Kembangkan Bisnis Jasa Bersih Rumah? Simak Cara dan Modalnya

Friday, November 25, 2022


Di kota besar, jasa bersih-bersih rumah cukup banyak diminati oleh para pekerja. Apalagi mengingat banyaknya asisten rumah tangga (ART) yang susah untuk dipercaya. Pemilik rumah lebih condong untuk menyewa jasa bersih-bersih sekali panggil.

Jelas saja, bisnis ini akan sangat menguntungkan. Apalagi masyarakat era ini memiliki mobilitas tinggi. Sehingga untuk membersihkan rumah pasti tidak mempunyai cukup waktu dan juga tenaga.

Apalagi, Anda tidak hanya cukup mengembangkan usaha untuk bersih-bersih rumah. Jasa ini bisa juga untuk membersihkan kantor, ruko, atau segala macam tempat. Sehingga peluang berkembangnya juga bisa semakin besar.

Persiapan untuk Mengembangkan Jasa Bersih-bersih 

Ada beberapa hal yang bisa Anda siapkan sebelum membuka layanan ini. Di antaranya:

1. Tentukan Jasa Pelayanan

Bisnis kebersihan ini begitu banyak. Anda bisa menentukan jasa pelayanan apa yang akan Anda tawarkan untuk pelanggan.

Beberapa contoh yang bisa Anda pilih adalah paket membersihkan rumah total, paket sedot debu saja, paket membersihkan taman, dan lain sebagainya.

2. Mempersiapkan Alat Kebersihan

Supaya lebih professional, Anda harus menyiapkan alat kebersihan. Dari yang konvensional seperti sapu, hingga penyedot debu.

Alat kebersihan ini harus terjaga dan tetap bersih. Supaya orang tidak risih karena peralatan yang kotor.

Beberapa peralatan yang bisa Anda persiapkan di antaranya penyedot debu, sabu, alat pel, sarung tangan karet hingga sikat kloset. Anda juga perlu mempersiapkan beberapa wewangian dan cairan untuk menggosok kotoran. 

3. Siapkan Tim

Berikutnya Anda harus mempersiapkan tim khusu untuk membersihkan hunian klien. Paling tidak, Anda harus memiliki tim dengan susunan manager, administrasi, dan pekerja kebersihan. 

Sebelum melepaskannya membersihkan rumah, usahakan untuk melakukan training atau pelatihan terlebih dahulu. Agar tim mampu menghadapi klien dengan baik, dan bisa menempatkan diri terhadap berbagai macam klien yang ada. 

4. Siapkan Standar Pelayanan

Anda juga wajib mempersiapkan standar pelayanan. Mulai dari cara booking jasa bersih-bersih, penentuan jadwal untuk melakukan pelayanan, hingga pembagian tim. 

Semuanya harus dipersiapkan dengan matang. Termasuk apabila ada komplain dari pelanggan Anda. usahakan sudah memiliki layanan untuk hotline complaint.

Alat Bersih-bersih dan Harganya


Setelah mengetahui jasa pelayanan yang akan dijual, Anda bisa langsung mencicil untuk melakukan persiapan. Berikut rekomendasi peralatan yang cocok untuk Anda membuat jasa cleaning service:

1. Sedot Debu 

Alat pertama yang bisa Anda beli adalah penyedot debu lantai, sofa, kasur maupun karpet. Pilihlah vacuum cleaner dengan kualitas terbaik, supaya bisa menyedot debu lebih kuat. Kemudian alat tidak mudah rusak.

Selain itu, pilih pula alat sedot debu yang telah canggih. Seperti memiliki HEPA filter untuk menyaring debu mikroskopis. Kemudian mampu melihat debu yang menempel di permukaan benda.

Alat dengan teknologi ini bisa Anda dapatkan dengan harga mulai Rp 15 juta. Sebaiknya langsung saja beli 5 alat penyedot debu ini. Supaya bisa digunakan untuk bekerja bersama di tempat berbeda. 

2. Sapu dan Pel

Berikutnya yang bisa Anda beli adalah peralatan untuk menyapu dan juga alat pel elektrik. Kedua barang ini harus Anda perbanyak stoknya. Minimal sama dengan jumlah karyawan Anda.

Budget untuk pembelian sapu elektrik adalah Rp4 juta per barang. Dengan harga tersebut, Anda sudah bisa mendapat sapu seperti vakum sekaligus alat pel.

3. Lap dan Sarung Tangan

Kemudian jangan lupa untuk membeli berbagai macam lap dan sarung tangan. Untuk harga lap microfiber, harganya sekitar Rp100.000/pcs. Sementara harga sarung tangan untuk bersih-bersih, harganya sekitar Rp50.000 per pasang.

4. Cairan Pembersih

Keempat ada cairan pembersih kerak, lantai, hingga parfum untuk rumah. Untuk berbagai cairan ini, Anda bisa mempersiapkan budget sebesar Rp10 juta untuk sekali pembelian. 

Terakhir, jangan lupa untuk menyewa rumah sebagai kantor juga gudang peralatan ini. Harga sewa rumah di Jakarta sekitar Rp60 juta untuk satu tahunnya. Anda bisa mendapatkan ruko yang strategis dengan harga tersebut.

Lalu mempersiapkan perizinannya. Mulai izin usaha hingga pendirian perseroan terbatas jika perlu. Anda bisa membuat PT perseorangan terlebih dahulu untuk usaha ini. Legalitas tersebut penting untuk usaha Anda.

Memulai Bisnis Jasa Bersih-bersih Rumah dengan Pinjaman Tanpa Agunan

Bank DBS Indonesia memberikan kemudahan untuk melakukan pinjaman tanpa agunan. Dengan produk KTA (Kredit Tanpa Agunan), Anda bisa mendapatkan pinjaman modal awal usaha tanpa jaminan

Kredit ini bisa untuk Anda yang ingin membangun bisnis. Sebab, bunga cicilannya hanya mulai dari 0,88% flat. Sehingga ringan untuk pelaku bisnis.

Dengan modal tersebut, Anda mulai mengembangkan bisnis. Salah satu yang menjanjikan adalah bisnis jasa bersih-bersih rumah. Usaha yang satu cocok untuk dikembangkan di kota-kota besar.

Pinjaman Tanpa Agunan Menggunakan DBS KTA

Dengan adanya kredit tanpa agunan ini, Anda bisa segera membuka layanan jasa bersih-bersih rumah dengan modal hingga Rp 300 juta. Tenang saja, DBS KTA merupakan pinjaman online bunga rendah bayar bulanan kok!

Benefit yang Anda dapat berupa cicilan flat dengan bunga mulai dari 0,88% saja. Kemudian tenor cicilan bisa Anda atur sesuka hati selama 36 bulan. Proses approve yang cepat melengkapi kesempurnaan pelayanan kredit ini. 

Untuk Anda warga Jabodetabek, proses pengajuan pinjaman juga sangat cepat dan mudah. Anda hanya perlu memiliki e-KTP dan NPWP serta memiliki penghasilan minimal Rp5 juta, dan memiliki limit kredit di bank lain minimal Rp10 juta.

Demikian informasi mengenai persiapan membuka layanan bersih-bersih rumah, beserta modal dari pinjaman tanpa agunan. Semoga informasi ini bermanfaat ya! Kemudian bisa membantu mewujudkan bisnis impian Anda! Segera ajukan kredit untuk modal bisnis Anda di sini.

You Might Also Like

1 komentar

  1. Malah jadi pengen make jasa bersih-bersih rumah. Soalnya sebagai anak lajang yang merantau, rumah rasanya terlalu berantakan.

    ReplyDelete