat saat adzan ashar berkumandang. Terima kasih kepada panitia yang udah ngasih kesempatan luar biasa ini buat saya. Sungguh. Saya belajar banyak dari acara kemarin. Saya merasa belum ada apa-apanya, merasa belum pantas untuk memberi pelatihan seperti ini. Semua ini saya niatkan untuk berbagi pengalaman aja. Semoga bermanfaat :)

You Might Also Like

7 komentar

  1. Daarut Tauhid Batu Aji dimana Dee? Batu tau :D eh udah pantes kok ngasih pelatihan. Kan kemaren2 saya juga tadinya mau minta Dee buat pelatihan di Tunas Karya Muka Kuning. Jadi siap2 aja kami todong buat jadi pemateri :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di Aviari, teh... Sebelah gerbang Perum Pemda 2...
      Hihihi.. saya gak PD, teh.. Merasa belum pantas...

      Delete
  2. Kereeen!!!
    Haha dan itu yang di foto pertama yang isinya anak mahasiswa aku pas baca tadi deg-degan juga. Soalnya itu mah abege semua hahahaha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Yan.. aku sempat kaget juga.. Kirain lebih banyak anak SD nya, ternyata anak SD nya cuman 2 orang. Sisanya SMP ke atas.. :D
      Aku kan grogi, kakaaaaaak... :D

      Delete
  3. awalnya gak pede ..gugup...tapi karena dah menyatu dalam satu ruangan itu, akhirnya jadi biasa kali ya mbak dee.....salut deh buat mbak dee..bisa melawan rasa groginya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak.. alhamdulillah.. Karena pesertanya semangat dan merespon baik, jadinya lumayan bisa lupa ama groginya, hehehe...

      Delete
  4. Tips-nya keren, Mbak Dee An. Semoga dari pelatihan ini semangat literasi makin membahana ya Mbak...

    ReplyDelete