Mengenal Bisnis Restorasi atau Konservasi Lukisan

Thursday, May 26, 2022

Sumber: canva.com

Indonesia merupakan negara yang memiliki beragam karya seni sebagai warisan budaya yang tersebar dari Sabang sampai Merauke, salah satunya lukisan. Sayangnya, banyak lukisan antik yang mengalami kerusakan karena berbagai macam faktor sehingga perlu adanya tindakan konservasi untuk mengembalikan bentuk asli dari lukisan tersebut.

Melihat situasi seperti ini, usaha konservasi atau restorasi lukisan menjadi usaha yang menjanjikan. Untuk memulainya tentu membutuhkan modal yang cukup besar, Anda bisa mendapatkannya dari pinjaman modal usaha tanpa jaminan dari DBS KTA. Adanya program ini akan memudahkan Anda menjalankan bisnis konservasi lukisan.

Sekilas Tentang Restorasi atau Konservasi Lukisan 

Apa Itu Restorasi atau Konservasi Lukisan?

Sebelum memulai bisnis ini menggunakan pinjaman modal awal usaha tanpa jaminan, ada baiknya Anda mengenal lebih dulu apa itu konservasi atau restorasi lukisan. Hal ini merupakan tindakan yang bersifat kuratif (penghambatan proses kerusakan), restoratif (perbaikan), dan preventif (pencegahan terjadinya proses kerusakan) untuk merawat dan memperbaiki lukisan yang mengalami kerusakan minor maupun mayor agar tetap terjaga nilai seninya. 

Ada beberapa faktor yang menjadi penyebab terjadinya kerusakan pada lukisan, di antaranya:

  • Tekanan fisik, seperti hantaman benda tumpul atau tajam
  • Polusi, seperti polusi udara yang diakibatkan aktivitas kimia di sekitarnya atau debu dan asap
  • Tindakan kriminal, seperti pencurian atau vandalisme
  • Cahaya dan sinar UV
  • Api, yang membuat bagian dari lukisan terbakar
  • Kesalahan suhu, yang dapat mempengaruhi warna maupun kanvas dari lukisan tersebut
  • Air, lukisan terkontaminasi air seperti kebocoran atau banjir
  • Kesalahan RH
  • Hama, seperti tikus atau rayap
  • Disosiasi 

Dengan mendapat pinjaman modal usaha tanpa jaminan dari DBS KTA akan membantu Anda membuat usaha konservasi sendiri.

Siapa yang Melakukan Tindakan Konservasi?

Orang yang bertugas melakukan tindakan konservasi atau restorasi pada lukisan disebut Konservator. Konservator yaitu seorang ahli yang mampu melakukan pengamatan, analitis, dan melakukan konservasi terhadap suatu karya seni dengan menggunakan Teknik atau metode yang benar.

Seorang konservator perlu memiliki pengetahuan tentang berbagai hal yang berkaitan dengan tindakan konservatori.

Jika Anda berminat menjadi seorang konservator, maka Anda perlu menyiapkan diri dalam segala aspek. Baik itu ilmu pengetahuan maupun finansial. Perbanyak mencari informasi mengenai konservatori juga siapkan modal untuk memulai bisnis ini.

Solusi mendapatkan modal untuk memulai bisnis ini ialah dengan mencari pinjaman modal usaha tanpa jaminan yang tersedia di DBS KTA.

Bagaimana Proses Konservasi Itu?

Terdapat beberapa proses yang perlu dilalui untuk melakukan Tindakan konservasi atau restorasi, yaitu:

1. Tahap Persiapan
2. Tahap Observasi
Mengidentifikasi tentang penyebab kerusakan, benda yang akan dikonservasi, dan jenis kerusakan yang terjadi
3. Tahap Analisis dan Uji Lab
4. Tahap Perawatan dan pengawetan

Proses konservasi lukisan membutuhkan dana yang cukup besar, untuk menunjang hal tersebut, sebaiknya Anda mempersiapkan dana yang cukup besar dengan cara mengajukan pinjaman modal usaha tanpa jaminan di DBS KTA. 

Mengapa Harus Memilih Bisnis Konservasi atau Restorasi Lukisan?

