ASUS TUF Gaming A15, Laptop Gaming Tahan Banting

Sunday, July 12, 2020


Dunia teknologi seolah tak ada matinya. Bahkan, tatkala pandemi COVID-19 tengah meluluh lantakkan hampir seluruh negeri yang ada di muka bumi, serta hampir mengikis habis sisi interaksi sosial dalam kehidupan manusia, hal itu tak mampu membendung perkembangan yang terus melahirkan teknologi gadget baru. Tak terkecuali untuk perangkat game. Belum lama ini ASUS meluncurkan sebuah produk laptop gaming terbarunya yang super keren dan canggih namun harganya cukup bersahabat, yakni ASUS TUF Gaming A15 FX506 yang diklaim sebagai laptop gaming pertama di dunia yang memiliki standar military grade dengan prosesor AMD Ryzen 7nm. Wooow!!

Tak hanya itu, dengan penggerak prosesor AMD RYZEN 4000 Series, menjadikan ASUS TUF Gaming A15 laksana sebuah mobil sport-nya Laptop Gaming. Jaminan kuenceeeng, gengs! Daripada ngomong ngalor ngidul bikin penasaran seperti apa performa ASUS TUF Gaming A15, kali ini saya akan mencoba langsung laptop gaming ini dan akan saya kupas satu persatu detail spesifikasinya. 

Desain Body Keren dan Kokoh Berstandar Militer

ASUS TUF A15 dibuat dalam dua case model yaitu Fortress Grey dengan metal case yang stealthy, simpel, dengan aksen tegas, elegan dan kokoh, serta Bonfire Black yang memadukan unsur futuristik, dinamis, garang serta handling yang maksimal dengan adanya honeycomb grip di sisi bawah body.



Desain keyboard pada ASUS TUF Gaming A15 juga dibuat bergaya desktop yang memang difokuskan untuk bermain game. Tapi untuk mengetik pun, terasa nyaman. Karena jarak antar tombolnya cukup lega. Dilengkapi dengan lampu backlit RGB yang bisa disetting sesuai selera (breathing, strobing, color circle dan static) untuk mengekspresikan gaya serta selera penggunanya. Sementara aksen tombol WASD didesain dengan sorotan tersendiri yang bertujuan untuk memudahkan visualisasi ke perintah gerakan tombol. Setiap tombol juga dibuat dengan teknologi Overstroke yang sangat responsif untuk respon kontrol yang lebih cepat.


Untuk soal durabilitas casing dalam melindungi setiap komponen di dalamnya, tak perlu diragukan lagi. Karena ASUS TUF Gaming A15 telah lulus uji military grade MIL-STD-810H yang sangat ketat mencakup uji drop test yang memastikan bahwa laptop ASUS TUF Gaming A15 akan baik-baik saja apabila terjatuh, uji ketahanan getaran dan guncangan, uji ketahanan panas, uji ketahanan terhadap suhu dingin yang ekstrim, serta uji ketahanan terhadap tingkat kelembaban tinggi. ASUS TUF Gaming A15 benar-benar laptop yang ”losss gak rewel”, yang siap sedia untuk mengawal setiap pertempuran para game mania yang jadi pemiliknya.


Performa Dapur Pacu yang Kencang

ASUS TUF Gaming A15 dirancang untuk mampu melibas setiap tantangan si empunya. Oleh karenanya, alat tempur yang berwujud laptop gaming ini dipersanjatai dengan kekuatan untuk mampu mengatasi segala situasi serta senantiasa dapat diandalkan untuk bermain game, streaming, serta segala sesuatu yang menuntut performa kinerja tinggi. Dengan sentral operasi CPU berkekuatan hingga 8-core AMD Ryzen 7 4000 series yang sangat kencang hingga mampu mengaktifkan sebanyak 16 thread sekaligus untuk performa multitasking yang tinggi serta cepat. Sekedar informasi yang patut diketahui bahwa CPU AMD Ryzen 7 4800H adalah prosesor 8C/16T yang berarsitektur Zen 2 dari keluarga Renoir, memiliki fabrikasi 7 nm, TDP 45 Watt, Base Clock 2.9 GHz dengan Max. Boost 4.2 GHz, serta L3 Cache 8 MB.

Kinerja prosesor super cepat tersebut juga didukung apik oleh kemampuan DDR4 3200MHZ 8GB RAM yang semakin menyempurnakan kinerja multitasking pada laptop ASUS TUF Gaming A15 ini.

Tak hanya itu, pengaplikasian SSD NVME Pcie hingga 1TB menjamin waktu load yang super cepat untuk laptop gaming ini, plus ketersediaan slot tambahan untuk SSD kedua.


Kualitas Grafis Visual Jempolan 

Yang namanya laptop, tentu tak bisa lepas dari kualitas display yang menjadi faktor utamanya, terlebih lagi untuk laptop gaming yang menuntut kesempurnaan setiap aspek grafisnya. 

