Cara Paling Simple dan Asyik Buat Ngilangin Bosan

Saturday, September 25, 2021


Beberapa atau hampir semua dari kita tentu pernah mengalami situasi yang memerangkap kita dalam kebosanan. Contoh nyata misalnya, saat kita harus menunggu antrian yang panjang dan lama, terjebak di ruang tunggu saat menghadapi flight delay yang hingga berjam-jam lamanya, atau beberapa momen lainnya yang mengharuskan kita menunggu dan menunggu tanpa bisa berbuat apa-apa. 

Di saat kita terjebak dalam situasi kikuk seperti ini, tentu sudah menjadi budaya manusia milenial bahwa satu hal yang paling memungkinkan untuk dilakukan adalah memainkan ponsel pintar miliknya sambil tetap duduk pada posisinya. Entah itu berkomunikasi atau hanya berselancar dalam aneka ragam media sosial, atau yang paling memungkinkan sekaligus mengasyikkan untuk membunuh rasa jenuh adalah dengan bermain game dalam gadget kita. Nah yang satu ini kayaknya pada banyak yang demen yaa…? Hahaa termasuk saya! 

Manfaat Main Game

Tapi jangan salah lho, selain untuk mengisi waktu dan mengusir kejenuhan, selama dilakukan dalam batas kewajaran ternyata bermain game juga memiliki banyak manfaat positif buat kita. Apa saja manfaatnya? 

1. Mengembangkan Kemampuan dan Kecerdasan Otak Kanan

Kita tentu sering mendengar opini dan ungkapan bahwa bermain game bikin kita jadi bodoh. Ungkapan seperti itu tak bisa begitu saja dibenarkan. Karena, faktanya bermain game secara online justru dapat mengembangkan kecerdasan otak kanan dengan baik. Di dalam setiap permainan game online, si pemain tentu membutuhkan strategi maupun logika khusus agar bisa melewati rintangan serta tingkat kesulitan dari tiap-tiap level maupun misi permainan tersebut. 

Nggak cuma itu, bagian otak kanan akan mampu mengatur sisi kreativitas, inovasi hingga gambaran sesuatu. Kemampuan semacam ini bisa ditingkatkan dengan sangat baik melalui kemampuan bermain game. Bayangkan apabila strategi permainan game diterapkan dalam dunia nyata. Tentu akan terasa kian menarik. 

Bermain game juga sangat bagus dalam melatih konsentrasi serta ketelitian. Sebab, untuk memenangkan permainan tentu bukan hanya membutuhkan taktik saja melainkan juga konsentrasi dan kejelian tinggi.

2. Menghilangkan Stres

Nah kalau untuk yang satu ini, kayaknya banyak yang langsung meng-iya-kan. Rasanya semua pasti pernah ngalamin saat stres melanda jiwa, maka bermain game online jadi jalan buat menurunkan beban serta ketegangan di kepala. 

Hal ini karena bermain game akan memberikan efek senang bagi si pemain. Di samping itu, game juga akan membuat otak mendapatkan rangsangan baru sehingga bisa kembali fresh. Jadi, kalo mentemen merasa stres, coba deh mainkan beberapa game yang ringan dan nggak perlu mikir berat. Lumayan buat ngademin otak yang lagi stres. 

3. Melatih Kesabaran

Kesabaran adalah faktor yang sering jadi kendala internal dalam bermain game online. Ada kalanya kita ingin segera memenangkan tantangan dalam permainan tersebut. Namun karena kurang sabar, hasilnya malah sebaliknya. Apalagi jika sudah lelah dalam bermain game

Baiknya sih, istirahat sejenak kalo memang sudah mulai lelah. Karena bila dipaksakan, yang ada justru malah bikin acara main game jadi gak asyik lagi. Bukannya senang, bisa-bisa malah jadi senewen.

Memang benar jika bermain game bertujuan untuk memenangkan pertandingan. Akan tetapi, bagaimana jika ternyata harus kalah terlebih dahulu? Inilah poin pentingnya. Bukan bersabar saja, bermain game juga bisa melatih sportivitas. Kalau kalah, maka harus menerima kekalahan dengan lapang dada.