Sumber: istockphoto.com

Terdapat berbagai alasan mengapa jenis bisnis ini apalagi menggunakan pinjaman modal usaha tanpa jaminan. Alasan usaha satu ini patut Anda coba, yaitu:

1. Jumlah Konservator Di Indonesia Masih Minim

Karya seni yang ada di Indonesia sangat melimpah sejak jaman dahulu hingga kini terutama dalam seni lukis. Sayangnya seiring dengan berjalannya waktu, banyak lukisan yang mengalami kerusakan namun masih sedikit orang yang memiliki kemampuan untuk memperbaiki atau merawatnya di Indonesia.

Itulah mengapa kondisi seperti ini menjadi peluang bisnis yang sangat baik untuk Anda. Banyaknya target pasar namun masih minim pesaing. Untuk memulainya, manfaatkan program pinjaman modal awal usaha tanpa jaminan yang disediakan oleh DBS KTA.

2. Ikut Serta Menjaga Aset Bangsa

Dengan menjadi seorang konservator tentu memiliki peran yang sangat penting dalam menjaga dan memelihara aset bangsa dalam bentuk karya seni. Bahkan seorang konservator dapat menemukan sejarah masa lampau yang belum diketahui sebelumnya.

Hal ini tentu sangat membantu dalam menggali sejarah kehidupan masa lampau di dalam negeri, atau bahkan bisa saja berkaitan dengan sejarah negara lain. 

Membuat usaha konservasi atau restorasi lukisan juga menjadi peluang usaha yang bagus untuk Anda, maka dari itu, Anda dapat memanfaatkan program pinjaman modal awal usaha tanpa jaminan yang disediakan oleh DBS KTA untuk memulai bisnis ini.

3. Karya Seni Dapat Bernilai Tinggi 

Setiap karya seni terutama lukisan memiliki nilainya tersendiri baik secara moril maupun materil. Tak jarang banyak lukisan yang dijual dengan harga fantastis. Namun sayangnya, banyak pula lukisan yang dulunya dihargai tinggi, hanya karena terdapat kerusakan, kini dijual dengan harga yang turun drastis.

Di sinilah peran konservator dibutuhkan, seorang konservator mampu mengembalikan atau bahkan menaikkan nilai suatu lukisan jauh dari nilai asalnya. Hal tersebut tentu menjadi keuntungan tersendiri bagi konservator karena lukisan yang sudah diperbaiki dapat dihargai dua kali lipat atau bahkan lebih. 

Keuntungan yang didapatkan akan lebih besar dari pinjaman modal usaha tanpa jaminan dari DBS KTA yang Anda keluarkan.

Keunggulan dari DBS KTA Untuk Bisnis Anda

Pinjaman Hingga 300 Juta
Hanya di DBS KTA, Anda bisa mendapatkan pinjaman modal usaha tanpa jaminan hingga 300 juta rupiah. Tentu akan sangat membantu dalam mengembangkan usaha Anda.

Bunga Flat Mulai dari 0,88% Per Bulan
DBS KTA menerapkan bunga pinjaman flat mulai dari 0,88% per bulannya, jadi Anda tidak perlu khawatir lagi mengenai bunga pinjaman yang tinggi. 

Tenor Cicilan Hingga 36 Bulan
Tenor pinjaman modal usaha tanpa jaminan yang ditawarkan DBS KTA hingga 36 bulan.

Persyaratan Mudah
Khawatir persyaratan yang rumit saat pengajuan pinjaman modal usaha tanpa jaminan? Tidak berlaku di DBS KTA! Bank DBS selalu berpihak pada debitur, persyaratan yang harus disiapkan calon debitur sangatlah mudah, di antaranya :

  • Pastikan Anda berdomisili di Jabodetabek 
  • Memiliki e-KTP dan NPWP
  • Memiliki penghasilan minimal 5 juta rupiah
  • Memiliki limit kredit di bank lain minimal 10 juta rupiah
Keuntungan yang melimpah bukan? Jadi tunggu apalagi? Yuk, segera ajukan pinjaman modal usaha tanpa jaminan di DBS KTA untuk memulai usaha konservasi atau restorasi lukisan impian Anda.

You Might Also Like

0 komentar