Untuk Rindu yang Harus Dibayar Lunas

Friday, June 05, 2015

Miniatur Rumah Gadang di Golden City
 
True friends are never apart. Maybe in distance, but not in heart - anonymous

Rindu bisa datang kapan saja. Terlebih pada seseorang yang dulu pernah sangat dekat, tapi kini terpisah jarak dan waktu. Seperti siang ini, tiba-tiba aku kangen ama seseorang. Rasa kangen ini membawa jemariku menelusuri daftar kontak di HP. Aku pun membuka halaman facebooknya. Rasanya jadi makin kangen melihat wajahnya yang tersenyum sambil menggendong seorang bocah mungil. Kalau rindu bisa dicicil, mungkin ini adalah caraku mencicil rindu :)

Etin Dewi namanya. Perempuan manis kelahiran Banten ini aku kenal waktu kami sama-sama masih berstatus sebagai santriwati di Pondok Modern Gontor. Setelah lulus dari pondok, beberapa kali Etin menginap di rumahku di Surabaya. Dia selalu excited kalau kuajak berburu kuliner di kota kelahiranku itu. Tapi sayang, beberapa kali rencanaku untuk balas mengunjunginya di Banten selalu batal. 

 Etin dan bidadari mungilnya, Adzkia

Kami masih bertemu sekitar tahun 2005. Sewaktu ada seorang teman kami yang menikah. Kami berdua bahkan ikut membantu mengecat rumah si teman yang akan menikah. Dulu waktu di pondok, aku emang terkenal sebagai tukang cat, hehehe... Hampir pada setiap event yang diadakan pondok, pasti ada namaku dalam daftar panitia. Dengan jabatan yang selalu sama, bagian dekorasi. 

Tahun 2006 waktu aku menikah, Etin masih menyempatkan datang. Dan itu menjadi pertemuan kami yang terakhir. Sebuah pertemuan yang teramat singkat. Sampai akhirnya aku hijrah ke Batam, dan Etin pun hijrah ke Padang, kampung halaman suami tercintanya. Komunikasi kami hanya sebatas telepon dan ruang bernama facebook. Beberapa kali kami merencanakan untuk saling mengunjungi, tapi beberapa kali pula rencana itu batal. Kalau dihitung-hitung, sudah 9 tahun kami gak ketemu. Pantas aja kalau kangennya udah menggunung begini...

Makanya, begitu ada info traveloka ngadain lomba nulis artikel dengan hadiah tiket pesawat citilink gratis untuk ketemu ama seseorang, aku langsung ingat Etin. Sahabatku ini adalah orang yang paling ingin kutemui. Kangen pengen cerita-cerita seru lagi, kangen pengen berburu kuliner lagi. Pokoknya kangen pengen ketemu dia. Apalagi sekarang udah ada Adzkia, anak si Etin yang sama imutnya kayak emaknya. 

***

 Jam Gadang ini wajib dikunjungi. Sumber foto : www.travelerien.com

"Jam Gadang itu deket dari rumah ane, cuma setengah jam!" celotehnya di telepon beberapa waktu yang lalu. Logat Sundanya kini sudah berubah menjadi logat Padang.
"Ayolah ke Padang! Nanti kita ke Jam Gadang, trus ke Great Wall. Ente pasti suka tuh! Mau kemana lagi? Nanti ane temenin deh.." 

Celotehnya itu bikin aku makin kangen! Dia masih bawel seperti dulu. Hahaha.. Mendengar celotehnya itu, sudah terbayang aktivitas apa saja yang bakal kami lakukan nanti. Pastinya sesi bertukar cerita dan ngobrol seru gak akan kami lewatkan. Karena inilah tujuan utamaku datang ke Padang menemuinya. Mengunjungi tempat-tempat cantik di Padang seperti yang selama ini kerap dipromosikannya padaku juga merupakan suatu keharusan. Ya, kami akan membayar lunas rindu ini. 

***

Itinerary-ku seperti ini :

Mencari tiket pesawat dan hotel lewat Traveloka itu mudah!