Nah, untuk sentral operasi grafisnya, ASUS TUF Gaming A15 dipersenjatai dengan Graphic Processor Unit diskrit hingga NVIDIA Geforce RTX 2060 (untuk varian tertinggi) dengan fitur Real-Time Tracing dan grafik yang disempurnakan dengan AI hingga dapat menghasilkan kualitas frame rate tinggi dalam setiap permainan.

Kemampuan grafis prosesor yang tinggi tersebut kemudian diaplikasikan pada layar display IPS-level super cepat dengan refresh rate hingga 144Hz. Kombinasi kemampuan yang sangat ciamik untuk meminimalisir lag, gambar tersendat-sendat, bahkan mampu menghilangkan robekan visual, menjadikan ASUS TUF Gaming A15 sempurna untuk memainkan game dengan karakter yang bergerak cepat dengan imersif dan sangat halus. Ditambah lagi dengan dukungan layar NanoEdge Display yang membuat layar serasa lebih luas.

Untuk gamer yang menginginkan performa multitasking tingkat master, anda tinggal menghubungkan monitor eksternal melalui USB 3.2 Gen 2 Type-C dengan DisplayPort 1.4 yang berkemampuan G-SYNC, hingga anda bisa menonton film, memutar video, atau memainkan game 4K Ultra HD di TV layar lebar menggunakan koneksi HDMI 2.0b.

Kekuatan Energi Survivor

Penggunaan prosesor Ryzen 4000 series yang memiliki fabrikasi 7nm dan diklaim sebagai yang paling ringan dan kecil dengan TDP hanya sebesar 45 Watt, menjadikan konsumsi energi yang cukup sedikit pada laptop ASUS TUF Gaming A15.

Berbanding terbalik dengan konsumsi energi yang kecil, ASUS TUF Gaming A15 memiliki nyawa baterai sumber energi sebesar 48Wh. Daya baterai ini mampu membuat ASUS TUF Gaming A15 cukup survive untuk memutar video hingga 12 jam lebih, atau melakukan web browsing sampai 8 jam lebih. Hal ini tentu saja memudahkan pemakainya untuk bebas kemana saja seharian.

Sementara untuk Charging, laptop TUF Gaming A15 memiliki fitur Battery Health Charging di MyASUS untuk membatasi kapasitas charging sehingga mampu menjaga umur baterai lebih lama.

Audio Imersif Kelas Bioskop dengan DTS.X Surround 

Sistem tata suara yang baik tentu saja sangat mempengaruhi performa sebuah laptop gaming. Tak dipungkiri, selain untuk memberikan nilai entertain, suara juga mampu menambah aspek keseruan dalam bermain game.

Oleh karenanya ASUS TUF Gaming A15 juga dilengkapi dengan sistem audio terbaik berkualitas teater. Penggunaan dua speaker yang diupgrade dengan empat cut-out mampu memompa 1,8 kali lebih banyak suara dengan 2,7 kali kualitas bass yang lebih dalam untuk sensasi pengalaman tata suara yang lebih kaya. Penerapan teknologi DTS:X Ultra memberikan suara surround virtual 7.1 untuk kualitas audio teater sehingga aktivitas main game, dengar musik, atau nonton film akan lebih berkesan.

Sistem Pendingin yang Bisa Disetel

ASUS TUF Gaming A15 memiliki dual fan yang bertugas menjaga kestabilan temperatur setiap komponen mesin di dalamnya. Hal ini bertujuan untuk rentang hidup dan pengoperasian laptop yang lebih lama. Panas dari setiap komponen ditarik melalui saluran-saluran yang dirancang khusus untuk kemudian dibuang dengan cepat. Dan yang lebih istimewa, kinerja sistem pendingin pada laptop ini bisa kita sesuaikan dengan tingkat beratnya kerja laptop (silent, performance, dan turbo).

Laptop Gaming Murah Yang Tidak Murahan

Meski memiliki sederet panjang kelebihan fitur sebagai sebuah laptop gaming, namun ASUS TUF Gaming A15 termasuk laptop gaming dengan harga murah di kelasnya.

Berikut pilihan varian harga ASUS TUF Gaming A15:
  • AMD Ryzen 5 4600H/GTX1650Ti V4G/8G/512GB Rp. 14.299.000
  • AMD Ryzen 7 4800H/GTX1660Ti V4G/8G/512GB Rp. 15.799.000
  • AMD Ryzen 7 4800H/GTX1660Ti V6G/8G/1TB+256GB Rp. 18.299.000
  • AMD Ryzen 7 4800H/RTX2060 V6G/8G/512GB Rp. 20.299.000
Dan untuk mendapatkan ASUS TUF Gaming A15 saat ini sangatlah mudah karena laptop gaming ini sudah bisa dibeli secara online di marketplace Tokopedia, JD.ID, Shopee, Blibli dan Binneka.

So, buat kamu yang cari laptop gaming yang tahan banting, dengan performa amazing tapi harganya miring, saya rekomendasikan ASUS TUF Gaming A15 ini.



You Might Also Like

0 komentar