4. Melatih Sikap Optimis

Salah satu manfaat dari bermain game online adalah baik untuk membangun serta melatih sifat optimis. Tak terkecuali juga membangkitkan rasa percaya diri dari pemain game tersebut. Kedua sifat tersebut tentu sangat diperlukan dalam kehidupan nyata yang realita kehidupannya jauh lebih keras dibandingkan dengan dunia game.

Melakukan permainan game secara online tidak semudah yang dikira. Ada sejumlah strategi khusus yang perlu diterapkan agar bisa menyelesaikan dan memenangkan pertandingan dengan baik. Pada awal permainan tentu pemain akan mengalami beberapa kekalahan. Itu adalah hal yang wajar. 

Di sinilah diperlukan sikap optimis untuk bisa melampaui semua tantangan yang kian sulit seiring naiknya level permainan. Jika pemain game merasa optimis dan terus mencoba, maka pasti akan mampu menaklukkan setiap kesulitan dalam permainan. 

Nah, setidaknya itulah beberapa manfaat yang bisa kita dapat dari bermain game online selama masih dilakukan dalam batas wajar, sekadar mengisi waktu atau mengatasi rasa bosan, dan bukan menjadi sebuah kecanduan yang menjadikan kita mengabaikan segalanya serta menghabiskan seluruh waktu hanya untuk bermain game

Well, buat mentemen yang pengen bisa main game online di laptop atau smartphone tapi terkendala dengan kapasitas memori dan ruang penyimpanan pada gawai, cobain main game di plays.org deh. Ada yang udah pernah nyobain? Buat yang belum pernah nyobain, yuk kita intip bareng-bareng! 

Main Game Tanpa Perlu Install? Bisa!

Beberapa orang non gamers mungkin enggan untuk menginstal aplikasi game online pada gadget mereka. Bukan tanpa alasan, mereka biasanya berpikir bahwa banyaknya aplikasi game online yang terpasang pada gadget mereka hanya akan menghabiskan ruang memori serta penyimpanan pada gadget yang mereka miliki. Di samping itu game online berbasis aplikasi kebanyakan adalah jenis permainan berat, dimana untuk memainkannya perlu tingkat keseriusan lebih serta perlu meluangkan waktu tersendiri untuk memainkannya. 

Plays.org menawarkan solusi bagi siapa saja yang 'butuh main game'. Saat kita terjebak pada kondisi-kondisi tertentu dimana game yang sifatnya ringan jadi kebutuhan untuk sekadar menyibukkan diri dan membunuh rasa jenuh, kita bisa membuka situs ini baik dari smartphone android maupun laptop. Dan tentunya tanpa perlu mendownloadnya. Cukup buka situsnya, pilih game apa yang ingin dimainkan, trus main deh..

Ketika kita masuk ke website plays.org maka kita akan langsung disambut dengan suguhan pilihan ratusan game dari berbagai genre yang siap untuk langsung kita mainkan kapan saja. Selain itu, situs ini juga menawarkan beberapa kelebihan antara lain:

  • Game yang tersedia tanpa simbol status berlangganan, VIP, Premium atau sejenisnya. Semua bisa dimainkan siapa saja, kapan saja, dan di mana saja. Selain itu juga tak ada istilah untuk update berbayar. Jadi, kita bisa memainkan setiap game sepuasnya. 
  • Aneka permainan yang tersedia bersifat super simpel dan bukan merupakan game-game rumit, sehingga murni ditujukan untuk menghibur pemainnya. Jadi nggak perlu khawatir bakal jadi kecanduan ngegame. 
  • Semua game yang bisa dimainkan adalah game-game casual yang cenderung mudah untuk diselesaikan. 
  • Tidak perlu download aplikasi karena bisa langsung dimainkan dari browser.
  • Tidak perlu registrasi atau membuat akun pengguna terlebih dahulu. 
  • Banyak sekali pilihan genre permainan. Mulai dari game untuk anak-anak, game olahraga, game puzzle, game asah otak, game petualangan, dan lain sebagainya. 