 Review pemesanan pesawat dan hotel 

Aku merencanakan berangkat dari Batam pada tanggal 14 Agustus 2015 menggunakan pesawat citilink yang kupesan dari Traveloka.com. Kenapa citilink? Ya karena selama ini, harga tiket pesawat citilink selain cukup ramah di kantong, jadwalnya juga jarang molor. Ini penting looh, percuma kan, kalau nawarin tiket murah tapi langganan delay dan gak pernah on time ama jadwal. Dan lagi, citilink punya 3 pilihan jadwal peberbangan dari Batam ke Padang. Sengaja aku memilih jadwal penerbangan yang paling sore, yaitu jam 16.40 WIB, supaya paginya aku masih bisa ngantor. *pencitraan biar dibilang karyawan teladan, padahal mah demi ngirit cuti... 

Sesampai di Padang, aku akan langsung menuju rumah Etin. Gak ada rencana kemana-mana untuk malam itu, karena pastinya kami akan ngobrol dan berbagi cerita sampai mulut berbusa. Nostalgia masa-masa di pondok dulu. 

Besok paginya, dan selama 2 hari ke depan, baru kami akan jalan-jalan mengunjungi tempat-tempat wisata di Bukittinggi dan sekitarnya. Jam Gadang, Great Wall ala Bukittinggi yaitu Janjang Koto Gadang, Museum Rumah Adat Baanjuang, Ngarai Sianok, dan Air Terjun Lembah Anai adalah tempat-tempat yang paling ingin kukunjungi di sana. Pastinya sambil mencicipi aneka kuliner khas Ranah Minang yang onde mande lamak bana! 

Untuk kembali ke Batam, aku sudah memesan tiket citilink untuk tanggal 18 Agustus. Tapi rencananya, tanggal 17 Agustus aku sudah akan berangkat ke Padang untuk menikmati suasana dan tempat-tempat menarik yang ada di ibukota Sumatera Barat itu. Karena itu, aku memutuskan untuk menginap 1 malam di Padang. 

Supaya gampang, aku booking tiket hotel sekalian di Traveloka. Waah.. ternyata ada banyak pilihannya. Asiknya lagi, hotel-hotel yang ditampilkan di halaman Traveloka itu sudah lengkap ama review dari tamu. Review dan rating ini bisa jadi pertimbangan buat kita sebelum memutuskan untuk menginap di salah satunya. 

Informasi lengkap dan mudah. Semua ada dalam genggaman tangan

Dari sekian banyak pilihan, aku memutuskan untuk menginap di Hotel Padang. Kenapa Hotel Padang? Hasil review terhadap hotel ini cukup bagus. Alasan lain aku memilih hotel ini adalah karena lokasinya dekat dengan Jembatan Siti Nurbaya, hanya berjarak sekitar 1.87 km. Wah.., bisa jalan kaki niih! Dari Bandara Minangkabau International jaraknya juga gak terlalu jauh, sekitar 8.36 km. Mau tau, semua informasi ini aku dapat dari mana? Dari halaman Traveloka dooonk... 

 Tuuh info tentang hotelnya.. lengkap kan?

Filter untuk mencari tiket pesawat

Ini nih salah satu yang aku suka dari menggunakan Traveloka App. Selain user friendly, informasinya juga lengkap banget. Kita jadi bisa mengecek harga tiket pesawat, juga hotel, dari manapun dan kapanpun. Untuk tiket pesawat, ada menu filter-nya. Jadi kita bisa mencari yang sesuai keinginan kita, mulai dari jumlah transit, pilihan waktu berangkat, pilihan waktu tiba, sampai bermacam jenis maskapai, hanya dalam satu kali klik! Semua informasi yang kita butuhkan seolah berada dalam genggaman tangan.


Informasi ada dalam genggaman

Untuk pencarian hotel juga begitu. Informasi-informasi penting seperti tempat-tempat menarik apa yang ada di sekitar hotel disebutkan beserta jaraknya. Jadi kita bisa nih ngira-ngira, kalo nginep di sini, bakal kemana aja. Adanya review dan rating dari tamu juga penjadi point plus untuk Traveloka App. 

Wuaaaahh! Baru nyadar setelah bongkar-bongkar album foto, ternyata aku gak punya foto berdua Etin selain foto rame-rame ama temen sekelas waktu di pondok dulu. Hiks! Rasanya jadi makin gak sabar untuk membayar lunas rinduku pada Etin, sekalian foto berdua.. hehehe... 

