5 Cara Supaya Tetap Waras Menghadapi Deadline Pekerjaan

Saturday, July 25, 2020


Setiap pekerja, pasti pernah ngerasain yang namanya dikejar-kejar deadline. Dulu, waktu masih berstatus sebagai pekerja kantoran, yang namanya deadline pekerjaan selalu bikin hectic. Apalagi kalau sudah memasuki masa-masa tahap akhir pengerjaan. Wajah-wajah teman seruangan udah sama semua. Gak ada yang enak buat dilihat, hahaha..

Setelah resign dari kantor dan memilih bekerja secara freelance, ternyata yang namanya deadline pekerjaan gak berhenti mengejar-ngejar. Rasanya adaaaa aja yang bikin spaneng. Kalau dibiarkan, bisa-bisa jadi stress. Kalau stress, yang ada tumpukan pekerjaan itu bukannya makin beres, tapi malah gak selesai-selesai. 

Saya sih selalu berusaha sebisa mungkin untuk menghindari stress. Berhasil? Kadang-kadang.. Seringnya sih bablas juga, hahaha.. Tapi saya punya beberapa tips sih, supaya kita bisa tetap waras saat dikejar-kejar deadline pekerjaan. Ya, mungkin bisa bermanfaat buat teman-teman.. 

1. Tetap Santuy dan Fokus

Biasanya, kalo lagi dikejar-kejar deadline gitu, orang jadi gampang panik. Bawaannya jadi uring-uringan trus marah-marah gak jelas. Kalo sudah gitu, yang ada jadi malah susah untuk fokus menyelesaikan pekerjaan. 

Calm down, masbro, mbaksis

Tarik napas dalam-dalam, hembuskan perlahan. Mulailah menyelesaikan pekerjaan dengan membuat skala prioritas. Prioritaskan untuk menyelesaikan tugas yang penting dan urgent dulu. Jangan terlalu fokus pada deadline, tapi fokuslah pada apa yang sedang kita kerjakan. 

2. Jangan Buang Waktu

Satu tindakan lebih baik dari seribu rencana. Jadi, segera kerjakan apa yang sudah direncanakan, jangan ditunda lagi. Karena menunda pekerjaan, justru malah akan menambah beban pekerjaan kita. Kerjakan apa yang bisa dikerjakan saat itu juga. 

3. Singkirkan Gangguan

Untuk sementara waktu, sebaiknya singkirkan semua hal yang sekiranya bisa mengganggu konsentrasi kita dalam menyelesaikan pekerjaan. Terutama handphone dan segala jenis media sosial di dalamnya. Berat? Iya sih.. karena kita pasti tergoda untuk sekadar mengecek whatsapp, nimbrung gosip di WAG, membalas komen di media sosial, gituuuu aja terus sampai akhirnya negara api menyerang. 

4. Jaga Asupan Makanan

Sesibuk apapun kita, jangan sampai lupa makan. Makan pun tidak cukup hanya dengan sekadar kenyang saja. Tapi kita harus pastikan bahwa makanan yang kita konsumsi memenuhi unsur gizi seimbang yang diperlukan oleh tubuh. Menu gizi seimbang itu tidak bisa dipenuhi oleh salah satu jenis makanan saja, tapi harus beragam dan bervariasi. Sebaiknya terpenuhi semua unsurnya yang terdiri dari karbohidrat, lemak, protein, juga serat. Bila dibagi prosentasenya adalah 15% protein hewani, 35% karbohidrat, 35% sayuran, dan 15% buah. 

Biasanya kan, kalo kerjaan lagi numpuk, solusi praktisnya ya junk food. Cepat, mudah, praktis. Saya juga gitu sih kadang-kadang, hehehe.. Ya, kalo sesekali bolehlah. Tapi jangan sampai dijadikan kebiasaan. Karena tubuh dan otak kita perlu asupan nutrisi untuk bisa diajak bekerja dengan baik.

5. Istirahat Sejenak

Ingat, tubuh kita bukan mesin. Kalo diforsir bekerja terus-terusan, lama-lama ya bakalan drop. Jangan sampai deh.. Sempatkan untuk mengambil jeda istirahat sejenak di sela-sela tumpukan pekerjaan. Kalau tidak memungkinkan untuk tidur, mungkin kita bisa melakukan stretching sekadar melemaskan otot-otot yang kaku. 

Sempatkan rileks sejenak dengan menikmati minuman hangat dan camilan kesukaan. Biasanya, saya memilih menikmati secangkir kopi hitam atau segelas jahe hangat untuk menyegarkan tubuh juga pikiran. Setelah istirahat sejenak, biasanya pikiran jadi lebih fresh dan lebih fokus untuk diajak melanjutkan pekerjaan.

***

Itu 5 cara versi saya supaya tetap waras menghadapi gempuran deadline pekerjaan. Yaa, ini dari pengalaman pribadi saya aja sih. Mungkin teman-teman punya pengalaman atau cara lain? Boleh banget loh kalo mau sharing.. Biar kita semua tetap waras meski sedang dikejar-kejar deadline. Tapi kalau stres akibat pekerjaan berlanjut, jangan segan untuk menghubungi dokter spesialis atau psikiater.

Mau cara yang lebih praktis? Buka aja www.halodoc.com. Di situ kamu bisa cari-cari artikel tentang kesehatan, konsultasi dengan dokter ahli, sampai dengan beli obat. Semua bisa dilakukan secara online. Ada aplikasinya juga kok. Kamu bisa download di Google  Play atau App Store. Dengan aplikasi Halodoc di smartphone, kita jadi bisa berkonsultasi masalah kesehatan kapan dan di mana pun secara gratis.

Di aplikasi Halodoc, kita gak cuma bisa konsultasi dengan dokter, tapi juga bisa beli obat atau kebutuhan medis lainnya secara online. Tanpa perlu repot-repot ngantri, obat yang kita butuhkan bakal langsung diantar ke alamat tujuan. Kita juga bisa melakukan pemeriksaan laboratorium di rumah loh. Tinggal pilih jenis pemeriksaan yang kita butuhkan, tentukan tanggal, nanti staf Halodoc akan datang ke rumah. Hasil lab-nya bisa langsung kita terima melalui aplikasi. Mudah dan praktis banget. Dengan aplikasi Halodoc di genggaman, gak ada lagi cerita stres karena berbagai macam masalah. 

You Might Also Like

2 komentar

  1. Singkirkan gangguan tuh penting banget, sih. Aku sebisa mungkin gak deket-deket sama HP pas lagi kerja soalnya HP bisa jadi distraksi luar biasa buat ngeliat IG lah, TikTok lah, dll. Hehehe. Aku juga biasanya mute notif. So far it helps a lot!

    ReplyDelete
  2. setuju banget kalo kita perlu jaga asupan makanan, biasanya kalau lagi banyak deadline apa aja dimakan. dan yg dimakan biasanya kaya fast food :(

    makasi buat cara2nya ya, jadi sebuah reminder biar ga stress krna deadline :)

    ReplyDelete