Dari sederet game yang ada di situs plays.org, berikut ini beberapa game yang suka saya mainkan untuk mengisi waktu luang:


Game edukasi

Sepintas game ini terlihat seperti battle game pada umumnya. Dimana jagoan yang kita pilih akan berhadapan dengan satu-persatu musuh untuk mengadu kekuatan. Dan setelah mengalahkan satu lawan dalam beberapa ronde yang ditentukan, maka kita akan naik level dan berhadapan dengan lawan lainnya. 

Bisa pilih pertandingan, pilih karakter, dan pilih equipment

Namun ada perbedaan menarik yang dimiliki permainan ini. Dimana untuk bisa mengeluarkan jurus guna menghajar lawan, maka kita harus bisa menjawab soal matematika dengan benar terlebih dahulu. Jika jawaban kita benar, maka kita bisa menyerang lawan. Sebaliknya, jika jawaban kita salah, maka kita-lah yang akan diserang. 

Harus jawab dengan benar, baru bisa nyerang musuh..

Kalo salah jawab, kita diserang musuh

Game ini selain seru, juga cocok banget buat dimainin bareng anak-anak. Dalam game ini, kita bisa memilih karakter dan equipment untuk melawan musuh. Untuk membuka semua equipment yang terkunci, kita harus menyelesaikan seluruh misi. Dan pastinya, tetap sambil menjawab soal-soal matematika yang diberikan. Dengan main game ini, anak-anak bisa sekalian latihan belajar matematika dan bahasa Inggris dengan cara yang menyenangkan. 



Nah kalau yang satu ini adalah permainan kesukaan saya. Bermain petualangan Super Mario (apapun versinya) selalu membawa saya pada kenangan masa kecil dulu.

Dulu, main video game masih merupakan mainan mahal untuk anak-anak. Nggak semua anak punya fasilitas video game di rumahnya. Maka, ketika dalam satu komplek ada satu anak yang memiliki player video game di rumahnya, pasti jaminan rumahnya ga pernah sepi. Selalu jadi sasaran anak-anak sekomplek buat ngantri main video game (kasian banget yach!). 

Varian permainan saat itu pun belum sebanyak sekarang. Dan salah satu game Nintendo yang paling klasik adalah "Super Mario Bross". Beeuh!! Jaman saya kecil dulu, ujian kesabaran adalah kuat-kuatan ngantri buat dapet giliran mainin game ini. Apalagi kalau teman yang main sebelum kita jago banget mainnya nggak kalah-kalah. Rasanya nelangsa campur merana gitu deh menunggu giliran. Anyway kira-kira mentemen ada yang ngalamin jaman kayak saya gitu juga nggak sih? 😁

Sekarang bisa main Super Mario kapan dan dimana aja

Sekarang nggak perlu ngantri lama-lama buat main game Super Mario. Tinggal mainin aja di smartphone atau laptop masing-masing, kapanpun dan di manapun. 



Kalau yang satu ini, jadi salah satu pilihan game dalam situs plays.org yang jadi kegemaran saya dan keluarga. Permainannya sih hampir seperti permainan snake yang semua orang pasti pernah memainkannya di HP jadul.

Inget game ini gak? 😁

Selain seru, game ini juga bagus buat melatih fokus konsentrasi serta kecepatan respon. Kalau pas lagi ngumpul keruntelan bareng keluarga, kami sering mengadu permainan ini bersama-sama. Siapa yang paling kecil nilainya maka dia akan diberi sangsi tertentu untuk menambah kegembiraan kami. Pokoknya seru!

Wah.. Rasanya nggak mungkin saya ngebahas semua game yang ada di plays.org dalam postingan ini. Jadi daripada penasaran mending langsung cobain aja.. Toh cuma perlu buka situsnya, pilih permainannya dan tinggal main deh.. Ya daripada gabut gak jelas, iya kan? 

Jangan lupa bahagia, dan tetap jaga kesehatan ya, gengs!

You Might Also Like

2 komentar

  1. Jadi ingat dulu aku juga main Super Mario Bross kalo sewa genbot atau DVD player, biasanya aku main setelah pulang sekolah trus lanjut les siang hari. Enak ya kalo nggak perlu instal-instal game, memori hp jadi nggak berkurang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe jadi ketahuan angkatan berapa ya kalo mainnya gembot 😄😄

      Iya, Wan.. Ini enaknya, ga perlu install2 game di HP

      Delete