 Foto kenangan ama temen sekelas waktu di Gontor. Hayoo.. aku yang mana?

Tulisan ini diikutsertakan dalam Lomba Menulis #TiketGratisTraveloka

You Might Also Like

24 komentar

  1. Semoga dengan citilink bisa mewujudkan tali kasih yg terkoyak ini yaaa kak :-) #Digampartiket

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin.... jangn digampar tiket ah.., sayang tiketnya, hehehe...

      Delete
    2. Tiketnya buat aku aja yaaaaa hahaha

      Delete
  2. Habis dari Bukittinggi ke Palembang, kan? :D
    Semoga menang ya mbak Dee :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha.. bisa diatur.. Moga traveloka beneran ngasih tiket buat aku yaaa... :) Aamiin....

      Delete
  3. Menyentuh ceritanya T_T Semoga diberi jalan untuk bertemu dengannya ya mbak :)

    Nggak nyangka mbak Dian pernah jadi santriwati di Pondok Modern Gontor.
    *aku selalu kagum pada orang2 yg sering menyimpan riwayat akademisnya*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin... Iya nih mbak, udah lama pengen ke Padang nemuin dia, gak jadi mulu... :)
      Hehehe.. alhamdulillah mbak, pernah mengecap manisnya pendidikan ala Gontor :)

      Delete
  4. Ternyata Santriwati pondok Gontor. Bikin Novelnya juga hehehe
    Moga bisa ketemuan yam mbak. Aku mau looo diajakin Kuliner ditempat sampeyan :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tuuh.. novelnya udah dibikin ama Ahmad Fuadi :D
      Aaamiin... ayo kita kulineran di Jatim, mbak.. Gak cukup waktu sehari itu mah...

      Delete
  5. Moga bisa ketemu,
    ternyata santri juga ... santri emang Top

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin...
      Iya, Kang.. saya juga santriwati :)

      Delete
  6. Semoga bisa ketemu mba :) ternyata lulusan Gontor ya, seperti ayah zahra :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waah.. ayahnya Zahra lulusan Gontor juga ya? Salam hormat buat ayahnya ya.. Temen-temenku banyak yang dapet suami alumni Gontor juga :)

      Delete
  7. Klo nggak jadi ke Padang kita bisa ke tempat lain liburan bareng berdua Dee :D dengan catatan kita berdua menang. Amin....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin... Iya, kalo kita menang kita ngebolang bareng, teh... :)

      Delete
  8. Huaaa.... keren, Mbak Dee An pernah mondok di Gontor. Semoga rezeki ketemuan sama sahabat Mbak Dee An. Btw, aku mantengin foto bersama itu, cuma gak ketemu Mbak Dee An yang mana...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak Ira, saya dulu pernah mondok di Gontor :)
      Hehehe.. dulu belum se-chubby dan se-endut sekarang, makanya beda di foto.. Di foto itu aku yang pas kena huruf 'd' dari watermark adventurose.com :)

      Delete
  9. Semoga menaang! Jadi pengen ke jam gadang lagi~~ :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah.. Aku menang.. :)
      Jadi deh aku ke jam gadang. Horeeee...

      Delete
  10. selamat ya deee...

    duh senangnya.. menang lomba, dan bisa ketemu sahabat plus ke padang..

    uni kemaren pengeeen banget ikutan. pengen ke padang.. tapi tau lomba ini di tanggl 8 juni nya.. hehehe rasanya keburu2 deh bikin tulisannya.

    padang is the best deh utk makan dan jalan2..:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah uni... Aku seneng banget ini.. Maklum belum pernah ke Padang.. :D
      Bakal makan rendang di tempat asalnya niiih... #norak :D

      Delete
  11. 1. selamat ya mbak dee atas tiket gratisnya dari traveloka..
    2. selamat akan bertemu dengan temannya disana..( inshaallah )
    3. selamat bertakjub ria menikmati lembah2 yang subhanallah.....ranca' banna :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1. Alhamdulillah... Makasih Traveloka :)
      2. Aamiin.. Insya Allah :)
      3. Iya mbak, gak sabar bangeeeet.. Makasih ya mbak Sarah :)

      Delete